Sangga Pramuka

   SANGGAPRAMUKA
          Sangga adalah sebuah tanda pasukan di pramuka tingkat penegak,yang terdiri dari5 sangga.
yaitu perintis,pencoba,penegas,pendobrak,serta pelaksana.
nama-nama berdasarkan sangga tadi bukan hanya sebuah nama,namun terdapat sejarahnya.
nama-nama tadi diambil menurut sejarah dan insiden krusial bangsa indonesia.
berikut merupakan sejarah serta urutan sangga :
1.perintis
nama sangga perintis diambil berdasarkan insiden sebelum tahun 1908,yaitu saatdimana bangsa indonesia masih dalam masa penjajahan,dan bangsa indonesia mulaimerintis dan menyatukan kekuatan untuk berjuang buat melawan para penjajah.
2.pencoba
nama sangga pencoba diambil menurut insiden pada tahun 1908 tepatnya padatanggal 20 mei,
tahu kan hari apa? Sahih sekali,pada lepas ini telah terjadi peristiwakebangkitan nasional.
Kebangkitan nasional merupakan masa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dannasionalisme dan pencerahan buat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yangsebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan 350 tahun. Masa ini ditandaidengan peristiwa penting, yaitu berdirinyaBoedi Oetomo (20 Mei 1908).
3.penegas
sangga penegas diambil menurut peristiwa yg terjadi pada tahun 1928,yakni padaperistiwa sumpah pemuda pada lepas 28 oktober ketika kongres pemuda II.padasaat inilah bangsa indonesia mulai menyatukan para pemuda diseluruh wilayah diindonesia buat berjuang serta berdiri menurut ketertindasan.
4.pendobrak
nama pendobrak diambil buat mengingat kita akan perjuangan para pahlawan yangtelah berjuang baik dengan kekuatan fisik maupun yg telah memproklamasikankemerdekaan indonesia.karena berkat usaha para pahlawan inilah kita bisamenikmati kemerdekaan sampai waktu ini.
5.pelaksana
yang terakhir adalah sangga pelaksana,sangga pelaksana mengingatkan kita padaperistiwa selesainya tahun 1945 hingga sekarang,saat indonesia masuk dalam masapembangunan,sangga ini pula mengingatkan kita buat mengisi kemerdekaan,agarperjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel