SOAL OGN 2019 SMP BAHASA INDONESIA MEMBACA PROFESIONAL


BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI PROFESIONAL MEMBACA

1. Programriset serta pengembangan industri farmasi selama ini macet karena infrastrukturuntuk mengklaim keamanan lingkungan laboratorium sulit dipenuhi. Di sisi lain,hasil riset farmasi mutakhir semakin diharapkan buat menghariapi ancamanmewabahnya penyakit mematikan seperti flu burung. Jenis obat misalnya generiksekaii pun, Industri farmasi belum pemah menelitinya, tetapi hanya memanfaatkanpaten-paten yang kadaluwarsa menurut luar negeri. Oleh karena itu, diperlukanterobosan untuk membangun laboratorium terpadu yg didukung infrastrukturmemadai.

Gagasanutama (wangsit utama) paragaraf pada atas adalah

A.macetnyariset farmasi disebabkan sang keterbatasan infrastruktur keamanan lingkungan

B.riset farmasi sangat mendesak untukdilakukan mengingat flu burung yg semakin mewabah

C.keamanan lingkungan sangat mendukungdilakukakannya riset di bidang farmasi

D.riset farmasi nir dilakukan karenabisa menggunakan paten-paten luar negeri yang kadaluwarsa

2. Kemaraudi Sungai Barito tidak hanya menyebabkan kasus transportasi, tetapi secaratidak eksklusif juga menyebabkan ancaman lingkungan yang sangat serius. Seiringdengan surutnya air sungai yg melintas di Kalimantan Tengah serta KalimantanSelatan ini, bermunculan ribuan penambang emas pada badan sungai. Pencemaranmerkuri atau air raksa mengancam sungai sepanjang 900 kilometer ini lantaran parapenambang itu memasak biji emas yang mereka temukan dengan air raksa ataumerkuri. Seperti yg ada pada Sungai Khayan, mereka memakai mesin sedot yangdiletakkan di atas rakit kayu di sungai.

Simpulanyang paling sesuai dengan isi paragraf pada atas adalah

A.Kemarau pada Sungai Barito menimbulkanmasalah transportasi dan menyebabkan ancaman lingkungan yg sangat berfokus.

B.Pencemaranmerkuri atau air raksa di Sungai Barito menimbulkan perkara seperti pada SungaiKhayan.

C.Pada musim kemarau di Sungai Baritobanyak bermunculan perkara yang sangat kompleks.

D. Pada animo kemarau air Sungai Barito menimbulkanmasalah transportasi serta masalah lingkungan.

3. Hakikatnya, setiap warga niscaya mengalamiperubahan. Perubahan sosial terjadi karena adanya perubahan interaksi pada antaramasyarakat itu sendiri, balk hubunganantarindividu juga antarkelompok. Begitu banyak perubahan sosial yg terjadidalam rakyat.untuk menyelidiki perubahan tadi harus ditentukan tedebihdahulu perubahan yg terjadi sebagai landasan untuk mengetahul perubahanlainnya. Sumber perubahan itu ada yg tiba dari luar serta ada yg datangdari pada masyarakat itu sendiri.

Pernyataanberikut yang merupakan kompendium dari teks di atas adalah

A.Setiapmasyarakat mengalami perubahan yang terjadi karena hubungan antarindividu dankelompok yang tiba dari luar serta pada.

B.Hakikatnya rakyat berubah karenabanyaknya perubahan dalam masyarakat yg tiba dari luar serta dalammasyarakat.

C.Masyarakat mengalami perubahan karenaadanya perubahan antarindividu yang datang dari luar dan dalam warga itusendiri.

D.Perubahan yang terjadi di masyarakatadanya perubahan antarindividu yang datang berdasarkan luar serta dalam warga itusendiri.

4. Singapura pemah dinobatkan menjadi kotaterbersih pada dunia(1). Predikat tersebut diprediksi semakin meningkatkankinerja pemerintah kota Singapura(dua). Dengan predikat tersebut para petugaskebersihan tampak semakin bersemangat dalam bekerja(tiga). Mereka bekerja siangmalam seperti tidak mengenal lelah(4). Dari raut paras mereka tampak kebanggaanatas prestasi tadi(lima).

Pernyataanyang berisi kabar terdapat dalam ...

A.kalimat1.

B.kalimat tiga.

C.kalimat 4.

D.kalimat 5.

5. Jakartayang dijuluki megapolitan adalah ibu kota Republik Indonesia(1). Sebagai ibukota negara, Jakarta dihuni 7 juta penduduk(2). Jakarta termasuk ibu kotanegara yg penduduknya paling padat(3). Padatnya penduduk tadi disebabkanJakarta dipercaya lebih menjanjikan pada mencari penghidupan(4). Ibu kotaRepublik Indonesia pemah pindah di Jogjakarta(lima). Perpindahan itu terjadikarena Jakarta dikuasai Belanda (6).

Pernyataanyang berisi opini terdapat dalam ...

A.kalimat 1.

B.kalimat tiga.

C.kalimat4.

D.kalimat 6.

6. Bacalah tabel berikut menggunakan cermat!

TabelProduktivitas Gabah Kecamatan Harapan Abadi

Tahun
Daerah A
Daerah B
Daerah C
Daerah D
2008
675.000 ton
675.000 ton
685.000 ton
630.000 ton
2009
680.000 ton
675.000 ton
695.000 ton
649.000 ton
2010
685.000 ton
686.000 ton
705.000 ton
660.000 ton



Pernyataanberikut yang sesuai dengan isi tabel di atas adalah

A.produksi gabah setiap wilayah selalumeningkat setiap tahun.

B.persentase kenaikan produksi gabahdaerah C paling tinggi.

C.produksi gabah tiap daerah per tahunselalu tidak sinkron.

D.persentasekenaikan produksi gabah daerah D paling tinggi.

7.perhatikan pola pengembangan paragrafberikut!

Polapendidikan di Indonesia kini ini semakin nir jelas. Ketidak jelasan polapendidikan tersebut ditimbulkan beberapa hal. Pembagian kiprah antara pemerintahpusat serta pemerintah daerah yg nir kentara menjadi penyebab utamaketidakjelasan tadi. Pemerintah pusat merasa sudah melimpahkankewenangannya kepada pemerintah daerah, sedangkan pemerintah daerah masih sibukdengan pekerjaannya sendiri. Di sisi lain, kesungguhan pemerintah daerah untukmeningkatkan pendidikan masih dipertanyakan poly pihak.

Paragraf berikut yang pola pengembangannya samadengan paragraf pada atas adalah

A.denganhadirnya program wajib belajar 9 tahun, SMP menjadi bagian menurut pendidikandasar. Pendidikan dasar merupakan pendidikan yg fundamental yg wajib diikuti olehseluruh lapisan warga . Dengan program tadi, kualitas insan Indonesiadiharapkan dapat meningkat. Jadi, SMP termasuk pendidikan dasar.

B.program peningkatan kualitas serta kuantitaspariwisata dilakukan pemerintah melalui beberapa jalur. Jalur yang ditempuhadalah jalur pemerintahan serta jalur partikelir. Jalur pemerintahan ditempuh melaluldinas-dinas pariwisata yang berada pada seluruh pelosok Indonesia. Jalur swastadilakukan melalui peningkatan kualitas biro bepergian dan biro wisata.

C.pengembanganpendidikan memerlukan porto yang sangat tinggi. Agar biaya tadi dapatdipenuhi secara aporisma, maka dibutuhkan kolaborasi yg baik antarapemerintah dan masyarakat. Sekolah yang berkembang secara maksimal pada umumnyakarena adanya dukungan dana dari masyarakat, khususnya orang tua murid.

D.pendidikankarakter yang hanya sekadar memasukkan komponen karakter ke pada RPP tidakakan berhasil secara maksimal . Dengan pola misalnya itu, pengajar hanya akan terpakupada upaya formalitas semata. Yang penting sudah ada komponen karakter dalamRPP. Guru tidak lagi mempersoalkan apakah karakter tadi memang akan dibangunsecara benar atau tidak.

8. Perhatikanpenggalan laporan penelitian berikut!

Hasilanalisis dan pengujian hipotesis menerangkan bahwa kemampuan menulis suratdinas siswa berbeda secara signifikan antara pembelajaran kooperatif modelinvestigasi gerombolan dan pembelajaran konvensional. Maksudnya, metode pembelajarankooperatif model investigasi grup lebih unggul daripada metode pembelajarankonvensional dalam menghipnotis kemampuan murid.rata-homogen skor kemampuanmenulis surat dengan model pemeriksaan kelompok adalah 85, sedangkan denganpembelajaran konvensional 78. Hasil penelitian ini selaras dengan penelitianSujarwo (2010) serta Sugiarti (2011).

Dalam karya ilmiah (laporan penelitian), gambaran diatas masuk pada bagian

A.pendahuluan.

B.metodepenelitian.

C.pembahasan.

D.hasil penelitian.

PEMBAHASAN MATERI MEMBACA BACA DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

SOAL MEMBACA PEDAGOGIK BACA DI SINI

SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI

SOAL MENULIS BACA DI SINI

SOAL BACA BERBICARA DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel