OGN 2019 BAHASA INDONESIA MATERI RESENSI KARYA SASTRA


RESENSI

Resensi ialah sebuah bentuk goresan pena yang berupauraian atau ulasan tentang nilai (mutu) sebuah buku yg berisi pertimbanganbaik buruknya sebuah kitab . Tujuan resensi adalah buat memberi rangsangan kepadapembaca agar membaca dan memiliki buku tertentu. Resensi bisa membantupenerbit atau pengarang memperkenalkan buku yg baru diterbitkan.

1.Susunanresensi:
Identitas kitab , meliputi: judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tempat dantahun terbit, dan tebal buku.

2.Latarbelakang kitab , dimulai dengan: mengemukakan tema buku secara singkat dengandilengkapi pelukisan isi kitab . Deskripsi kitab menyangkut isi atau atauringkasan buku. Penulis resensi bisa juga memperkenalkan pengarang kitab sertahasil karya-karyanya.

3.Macamatau jenis kitab . Penulis harus mengklasifikasikan jenis buku, apakah iatermasuk fiksi, atau nonfiksi.

4.Keunggulanbuku serta kelemahan buku . Meliputiorganisasi atau kerangka karangan, isi, bahasa, dan teknik penulisanbuku yang digunakan.

5.Nilaibuku. Nilai sebuah buku baru akan makin jelas jika dibandingkan dengankarya-karya lainnya, baik ditulis oleh pengarang itu sendiri atau oranglainnya.

Petunjuk:tulislah kelebihan serta atau kekurangan kitab berdasarkan kutipan resensi berikutini.

NO
Resensi
Kelebihan
Kekurangan
1
Percampuran bahasa Melayu dan Belanda yg ada memang relatif memusingkan, apalagi bagi anak remaja serta dewasa zaman kini . Bahasa Melayu telah sangat jarang digunakan. Namun, sesungguhnya tak ada kesalahan dalam roman ini. Abdoel Moeis memang seorang penulis yg imajinatif. Awal roman yang latif, jalan cerita yg menarik, ditutup dengan akhir yang tragis tetapi dengan bahasa yang indah, sehingga seolah-olah pembaca nir merasa bahwa Hanafi melakukan perbuatan dosa. Novel ini diakhiri menggunakan penyesalan Hanafi yang sudah menyia-nyiakan Rapiah, istri pilihan ibunya
Roman ini diawali dengan cara yang indah, jalan cerita yg menarik, ditutup dengan akhir yang tragis namun dengan bahasa yg latif.
Percampuran bahasa Melayu dan Belanda yang masih ada pada novel inicukup memusingkan, apalagi bagi anak remaja dan dewasa zaman kini .
2
Novel "Bekisar Merah" dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan
penduduk Karangsoga yg miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat bertenaga. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab menggunakan situasi pedesaan serta kemiskinan.
Penulis yg akrab dengan alam pedesaan sanggup mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.

3
Novel Memory in Sorong mengisahkan seseorang gadis (Ajeng) mengemban misi "penyelamatan keluarga" setelah tahu bahwa ibunya (Retno) ditinggal kawin lagi oleh ayahnya (Himawan). Sambil menjalankan tugas sebagai jurnalis televisi, Ajeng terbang ke Sorong buat mencari Anneke—selingkuhan sang ayah. Penyajian alur cerita terasa sangat biasa sehingga

membaca novel ini nir memberikan sesuatu yang mendorong keingintahuan mengenai peristiwa-peristiwa berikutnya. Dengan kata lain, pembaca seakan mampu menebak kisah-kisah yang akan dilakukan si tokoh menjadi lazimnya "perselingkuhan".

Alur cerita terasa biasa dan mudah ditebak si pembaca kelanjutan ceritanya.

4
Kisah yg diuraikan dalam kitab karya Agatha Christie ini menggunakan alur maju dengan beberapa kali flashback ini cukup mengasyikkan buat dibaca. Di dalamnya, poly hal-hal tidak terduga yg terjadi, diantaranya mengenai karakter tokoh yang sulit ditebak, dan jua pelaku pembunuhan yang misterius. Setiap babak selalu memunculkan hal-hal yg baru, sehingga bisa membangun suasana yg bhineka. Cerita ini menggunakan bahasa percakapan sehari-hari yg dapat menggunakan mudah dimengerti oleh pembaca. Istilah-kata khusus hanya digunakan sekali waktu pada cerita. Hanya saja, kadang tokoh cerita mengungkapkan sesuatu menggunakan kalimat yang panjang, misalnya dalam obrolan antara Miss Marple serta Tuan Rafiel, sehingga membosankan pembaca.
mengasyikkan buat dibaca. Di dalamnya, poly hal-hal tak terduga yang terjadi, diantaranya tentang karakter tokoh yg sulit ditebak, dan pula pelaku pembunuhan yang misterius. Setiap babak selalu memunculkan hal-hal yg baru, sebagai akibatnya bisa menciptakan suasana yang tidak sama-beda
kadang tokoh cerita menyampaikan sesuatu menggunakan kalimat yang panjang, sehingga membosankan pembaca.
5
Bab pertama novel Sang Pemimpi karyaAndrea Hirata menceritakan bahwa dirinya yang dipanggil Ikal dan kedua temannya, Arai dan Jimbron merupakan 3 remaja yg begitu nakalnya sebagai akibatnya mereka sangat dibenci sang Pak Mustar, tokoh antagonis pada buku ini.namun,pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-rabat kisah yg misalnya berdiri sendiri, sebagai akibatnya seolah-olah Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Tapi sebenarnya dalam setiap bab, mulai awal sampai akhir, memiliki interaksi yg sangat erat. Seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan. Novel yang tersaji dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa empati kebahagiaan, semangat keputusasaan ,dan kesedihan.
Novel inidisajikan dengan bahasa yang manis sehinggamampu menyihir pembaca. Dengan demikian pembaca sanggup empati kebahagiaan, semangat keputusasaan ,serta kesedihan.
Dalam novel ini penyajiannya terdiri atas rabat-potongan kisah yang misalnya berdiri sendiri, sehingga seolah-olah Andrea hanya menciptakan cerpen-cerpen dalam satu buku.
6
Dalam kitab Hujan Kepagian ini sanggup dilihat poly sisiyanglebihmanusiawi.pengarangnya sendiri pula terlibat langsung pada perjuangan kemerdekaan waktu sebagai anggota tentara pelajar.

Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik.
Dalam kitab ini, antara satu insiden dengan insiden lainnya masih ada keterkaitan. Isi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yg digunakan pengarang sederhana, tetapi memikat. Kalimat-kalimat pada paragraf disusun secara runtut sebagai akibatnya mudah dipahami.
Isi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yg dipakai pengarang sederhana, tetapi

memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sebagai akibatnya mudah dipahami.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel