PANDUAN KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR KMD

PANDUAN
KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
(KMD)
I. DASAR PERTIMBANGAN
1. Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana, disingkat Gerakan Pramuka, menjadi keliru satu wadah pembinaan serta pengembangan Sumber Daya Manusia generasi belia melalui kepramukaan, perlu mengadakan perubahan kursus-kursus Pembina Pramuka sinkron menggunakan kepentingan, kebutuhan, situasi serta syarat perkembangan masyarakat khususnya kaum belia waktu ini dan pembaharuan pelatih Pembina Pramuka yg diputuskan Konferensi Pramuka se dunia.
2. Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka tahun 1998 di Jakarta tetapkan rencana Strategik Gerakan Pramuka 1999 - 2004 " Panca Karsa Utama " dengan acara prioritas diantaranya Program Peserta Didik serta training Pembina Pramuka dengan target Pembina Pramuka yg berkualitas yg bisa menpersiapkan Pramuka berkualitas.
3. Hasil analisis SWOT ( Strength, Weaknesses, opportunity dan Threat ) pada temukan adanya pertarungan berupa kelemahan dan hambatan dalam aneka macam aspek, termasuk pembinaan Pembina Pramuka serta Program Peserta Didik, pada tubuh Gerakan Pramuka, yg dapat menghambat proses pencapaian target dan tujuan Renstra 1999 - 2004.
4. Penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir sebagaimana ditetapkan dalam keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 058 tahun 1980 perlu dirubah buat diadaptasi dengan kepentingan, kebutuhan, situasi serta kondisi perkembangan warga , khususnya kaum belia, ketika ini dan pada menghadapi tantangan abad ke 21.
II. KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
1. Tujuan
Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah buat memberi bekal pengetahuan dasar serta pengalaman mudah membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka adalah Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.
dua. Sasaran
Peserta sesudah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, sanggup :
a. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan dan perkembangannya.
b. Menerapkan kepramukaan secara efektif serta efisien dalam membina Pramuka sinkron dengan golongannya.
c. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana target dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan serta Motto Kepramukaan serta menerapkannya dalam membina Pramuka sinkron menggunakan golongannya.
d. Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka kepada Pramuka sesuai dengan golongnnya sebagai akibatnya perilaku dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina serta membuatkan mental, fisik, intelektual, emosional serta sosial sesuai menggunakan golongannya sebagai akibatnya beliau bisa berperan positif dalam rakyat lingkungannya.
f. Menerapkan Sistem Among dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka pada hidup bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panutan siswa dan masyarakat.
g. Menerapkan kepemimpinan yg dijiwai serta bersumber dalam Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik ) sesuai menggunakan golongannya.
i. Menerapkan ketrampilan komunikasi serta ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis dan menghayati sifat dan tabiat peserta didiknya.
k. Mengelola satuannya.
l. Membina dan mengembangkan sumber daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami, Menghayati serta melaksanakan AD & ART Gerakan Pramuka.
3. Persyaratan Peserta
KMD dapat diikuti oleh semua anggota dewasa Gerakan Pramuka, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yg membantu membina Satuan Pramuka serta anggota rakyat dewasa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a. Sehat rohani dan jasmaniya
b. Bersedia serta sukarela menjadi Pembina Pramuka
c. Berpendidikan formal minimal setingkat SMU
d. Mendapat rekomendasi dari Gudep/Kwartir
e. Telah berusia sekurang-kurangnya 19 tahun
f. Bersedia mengikuti KMD secara penuh
g. Bersedia membayar porto kursus
h. Mengisi formulir biodata
4. Penyelenggara
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) diselenggarakan sang jajaran Kwartir cq. Lemdika dengan tetap memperhatikan ketentuan sebagai berikut :
a. Memberitahukan penyelenggaraannya kepada Kwartir atasannya.
b. Memberi laporan secara tertulis pada Kwartir atasannya menggunakan tembusan kepada Ka. Lemdikanas.
c. Jumlah peserta kursus antara 30 hingga menggunakan 40 orang perkelas.
lima. Alokasi Waktu
a. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) diselenggarakan menggunakan alokasi saat selama 7 hari dimana pelaksanaannya 4 hari pada kelas dan 3 hari pada perkemahan.
b. Pelaksanaan dalam kelas bisa pada atur sinkron dengan syarat peserta.
6. Kurikulum
Kurikulum KMD disusun menjadi berikut :
a. Modul I PENGANTAR....................................................... 4 jampel
1.1. Upacara Pembukaan Kursus ..................... 1 jampel
1.2. Orientasi Kursus ........................................ 1 jampel
1.3. Dinamika grup .................................. 1 jampel
1.4. Pengembangan Sasaran Kursus ................ 1 jampel
b. Inti ..................................................................................... 76 jampel
Modul 2 : KEPRAMUKAAN, PRINSIP DASAR&METODE
dua.1. Penghayatan AD & ART Gerakan Pramuka.. 3 jampel
dua.dua. Kepramukaan ................................................ 2 jampel
dua.tiga. Pendidikan pada Kepramukaan ...................dua jampel
2.4. Prinsip Dasar Kepramukaan ..........................dua jampel
dua.lima. Metode Kepramukaan ...................................3 jampel
2.6. Kode Kehoramatan Pramuka ........................2 jampel
2.7. Motto Gerakan Pramuka .............................. 1 jampel
2.8. Kiasan Dasar pada Kepramukaan ............. Dua jampel
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK)..tiga jampel
tiga.2. Dewan Satuan Pramuka ............................. Dua jampel
3.3. Forum S,G,T,D, .......................................... 6 jampel
tiga.4. Memahami Peserta Didik dan Kebutuhannya 2 jampel
3.5. Menciptakan Kegiatan yg Menarik,
Menantang dan Mengandung Pendidikan ... 2 jampel
Modul 4 : CARA MEMBINA
4.1. Membina Pramuka ..................................... 2 jampel
4.dua. Sistem Among ............................................ Dua jampel
4.3. Komunikasi serta Bergaul dengan
Peserta didik .............................................. Dua jampel
4.4. Mengelola Satuan Pramuka ...................... Dua jampel
4.lima. Peran, Tugas serta Tanggung jawab Pembina
Pramuka .................................................... 2 jampel
Modul 5 : ORGANISASI
5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka ....... Dua jampel
5.dua. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka ..... 1 jampel
5.tiga. Organisasi dan Administrasi Gugus Depan
Pramuka ..................................................... Dua jampel
Modul 6 : KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN
6.1. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG .............. Tiga jampel
6.dua. Upacara sebagai Alat Pendidikan .............. Dua jampel
6.4 Pelantikan sebagai Alat Pendidikan .......... 2 jampel
6.lima Api Unggun menjadi Alat Pendidikan ....... Dua jampel
Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA
7.1. Berkemah ................................................. Dua jampel
7.2. Keterampilan Kepramukaan .................... 4 jampel
7.3. Penjelajahan ............................................ 6 jampel
Modul 8 : KEWIRAUSAHAAN
8.1. Pengembangan Kewiraan ........................ Dua jampel
8.2. Pengembangan Kewirausahaan .............. 2 jampel
8.tiga. Satuan Karya Pramuka (SAKA) ............. Dua jampel
c. Pelengkap ....................................................................... 4 jampel
Modul 9 : PELENGKAP
9.1. Lambang Gerakan Pramuka,
WOSM serta WAGGGS .......................... 2 jampel
9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal,
Tanda Jabatan serta Tanda Penghargaan
Pramuka ................................................ Dua jampel
d. Penutup
Modul 10 : PENUTUP .................................................. 6 jampel
10.1. Forum Terbuka .................................... 2 jampel
10.2. Rencana Tindak Lanjut (RTL) ............. 2 jampel
10.tiga. Evaluasi ............................................... 1 jampel
10.4. Upacara Penutupan Kursus ................. 1 jampel
jumlah ................. 90 jampel
CATATAN :
1. Penyajian Modul 1 s.D. Modul lima menggunakan alokasi saat 51 jampel dilaksanakan pada Kelas
2. Penyajian Modul 6 s.D. Modul 10 menggunakan saat 39 jampel dilaksanakan dalam perkemahan.
7. Metode
Materi KMD disajikan dengan pendekatan Andragogi, berfokus dalam pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara eksklusif dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode, antara lain :
a. Diskusi kelompok
b. Curah gagasan
c. Metta Plan/Country Fair
d. Study kasus
e. Kerja kelompok
f. Demostrasi
g. Bermain peran
h. Presentasi
i. Rencana Tindak lanjut (RTL)/"Action Plan"
8. Tim Pelatih
a. Tim Pelatih KMD merupakan Tim Pelatih yang disusun sang Ka.lemdika
b. Persyaratan Tim Pelatih KMD
1) Ketua Tim Pelatih, menjadi Pemimpin Kursus, lulusan KPL dan mempunyai SHL serta berpengalaman melatih minimal 5 kali
2) Tim Pelatih KMD lulusan KPD yang memiliki SHL
c. Jumlah anggota tim pelatih KMD diubahsuaikan menggunakan kebutuhan
9. Tanda Kelulusan
a. Setiap peserta KMD yang telah menyelesaikan KMD diberi sertifikat dan wajib mengikuti Masa Pemantapan KMD buat selanjutnya berhak mengikuti KML
b. Sertifikat dikeluarkan sang Ka.lemdika.
10. Masa Pemantapan KMD
a. Para Pembina serta Pembantu Pembina Pramuka yang telah merampungkan KMD, diwajibkan mengikuti Masa Pemantapan KMD dengan tujuan agar :
1) pengetahuan dasar tentang kepramukaan yang didapat berdasarkan KMD bisa dipraktekkan dalam kegiatan kepramukaan beserta peserta didik asuhannya.
2) mendapat pengalaman mudah membina satuan pramuka sinkron dengan golongan usia pramuka binaannya.
b. Kegiatan dalam Masa Pemantapan KMD, antara lain meliputi:
1) Mengelola Satuan Pramuka
a) merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan satuan pramuka binaannya ;
b) mengadministrasikan kegiatan satuan :
- Program Kegiatan Tahunan, dalam satu tahun
- Catatan Harian Kegiatan Satuan
- Daftar Inventaris Satuan
- Keuangan Satuan & Iuran Anggota
- Presensi Anggota Satuan
- Keuangan Satuan & Iuran Anggota
- Presensi Anggota Satuan
- Data Pribadi Anggota Satuan/Buku Induk
c) mengadakan kunjungan serta kegiatan bersama menggunakan satuan lain segolongan menggunakan satuan pramuka binaannya, menggunakan tujuan dapat melihat berdasarkan dekat bagaimana penyelenggaraan aktivitas di satuan lain, sehingga bisa dipakai sebagai pembanding atas pengelolaan pada satuannya sendiri;
c. Pelaksanaan Masa Pemantapan KMD
1) Ka.lemdikacab menetapkan Pelatih Pembina Pramuka sebagai Konsultan Lapangan Kepramukaan yg akan memberi bimbingan dalam para peserta dalam Masa Pematapan KMD;
2) Konsultan Lapangan Kepramukaan memberikan bimbingan, melalui aktivitas pada bentuk :
- Gelang ajar/Karang Pamitran
- Diskusi-diskusi
- Konsultasi induvidu atau kelompok
- Pertemuan-rendezvous Pembina
- Kunjungan ke satuan-satuan
tiga) Masa Pemantapan KMD dilaksanakan selama sedikitnya 6 (enam) bulan ;
4) Setiap bulan peserta menyusun laporan ke Lemdikacab lewat Pelatih Konsultan Lapangan.
d. Selesai mengikuti masa pemantapan KMD peserta menerima Surat Keterangan yg dikeluarkan sang Ka.lemdikacab, dan yang bersangkutan diberi hak buat mengikuti KML atas rekomendasi Pembina Gugusdepan.
III. PENUTUP
Hal-hal yg belum diatur pada Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini akan diatur tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel