OGN 2019 BAHASA INDONESIA MATERI STRUKTUR BERBAGAI JENIS TEKS


Membandingkan Isi, Penggunaan Bahasa, serta Pola Penyajian Beberapa JenisTeks Nonsastra (Berita, Eksposisi, Prosedur, Editorial, serta Ulasan/Resensi)



Teks merupakan naskah yg ditulis menggunakan tata organisasi eksklusif(struktur/pola penyajian eksklusif). Teks nonsastra merupakan naskah yg berisipermasalahan nonsastra. Termasuk dalam teks nonsastra, misalnya teks keterangan,teks eksposisi, teks prosedur kompleks, teks editorial, serta teks ulasan.struktur teks menjadi karakteristik yg menandai jenis teks tersebut.



a.Teks Berita

Teks warta merupakan teks yang berisi kabar mengenai segala yangterjadi global yg ditulis pada media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan ditelevisi, atau diunggah di situs. Teks liputan berisi liputan.

Teks keterangan dibentuk menggunakan struktur: orientasi ^ peristiwa ^ sumberberita.



Orientasi
Pembuka mengenai hal yang akan diberitakan (semacam abstraksi keterangan)
Peristiwa
Merupakan termin inti kabar. Pada termin ini keterangan dinarasikan sedemikian rupa hingga disajikan beberapa informasi yang dimunculkan lalu (tersusun atas paragraf-paragraf)
Sumber Berita
Referensidari narasumber di pada fakta.



Contoh:



Orientasi
Duta Besar Amerika Serikat buat Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4). (Paragraf 1)
Peristiwa
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalanjalan dengan kecepatan tinggi. “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, serta teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan. (Paragraf dua)
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yg akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini menggunakan teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis menjadi sumber energi penggerak utama. (Paragraf tiga)
….
(Paragraf 4 -15)

Sumber Berita
1.Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
2.Operator KA Central Japan Railway
3.Pemerintahan Presiden Barack Obama
4.Harian usaha Nikkei





b.Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang berfungsi untuk membicarakan gagasanatau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yg kuat. Teks eksposisiberisi satu sisi argumentasi: sisi yang mendukung atau sisi yg menolak.

Struktur teks eksposisi merupakan: pernyataan pendapat (tesis) ^argumentasi ^ penegasan ulang pendapat.



Contoh:



Pernyataan pendapat (tesis)
Indonesia sebagai buah bibir pada ketika pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/ World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9-14 Oktober 2012 lalu.newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang mengkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat output riset dari McKinsey dan Standard Charteredvyang mengungkapkan bahwa ekonomiIndonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (Paragraf 1)
Argumentasi
Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki kurang lebih 90 juta orang yg berada pada kelompok consuming class. Angka ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, serta energi. (Paragraf 2)
Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada dalam posisi 16 dunia menggunakan pendapatan domestik nasional sebanyak 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, serta Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia. (Paragraf tiga)
….
(Paragraf4-7)


Penegasan ulang pendapat
Apabila potensi itu tidak diwujudkan pada aksi dan momentum yang baik serta dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tadi tidak akan sebagai kenyataan. Tentunya pilihan terdapat pada tangan kita semua saat ini.
(Paragraf 8)



c.Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah teks yg berisi langkah-langkah yangharus ditempuh buat mencapai tujuan yg diinginkan. Langkah-langkah itubiasanya tidak bisa dibalik-pulang. Teks prosedur yg langkahnya dapatdibalik-balik diklaim teks protokol.

Struktur teks mekanisme kompleks adalah: tujuan yg akan dicapai ^langkah-langkah.

Contoh:



Tujuan yg akan dicapai
Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?

Di Indonesia poly pengendara tunggangan bermotor. Apabila pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memerhatikan hal ini, waktu melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan serta akan menerima hukuman sesuai dengan peraturan. (Paragraf 1)

Langkah-langkah
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama serta pangkat polisi yang tercantum pada sandang seragamnya. Mereka memiliki kewajiban menerangkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi krusial apabila polisi bertindak di luar mekanisme. Jangan hentikan tunggangan Anda bila terdapat orang berpakaian partikelir mengaku menjadi polisi lalu lintas (polantas)! (Paragraf dua)

….
(Paragraf tiga-lima)
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua cara lain terhadap tuduhan pelanggaran yg diajukan polantas, yaitu mendapat atau menolak tuduhan tadi. Jika menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti


pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau tunggangan yang dititipkan. Surat atau tunggangan yg ditahan dapat diambil jika Anda dapat menerangkan bukti pembayaran denda . Apabila menolak tuduhan, katakan keberatan Anda menggunakan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan saat lima--12 hari. Barang sitaan baru bisa dikembalikan pada pelanggar sesudah ada keputusan hakim. (Paragraf 6)




d.Teks Editorial

Teks editorial merupakan teks dalam koran atau majalah yg merupakanungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yg mewakili koran atau majalahtersebut. Editorial pula disebut tajuk planning.

Teks editorial atau tajuk planning disusun menggunakan struktur: pernyataanpendapat (thesis statement) ^ argumentasi (arguments) ^pernyataan ulang pendapat (reiteration).



Contoh:



Pernyataan pendapat
Menjual Sembari Menjaga Nirwana
Indonesia merupakan nirwana sekaligus kisah nyata, bukan imbasan jempol belaka atau romantisme berdasarkan masa kemudian. Ada begitu poly loka indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat-loka itu belum digarap serius menjadi tujuan wisata. Jangankan membuat acara wisata yg kreatif, membentuk prasarananya saja kerap nir dilakukan pemerintah. (Paragraf 1)
Argumentasi
Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan estetika sejumlah loka terancam sang eksploitasi alam yg galat dan serakah. Padahal, menggunakan pariwisata, wilayah bias mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya. (Paragraf dua)

Di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, bertentangan dengan harapan itu terpampang nyata. … (Paragraf3-9)
Pernyataan ulang pendapat
Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung jawab merayakannya. (Paragraf 10)






e.Teks Ulasan

Teks ulasan merupakan teks yang didapatkan dari sebuah analisis terhadapberbagai hal. Teks ulasan dibuat agar orang lain dapat memahami hasilpenafsiran serta evaluasi yg dilakukan.

Struktur teks ulasan merupakan: orientasi ^ tafsiran isi ^ penilaian ^ rangkuman.



Orientasi
Gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya sastra dapat berupa paparan tentang nama, kegunaan, serta sebagainya.
Tafsiran isi
Pandangan pengulas tentang karya yg diulas. Pada bagian ini penulis umumnya membandingkan karya tadi menggunakan karya lain yang dianggap mirip. Penulis jua menilai kekurangan dan kelebihan karya yg diulas.
Evaluasi
Penilaian terhadap karya, penampilan, serta produksi. Berisi gambaran secara terperinci suatu karya atau suatu benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri, serta kualitas karya tersebut.
Rangkuman
Ulasan akhir berupa simpulan karya tadi.



ISI DAN POLA PENYAJIAN BERBAGAITEKS

Jenis Teks
Tujuan
Struktur
1.Berita
Menyampaikan suatu fakta/berita
·orientasi
·peristiwa
·sumber informasi.
2.eksposisi
Memaparkan warta yg dilengkapi gagasan atau usulan dari sudut pandang tertentu
·pernyataan pendapat (tesis)
·argumentasi
·penegasan ulang pendapat.
3.prosedur
Memaparkan cara melakukan sesuatu dengan baik dan benar
·tujuan yang akan dicapai
·langkah-langkah.
4.editorial
Mengemukakan pendapat atau pandangan suatu media tentang suatu fenomena sosial
·pernyataan pendapat (thesis statement)
·argumentasi (arguments)
·pernyataan ulang pendapat (reiteration).
5.Ulasan/resensi
Mengevaluasi/menilai daya tarik suatu karya
·Orientasi
·tafsiran isi
·evaluasi rangkuman.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel