BEST PRACTICE OGN 2019 BAGIAN AWAL


BEST PRACTICE


PENINGKATAN KOMPETENSI MENENTUKAN NILAI-NILAI DALAM CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKANMEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA Sekolah Menengah Atas NEGERI dua BOYOLALI KELAS XI IPA-dua SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2016/2017



Disusun buat MemenuhiSalah Satu Syarat

Mengikuti Olimpiade GuruNasional Guru (OGN)

Tingkat Nasional Tahun 2016





diajukan sang :



Nama:MuhZuhri, S.pd., M.pd.

NIP:197207081998011001

NUPTK:4040750652200013

Nama sekolah:Sekolah Menengah Atas N2Boyolali

Kabupaten:Boyolali

Provinsi:JawaTengah





PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

DINAS PENDIDIKAN

2016



PERNYATAAN KEASLIAN

Saya yg bertanda tangan dibawah ini menyatakan bahwa :

1.Karya tulisilmiah dalam bentuk best practice : Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyatdengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-dua Semester 1 TahunPelajaran 2016/2017 merupakan ASLI karya sendiri,bukan jiplakan berdasarkan karya orang lain, baik sebagian atau seluruhnya.

2.Pendapatatau temuan orang lain yg masih ada pada karya tulis ini dikutip atau dirujukberdasarkan kode etik ilmiah.

3.Pernyataanini saya buat menggunakan sesungguhnya, jika di kemudian hari terdapatketidakbenaran pada pernyataan ini, maka saya bersedia mendapat sanksi sesuaiaturan yg berlaku.



Boyolali, 10 Oktober 2016


Kepala Sekolah ,Penulis,

SMA Negeri dua Boyolali





Drs. Makno, M.H.muh Zuhri, S.pd.M.pd.

NIP195708281986031009NIP 197207081998011001





PERNYATAAN PERPUSTAKAAN




Yangbertanda tangan di bawah ini Kepala Perpustakaan SMA Negeri dua Boyolalimenyatakan bahwa :

1.Judul Best Practice : PeningkatanKompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan MediaWayang Kertas pada Siswa SMA Negeri dua Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 TahunPelajaran 2016/2017adalah karya dari Muh Zuhri, S.pd., M.pd., Guru SMA Negeri dua Boyolali.

2.Laporan Best Practice tadi telah kami terimadari yang bersangkutan buat disimpan serta dimanfaatkan sang perpustakaan SMANegeri 2 Boyolali sebagaimana mestinya.



Demikianpernyataan ini dibuat untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya.


Boyolali, 10 Oktober 2016


Kepala Perpustakaan

SMA Negeri dua Boyolali



Dra. Sri Mardiyati

NIP196705301994122004



BIODATAPENULIS


1.
Nama
Muh Zuhri, S.pd., M.pd.
2.
NIP
197207081998011001
3.
NUPTK
4040750652200013
4.
Jabatan
Guru Madya
5.
Pangkat/Gol.ruang
Pembina /IV-A
6.
Tempat / tanggal lahir
Boyolali, 8 Juli 1972
7.
Jenis Kelamin
Laki-laki
8.
Agama
Islam
9.
Pendidikan terakhir
Magister (S-dua) Pend. Bahasa Indonesia UNS
10.
Unit Kerja
SMA Negeri dua Boyolali
11.
Alamat Rumah
Karanglo RT 01 RW 02 Wironanggan, Gatak Sukoharjo







Boyolali, 10 Oktober 2016

Penulis,



Muh Zuhri, S.pd., M.pd.

NIP 197207081998011001



KATAPENGANTAR


Puji syukur penulis ucapkan pada Allah SWT yg sudah memberikankarunia-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan best practice dengan judul “Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalamCerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa SMA Negeri 2Boyolali Kelas XI IPA-dua Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017” yangmerupakan output dari penelitian tindakan kelas yg penulis lakukan.Best practice disusundalam rangka mengikuti lomba OlimpiadeGuru Nasional (OGN) tahun 2016.

Dalam penyusunan best practiceini, penulisbanyak menerima bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itupenulis mengucapkan rasa terima kasih pada yg terhormat:

1.Kepala Dinas Pendidikan Provinsi JawaTengah;

2.Kepala Dinas Pendidikan KabupatenBoyolali;

3.Kepala SMANegeri dua Boyolali yg sudah memberi ijin, kesempatan dan kepercayaan kepadapenulis buat mengadakan penelitian ini seluas-luasnya.

4.Semua rekanguru di SMA Negeri dua Boyolali, yang telah memberikan bantuan selama prosespenelitian sampaidengan terwujud dalambentuk best practice ini.

5.Istridan anak-anak tercinta yg selalu memberi dukungan doa danmemberikan kekuatan dalam setiap langkah.

6.Semua pihakyang nir bisa penulis sebutkan satu persatu yang sudah memberikan bantuanberupa apapun dalam menuntaskan bestpractice ini.

Penulis menyadari bahwa karya ini masih jauh berdasarkan sempurna. Oleh karena itu, kritik dansaran yg membangun sangat penulis harapkan demi pemugaran karya ini.

Boyolali,Oktober 2016

Penulis





DAFTARISI



Halaman

LEMBARJUDUL…………………………………………………………...I

PERNYATAAN KEASLIAN…………………………………………….…ii

PERNYATAANPERPUSTAKAAN ……………………………………….iii

BIODATA PENULIS .....................................................................................iv

KATA PENGANTAR……………………………………………………….V

DAFTAR ISI ………………………………………………………………...vi

DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………...vii

BAB I PENDAHULUAN

A.LatarBelakang Masalah……………………………………………….1

B.RumusanMasalah……………………………………………………..4

C.Tujuan…………………………………………………………………4

D.Manfaat..................................................................................................5

BAB II IMPLEMENTASI BEST PRACTISE

A.AlasanStrategi Pemecahan Masalah …………………………………..6

B.Implementasi Strategi Pemecahan Masalah …………………………...8

C.Hasilatau Dampak yang Dicapai ……………………………………...11

D.Kendala-Kendalayang Dihadapi ………………………………………13

E.Faktor-FaktorPendukung ……………………………………………...13

BAB III SIMPULAN DAN SARAN

A.Simpulan……………………………………………………………….14

B.Saran…………………………………………………………………...14

DAFTARPUSTAKA ………………………………………………………15



BEST PRACTICE BAGIAN ISI BACA DI SINI







DAFTARLAMPIRAN



Lampiran

1.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

2.Lembar Kerja Siswa

3.Foto Proses Pembelajaran

4.Jadwal Penelitian

5.Data Nilai Peserta Didik

6.Data Sikap Belajar Peserta Didik
POSTINGAN TERKAIT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel