BEST PRACTICE OGN 2019 BAGIAN AWAL
Monday, July 29, 2019
Edit
BEST PRACTICE
PENINGKATAN KOMPETENSI MENENTUKAN NILAI-NILAI DALAM CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKANMEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA Sekolah Menengah Atas NEGERI dua BOYOLALI KELAS XI IPA-dua SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Disusun buat MemenuhiSalah Satu Syarat
Mengikuti Olimpiade GuruNasional Guru (OGN)
Tingkat Nasional Tahun 2016
diajukan sang :
Nama:MuhZuhri, S.pd., M.pd.
NIP:197207081998011001
NUPTK:4040750652200013
Nama sekolah:Sekolah Menengah Atas N2Boyolali
Kabupaten:Boyolali
Provinsi:JawaTengah
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
2016
PERNYATAAN KEASLIAN
Saya yg bertanda tangan dibawah ini menyatakan bahwa :
1.Karya tulisilmiah dalam bentuk best practice : Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyatdengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-dua Semester 1 TahunPelajaran 2016/2017 merupakan ASLI karya sendiri,bukan jiplakan berdasarkan karya orang lain, baik sebagian atau seluruhnya.
2.Pendapatatau temuan orang lain yg masih ada pada karya tulis ini dikutip atau dirujukberdasarkan kode etik ilmiah.
3.Pernyataanini saya buat menggunakan sesungguhnya, jika di kemudian hari terdapatketidakbenaran pada pernyataan ini, maka saya bersedia mendapat sanksi sesuaiaturan yg berlaku.
Boyolali, 10 Oktober 2016
Kepala Sekolah ,Penulis,
SMA Negeri dua Boyolali
Drs. Makno, M.H.muh Zuhri, S.pd.M.pd.
NIP195708281986031009NIP 197207081998011001
PERNYATAAN PERPUSTAKAAN
Yangbertanda tangan di bawah ini Kepala Perpustakaan SMA Negeri dua Boyolalimenyatakan bahwa :
1.Judul Best Practice : PeningkatanKompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan MediaWayang Kertas pada Siswa SMA Negeri dua Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 TahunPelajaran 2016/2017adalah karya dari Muh Zuhri, S.pd., M.pd., Guru SMA Negeri dua Boyolali.
2.Laporan Best Practice tadi telah kami terimadari yang bersangkutan buat disimpan serta dimanfaatkan sang perpustakaan SMANegeri 2 Boyolali sebagaimana mestinya.
Demikianpernyataan ini dibuat untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Boyolali, 10 Oktober 2016
Kepala Perpustakaan
SMA Negeri dua Boyolali
Dra. Sri Mardiyati
NIP196705301994122004
BIODATAPENULIS
1.
Nama
Muh Zuhri, S.pd., M.pd.
2.
NIP
197207081998011001
3.
NUPTK
4040750652200013
4.
Jabatan
Guru Madya
5.
Pangkat/Gol.ruang
Pembina /IV-A
6.
Tempat / tanggal lahir
Boyolali, 8 Juli 1972
7.
Jenis Kelamin
Laki-laki
8.
Agama
Islam
9.
Pendidikan terakhir
Magister (S-dua) Pend. Bahasa Indonesia UNS
10.
Unit Kerja
SMA Negeri dua Boyolali
11.
Alamat Rumah
Karanglo RT 01 RW 02 Wironanggan, Gatak Sukoharjo
Boyolali, 10 Oktober 2016
Penulis,
Muh Zuhri, S.pd., M.pd.
NIP 197207081998011001
KATAPENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan pada Allah SWT yg sudah memberikankarunia-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan best practice dengan judul “Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalamCerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa SMA Negeri 2Boyolali Kelas XI IPA-dua Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017” yangmerupakan output dari penelitian tindakan kelas yg penulis lakukan.Best practice disusundalam rangka mengikuti lomba OlimpiadeGuru Nasional (OGN) tahun 2016.
Dalam penyusunan best practiceini, penulisbanyak menerima bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itupenulis mengucapkan rasa terima kasih pada yg terhormat:
1.Kepala Dinas Pendidikan Provinsi JawaTengah;
2.Kepala Dinas Pendidikan KabupatenBoyolali;
3.Kepala SMANegeri dua Boyolali yg sudah memberi ijin, kesempatan dan kepercayaan kepadapenulis buat mengadakan penelitian ini seluas-luasnya.
4.Semua rekanguru di SMA Negeri dua Boyolali, yang telah memberikan bantuan selama prosespenelitian sampaidengan terwujud dalambentuk best practice ini.
5.Istridan anak-anak tercinta yg selalu memberi dukungan doa danmemberikan kekuatan dalam setiap langkah.
6.Semua pihakyang nir bisa penulis sebutkan satu persatu yang sudah memberikan bantuanberupa apapun dalam menuntaskan bestpractice ini.
Penulis menyadari bahwa karya ini masih jauh berdasarkan sempurna. Oleh karena itu, kritik dansaran yg membangun sangat penulis harapkan demi pemugaran karya ini.
Boyolali,Oktober 2016
Penulis
DAFTARISI
Halaman
LEMBARJUDUL…………………………………………………………...I
PERNYATAAN KEASLIAN…………………………………………….…ii
PERNYATAANPERPUSTAKAAN ……………………………………….iii
BIODATA PENULIS .....................................................................................iv
KATA PENGANTAR……………………………………………………….V
DAFTAR ISI ………………………………………………………………...vi
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………...vii
BAB I PENDAHULUAN
A.LatarBelakang Masalah……………………………………………….1
B.RumusanMasalah……………………………………………………..4
C.Tujuan…………………………………………………………………4
D.Manfaat..................................................................................................5
BAB II IMPLEMENTASI BEST PRACTISE
A.AlasanStrategi Pemecahan Masalah …………………………………..6
B.Implementasi Strategi Pemecahan Masalah …………………………...8
C.Hasilatau Dampak yang Dicapai ……………………………………...11
D.Kendala-Kendalayang Dihadapi ………………………………………13
E.Faktor-FaktorPendukung ……………………………………………...13
BAB III SIMPULAN DAN SARAN
A.Simpulan……………………………………………………………….14
B.Saran…………………………………………………………………...14
DAFTARPUSTAKA ………………………………………………………15
BEST PRACTICE BAGIAN ISI BACA DI SINI
DAFTARLAMPIRAN
Lampiran
1.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2.Lembar Kerja Siswa
3.Foto Proses Pembelajaran
4.Jadwal Penelitian
5.Data Nilai Peserta Didik
6.Data Sikap Belajar Peserta Didik
POSTINGAN TERKAIT
BACA BEST PRACTICE OGN 2016 BAGIAN ISI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN 2016 DI SINI
BACA 100 SOAL ONLINE BABAK FINAL MATERI PEDAGOGIK
BACA TES TEORI BABAK FINAL OGN 2017
BACA TES WORKSHOP BAHAN AJAR BABAK FINAL OGN 2017
BACA PERSIAPAN SOAL DAN MATERI LENGKAP OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN 2016 DI SINI
BACA 100 SOAL ONLINE BABAK FINAL MATERI PEDAGOGIK
BACA TES TEORI BABAK FINAL OGN 2017
BACA TES WORKSHOP BAHAN AJAR BABAK FINAL OGN 2017
BACA PERSIAPAN SOAL DAN MATERI LENGKAP OGN DI SINI