Sejarah Pramuka SMANSAKU




              Teman-teman tahukah kalian sejarah pramuka pada GUDEP 099/100 SMA N 1KUTOWINANGUN ?Apabila belum tahu mari kita kupas sedikit mengenai sejarah pramuka Smansaku.pramuka di Smansaku pada tahun pelajaran2019/2014 merupakanpertama kalinya sebagai satu-satunyaekstrakurikuler wajib . Apakah kalian memahami kapan berdirinya...? 
      Pramuka GUDEP 099/100 ini berdiri dalam tahun yg sama menggunakan berdirinya Smansaku yaitu dalam tahun 1984. Jadi, jika dihitung umurnya sama dengan sekolah ini yaitu 32 tahun. Cukup lama pula ya? Karena umur yang telah relatif lama ini pramuka GUDEP 099/100 sekarang sebagai 085/086 telah mengalami banyak perubahan pada hal peraturan, tata cara pelaksanaan yg sesuai dengan mekanisme yg dipengaruhi. Jadi, kekerasan atau peng-gojlokan yg bersifat dengan kemiliteran dengan sejalannya waktu lenyaplah sudah.kalian tahu gak pembina pertama yg pernah membina pramuka pada Smansaku? Beliau merupakan Bapak Marwan dan kawan-kawan. Mungkin diantara kalian nir poly yang mengenal,lantaran jauh sebelum kalian lahir saja beliau saja sudah jadi pembina.temen-temen tahu gak makna menurut Samudra Estening Dewaning Satria..? Samudra Estening Dewaning Satria kita temukan pada Sandi Ambalan, Badge Ambalan, dan Kibaran Cita. Samudra Estening Dewaning Satria menandai tahun berdirinya pramuka pada Smansaku yaitu1984. 
   Cara mengartikannya berdasarkan kata paling belakang yaitu Satria : 1,Dewaning : 9, Estening : 8,serta Samudra : 4. Dengan begitu, kita jadi gampang kan buat mengingatnya.ngomong-ngomong soal Ambalan, sebenernya siapa sih yang membentuk Ambalan..? Kalian tahu gak bapak kita Pak Khamid? Beliaulah yg membentuk Ambalan itu. Ambalan bisa kita lihat pada Kibaran Cita dan Badge Ambalan di lengan kiri kita. Gambar serta bentuk yg tertera dalam Ambalan bukan hanya menjadi indikasi serta memperindah, tetapi menjadi simbol dan memiliki makna yg berarti buat Pramuka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel