Raimuna 2012 mari kitong ke Papua

Pertemuan akbar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (usia 16 – 25 tahun) se-Indonesia yang bertajuk Raimuna Nasional akan digelar pada Papua tanggal 25 Juni – 1 Juli 2012. Kegiatan perkemahan yg mengangkat tema “Pramuka Indonesia beserta masyarakat membangun tanah Papua” akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura, Papua. Selama sepekan para Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berdasarkan seluruh Indonesia akan membangun tenda buat berkumpul, mengembangkan, dan membangun bangsa. Berbagai aktivitas yang direncanakan diantaranya aktivitas pengetahuan, ketrampilan, subcamp, kegiatan seni budaya yang mengangkat kearifan local dan banyak sekali kegiatan alam terbuka yang didesain buat menjawab kebutuhan masa sekarang.

Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen, Papua. Kata Raimuna adalah adonan 2 kata yaitu Rai dan Muna. Rai berarti sekelompok orang yg berkumpul buat mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yg berpengaruh baik pada mencapai kesuksesan. Raimuna mempunyai arti sekelompok orang yg hayati pada suatu kekuatan menggunakan dijiwai oleh sesuatu daya yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan. Sebagai aktivitas rutin empat tahunan, tahun 2012 ini akan menjadi tahun penyelenggaraan Raimuna yang ke sepuluh. Raimuna kali ini untuk pertamakalinya diselenggarakan pada daerah Indonesia Timur. Papua berkesempatan sebagai tuan tempat tinggal Raimuna Nasional X, wilayah yang sebagai asal kata Rai dan Muna itu sendiri.

Dewan Kerja Nasional Pramuka Penegak serta Pandega menjadi bagian integral menurut Kwartir Nasional Gerakan Pramuka beserta Dewan Kerja Daerah Papua saat ini sedang mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Raimuna Nasional. Konsep aktivitas yg dituangkan pada Petunjuk Pelaksanaan serta Petunjuk Teknis Raimuna Nasional akan menjadi pegangan setiap kontingen daerah buat mempersiapkan diri. Kwartir Daerah Papua bersama pemerintah daerah setempat saat ini sedang melaksanakan pembangunan sarana serta prasarana kegiatan buat mendukung kegiatan  yg sangat ditunggu Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega semua Indonesia.
Ketua Dewan Kerja Nasional Pramuka Penegak dan Pandega, Muklis mengungkapkan bahwa  “Raimuna Nasional kali ini akan pertanda bahwa Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan bagi kaum muda yg dapat mempererat bangsa dan memperkuat NKRI tanpa memandang siapa serta dari mana asalnya, agama, ataupun sukunya. Raimuna Nasional tahun 2012 pada Papua mengundang setiap anggota Gerakan Pramuka buat manunggal serta menyerukan perdamaian“ tegasnya.
Sementara itu Mesakh Jarisetouw, keliru satu pengurus Dewan Kerja Daerah Papua yang menjadi anggota tim grup kerja persiapan Raimuna Nasional 2012 berharap pada  Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega menurut semua Indonesia bersiap serta tiba ke Papua, warga Papua akan sangat senang sekali. “Tidak perlu takut tiba ke Papua, Papua tanah damai,” tegas Mesakh Jarisetouw disela-sela persiapan Raimuna Nasional.
Semua pihak akan bekerja sama dan menyukseskan kegiatan ini. Jadi, tara usah takut, yuk kitong ke Papua!
Jika Kakak-Kakak berminat silahkan mengunduh Juklak Raimuna Nasional 2012 dalam Link Berikut
//dc460.4shared.com/download/c_D3Y9Rl/Juklak_Rainas_2012.pdf?Tsid=20120402-084657-446db3ff
Informasi Lebih Lanjut :
Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka
Adam Wiradyta, FKA : HP. +62818500502
Yosea Kurnianto  : HP . +6285743537567
Telp. (021) 3507645 ext. 1101
Fax. (021) 3507647
Email : dewankerjanasional@yahoo.co.id
Fb. Raimuna Nasional ke X
Twitter. @rainas2012

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel