OGN 2019 BAHASA INDONESIA TIPS MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF


MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF

Ide pokok atau gagasan primer merupakanpernyataan yg sebagai inti pembahasan atau inti sebuah paragraf.

Langkah menemukan pandangan baru utama paragrafadalah menjadi berikut.

a. Tentukan kalimat utama paragraf, yaitu menggunakan membandingkankalimat satu menggunakan kalimat lainnya. Kalimat utama memiliki cakupan topiklebih luas atau lebih generik daripada kalimat yang lain.

b. Tentukan inti kalimat menurut kalimatutama menggunakan cara menemukan subjek dan predikatnya!

c. Ubah inti kalimat yang ditemukanmenjadi frasa (kelompok istilah).

Contoh soal

(1)Banjiryang merendam areal pertanian pada pantai utara diprediksi akan menurunkan produkpangan. (dua) Ancaman menurunnya produksi pangan ini tampaknya akan semakin besarkarena pusat pertanian di sepanjang pantai utara terendam banjir lebih daridua belas hari. (3) Bahkan, areal pertanian di Indramayu hingga pekan ini masihdigenangi air. (4) Pemerintah semestinya memikirkan kesulitan yang dialami parapetani di wilayah pantura. (5) Mereka kini memerlukan benih dan pupuk untukmengganti flora padi yg puso.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

A.kesulitanpetani Pantura

B.menurunnyaproduksi pangan

C.menurunnyapangan pada sepanjang pantai utara

D.terendamnyaareal pertanian di pantai utara

E.terendamnyabenih serta pupuk pertanian



Jawaban : B

Ide pokok merupakan gagasan yangmendasari terbentuknya sebuah paragraf. Paragraf tadi membahas tentangmenurunnya produksi pangan dampak banjir. Maka wangsit utama paragraf tersebutterdapat pada pilihan B.

Tentukan ilham utama paragraf berikut adalah.

No
Paragraf
Ide Pokok
1
(1) Sirene sebagai bagian menurut sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan memakai teknologi komunikasi satelit serta GSM. (dua) Begitu ada gempa, sensor yang dipasang dalam sirene akan menaruh data secara cepat ke stasiun BMKG.(tiga) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk
mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam saat 10 mnt. (4) Jika terdapat potensi akan terjadi tsunami, sirene langsung dibunyikan dalam bentuk nada eksklusif. (lima) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.
sistem kerja peringatan tsunami
2
Provinsi Kalimantan Tengah memiliki objek wisata berupa taman anggrek. Objek wisata ini berada di kawasan hutan Desa Murutuwu, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur. Letak taman ini sekitar delapan kilometer berdasarkan ibu kota kabupaten. Taman anggrek yang berada pada tengah hutan ini diperkirakan seluas empat hektare. Di taman tadi masih ada spesies anggrek hitam.
objek wisata taman anggrek di Provinsi Kalimantan Tengah
3
Tampaknya, kepekaan kita pelan-pelan menyusut setelah peristiwa demi bencana itu sekarang hampir sebagai rutin. Kita risi, lama -usang, seluruh menjadi biasa serta nir ada lagi rasa sedih serta berduka. Sebab umumnya, sesuatu yang rutin, tidak lagi mengusik kita. Ia seakan kehilangan makna: sama misalnya kita membaca liputan perampokan, penodongan, pemerkosaan, penghilangan nyawa, dan sebagainya di kurang lebih kita. Paling-paling kita hanya bergumam pendek: sadis, tega, menakutkan, atau yang lainnya. Setelah itu, kita pun melupakannya dan kita nir berpikir lebih jauh.
Menyusutnya kepekaan atas tragedi
4
Lebih menurut tujuh belas jenis lidah buaya sudah dibudidayakan pada wilayah tropis. Akan namun, sampai saat ini hanya terdapat tiga jenis yg diusahakan buat tujuan komersial, yaitu Aloe Barbadensis menurut Amerika, Aloe Ferox berdasarkan Afrika, serta Aloe Sinensis berdasarkan Asia (Cina). Aloe Barbadensis merupakan jenis terbaik karena lebih tahan hama serta penyakit. Ukurannya jauh lebih akbar dibandingkan dengan jenis lainnya. Di Indonesia, lidah buaya dibudidayakan sejak beberapa tahun lalu pada skala relatif luas di Pontianak, Kalimantan Barat. Jenis yg diusahakan di wilayah tersebut merupakan Aloe Sinensis yg asal menurut Cina.
jenis pengecap buaya yg dibudidayakan pada daerah tropis
5
(1) Kerusakan lingkungan dan ketidakseimbangan ekosistem pada Indonesia semakin parah. (dua) Ini diindikasikan dengan banyak sekali bala ekologis yg semakin acapkali terjadi. (3) Apabila hal ini dibiarkan, kerusakan lingkungan dan ketimpangan ekosistem akan semakin parah. (4) Model pembangunan yg tidak memperhatikan lingkungan dan konsep ekologi dimungkinkan menjadi sumber penyebab kerusakan ini. (5) Selama ini, pembangunan yang bersumbu dalam peningkatan ekonomi dan jnfrastruktur fisik telah mengesampingkan berita lingkungan dan ekologis.
kerusakan lingkungan serta ketidakseimbangan ekosistem

POSTINGAN TERKAIT
TIPS MENENTUKAN KALIMAT UTAMA BACA DI SINI
PERSIAPAN OGN PEDAGOGIK BACA DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel