SOAL OGN 2019 SMP BAHASA INDONESIA MEMBACA PEDAGOGIK


BAHANPERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSIPEDAGOGIK MEMBACA

1.dalam sebuah pembelajaran sastra menggunakan KD"Menemukan unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik hikayat" Pengajar dapatmenggunakan asal-asal belajar sebagai berikut ....

A.Hikayat,1001 malam, gurindam 12, Siti Nurbaya

B.Hikayat 1001 Malam, Hikayat PancaTantra

C.LaskarPelangi, Perempuan di Sarang Penyamun, Hikayat Panca Tantra

D.Ainun& Habibi, Edensor, Syair, Hikayat 1001 Ma'am

2.berdasarkan KD "Menemukan yg terkandungdi dalam sastra Melayu klasik" berikut ini materi yg tepat adalah

A.Nilai-nilai pendidikan karakter dalamroman

B.Agama dan moral pada pantun

C.Nilal-nilai sosial dalam gurindam

D.Nilai-nilaibudaya serta usaha pada hikayat

3.berdasarkan KD "Menemukan makna istilah eksklusif dalam kamus secara cepat dantepat sesuai dengan konteks yg diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

Berikutini adalah indikator yg sempurna buat KD tersebut, kecuali....

A.Mampumenemukan istilah-istilah sulit pada artikel popular.

B.Mampu menemukan makna istilah tertentudalam kamus.

C.Mampumenemukan istilah-istilah bersinonim dalam kamus.

D.Mampumelakukan membaca memindai kamus besar bahasa Indonesia.

4.dalam pembelajaran di kelas pengajar akan memintasiswa buat membaca cepat teks nonsastra

dengankecepatan 250 kpm. Selanjutnya sesudah membaca murid diminta untuk mencari idepokok dari teks tersebut.

Berdasarkankonteks pembelajaranan tadi ini dia media yang tepat merupakan....

A.kamus,jadwal penerbangan

B.indeksbuku, artikel, opini, iklan

C.cerpen,katalog belanja

D.artikel, opini, kolom

5.dalam pembelajaran menggunakan KD"Membahas isi puisi berkenaan menggunakan citra penginderaan, perasaan,pikiran, dan imajinasi melalui diskusi" pengajar membagi anak didik dalam kelompokdiskusi ahli yg terdiri atas kelompok pakar penginderaan, grup ahliperasaan dan pikiran serta kelompok pakar khayalan. Setelah itu setiap kelompokmempelajari materi tadi setiap kelompok mengirimkan seorang ahlinya kesetiap kelompok. Setelah itu pengajar membagikan puisi yang sama buat dibahasberdasarkan warta yg telah dikumpulkan dan tim ahli. Setelah itu, setiapkelompok mempresentasikan hasil diskusinya serta guru memberi penguatan.

Dalampembelajaran tersebut pengajar menggunakan metode....

A.diskusikelompok

B.kontekstual

C.kepalabemomor

D.jigsaw

PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

POSTINGANTERKAIT

SOALMEMBACA PROFESIONAL BACA DI SINI

SOALMENDENGARKAN BACA DI SINI

SOALBERBICARA BACA DI SINI

SOALMENULIS BACA DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel