Sistem Tanda Kecakapan


Sistem Tanda Kecakapan termasuk galat satu bagian berdasarkan PDMPK. Tanda kecakapan bukanlah tujuan namun hanya suatu alat buat memotivasi supaya peserta didik terdorong buat mencapai suatu keterampilan.
Sistem Tanda Kecakapan dibagi sebagai dua jenis, yaitu Tanda Kecakapan Umum (TKU) serta Tanda Kecakapan Khusus (TKK).

A.     Tanda Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Umum
Tanda kecakapan generik (TKU) merupakan pertanda kecakapan yang wajib atau wajib dipenuhi oleh seseorang anggota Gerakan Pramuka sinkron golongannya melalui Syarat Kecakapan Umum (SKU)
Untuk membedakan tingkat membedakan strata serta kiasan dasar maka TKU dibedakan menjadi :
a.      Golongan Siaga
1.)  Siaga Mula
2.)  Siaga Tata
3.)  Siaga Bantu
b.      Golongan Penggalang
1.)  Penggalang Ramu
2.)  Penggalang Rakit
3.)  Penggalang Terap
c.      Golongan Penegak
1.)  Penegak Bantara
2.)  Penegak Laksana
d.      Golongan Pandega
1.) Pandega
Untuk memperoleh TKU maka setiap Pramuka sinkron tingkatan masing – masing wajib melalui pengujian SKU yg dilaksanakan perseorangan, satu persatu tiap poin baik dilakukan secara langsung atau nir pribadi.

B.      Tanda Kecakapan Khusus serta Syarat Kecakapan Khusus
Tanda Kecakapan Khusus (TKK) merupakan indikasi yg diberikan buat membedakan tingkat keterampilan, keetangkasan, kemahiran serta batas tanggung jawab  seorang Pramuka di bidang eksklusif selain yang ditentukan pada SKU.
Tanda Kecakapan Khusus berbeda – beda pada setiap golongan. Penggolongan TKK tadi adalah :

a.   Siaga
Sebelum seorang siaga diperbolehkan menempuh SKK Siaga serendah – rendahnya dia harus mencapai SKU Siaga Tata terlebih dahulu. TKK dalam golongan siaga hanya memiliki satu tingkatan berbentuk segi 3 menggunakan ukuran panjang 3 centimeter dan tinggi 2 cm, sedang puncaknya terdapat pada bawah. Serta tidak berbingkai.

b.   Penggalang
Sebelum seorang penggalang diperbolehkan menempuh SKK Penggalang serendah – rendahnya ia wajib mencapai SKU Penggalang Ramu terlebih dahulu. TKK dalam golongan penggalang dibagi sebagai 3, yaitu :
1.)  Purwa : berbentuk bulat menggunakan diameter dua,lima centimeter. Berbingkai setebal 2 mm. Warna dasar merah.
2.)  Madya : bentuk bujur kandang menggunakan sisi  dua,5 centimeter. Berbingkai dengan tebal dua mm. Warna dasar merah.
3.)  Utama : berbentuk segi 5 beraturan menggunakan berukuran sisi masing – masing dua cm. Berbingkai menggunakan tebal dua cm. Warna dasar merah

c.   Penegak
Sebelum seorang penegak diperbolehkan menempuh SKK Penegak, setidaknya harus mencapai SKU Bantara terlebih dahulu. Pembagian jenis TKK sama menggunakan penggalang hanya saja untuk bingkai rona dasarnya merupakan kkuning.

d.   Pandega
Untuk Pandega, TKK yang dipakai adalah TKK yg sudah ditempuh semasa Penegak menggunakan anggaran sama persis.



Warna serta Arti Kiasan Tanda Kecakapan Umum ( TKU )



a. Kelopak bunga kelapa yg mulai merekah, mendeskripsikan pertumbuhan tanaman , mengibaratkan Pramuka Siaga yg sedang tumbuh sebagai tunas calon bangsa.
b. Kelopak bunga diletakkan miring, mendeskripsikan bunga kelapa yg selalu menerangkan sudut miring terhadap btg pohonnya, mengibaratkan keterikatan Pramuka Siaga dengan famili serta orang tuanya.
c. Mayang terurai bertangkai tiga butir, mendeskripsikan bunga yg sudah mulai berkembang, indah serta menarik, mengibaratkan Pramuka Penggalang yg riang, lincah dan bersikap menarik, sebagai calon tunas bangsa yg sedang berkembang, menggladi dirinya menggunakan jiwa Pramuka yang berlandaskan pada Trisatya.
d. Mayang terurai yg mengembang ke samping, mengibaratkan makin terbukanya pandangan Pramuka Penggalang, dan menerima efek yang baik dari lingkungan sekitarnya.
e. Bintang bersudut lima mengibaratkan Ketuhanan Yang Mahaesa dan Pancasila.
f. Dua buah tunas kelapa yang berpasangan mengibaratkan keselarasan dan kesatuan mobilitas Pramuka Penegak dan Pandega, putera dan puteri, yang sedang membina dirinya menjadi mahluk eksklusif, mahluk sosial dan mahluk Tuhan, menuju keinginan bangsa yg tinggi, dengan tinggi bintang di langit, buat lalu mengabdikan dirinya ke dalam dank e luar organisasi Gerakan Pramuka.
g. Tanda Penegak Bantara, Penegak Laksana dan Pandega diletakkan pada atas pundak kiri dan kanan, mengibaratkan hadiah tanggung jawab yang nir ringan yang dipikulnya menjadi anggota Gerakan Pramuka dan kader pembangunan bangsa dan negara.
Arti rona:
1) rona hijau melambangkan kesegaran hayati sesuatu yang sedang tumbuh.
2) warna merah melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yg sedang berkembang.
3) rona kuning dan kuning emas melambangkan kecerahan hayati yang menuju ke keagungan dan keluhuran budi.
4) rona coklat melambangkan kematangan jasmani dan rohani, kedewasaan serta keteguhan.



Pengunaan Tanda Umum/ Atribut pada Seragam Pramuka Penggalang Putra

Suatu hari orang tua peserta didik bertanya tentang cara pemasangan indikasi atribut pada sandang pramuka, karena putra-putrinya telah menginjak usia Penggalang serta akan membuatkan baju buat mereka. Menjelaskan satu persatu pertanda – pertanda dalam atribut pada sandang Pramuka, memang tidak efektif. Maka muncullah inspirasi bikin gambarnya, misalnya di bawah ini, tentu saja dari dalam PP tentang pertanda umum gerakan pramuka. Semoga berguna.
( Tanda lokasi/ wilayah, satuan dan badge wilayah sekedar model, diambil dalam satu wilayah ).

Penggunaan Tanda Umum/ Atribut dalam Seragam Pramuka Penggalang Putri

Suatu hari orang tua peserta didik bertanya tentang cara pemasangan indikasi atribut pada sandang pramuka, karena putra-putrinya telah menginjak usia Penggalang serta akan membuatkan baju buat mereka. Menjelaskan satu persatu pertanda – pertanda dalam atribut pada sandang Pramuka, memang tidak efektif. Maka muncullah inspirasi bikin gambarnya, misalnya di bawah ini, tentu saja dari dalam PP tentang pertanda umum gerakan pramuka. Semoga berguna.
( Tanda lokasi/ wilayah, satuan dan badge wilayah sekedar model, diambil dalam satu wilayah ).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel