PANDUAN PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2019 REVISI 2019

RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) yg dibentuk harus muncul empat macam hal yaituPPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru pada meramunya.
RPP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DRAF RPP KELAS XII KUR 13
1. SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD tiga.1 DAN 4.1 KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13.html
2. SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD tiga.2 DAN 4.2 KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13_21.html

3. TEKS CERITA SEJARAH KD tiga.tiga DAN 4.tiga KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html


KELAS XI/1

RPPKD 3.1 dan 4.1 TEKS PROSEDUR KELAS XI SEMESTER 1 Sekolah Menengah Atas/SMK KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html

KELAS X/1


BACA
CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMA

1.mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran.karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis,mandiri, gotong royong, serta integritas.

(BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013)
2.mengintegrasikan literasi;
BACA KONSEP LITERASI DAN CONTOH PROGRAM LITERASI

3. Mengintegrasikan keterampilanabad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking,Communicative, serta Collaborative);
(BACA ARTI 4C) DAN (IMPLEMENTASI 4C DALAM PEMBELAJARAN K13)

4.  Mengintegrasikan HOTS (Higher Order ThinkingSkill.
(UNDUH PENGEMBANGAN SOAL HOTS ppt.)

GerakanPPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, serta sekaligusmenyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yg sudahdilaksanakan hingga sekarang.

Pengintegrasiandapat berupa :

a.pemaduan kegiatan kelas, luar kelas pada sekolah, dan luar sekolah(rakyat/komunitas);

b.pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;

c.pelibatan secara serempak rakyat sekolah, keluarga, serta rakyat;

perdalamandan perluasan bisa berupa:

1)penambahan dan pengintensifan aktivitas-aktivitas yg berorientasi padapengembangan karakter siswa,

2)penambahan dan penajaman aktivitas belajar murid, dan pengaturan ulang waktubelajar anak didik pada sekolah atau luar sekolah;

3)penyelerasan bisa berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen BerbasisSekolah, dan fungsi Komite Sekolah menggunakan kebutuhan Gerakan PPK.
PengertianLiterasi pada konteks Gerakan Literasi Sekolah merupakan kemampuan mengakses,memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitasantara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, serta/atau berbicara. GerakanLiterasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruhuntuk membuahkan sekolah menjadi organisasi pembelajaran yg warganya literatsepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih berdasarkan sekadar membacadan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir memakai asal-sumberpengetahuan pada bentuk cetak, visual, digital, serta auditori. Literasi dapatdijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan(Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi(Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilanabad 21 atau diistilahkan menggunakan 4C (Communication, Collaboration, CriticalThinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yangsesungguhnya ingin kita tuju menggunakan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapipembentukan 4C.beberapa pakarmenjelaskan pentingnya penguasaan 4C menjadi sarana meraih kesuksesan,khususnya di Abad 21, abad di mana global berkembang menggunakan sangat cepat dandinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalahjenis softskill yang pada implementasikeseharian, jauh lebih berguna ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalahkemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, serta berpikir kreatifyang merupakan kepandaian tingkat tinggi. Kurikulum 2013 pula menuntutmateri pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didikmampu buat memprediksi, mendesain, serta memperkirakan. Sejalan menggunakan itu ranahdari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasiaspek-aspek/elemen berdasarkan sebuah konteks eksklusif; penilaian adalah kemampuanberpikir dalam merogoh keputusan menurut berita/kabar; dan mengkreasimerupakan kepandaian pada menciptakan gagasan/ilham-ide.

Makatidak mungkin lagi menggunakan contoh/metode/taktik/pendekatan yg berpusatkepada pengajar, tetapi kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (ActiveLearning). Khusus buat PPK adalah acara yg rencananya akan disesuaikandengan lima hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan buat 2 hari merupakanpendidikan famili.

byeni kuswati
Sumber FB
PANDUAN LENGKAP
PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Di bawah ini merupakan petunjuk caramenulis RPP dari contoh format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentangPembelajaran pada Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah: … (Misal: Sekolah Menengah pertama Negeri 2 Bantur)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ... (Misal: Teks Deskripsi)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI
CONTOH
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku amanah, disiplin, santun, percaya diri,peduli, serta bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai denganperkembangan anak pada lingkungan, keluarga, sekolah, warga serta lingkunganalam sekitar, bangsa, negara, serta daerah regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitifpada tingkat teknis dan khusus sederhana dari rasa ingin tahunyatentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, serta kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, memasak, serta menyaji secara kreatif, produktif,kritis, berdikari, kolaboratif, serta komunikatif, pada ranah nyata serta ranahabstrak sesuai menggunakan yg dipelajari pada sekolah serta asal lain yg sama dalamsudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan dua (2) atau lebih indikator pencapaian kompetensi buat setiap KD.
2. Indikator adalah jabaran menurut KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi merupakan: (a) perilaku yang bisa diukurdan/atau diobservasi buat kompetensi dasar (KD) dalam kompetensi inti (KI)-3dan KI-4; dan (b) konduite yang dapat diobservasi buat disimpulkan sebagaipemenuhan KD pada KI-1 dan KI-dua.
4. Indikator KD dari KI-tiga meliputi pengetahuan faktual, konseptual, procedural serta/ataumetakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD menggunakan kemampuan kognitif mengingat,memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, serta/atau mencipta.
CONTOH

KD
Indikator
KD dari KI-1 (bila ada)
Tulis dua (2) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (apabila terdapat KD-nya).
KD berdasarkan KI-dua (bila terdapat)
Tulis dua (2) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (apabila terdapat KD-nya).
KD dari KI-tiga
Tulis dua (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD berdasarkan KI-4
Tulis dua (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.


C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikatorpencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat khusus serta tidak dapatdiuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama menggunakan indikator pencapaiankompetensi tersebut.
3. Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indicatorpencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B),condition (C), dan degree (D).
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan buat masing-masing rendezvous.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik bisa:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik bisa:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, 2, atau 3 nilai perilaku utama yg hendak secara terjadwal ditanamkan/ditumbuhkanmelalui pembelajaran yg direncanakan melalui RPP ini.nilai-nilai perilaku utamayang dimaksud adalah nilai-nilai perilaku sebagaimana terkandung dalam kompetensiinti sikap spiritual dan perilaku sosial dan nilai-nilai primer yangdiprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yangbersangkutan.nilai-nilai yang dijadikan penekanan dipilih menurut kesesuaiannyadengan materi/kompetensi yang dibelajarkan serta/atau metode pembelajaran yangditerapkan.butir nilai sikap dituliskan pada kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks serta/atau butir-butir materi yang dicakupuntuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensiyang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitifsesuai tuntutan/ kandungan KD
CONTOH
Materi pembelajaran
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks serta/atau butir-buah materi sebagaimanadicakup sang KD).
a. Teks ... (model teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Ciri kebahasaan: ... (uraian singkat terlampir)
e. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yg diterapkan.
2. Metode pembelajaran yg dipilih merupakan pembelajaran aktif yg efektif danefisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD besertakecakapan abad ke-21.
CONTOH
Pembelajaran menggunakan Metode Ilmiah Bahasa Indonesia Sekolah Menengah pertama Kelas VII 2017
F. Media serta Bahan
Petunjuk:
a. Media
Tulis spesifikasi seluruh media pembelajaran (video/film, rekaman audio, contoh, chart,gambar, realia, dan sebagainya).
Contoh:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkapdengan lepas pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia pada situs internet lengkap dengantanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yg dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yg dimaksud
e. Realia: Nama benda yg dimaksud
b. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) seluruh bahan yg dibutuhkan.
G.sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi seluruh asal belajar (buku siswa, kitab surat keterangan, majalah, koran,situs internet, lingkungan lebih kurang, narasumber, dan sebagainya.).
Contoh:
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul kitab . Kota penerbitan: Penerbit(laman).
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul kitab . Kotapenerbitan: Penerbit (laman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume,Nomor,
Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internetlengkap dengan tanggal pengunduhan).
6. Lingkungan kurang lebih: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yg dimaksud.
7. Narasumber: Nama narasumber yg dimaksud bersama bidang keahlian dan/atau profesinya.
8. Lainnya (sesuai menggunakan anggaran yang berlaku).
H.langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran buat setiap rendezvous yang mencakup kegiatan pendahuluan,aktivitas inti, dan aktivitas epilog.
2. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Pendahuluan serta Kegiatan Penutup ditulisdalam rumusan aktivitas yg dilakukan sang guru yg bisa dilengkapi dengan rumusankegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak pada kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Inti ditulis dalam rumusan kegiatanpeserta didik yg dapat dilengkapi dengan rumusan aktivitas pengajar – dalamkalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan kegiatan pembelajaran dalam Kegiatan Inti menyesuaikan sintaksdan prinsip-prinsip belajar berdasarkan metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah jam pertemuan (JP) buat setiap pertemuan serta alokasi waktuuntuk kegiatan pendahuluan, inti, serta epilog.
Contoh:
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 mnt)
1) Guru … buat mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Pengajar mengecek dominasi kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu… dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yg akan dicapai, yaitu … serta menunjukkanmanfaatnya pada kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Pengajar mengungkapkan garis akbar cakupan materi serta kegiatan yang akan dilakukan,yaitu ….
5) Guru membicarakan lingkup evaluasi, yaitu … serta teknik evaluasi yg akandigunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 mnt)
Bahasa Indonesia Sekolah Menengah pertama Kelas VII 2017
Contoh dengan Metode Saintifik:
Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melaluitayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait denganfenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan danperkembangan tanaman dan mencatat apa saja yg belum
diketahui terkait menggunakan pertumbuhan serta perkembangan flora (buat IPA), …
Catatan:
Fenomena yg diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimanaadanya pada alam (pada situasi alami) serta/atau dalam bentuk contoh, gambar/foto,teks, grafik/tabel, diagram, chart, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum diketahuiterkait menggunakan meletusnya gunung Merapi (buat IPS), pertumbuhan danperkembangan tumbuhan (buat IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan dua: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan tiga: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan lima: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan berita/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 1 (misalnyauntuk pertanyaan 1, dua, serta tiga) Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahlikegunungapian dan/atau membaca kitab siswa page … buat mengetahui kapangunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan pada periode berapa tahunan),korban letusan terdahsyat, serta pertanda-pertanda gunung Merapi akan meletus (fenomenagunung meletus). Kemudian siswa menuliskannya pada selembar kertasuntuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan siswa.
c. Kegiatan Penutup (12 mnt)
1. Guru memfasilitasi siswa membuat butir-buah simpulan mengenai ….
2. Pengajar bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangankegiatan pembelajaran (yaitu aktivitas mengamati …, merumuskan pertanyaan,mengumpulkan keterangan dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan berita yangdiperoleh, serta mengomunikasikan jawaban menggunakan cara ….
3. Pengajar guru memberi umpan balik peserta didik pada proses dan hasil pembelajarandengan cara ….
4. Guru membicarakan kegiatan belajar yang dikerjakan menjadi PR yaitu ….
5. Pengajar memberitahukan kegiatan belajar yg akan dikerjakan dalam pertemuan berikutnya,yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 mnt)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yg menyenangkan menggunakan ….
2) Pengajar mengecek dominasi kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu… dengan cara ….
3) Pengajar membicarakan kegiatan pembelajaran serta penilaian yg akan dilakukan,yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 mnt)
Contoh (Lanjutan dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan kabar/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2(misalnya buat pertanyaan 4 dan 5)
Mengumpulkan fakta/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (misalnyauntuk pertanyaan 6) …
·dst.
c. Kegiatan Penutup (12 mnt)
1) Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat buah-butir simpulan tentang ….
2) Pengajar bersama menggunakan siswa mengidentifikasi kelebihan dan kekurangankegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan fakta dengan cara …,menjawab pertanyaan menggunakan informasi yg diperoleh dengan …, danmengomunikasikan jawaban menggunakan cara ….
3) Pengajar memberumpan pulang siswa pada proses dan hasil pembelajaran dengancara ….
4) Guru melakukan melakukan penilaian menggunakan teknik ….
5) Guru menyampaikan aktivitas belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Bahasa Indonesia Sekolah Menengah pertama Kelas VII 2017
6) Pengajar memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan dalam pertemuan berikutnya,yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 mnt)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yg menyenangkan menggunakan ….
2) Pengajar mengecek dominasi kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu… dengan cara ….
3) Pengajar membicarakan kegiatan pembelajaran serta penilaian yg akan dilakukan,yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 mnt)
Contoh (menggunakan Metode Saintifik):
Mengumpulkan warta/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 4(contohnya buat pertanyaan 7 dan 8)
·
Mencipta
Misal: Peserta didik menciptakan petunjuk tindakan menjelang, waktu, serta paska letusangunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepatpertumbuhan serta perkembangannya (IPA); …
c. Kegiatan Penutup (12 mnt)
1. Pengajar beserta-sama siswa membuat butir-buah simpulan terkait ….
2. Pengajar beserta-sama peserta didikmelakukan identifikasi kelebihan serta kekurangankegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan kabar menggunakan cara …,menjawab pertanyaan menggunakan fakta yang diperoleh dengan …, danmengomunikasikan jawaban menggunakan cara …; serta mencipta

3. Guru melakukan evaluasi dengan teknik ….
4. Pengajar memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
5. Guru memberitahukan pembelajaran acara pengayaan, yaitu …
6. Pengajar memberitahukan rencana pembelajaran dalam rendezvous berikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
2. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik evaluasi perilaku spiritual serta tuangkan dalamtabel.
Contoh:

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian buat serta pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning
)

Penilaian
diri

Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)
Penilaian
antar teman

Lihat Lampiran ...
Setelah
pembelajaran usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)


b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik evaluasi perilaku sosial dan tuangkan pada tabel.
Contoh:

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian buat dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning
)
Penilaian
diri

Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)
Penilaian
antar teman

Lihat Lampiran
...
Setelah
pembelajaran usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)

Bahasa Indonesia Sekolah Menengah pertama Kelas VII 2017
c. Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan

Lisan
Pertanyaan
(lisan) dengan
jawaban
terbuka
Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning
)

Penugasan
Pertanyaan
serta/atau tugas
tertulis
berbentuk
esei, pilihan
ganda, benar
keliru,
menjodohkan,
isian, serta/atau
lainnya
Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning
) dan
sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)

Tertulis
Pertanyaan
serta/atau tugas
tertulis
berbentuk
esei, pilihan
ganda, benar
keliru,
menjodohkan,
isian, serta/atau
lainnya
Lihat Lampiran
...
Setelah
pembelajaran usai
Penilaian
pencapaian
pembelajaran
(assessment of
learning
)

Portofolio
Sampel
pekerjaan
terbaik hasil
dari
penugasan
atau tes
tertulis

Saat pembelajaran
usai
Data untuk
penulisan
deskripsi
pencapaian
pengetahuan
(assessment of
learning
)

d. Keterampilan

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan

Praktik
Tugas
(keterampilan)
Lihat
Lampiran ...
Saat pembelajaran
berlangsung
serta/atau setelah
usai
Penilaian buat,
sebagai, serta/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning
)

Produk
Tugas
(keterampilan)
Lihat
Lampiran ...
Saat pembelajaran
berlangsung
serta/atau setelah
usai
Penilaian buat,
sebagai, serta/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning
)

Proyek
Tugas besar
Lihat
Lampiran ...
Selama atau usai
pembelajaran
berlangsung
Penilaian buat,
sebagai, serta/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning
)
Portofolio
Sampel produk terbaik dari
tugas atau
proyek


Saat pembelajaran usai
Penilaian buat pembelajaran dan
menjadi data untuk
penulisan deskripsi
pencapaian
keterampilan


……., .............................

Mengetahui
Kepala SMP ......guruMata Pelajaran

………………………….……………………..
NIP. ..................................nip…………………

Sumber:
Kementerian Pendidikan serta kebudayaan.2017. Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Tahun2017 SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: KementerianPendidikan serta kebudayaan
BACA CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMA
BACA CONTOH RPP TERBARU SESUAI PEDOMAN PENYUSUNAN RPP K13 REVISI 2017 SMP
BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN K13
BREAKING NEWS
BACA JUKNIS PROGRAM PKB-GURU PEMBELAJAR, MODUL, LK, SOAL

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel