Isyarat Semaphore


Salam Pramuka!
Semaphore adalah cara mengirimkan keterangan atau pesan dengan menggunakan sepasang bendera menggunakan gerakan-gerakan tertentu. Bendera ini disebut bendera semaphore yaitu bendera yang terdiri berdasarkan kombiasi 2 bagian rona jelas berukuran 45 x 45 centimeter, masing-masing bagian warnanya berbentuk segitiga sama kaki yg diikat dalam tongkat bendera sepajang 50 - 55 cm. Pada tongkat umumnya warna merah berada pada permukaan atau berada dalam sepanjang tongkat, sedangkan warna kuning berada dibawah warna merah atau diluar tangkai tongkat. Ikatan bendera dalam tiang harus bertenaga supaya tidak gampang tanggal saat digerakkan.

Abjad dan angka semaphore terdiri menurut beberapa sikap tangan kanan serta kiri. Bendera harus dipegang sedemikian rupa sebagai akibatnya tongkatnya merupakan perpanjangan menurut kedua tangan kita. Semua konvoi tangan bertumpuh pada bahu sehingga kedua tangan tetap pada posisi lurus. Untuk capat menghafal semaphore ini, berlatihlah beserta teman atau di depan cermin serta perhatikanlah posisinya agar pada mengirim serta menerima fakta tidak terjadi kesalahan.
Beriku ini adalah posisi tangan dalam mengirim kabar menggunakan semaphore:

Cara mengirim liputan menggunakan semaphore menjadi berikut:
  1. Kirim pertanda perhatian berulang kali (U-R).
  2. Jika penerima sudah siap maka akan mengirimkan huruf K.
  3. Jika penerima belum siap maka akan mengirimkan alfabet Q.
  4. Jika penerima bisa membaca kabar menggunakan baik maka akan mengirimkan huruf C dan apabila tidak paham maka akan mengirimkan huruf I-M-I.
  5. Apabila pengirim keliru dalam mengirim pesan, maka kirim alfabet E-tutup delapan kali.
  6. Jika semua pesan sudah terselesaikan dikirim maka kirim alfabet A-R.
  7. Jika penerima telah mendapat semua liputan maka akan mengirim huruf R.
  8. Untuk mengirimkan angka maka didahului sang indikasi nomor (numerical sign) lalu kirimkan nomor , bila sudah selesai mengirim nomor serta berganti ke huruf maka kirimkan isyarat alfabet J (alphabetic sign) atau V , terdapat pula yang memakai cara menyilangkan bendera pada atas depan ketua buat mengirimkan kode nomor .


Sekian dan selamat berlatih!
Salam Damai

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel