OGN 2019 BAHASA INDONESIA TIPS MENENTUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF


MENENTUKAN KALIMATUTAMA PARAGRAF

Kalimat primer merupakankalimat berisi ide utama. Kalimat primer bisa ditemukan pada awal, akhir, awaldan akhir, atau pada semua paragraf.

Ciri kalimat utama antara lain:

1. Mengandungpermasalahan yang bisa diuraikan lebih lanjut;

2. Biasanya berupakalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri;

3.dalam paragraf induktif, kalimat primer seringditandai istilah-istilah kunci, misalnya jadi ataudengan demikian.

Tentukankalimat primer paragraf berikut!

No
Paragraf
Kalimat Utama
1
1) Jamur memang mampu menjadi hidangan yg enak dan menyehatkan. 2) Namun, tidak semua jamur yang terdapat pada dunia sanggup dijadikan hidangan layak dikonsumsi. Tiga) Beberapa fungi mengandung zat racun yang mampu membahayakan tubuh. 4) Senyawa berbahaya yang terdapat pada beberapa jenis jamur, di antaranya amatoksin, muskarin, kholin, giromitrin, falin, atropin, dan asam halvevat. Lima) Senyawa-senyawa tadi bisa mengakibatkan kematian.

Jamur memang sanggup menjadi hidangan yang enak serta menyehatkan.
2
(1) Masalah energi kerjamenyangkut jutaan jiwadanmasalahnya selalu saling memengaruhi. (dua) Faktor demografis memengaruhi jumlah dan komposisi angkatan kerja. (3) Hal ini justru berdampak dalam pertumbuhan penduduk usia kerja yg jauh lebih cepat daripada pertumbuhan penduduk secara holistik. (4) Di sisi lain, homogen-rata pertumbuhan perusahaan yang sahamnya dicatatkan di bursa pengaruh Indonesia rata-rata lebih berdasarkan 15%, bahkan sejumlah perusahaan milik negara mampu tumbuh pada atas 20%. (5) Masalah ketenagakerjaan pada Indonesia sangat besar serta kompleks.

Masalah ketenagakerjaan pada Indonesia sangat besar dan kompleks.
3
1) Taman kota adalah ruang di pada kota yg ditata buat membangun estetika, kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi penggunanya. Dua) Taman kota dilengkapi bebe¬rapa fasilitas buat kebutuhan masyarakat kota sebagai loka rekreasi. 3) Selain itu, taman kota difungsikan menjadi paru-paru kota, pengendali iklim mikro, perlindungan tanah serta air, dan tempat asal aneka macam tumbuhan serta hewan. 4) Apabila terjadi suatu bencana, taman kota bisa difungsikan menjadi loka posko pe¬ngungsian. 5) Pepohonan yang terdapat pada taman kota bisa menaruh manfaat keindahan, penangkal angin, serta penyaring cahaya mata¬hari.
Taman kota merupakan ruang di dalam kota yang ditata buat menciptakan keindahan, kenyamanan, keamanan, serta kesehatan bagi penggunanya.
4
1) Kematian anak usia dibawah satu tahun pada Indonesia sangat memprihatinkan. 2) Menurut survai Demografi serta Kesehatan Indonesia, angka kematian bayi tahun 2007 merupakan 34 per 1.000 kelahiran hayati. Tiga) Angka kematian bayi di Indonesia diperkirakan tertinggi diantara negara ASEAN. 4) Ada 75 % menurut kematian bayi berumur dibawah satu tahun karena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), konflikasi perinatal bayi umur 0-28 hari, dan diare. 5) Oleh karena itu, upaya mengatasi ketiga penyebab primer kematian bayi itu harus diutamakan
Oleh karenanya, upaya mengatasi ketiga penyebab primer kematian bayi itu wajib diutamakan.
5
(1) Beras merah adalah jenis beras menggunakan kandungan vitamin B serta vitamin E yang tinggi. (2) Manfaat beras merah sangat baik buat menjaga kesehatan dan menyembuhkan aneka macam macam penyakit. (3) Hal ini disebabkan beras merah kaya akan serat alami, gizi, vitamin, dan kandungan mineral yg tinggi. (4) Hampir semua petani Indonesia membudidayakannya di lahannya. (lima) Beras merah pula mengandung banyak sekali zat misalnya fenolat yg merupakan antioksidan bertenaga, selenium, dan zat-zat lainnya.
Beras merah merupakan jenis beras menggunakan kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi.
6
Sebuah sekolah mengadakan angket budi pekerti yg dipandu guru BK di kelas XII IPA 2 . Hasilnya diketahui bahwa Ridho, Alfian, serta Dhanu selalu berkunjung ke panti asuhan dua bulan sekali. Kemudian, Aziz, Tia, dan Zahra adalah anak-anak yg segera tanggap menggalang bantuan sosial apabila mendengar terjadi musibah pada suatu daerah. Berbeda menggunakan Ulil, Annas, dan Tifa. Ketiga anak ini suka bersedekah dalam fakir miskin. Selanjutnya, teman-teman sekelas lainnya
merupakan anak-anak yang ringan hati menyumbang jika terdapat sahabat sekelas mereka yg nir mampu membayar iuran sekolah. Jadi, anak didik kelas XII IPA 2 berjiwa sosial tinggi.
Jadi, anak didik kelas XII IPA 2 berjiwa sosial tinggi.


POSTINGAN TERKAIT
1. TIPS MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF BACA DI SINI
2. JENIS-JENIS PARAGRAF BACA DI SINI
3. BERBAGAI STRUKTUR TEKS BACA DI SINI
4. PERSIAPAN OGN 2017 PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL BACA DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel