SOAL OGN 2019 TANYA JAWAB KOMPETENSI PEDAGOGIK III DAN V


PELAKSANAANPEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DAN PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
BAHAN PERSIAPAN OLIMPIADE GURU NASIONAL 2017

1.Bagaimanakahlangkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik? Berikan contoh!

Pembelajaran denganpendekatan saintifik dilaksanakan dengan 5 langkah yg disingkat menggunakan 5M,yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan keterangan, mengolahinformasi/mengasosiasi, serta mengomunikasikan.

a. Mengamati

Kegiatan Belajarnyamengamati: melihat, membaca, mendengar, menyimak (tanpa atau menggunakan indera).

2.     Menanya

Kegiatan Belajarnya: Mengajukanpertanyaan tentang kabar yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati ataupertanyaan buat mendapatkan liputan tambahan mengenai apa yang diamatidimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik).

3.     Mengumpulkan Informasi/ Eksperimen

Kegiatan Belajarnya:Melakukan eksperimen, Membaca sumber lain selain kitab teks, Mengamatiobjek/kejadian, Aktivitas Wawancara menggunakan narasumber

4.     Mengasosiasikan/ Mengolah

Kegiatan Belajarnya

Mengolah informasi yangsudah dikumpulkan baik terbatas dari output kegiatan mengumpulkan/eksperimenmaupun output mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi

5.     Mengkomunikasikan         

Kegiatan Belajarnya :Menyampaikan output pengamatan, kesimpulan menurut  output analisissecara verbal, tertulis, atau media lainnnya.

KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI

CONTOH RPP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI

2.Apakahyang dimaksud dengan contoh pembelajaran discovery learning? Jelaskan langkah-langkahdiscovery learning dan buatlah model pada perencanaan pembelajaran

Model DiscoveryLearning adalah teori belajar yang didefinisikan menjadi proses pembelajaranyang terjadi bila pelajar tidak tersaji dengan pelajaran dalam bentukfinalnya, tetapi diharapkan siswa mengorganisasi sendiri.

Pelaksanaan pembelajarandengan contoh discovery learning mencakup 6 tahap, yaitu

a. Stimulation(stimulasi/pemberian rangsangan)   

b.  Problemstatement (pernyataan/ identifikasi kasus)     

c.  Datacollection (Pengumpulan Data).     

d.  DataProcessing (Pengolahan Data)     

e.  Verification(Pembuktian)

f.  Generalization(menarik kesimpulan/generalisasi)

PEMBAHASAN LENGKAPDISCOVERY LEARNING BACA DI SINI

CONTOH RPP DISCOVERYLEARNING BACA DI SINI

3.apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaranberbasis kasus ) ? Jelaskan langkah-langkah Problem Based Learning danbuatlah model dalam perencanaan pembelajaran

Pembelajaran berbasismasalah adalah sebuah pendekatan pembelajaran yg menyajikan masalahkontekstual sehingga merangsang peserta didik buat belajar. Dalam kelas yangmenerapkan pembelajaran berbasis kasus, siswa bekerja pada tim untukmemecahkan kasus dunia konkret (real world)

Tahapan-Tahapan ModelPBL

Fase 1: Orientasipeserta didik pada perkara.

Fase 2: Mengorganisasikanpeserta didik

Fase tiga: Membimbingpenyelidikan individu dan gerombolan .

Fase 4: Mengembangkandan menyajikan output karya.

Fase 5: Menganalisa danmengevaluasi proses pemecahan masalah.

PENJELASAN LENGKAP PBLBACA DI SINI

CONTOH RPP PBL BACA DISINI

4. Apakah yang dimaksud menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (Pembelajaranberbasis proyek ) ? Jelaskan langkah-langkah Project Based Learning dan buatlahcontoh pada perencanaan pembelajaran

Pembelajaran BerbasisProyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metode pembelajaran yangmenggunakan proyek/kegiatan menjadi media. Peserta didik melakukan eksplorasi,penilaian, interpretasi, sintesis, dan warta buat membentuk berbagaibentuk output belajar.

Pembelajaran BerbasisProyek adalah metode belajar yang memakai kasus menjadi langkah awaldalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkanpengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.

Langkah-langkahPembelajaran Berbasis Proyek

1. Penentuan PertanyaanMendasar (Start With the Essential Question).

2. MendesainPerencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)

3. Menyusun Jadwal(Create a Schedule)

4. Memonitor pesertadidik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of theProject)

5. Menguji Hasil(Assess the Outcome).

6. MengevaluasiPengalaman (Evaluate the Experience)

PENJELASAN LENGKAP POJECTBASED LEARNING BACA DI SINI

CONTOH RPP PjBL BACA DISINI
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK I
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK II
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK IV
BACA CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN DI SINI
BREAKING NEWS....
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel