Pengertian sifat dan fungsi Gerakan Pramuka

Agar nir terjadi tumpang tindih terhadap penggunaan kata atau istilah Gerakan Pramuka, Kepramukaan serta Pramuka alangkah baiknya kita ketahui apa pengertian menurut masing – masing istilah tadi.
Gerakan Pramuka, adalah nama organisasi pendidikan luar sekolah yg menggunakan Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan [PDMPK]
Kepramukaan, adalah nama kegiatan anggota Gerkan Pramuka. Kepramukaan adalah proses pendidikan pada luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk menarik, nmenyenangkan, sehat, teratur, terarah, simpel yg dilakukan pada alam terbuka dengan Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Pramuka yang target akhirnya pembentukan tabiat, akhlak serta budi pekerti luhur.
Pramuka, yaitu anggota Gerakan Pramuka yg terdiri berdasarkan anggota belia siswa [SGTD] dan anggota dewasa Pembina Pramuka, Pelatih [Pembina Pramuka, Pembina Profesional, Pamong SAKA, Pimpinan SAKA, Andalan dan anggota MABI].
Sifat Gerakan Pramuka:
(1) a. Gerakan Pramuka dapat didirikan di semua bangsa Indonesia tanpa membedakan suku serta ras.
b. Gerakan Pramuka nir terlepas berdasarkan idealisme,prinsip dasar serta metode Gerakan Kepanduan sedunia.
(2) Keanggotaan Gerakan Pramuka bersifat sukarela,yang berarti tidak ada unsur kewajiban dan paksaan.
(tiga) Gerakan Pramuka dan Politik.
a. Gerakan Pramuka berpegang pada peraturan perundangan-undangan negara dan kebijakan umum pemerintah Republik Indonesia.
b. Gerakan Pramuka kekuatan sosial politik dan bukan bagian dari keliru satu organisasi kekuatan sosial politik manapun.
c. Anggota Gerakan Pramuka secara pribadi dapat menjadi anggota suatu Organisasi kekuatan sosial politik ,dengan ketentuan:
1) Tidak dibenarkan menyiarkan faham politik yg dianutnya ke dalam lingkungan Gerakan Pramuka.
2) Tidak dibenarkan mengenakan pakaian seragam Pramuka atau pertanda – pertanda Pramuka dalam ketika mengikuti kegiatan organisasikekuatan sosial politik dan melakukan politik praktis.
3) Tidak dibenarkan mengenakan pakaian seragam atau indikasi – indikasi yg dipakai menjadi identitas organisasi kekuatan sosial politik pada waktu menghadiri atau mengikuti aktivitas Gerakan Pramuka.
(4) Gerakan Pramuka serta Agama
a. Gerakan Pramuka memberi kebebasan pada anggotanya buat beribadat dari agam dan agama masing –masing.
b. Gerakan Pramuka membina anggotanya agar mempertinggi ketakwaan serta mejalankan kewajiban trhadap Tuhan Yang Maha Esa.
c. Gerakan Pramuka membina anggotanya buat menumbuhkan dan memupuk kerukunan hidup beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan saling menghormati dan menghargai kepercayaan serta kepercayaan orang lain.
Sifat Nasional : bahwa suatu organisasi yg menyelenggarakan pendidikan keprramukaan pada suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikan yaitu dengan keadaan kebutuhan dan kepentingan bangsa dan negara.
Sifat Internasional : bahwa organisasi kepramukaan dimanapun haruslah membina dan berbagi rasa persaudaraan serta persahabatan antara sesama Pramuka dan sesama manusia tanpa membedakan agama atau agama, golongan, suku ras atau hal lain.
Sifat Universal : bahwa kepramukaan bisa digunakan dimana saja buat mendidik anak – anak dari bangsa apa saja yg pada pelaksananya selalu mempergunakan PDMPK.
Fungsi :
1. Menjadi kegiatan yuang menarik bagi anak – anak.
2. Sebagai darma bagi orang dewasa.
3. Alat bagi masyarkat dan organisasi.
Motto Gerakan Pramuka
“Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan.”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel