RPP TEKS DEBAT KURIKULUM 2019 EDISI REVISI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Sekolah : Sekolah Menengah Atas ……….
Mata Pelajaran: BahasaIndonesia 
Kelas/Semester: X / Genap

Materi Pokok:Isi debatdan Pihak-pihak pelaksana debat

Alokasi Waktu:2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

1.menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya

2.menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kolaborasi, toleransi, hening), santun,responsive, dan agresif menjadi bagian berdasarkan solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam sertamenempatkan diri menjadi cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian khusus dengan talenta dan minatnya buat memecahkan kasus.

4. Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah nyata dan ranah tak berbentuk terkait menggunakan pengembangan menurut apa yangdipelajarinya pada sekolah secara mandiri, dan bisa menggunakan metoda sesuaikaidah keilmuan.

B.KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.13Menganalisisisi debat (perseteruan/
isu, sudut pandang dan argumen
beberapapihak, dan simpulan).
4.13Mengembangkan konflik/gosip berdasarkan berbagai sudut pandang yg dilengkapi argumen pada berdebat.

·Mengidentifikasi isi debat (permasa-lahan/ info, sudut pandang dan ar-gumen beberapapihak, dan sim-pulan).
·Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-
pihak pelaku debat.
·Melaksanakan debat.
·Mengevaluasi aplikasi debat.

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatan pembelajarandengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLILpeserta didik bisa mengidentifikasi isi debat (permasa-lahan/ gosip, sudutpandang dan ar-gumen beberapapihak, dansim-pulan), memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihakpelaku debat., melaksanakan debat, dan mengevaluasi pelaksanaan debat menggunakan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displindan kreatif(integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur,percaya diri dan pantangmenyerah.

D.Materipembelajaran

Isi debat:

·mosi/ topik perseteruan yangdiperdebatkan;
·pernyataan perilaku (mendukung ataumenolak);
·argumenasi buat mendukung sikap. 
Pihak-pihak pelaksana debat:

·pihak yang mengajukan mosi/topikpermasalahan yg diperdebat-kan;
·tim afirmatif (yg sepakat denganmosi);
·tim oposisi yang nir putusan bulat menggunakan mosi);
·pemimpin/ wasit debat (yang menjagatata tertib)’
·Penonton/ juri.

Fakta : Debat serta Pihak-pihak pelaksana debat
Konsep : Mosi, Argumen, serta Tanggapan
Prinsip :EsesnsiDebat
Prosedur : mosi(perseteruan yg didebatkan); argumen buat menguatkanpendapat sesuai dengan sudut pandang yg diambil; dan tanggapan (mendukung dan menolakpendapat disertai argumen) pihak yg mengajukanmosi/topik perseteruan yg diperdebat-kan; tim afirmatif (yang setujudengan mosi); tim oposisi yg nir setujudengan mosi); pemimpin/ wasit debat (yangmenjaga tata tertib)’Penonton/ juri.

E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning
Model Pembelajaran:Discovery Learning (PembelajaranPenemuan) serta Problem
Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah )/ projek

F.Media/indera,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lembar kerja (siswa)
Ølembar penilaian
ØCetak: buku, modul,brosur, leaflet, serta gambar.
ØManusia dalam lingkungan:guru, pustakawan, laboran, serta penutur nativ.

Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis
ØLaptop & infocus
ØAudio: kaset serta CD.
ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yg dilengkapi menggunakan teks.
ØProyeksi visual membisu: OUTdan film bingkai.
ØProyeksi audio visual:film serta bingkai (slide) bersuara.
ØAudio visual gerak: VCD,DVD, dan W.
ØVisual mobilitas: film bisu.
ØObjek fisik: Benda nyata,model, dan specimen.
ØKomputer.

G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Pengajar Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Debat
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yg akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta benar-benar-sungguh ini dikuasai menggunakan baik, maka peserta didik diharapkan bisa mengungkapkan mengenai materiisi debat
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiisi debat menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi isi debat
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi isi debat
Øpemberian model-contoh materi isi debat buat dapat dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi debat dari kitab paket atau kitab -buku penunjang lain, menurut internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi isi debat sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiisi debat, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari fakta.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca dan menulis (Literasi)
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi isi debat yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yg diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yang perlu buat hayati cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud dengan isi debat?
ØTerdiri dari apakah isi debattersebut?
ØSeperti apakah isi debat tadi?
ØBagaimana isi debat itu bekerja?
ØApa fungsi isi debat?
ØBagaimanakah materi isi debat itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan warta yg relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/kejadian,
mengamati menggunakan akurat materi isi debat yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg tersaji dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari dan membaca banyak sekali surat keterangan berdasarkan banyak sekali asal guna menambah pengetahuan serta pemahaman mengenai materi isi debat yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berdasarkan kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi debat yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi debat yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket tentang materi isi debat
  • Mengumpulkan informasi
mencatat seluruh liputan tentang materi isi debat yg sudah diperoleh dalam kitab catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materiisi debat sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar kabar tentangmateriisi debat dengan ditanggapi aktif sang siswa menurut grup lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok lalu, menggunakan memakai metode ilmiah yang masih ada dalam kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar kerja yang disediakan menggunakan cermat buat menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar serta belajar sepanjang hayat. 
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi isi debat yang telah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi isi debat yang telah dikumpulkan menurut hasil kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun hasil menurut kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan fakta yg sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan dalam lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi isi debat
Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori dalam buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif dan deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi debat, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang siswa.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi isi debat berupa kesimpulan dari hasil analisis secara verbal, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal mengenai mteri : isi debat
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi isi debat dan ditanggapi sang grup yang mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi isi debat yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya. 
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangisi debat
·Menjawab pertanyaan mengenai isi debat yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
·Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada murid berkaitan dengan materi isi debat yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiisi debat yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi siswa terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran isi debat berlangsung, pengajar mengamati perilaku siswa pada pembelajaran yg meliputi perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point krusial yang timbul pada kegiatan pembelajaran isi debat yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran isi debat yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa untuk bahan ajar isi debat.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf dan diberi nomor urut peringkat,untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi debat
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran isi debat kepada gerombolan yg mempunyai kinerja serta kerjasama yg baik

15
menit



Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : isi debat
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yg akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta benar-benar-sungguh ini dikuasai menggunakan baik, maka peserta didik diharapkan bisa mengungkapkan mengenai materipihak-pihak pelaksana debat
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materipihak-pihak pelaksana debat menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi pihak-pihak pelaksana debat
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi pihak-pihak pelaksana debat
Øpemberian contoh-model materi pihak-pihak pelaksana debat buat bisa dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi pihak-pihak pelaksana debat dari buku paket atau kitab -buku penunjang lain, menurut internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi pihak-pihak pelaksana debat sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/dunia mengenai materi pelajaranmengenai materipihak-pihak pelaksana debat, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari fakta.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca dan menulis (Literasi)
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi pihak-pihak pelaksana debat yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yg diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yang perlu buat hayati cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan pihak-pihak pelaksana debat?
ØTerdiri dari apakah pihak-pihak pelaksana debattersebut?
ØSeperti apakah pihak-pihak pelaksana debat tersebut?
ØBagaimana pihak-pihak pelaksana debat itu bekerja?
ØApa fungsi pihak-pihak pelaksana debat?
ØBagaimanakah materi pihak-pihak pelaksana debat itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan warta yg relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi pihak-pihak pelaksana debat yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari serta membaca aneka macam surat keterangan menurut banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi pihak-pihak pelaksana debat yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum bisa dipahami dari aktivitas mengmati serta membaca yg akan diajukan pada guru berkaitan menggunakan materi pihak-pihak pelaksana debat yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi pihak-pihak pelaksana debat yg tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara beserta-sama membahas contoh pada kitab paket mengenai materi pihak-pihak pelaksana debat
  • Mengumpulkan informasi
mencatat seluruh keterangan mengenai materi pihak-pihak pelaksana debat yang sudah diperoleh dalam buku catatan dengan tulisan yang rapi serta memakai bahasa Indonesia yg baik serta benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materipihak-pihak pelaksana debat sesuai menggunakan pemahamannya
  • Saling tukar kabar tentangmateripihak-pihak pelaksana debat dengan ditanggapi aktif oleh siswa berdasarkan kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi gerombolan lalu, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat dalam kitab pegangan peserta didik atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat untuk mengembangkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yg dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi pihak-pihak pelaksana debat yang telah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi pihak-pihak pelaksana debat yang telah dikumpulkan menurut hasil kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun hasil menurut kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan fakta yg sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan dalam lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi pihak-pihak pelaksana debat
Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori dalam buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif dan deduktif dalam membuktikan tentang materi : pihak-pihak pelaksana debat, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang siswa.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi pihak-pihak pelaksana debat berupa kesimpulan dari hasil analisis secara verbal, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal mengenai mteri : pihak-pihak pelaksana debat
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi pihak-pihak pelaksana debat dan ditanggapi sang grup yang mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi pihak-pihak pelaksana debat yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya. 
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangpihak-pihak pelaksana debat
·Menjawab pertanyaan mengenai pihak-pihak pelaksana debat yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
·Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada murid berkaitan dengan materi pihak-pihak pelaksana debat yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materipihak-pihak pelaksana debat yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi siswa terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran pihak-pihak pelaksana debat berlangsung, pengajar mengamati perilaku siswa pada pembelajaran yg meliputi perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point krusial yang timbul pada kegiatan pembelajaran pihak-pihak pelaksana debat yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa untuk bahan ajar pihak-pihak pelaksana debat.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf dan diberi nomor urut peringkat,untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat kepada gerombolan yg mempunyai kinerja serta kerjasama yg baik
15
menit

I.Penilaian,Pembelajaran Remedial serta Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi berdasarkan pengamatan perilaku dan konduite siswa sehari-hari,baik terkait pada proses pembelajaran juga secara umum. Pengamatan langsungdilakukan sang guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Catur
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan:

1.aspek perilaku dinilai menggunakan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.skor maksimal = jumlah sikap yg dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dievaluasi = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format di atas dapat diubah sesuai menggunakan aspekperilaku yang ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya sentra pembelajaran dari pengajar kepada siswa, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.namun agar evaluasi tetap bersifat objektif, maka pengajar hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan berdasarkan evaluasi diri ini, memilih kompetensi yg akandinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yg akan digunakan, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh pengajar terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut dan mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas bisa pula digunakan untukmenilai kompetensi pengetahuan serta keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan dengan meminta siswa buat menilai temannya sendiri. Samahalnya dengan penilaian hendaknya pengajar sudah mengungkapkan maksud serta tujuanpenilaian, menciptakan kriteria evaluasi, dan pula menentukan format penilaiannya.berikut Contoh format evaluasi teman sebaya:

Nama yangdiamati : ...

Pengamat : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat sahabat.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap konflik.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota grup.

100
4
Marah waktu diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yg terdapat pada buku peserta didik

b.peserta didikmemnta indikasi tangan orangtua menjadi bukti bahwa mereka sudah mengerjakan tugasrumah menggunakan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban berdasarkan tugas tempat tinggal yg sudah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen penilaian unjuk kerja dapat ditinjau dalam instrumen penilaian ujianketerampilan berbicara menjadi berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan rapikan bahasa




4
Pelafalan





Kriteriapenilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalahskor yang diperoleh murid dibagi jumlah skor aporisma dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah





Keterangan:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yang sudah dikerjakan siswa, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial serta Pengayaan

a.Remedial

Bagi peserta didik yg belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka guru mampu memberikan soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan serta Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yg Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar permanen rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pengajar memberikan soalpengayaan sebagai berikut :

1)Membaca buku-buku mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)Mencari fakta secara online mengenai Nilai-nilaiPancasila pada kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat kabar, majalah, dan berita onlinetentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati eksklusif tentang Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada dilingkungan sekitar.

Mengetahui, …………., …………..

Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran



………………………………………………………………

……………………………………………………………….
UNDUH FILE WORD RPP TEKS DEBAT KLIK //drive.google.com/open?Id=1sK-uAW2O7k9GKssOHTCP0MahWwH2hXlA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel