TKU Penggalang

Salam Pramuka!

Kurikulum dalam pendidikan kepramukaanadalah berupa kondisi kecakapan yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan SyaratKecakapan Khusus (SKK). Syarat tersebut disusun berjenjang dalam tiap-tiapgolongan peserta didik. Syarat kecakapan merupakan syarat yang wajib dipenuhi olehsetiap peserta didik buat menerima tanda kecakapan.

Tanda Kecakapan Umum (TKU) golonganPramuka Penggalang adalah tanda yang dipakai pada seragam peserta didikPramuka Penggalang selesainya merampungkan Syarat Kecakapan Umum (SKU) padatingkat tertentu yg disematkan lewat upacara penggalang.

TKU Penggalang berbentuk huruf"V", dengan sisi pendek 1,tiga cm dan sisi panjang kaki 4,5 cm, keduakakinya menciptakan sudut 120 derajat serta berwarna dasar merah. Didalamnyaterdapat gambar mayang terurai (bertangkai bunga kelapa 3 butir) dan berwarnaputih.

Mayang terurai bertangkai 3 buahmenggambarkan bunga yang telah mulai berkembang, latif dan menarik,mengibaratkan Pramuka Penggalang yang riang, lincah dan bersikap menarik,sebagai calon tunas bangsa yg sedang berkembang, menggladi dirinya denganjiwa Pramuka yang berlandaskan pada Trisatya. Mayang yang terurai ke sampingmengibaratkan makin terbukanya pandangan Pramuka Penggalang serta menerimapengaruh yg baik berdasarkan lingkungan sekitarnya.

Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penggalangada 3 tingkatan yaitu buat Penggalang tingkat Ramu berbentuk satu alfabet V,Penggalang Rakit berbentuk 2 alfabet V, dan Penggalang Terap berbentuk tigahuruf V. Berikut merupakan gambar Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penggalang Ramu,Penggalang Rakit, dan Penggalang Terap:

Untuk memperoleh TKU tadi pesertadidik wajib melakukan ujian dari SKU pada tingkatannya. Ujian SKU dapatdilaksanakan dalam ketika latihan rutin penggalang yg dilaksanakan sang PembinaPenggalang dalam Gugus Depan peserta didik.

Sebelum dilantik sebagai anggota Pramuka(tingkat Ramu), peserta didik dinamakan sebagai calon dan pada masa ini yangbersangkutan nir dibenarkan mengenakan pakaian seragam lengkap denganatributnya.  Setelah memenuhi SKU taraf pertama (Ramu) serta dilantik dalamsuatu upacara serta mengucapkan janji maka yg bersangkutan absah menjadianggota Gerakan Pramuka dan berhak memakai sandang seragam lengkap denganatributnya. TKU ini diletakkan pada lengan seragam pramuka sebelah kiri. Jikapeserta didik telah memenuhi SKU taraf berikutnya maka TKU usang ditanggalkandan digantikan dengan TKU baru sinkron menggunakan tingkatan barunya lewat upacara.

Demikian sekilas tentang TKU PramukaPenggalang serta pemakaiannya.

"Salam Damai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel