RPP TEKS BIOGRAFI KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019


RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Sekolah : Sekolah Menengah Atas ……………..
Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia
Kelas/Semester:X / Genap

Materi Pokok:Biografi

Alokasi Waktu:2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

1.menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya

2.menunjukkan konduite amanah, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas banyak sekali permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam sertamenempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia

3.memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural,berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora menggunakan wawasan humanisme, kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, dan menerapkan pengetahuanprosedural dalam bidang kajian spesifik dengan talenta dan minatnya untukmemecahkan perkara.

4.mengolah, menalar, dan menyaji pada ranah konkret dan ranah tak berbentuk terkaitdengan pengembangan menurut apa yang dipelajarinya pada sekolah secara berdikari, danmampu memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi


Kompetensi Dasar
Indikator
3.14Menilai hal yg bisa diteladani menurut teks biografi.
4.14Mengungkapkan pulang hal-hal yang dapat diteladanidari tokoh yg masih ada pada teks biografiyang dibaca secara tertulis.

·Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
·Menyampaikan pulang hal-hal yg dapat diteladani menurut peristiwa yg tertuang pada pada teks biografi.
·Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap output kerja teman atau grup lain.

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran denganpendekatan saintifik dengan model pedagoge aliran, saintifik, dan CLIL pesertadidik dapat mengidentifikasi peristiwa (diantaranya: perjalanan pendidikan,karier, perjuangan) dalam biografi tokoh, menyampaikankembali hal-hal yang dapat diteladani berdasarkan insiden yang tertuang pada dalamteks biografi, memberikan komentar secara lisan atautulis terhadap hasil kerja sahabat atau kelompok lain.menggunakan rasa ingin tahu, tanggungjawab, displin dan kreatif(integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur, percaya diri dan pantangmenyerah.

D.Materipembelajaran

·Polapenyajiancerita ulang (biografi).

·Hal-halyang patut diteladani berdasarkan tokoh pada biografi.


Fakta : Biografi

Konsep : Cerita Ulang

Prinsip :PolaPenyajian

Prosedur: Hal-halyang patut diteladani menurut tokoh pada biografi


E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran: DiscoveryLearning (Pembelajaran Penemuan) serta Problem

BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek


F.Media/indera,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lbr kerja (siswa)

Ølembar penilaian

ØCetak: kitab , modul, brosur, leaflet, dangambar.

ØManusia pada lingkungan: guru, pustakawan,laboran, dan penutur nativ.


Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis

ØLaptop & infocus

ØAudio: kaset dan CD.

ØAudio-cetak: kaset atau CD audio yangdilengkapi dengan teks.

ØProyeksi visual membisu: OUT dan film bingkai.

ØProyeksi audio visual: film serta bingkai(slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD, DVD, serta W.

ØVisual gerak: film bisu.

ØObjek fisik: Benda konkret, contoh, serta spesimen.

ØKomputer.


G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Isi debat dan Pihak-pihak pelaksana debat
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat menilik pelajaran yg akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta benar-benar-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan bisa mengungkapkan tentang materipola penyajiancerita ulang (biografi)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materipola penyajiancerita ulang (biografi) menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi pola penyajiancerita ulang (biografi)
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi pola penyajiancerita ulang (biografi)
Øpemberian contoh-contoh materi pola penyajiancerita ulang (biografi) buat dapat dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi pola penyajiancerita ulang (biografi) menurut kitab paket atau kitab -kitab penunjang lain, dari internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi pola penyajiancerita ulang (biografi) sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/dunia tentang materi pelajaranmengenai materipola penyajiancerita ulang (biografi), untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
vMenulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang nir dipahami menurut apa yang diamati atau pertanyaan buat mendapatkan kabar tambahan mengenai apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat membuatkan kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membangun pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud menggunakan pola penyajiancerita ulang (biografi)?
ØTerdiri dari apakah pola penyajiancerita ulang (biografi)tersebut?
ØSeperti apakah pola penyajiancerita ulang (biografi) tadi?
ØApa fungsi pola penyajiancerita ulang (biografi)?
ØBagaimanakah materi pola penyajiancerita ulang (biografi) itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan akurat materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yg sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg tersaji serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai asal guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan pada pengajar berkaitan menggunakan materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas model dalam kitab paket mengenai materi pola penyajiancerita ulang (biografi)
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua warta mengenai materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang sudah diperoleh pada kitab catatan dengan goresan pena yang rapi serta memakai bahasa Indonesia yg baik serta benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materipola penyajiancerita ulang (biografi) sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar warta tentangmateripola penyajiancerita ulang (biografi) dengan ditanggapi aktif sang siswa berdasarkan grup lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg bisa dijadikan menjadi bahan diskusi gerombolan kemudian, menggunakan memakai metode ilmiah yg terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar kerja yg disediakan dengan cermat buat membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yg dipelajari, menyebarkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang sudah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang sudah dikumpulkan menurut output aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil berdasarkan aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan kabar yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi pola penyajiancerita ulang (biografi)

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif dan deduktif dalam membuktikan tentang materi : pola penyajiancerita ulang (biografi), antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi pola penyajiancerita ulang (biografi) berupa kesimpulan dari hasil analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi perilaku amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : pola penyajiancerita ulang (biografi)
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi pola penyajiancerita ulang (biografi) dan ditanggapi oleh gerombolan yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yang timbul dalam kegiatan pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangpola penyajiancerita ulang (biografi)
·Menjawab pertanyaan mengenai pola penyajiancerita ulang (biografi) yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau lbr kerja yg telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yang belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan menggunakan materi pola penyajiancerita ulang (biografi) yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materipola penyajiancerita ulang (biografi) yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yg sudah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan siswa terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran pola penyajiancerita ulang (biografi) berlangsung, pengajar mengamati sikap anak didik dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam kegiatan pembelajaran pola penyajiancerita ulang (biografi) yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran pola penyajiancerita ulang (biografi) yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat bahan ajar pola penyajiancerita ulang (biografi).
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf dan diberi nomor urut peringkat,untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran pola penyajiancerita ulang (biografi)
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran pola penyajiancerita ulang (biografi) kepada gerombolan yang memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

15
menit



Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : pola penyajiancerita ulang (biografi)
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat menilik pelajaran yg akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta benar-benar-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan bisa mengungkapkan tentang materihal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materihal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
Øpemberian contoh-contoh materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/dunia tentang materi pelajaranmengenai materihal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
vMenulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang nir dipahami menurut apa yang diamati atau pertanyaan buat menerima berita tambahan mengenai apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membangun pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya:
ØApa yang dimaksud dengan hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi?
ØTerdiri dari apakah hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografitersebut?
ØSeperti apakah hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi tersebut?
ØApa fungsi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi?
ØBagaimanakah materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi tentang materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materihal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar warta tentangmaterihal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi dengan ditanggapi aktif sang siswa berdasarkan grup lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg bisa dijadikan menjadi bahan diskusi gerombolan kemudian, menggunakan memakai metode ilmiah yg terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar kerja yg disediakan dengan cermat buat membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yg dipelajari, menyebarkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang sudah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang sudah dikumpulkan menurut output aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil berdasarkan aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan kabar yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif dan deduktif dalam membuktikan tentang materi : hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi berupa kesimpulan dari hasil analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi perilaku amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi dan ditanggapi oleh gerombolan yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yang timbul dalam kegiatan pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentanghal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
·Menjawab pertanyaan mengenai hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau lbr kerja yg telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yang belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan menggunakan materi hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materihal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yg sudah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan siswa terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi berlangsung, pengajar mengamati sikap anak didik dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam kegiatan pembelajaran hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat bahan ajar hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf dan diberi nomor urut peringkat,untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran hal-hal yg patut diteladani menurut tokoh dalam biografi kepada gerombolan yang memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

15
menit


I.Penilaian,Pembelajaran Remedial serta Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaian observasi dari pengamatan sikap danperilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait pada proses pembelajaranmaupun secara umum. Pengamatan eksklusif dilakukan oleh guru. Berikut contohinstrumen evaluasi sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yg Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Asih
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan :

1.aspek perilaku dievaluasi dengan kriteria:

100= Sangat Baik

75= Baik

50= Cukup

25= Kurang

2.skor aporisma = jumlah perilaku yang dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dievaluasi = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01– 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01– 75,00= Baik (B)

25,01– 50,00 = Cukup (C)

00,00–25,00=Kurang (K)

5.format pada atas bisa diubah sesuai dengan aspekperilaku yg ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari gurukepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan buat menilaikemampuan dirinya sendiri. Tetapi supaya evaluasi tetap bersifat objektif, makaguru hendaknya mengungkapkan terlebih dahulu tujuan menurut evaluasi diri ini,memilih kompetensi yg akan dievaluasi, kemudian menentukan kriteria penilaianyang akan dipakai, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya formatpenilaiannya disiapkan sang guru terlebih dahulu. Berikut Contohformat penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut dan mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan :

1.skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01– 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01– 75,00= Baik (B)

25,01– 50,00 = Cukup (C)

00,00–25,00=Kurang (K)

5.format pada atas bisa juga digunakan untukmenilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan


-Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didikuntuk menilai temannya sendiri. Sama halnya menggunakan penilaian hendaknya gurutelah mengungkapkan maksud dan tujuan evaluasi, membuat kriteria penilaian, danjuga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian temansebaya:


Namayang diamati : ...

Pengamat: ...


No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat sahabat.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap perseteruan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri pada anggota grup.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan :

1.skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untukpernyataan yg positif, sedangkan buat pernyataan yg negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor perilaku = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01– 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01– 75,00= Baik (B)

25,01– 50,00 = Cukup (C)

00,00–25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian serta atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab serta Percakapan

PraktekMonolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan


No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(LihatLampiran)

TugasRumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yang masih ada pada buku peserta didik

b.peserta didikmemnta pertanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugasrumah dengan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban dari tugas tempat tinggal yg sudah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dicermati padainstrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai Berikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan rapikan bahasa




4
Pelafalan






Kriteria penilaian (skor)

100= Sangat Baik

75= Baik

50= Kurang Baik

25= Tidak Baik

Caramencari nilai (N) = Jumalah skor yg diperoleh siswa dibagi jumlah skormaksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan merampungkan masalah






Keterangan :

100= Sangat Baik

75= Baik

50= Kurang Baik

25= Tidak Baik


-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulan seluruh tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,misalnya catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial serta Pengayaan

a.Remedial

Bagi peserta didik yg belummemenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka pengajar sanggup memberikan soaltambahan contohnya sebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan serta Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI


Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

MataPelajaran:……………………………………………..

UlanganHarian Ke :……………………………………………..

TanggalUlangan Harian:……………………………………………..

BentukUlangan Harian:……………………………………………..

MateriUlangan Harian:……………………………………………..

(KD/ Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst








b.Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetaprendah hati, lantaran sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Gurumemberikan soal pengayaan menjadi berikut :

1)Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalamkerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan. @aminyusuf

2)Mencari berita secara online tentang Nilai-nilaiPancasila pada kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat kabar, majalah, dan berita online tentangNilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahanNegara

4)Mengamati pribadi mengenai Nilai-nilai Pancasila dalamkerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg ada pada lingkungansekitar.

Mengetahui, ………..,……………..

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



………………………………………………………………

………………………………………………………………


UNDUH FILE WORD RPP TEKS BIOGRAFI KLIK //drive.google.com/open?Id=1HXEsWdlTRGy-frUc6XjHptFfKhk5O1JU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel