SOAL OGN 2019 TANYA JAWAB KOMPETENSI PEDAGOGIK IV


PERANCANGAN, PELAKSANAAN EVALUASIPEMBELAJARAN, DAN PEMANFAATAN HASIL PENILAIAN PEMBELAJARAN
BAHAN PERSIAPAN OGN 2017

1.Apakahperbedaan evaluasi, pengukuran, tes, serta penilaian?

Evaluasi(evaluation) merupakan penilaian yang sistematiktentang manfaat atau kegunaan suatu objek (Stufflebeam serta Shinkfield, 1985dalam Depdiknas, 2004:11).

Pengukuran (measurement) merupakan prosespenetapan angka terhadap suatu tanda-tanda menurut aturan eksklusif (Guilford, 1982dalam Depdiknas, 2004:9). Safari (1997:3) mengartikan pengukuran sebagai suatukegiatan buat menerima kabar/data secara kuantitatif.

Tes merupakan seperangkat pertanyaan yangmemiliki jawaban benar atau salah .

Penilaian (assessment) adalah suatupernyataan dari sejumlah fakta untuk mengungkapkan karakteristik seseorangatau sesuatu (Griffin serta Nix, 1991 pada Depdiknas, 2004:10).

PEMBAHASAN LENGKAP PENGERTIANEVALUASI-PENILAIAN BACA DI SINI

2.Apasajakah prinsip-prinsip evaluasi? Jelaskan secara singkat!

Jawab:Prinsipumum dalam Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik sebagai berikut.

a. Sahih, berarti penilaian didasarkanpada data yg mencerminkan kemampuan yg diukur.

b. Objektif, berarti penilaiandidasarkan pada mekanisme dan kriteria yg jelas, tidak dipengaruhisubjektivitas penilai.

c. Adil, berarti penilaian tidakmenguntungkan atau merugikan siswa lantaran berkebutuhan spesifik sertaperbedaan latar belakang kepercayaan , suku, budaya, adat tata cara, status sosialekonomi, serta gender.

d. Terpadu, berarti evaluasi olehpendidik merupakan galat satu komponen yg tak terpisahkan berdasarkan kegiatanpembelajaran.

e. Terbuka, berarti mekanisme penilaian,kriteria penilaian, serta dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihakyang berkepentingan.

f. Holistik dan berkesinambungan,berarti penilaian oleh pendidik meliputi seluruh aspek kompetensi serta denganberbagai teknik evaluasi yang sinkron menggunakan kompetensi yg harus dikuasaipeserta didik.

g. Sistematis, berarti penilaiandilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

h. Akuntabel, berarti evaluasi dapatdipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, mekanisme, juga hasilnya.

i. Edukatif, berarti evaluasi dilakukanuntuk kepentingan dan kemajuan siswa pada belajar.

PEMBAHASANFUNGSI, TUJUAN, PRINSIP PENILAIAN BACA DI SINI

3.Apasajakah teknik serta instrumen evaluasi sikap?

Jawab:Teknik dan instrumen evaluasi perilaku merupakan sebagai berikut.

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala evaluasi perilaku
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala evaluasi sikap
Dilakukan dalam akhir semester.
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala evaluasi sikap
Dilakukan pada akhir semester, setiap pesesrta didik dinalai sang tiga murid.
Jurnal
Catatan pendidik berisi informasi mengenai kekuatan dan kelemahan peserta didik
Berupa catatan pengajar mengenai kelemahan dan kekuatan peserta didik yg tidak berkaitan dengan mata pelajaran.

4.apakah yang dimaksud dengan dimensi pengetahuan berupa fakta, konseptual, procedural,dan metakognitif?

Jawab:dimensi pengetahuan bisa dijelaskan menjadi berikut.

a.  Pengetahuan faktual; pengetahuan terminologiatau pengetahuan lebih jelasnya yang spesifik serta elemen.

b.  Pengetahuan konseptual; pengetahuan yanglebih kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip serta generalisasi.

c.  Pengetahuan prosedural; pengetahuantentang bagaimana melakukan sesuatu.

d. Pengetahuan metakognitif; pengetahuantentang kognisi, merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, meliputikesadaran berpikir dan penetapan keputusan tentang sesuatu.

5.apa sajakah teknik serta intrumen evaluasi aspek Keterampilan?

Jawab: Teknik danBentuk Penilaian Keterampilan merupakan sebagai berikut.

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Unjuk kerja/ kinerja / praktik
·         Daftar cek, dengan menggunakan daftar cek, peserta didik menerima nilai jika kriteria dominasi kompetensi eksklusif dapat diamati sang penilai.
·         Skala Penilaian (Rating Scale). Penilaian kinerja yg memakai skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap dominasi kompetensi tertentu, lantaran anugerah nilai secara kontinum dimana pilihan kategori nilai lebih dari dua.
Projek
·         Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan.
·         Untuk menilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria evaluasi atau rubrik.
Produk
·         Daftar cek atau skala evaluasi (rubrik)
Portofolio
·         Daftar cek atau skala evaluasi (rubrik)

PEMBAHASAN LENGKAP PENILAIAN SIKAP,PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN BACA DI SINI

6.bagaimanakah langkah penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ?

Jawab:KKM ditetapkan pada athun baru pelajaran melalui musyawarah oleh satuanpendidikan (sekolah) dengan memperhatikan intake (kemampuan homogen-homogen pesertadidik), kompeksitas, dan kemampuan daya dukung (berorientasi dalam sumberbelajar).

PEMBAHASAN LENGKAP KKM BACA DI SINI

7.apakah yang dimaksud menggunakan pembelajaran remedial serta pengayaan?

Jawab:Remedial merupakan suatu treatmen atau donasi untukmengatasi kesulitan belajar. Remediasi mempunyai padanan remediation dalambahasa Inggris.

Remediasi adalah aktivitas yangdilaksanakan buat membetulkan kekeliruan yang dilakukan murid. Kalau dikaitkandengan aktivitas pembelajaran, kegiatan remediasi bisa diartikan sebagai suatukegiatan yang dilaksanakan buat memperbaiki aktivitas pembelajaran yg kurangberhasil. Kekurangberhasilan pembelajaran ini umumnya ditunjukkan olehketidakberhasilan siswa dalam menguasai kompetensi yg diperlukan dalampembelajaran.

Pengayaanmerupakan suatu kegiatan belajar, dikhususkan bagi siswa yangmemilikikemampuan belajar lebih,misalkan belajar lebih cepat, menyimpan informasi lebih mudah, keingintahuanlebih tinggi, bepikir berdikari, superior, serta berpikir tak berbentuk, dan memilikibanyak minat.secara umum pengayaan bisa diartikan menjadi pengalaman ataukegiatan peserta didik yg melampaui persyaratan minimal yg dipengaruhi olehkurikulum serta tidak seluruh siswa bisa melakukannya. Pembelajaranpengayaan merupakan pembelajaran tambahan dengan tujuan buat memberikankesempatan pembelajaran baru bagi peserta didik yg mempunyai kelebihansedemikain rupa sebagai akibatnya mereka bisa mengoptimalkan perkembangan minat, bakat,serta kecakapannya.

PEMBAHASAN REMEDIAL BACA DI SINI

PEMBAHASAN PENGAYAAN BACA DI SINI

8.bagaimanakah langkah-langkah aplikasi penelitian tindakan kelas?

Jawab:pada dasarnya PTK terdiri dari 4 (empat) tahapan dasar yg saling terkait serta berkesinambungan: perencanaan (planning),  pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), serta  refleksi (reflecting).

a.     Perencanaan Tindakan

Rencana tindakan disusun buat mengujisecara realitas hipotesis tindakan yang dipengaruhi. Rencana tindakan inimencakup semua langkah tindakan secara rinci. Segala keperluan aplikasi PTK,mulai menurut materi/bahan ajar, planning pedagogi yg mencakup metode/ teknikmengajar, dan teknik atau instrumen observasi/ evaluasi, dipersiapkan denganmatang dalam termin perencanaan ini. Dalam tahap ini perlu pula diperhitungkansegala hambatan yg mungkin timbul dalam saat termin implementasi berlangsung.dengan melakukan antisipasi lebih menurut diharapkan pelaksanaan PTK dapatberlangsung dengan baik sinkron dengan hipotesis yg telah dipengaruhi.

2.     Pelaksanaan Tindakan

Tahap ini adalah implementasi (pelaksanaan) menurut seluruh rencana yg sudah dibuat. Tahap ini, yg berlangsungdi pada kelas, merupakan realisasi dari segala teori pendidikan dan teknikmengajar yg telah disiapkan sebelumnya. Langkah-langkah yg dilakukan gurutentu saja mengacu dalam kurikulum yg berlaku, serta hasilnya diharapkan berupapeningkatan efektiftas keterlibatan kolaborator sekedar buat membantu sipeneliti buat dapat lebih mempertajam refleksi dan penilaian yg beliau lakukanterhadap apa yang terjadi dikelasnya sendiri. Dalam proses refleksi ini segalapengalaman, pengetahuan, serta teori pembelajaran yg dikuasai serta relevan.

3.     Pengamatan Tindakan

Kegiatan observasi dilakukan bersamaandengan pelaksanaan tindakan. Data yang dikumpulkan pada tahap ini berisitentang aplikasi tindakan dan rencana yg telah dibentuk, dan dampaknyaterhadap proses serta output intruksional yang dikumpulkan menggunakan indera bantuinstrumen pengamatan yang dikembangkan sang peneliti. Terdapat empat metode observasi, yaitu :observasi terbuka; observasi terfokus; observasi terstruktur serta serta observasisistematis. Beberapa prinsip yang harus dipenuhi pada observasi, antara lain:(a) terdapat perencanaan antara dosen/pengajar menggunakan pengamat; (b) penekanan observasiharus ditetapkan bersama; (c) dosen/guru dan pengamat membentuk kriteriabersama; (d) pengamat mempunyai keterampilan mengamati; serta (e) balikan hasilpengamatan diberikan menggunakan segera. Adapun keterampilan yang wajib dimilikipengamat antara lain: (a) menghindari kecenderungan buat membuat penafsiran;(b) adanya keterlibatan keterampilan antar eksklusif; (c) merencanakan skedulaktiftas kelas; (d) umpan pulang nir lebih dari 24 jam; (d) catatan harusteliti dan sistemaris.

4.      RefleksiTerhadap Tindakan

Tahapan ini adalah tahapan untukmemproses data yang didapat waktu dilakukan pengamatan. Data yang didapatkemudian ditafsirkan dan dicari eksplanasinya, dianalisis, serta disintesis.dalam proses pengkajian data ini dimungkinkan buat melibatkan orang luarsebagai kolaborator, seperti halnya dalam waktu observasi.

PEMBAHASAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS:

DESAIN PTK BACA DI SINI

TAHAP PTK BACA DI SINI

PROPOSAL PTK BACA DI SINI

LAPORAN PTK BACA DI SINI

9.apakah yang dimaksud menggunakan refleksi pembelajaran?

Jawab:Refleksi adalah aktivitas penilaian pada aneka macam bentuk yg dilakukan olehpeserta didik terhadap proses belajar mengajar yang sudah dilaksanakan olehpendidik dengan maksud buat memperbaiki proses belajar yang dilaksanakan olehpendidik dalam ketika yang akan tiba.

Definisi berdasarkan Reid, 1995 “Reflectionis a process of reviewing an experience of practice in order to describe,analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Konsep tadi dapatdiartikan, bahwa refleksi merupakan sebuah proses mereviu pengalaman dengan caramendeskripsikan, menganalisis, mengevaluasi pembembelajaran yg telahdilakukan.

10.Bagaimanakahcara aplikasi refleksi dalam pembelajaran?

Jawab:Refleksidalam pembelajaran bisa dilaksanakan dengan teknik-teknik berikut.

a.Belajar Jurnal

Pertama adalah belajar jurnal, parasiswa diminta buat membuat jurnal mingguan di mana mereka merekam danberkomentar tentang pengalaman mereka menjadi pelajar dalam kelas tersebut.dibutuhkan saat 5 mnt buat siswa menulis jurnal tersebut. Pada akhirpelajaran jurnal tadi pada kumpulkan kepada pengajar buat diberi komentar.

b.BelajarMitra (gerombolan atau kerjasama)

Belajar kawan bermanfaat untukmendiskusikan ilham-wangsit yang dibangkitkan, mengeksplorasi kepentingan merekasendiri, bertukar pikiran untuk memberikan komentar satu sama lainnya.

c.BelajarKontrak

Penggunaan belajar kontrak padapembelajaran refleksi ada 3 termin, yaitu menjadi berikut.

1) Sebelum penyusunan sebuah draft awaluntuk disampaikan pada murid wajib fokus dalam pengalaman mereka, kebutuhanmereka belajar dan bagaimana mereka bisa belajar dengan baik. Dalam dialogdengan anak didik, konsepsi pembelajaran ini didiskusikan serta kontrak yg direvisidihasilkan.

2) Sebelum penyerahan hasil ahir belajarmereka, anak didik diminta pada kontrak buat meninjau pembelajaran mereka danbagaimana mereka bisa menyampaikannya kepada orang lain.

3) Jadwal Penilaian diri. Jadwalpenilaian diri digunakan sebagai sarana memungkinkan murid buat menyatukanberbagai pembelajaran mereka pada suatu kelas, buat merefleksikan prestasimereka dan menelaah implikasinya untuk pembelajaran lebih lanjut. (Tebow, 2008)

5. Penyusunan Instrumen RefleksiPembelajaran

Instrumen merupakan alat buat merekaminformasi yang akan dikumpulkan. Instrumen observasi dipakai berdasarkanteknik yang dilakukan. Jenis instrumen yg bisa dikembangkan buat kegiatanrefleksi pembelajaran merupakan lbr observasi, panduan wawancara, lbr telaahdokumen, serta angket.

PEMBAHASAN REFLEKSI DALAM PEMBELAJARANBACA DI SINI
POSTINGAN TERKAIT
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK III DAN V
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK II
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK I

Sumber Pustaka

Doyin, Mukh dan Supriyono. 2015. Materi UKG Bahasa Indonesia. Semarang:Bandungan Institute.

Kurniawan, Endang, dkk. 2016. RefleksiPembelajaran Dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta:Direktorat Jenderal Pengajar serta TenagaKependidikan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan

_____________________. 2016.PemanfaatanDan Pelaporan Hasil Penilaian. Jakarta: Direktorat Jenderal GurudanTenaga KependidikanKementerian Pendidikan dan Kebudayaan










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel