RPP TEKS BIOGRAFI KD 3.15 DAN 4.15 KELAS X SEMESTER 2 KURIKULUM 2019 EDISI REVISI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : Sekolah Menengah Atas …………………
Mata Pelajaran: BahasaIndonesia
Kelas/Semester: X / Genap

Materi Pokok:Unsur-unsurdan Kebahasaan Biografi

Alokasi Waktu:2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

·KI-1:Menghayati serta mengamalkan ajaran agama yg dianutnya.

·KI-dua:Menghayati serta mengamalkan perilaku amanah, disiplin, santun,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, hening), bertanggung jawab,responsif, serta pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai denganperkembangan anak pada lingkungan, famili, sekolah, masyarakat dan lingkungan alamsekitar, bangsa, negara, daerah regional, serta daerah internasional”.

·KI-tiga:Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan humanisme,kebangsaan, kenegaraan, serta peradaban terkait penyebab kenyataan dan insiden,dan menerapkan pengetahuan prosedural dalam bidang kajian yg khusus sesuaidengan talenta serta minatnya buat memecahkan masalah

·KI-4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkaitdengan pengembangan dari yg dipelajarinya pada sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif serta kreatif, serta sanggup memakai metode sesuaikaidah keilmuan

B.KompetensiDasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.15Menganalisis aspek makna serta kebahasaan pada teks biografi.
4.15Menyusun teks biografi tokoh

·Mendatapokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
·Menulis teks biografi tokoh menggunakan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
·Memberikan tanggapan secara mulut terhadap isi teks (biografi) yg ditulis teman

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatanpembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan contoh pedagoge aliran,saintifik, serta CLIL siswa bisa mendatapokok-utama isi biografi danciri kebahasaan pada teks biografi, menulisteks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan,karier, usaha), memberikan tanggapan secara mulut terhadap isi teks(biografi) yg ditulis sahabat.menggunakan rasaingin tahu, tanggung jawab, displindan kreatif(integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur,percaya diri serta pantangmenyerah

D.Materipembelajaran

Unsur-unsurbiografi:

·orientasi: (identitas singkat tokoh);

·rangkaian insiden serta perkara yangdialami; dan

·Reorientasi

Kebahasaan biografi:

·pronominal;

·pengacu serta yang diacu; dan

·konjungsi.


Fakta : Biografi

Konsep : Cerita Ulang

Prinsip :Unsur-unsurdan kebahasaan biografi

Prosedur : orientasi:(bukti diri singkat tokoh);

rangkaian insiden danmasalah yg dialami; dan

Reorientasi

pronominal;

pengacu serta yang diacu; dan

konjungsi.

E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran:Discovery Learning (PembelajaranPenemuan) serta Problem

Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah )/ projek

F.Media/alat,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lbr kerja (murid)

Ølembar penilaian

ØCetak: kitab , modul,brosur, leaflet, serta gambar.

ØManusia pada lingkungan:guru, pustakawan, laboran, serta penutur nativ.


Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis

ØLaptop & infocus, Audio: kaset dan CD.

ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yg dilengkapi menggunakan teks.

ØProyeksi visual membisu: OUTdan film bingkai.

ØProyeksi audio visual:film dan bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual mobilitas: VCD,DVD, dan W.

ØVisual mobilitas: film bisu.

ØObjek fisik: Benda konkret,contoh, dan spesimen.

ØKomputer.


G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Pengajar Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam MataPelajaran Bahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik menjadi sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Biografi
  • Mengingatkan pulang materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa mengungkapkan tentang materiunsur-unsur biografi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas dalam rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiunsur-unsur biografi menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi unsur-unsur biografi
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi unsur-unsur biografi
Øpemberian model-model materi unsur-unsur biografi buat bisa dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada tempat tinggal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur biografi berdasarkan kitab paket atau kitab -kitab penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi unsur-unsur biografi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia tentang materi pelajaranmengenai materiunsur-unsur biografi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari keterangan.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur biografi yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat menerima liputan tambahan mengenai apa yang diamati (dimulai menurut pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membangun pikiran kritis yang perlu buat hayati cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud dengan unsur-unsur biografi?
ØTerdiri berdasarkan apakah unsur-unsur biografitersebut?
ØSeperti apakah unsur-unsur biografi tersebut?
ØApa fungsi unsur-unsur biografi?
ØBagaimanakah materi unsur-unsur biografi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur biografi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari dan membaca aneka macam surat keterangan berdasarkan aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi unsur-unsur biografi yg sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati serta membaca yg akan diajukan pada pengajar berkaitan dengan materi unsur-unsur biografi yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi unsur-unsur biografi yg tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas contoh pada buku paket tentang materi unsur-unsur biografi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi tentang materi unsur-unsur biografi yg sudah diperoleh dalam kitab catatan dengan goresan pena yg rapi dan memakai bahasa Indonesia yg baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materiunsur-unsur biografi sinkron menggunakan pemahamannya
  • Saling tukar keterangan tentangmateriunsur-unsur biografi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik berdasarkan grup lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar kerja yg disediakan menggunakan cermat untuk membuatkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui berbagai cara yg dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi unsur-unsur biografi yang sudah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi unsur-unsur biografi yang telah dikumpulkan berdasarkan hasil kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan liputan yg sedang berlangsung dengan donasi pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi unsur-unsur biografi

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman hingga pada pengolahan liputan yg bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yg berbeda sampai kepada yang bertentangan buat membuatkan perilaku jujur, teliti, disiplin, taat anggaran, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme serta kepandaian induktif dan deduktif pada menandakan tentang materi : unsur-unsur biografi, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan sang siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi unsur-unsur biografi berupa kesimpulan menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat berbagi sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal mengenai mteri : unsur-unsur biografi
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi unsur-unsur biografi dan ditanggapi oleh gerombolan yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi unsur-unsur biografi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yang timbul pada kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangunsur-unsur biografi
·Menjawab pertanyaan mengenai unsur-unsur biografi yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lbr kerja yang telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yang belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur biografi yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiunsur-unsur biografi yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau dalam lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran unsur-unsur biografi berlangsung, guru mengamati sikap murid dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar mengenai point-point krusial yg ada dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur biografi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat bahan ajar unsur-unsur biografi yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran unsur-unsur biografi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar unsur-unsur biografi
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar unsur-unsur biografi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

15
menit



Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik menjadi sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : unsur-unsur biografi
  • Mengingatkan pulang materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa mengungkapkan tentang materikebahasaan biografi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas dalam rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materikebahasaan biografi menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi kebahasaan biografi
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi kebahasaan biografi
Øpemberian model-contoh materi kebahasaan biografi untuk bisa dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada tempat tinggal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan biografi menurut kitab paket atau kitab -buku penunjang lain, menurut internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi kebahasaan biografi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia tentang materi pelajaranmengenai materikebahasaan biografi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari keterangan.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan biografi yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat menerima liputan tambahan mengenai apa yang diamati (dimulai menurut pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membangun pikiran kritis yang perlu buat hayati cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan kebahasaan biografi?
ØTerdiri dari apakah kebahasaan biografitersebut?
ØSeperti apakah kebahasaan biografi tersebut?
ØApa fungsi kebahasaan biografi?
ØBagaimanakah materi kebahasaan biografi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan biografi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari serta membaca berbagai surat keterangan menurut aneka macam asal guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi kebahasaan biografi yg sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum bisa dipahami berdasarkan kegiatan mengmati dan membaca yg akan diajukan kepada pengajar berkaitan menggunakan materi kebahasaan biografi yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi kebahasaan biografi yang tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas contoh dalam kitab paket tentang materi kebahasaan biografi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat seluruh kabar mengenai materi kebahasaan biografi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materikebahasaan biografi sinkron menggunakan pemahamannya
  • Saling tukar keterangan tentangmaterikebahasaan biografi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik berdasarkan grup lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar kerja yg disediakan menggunakan cermat untuk membuatkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui berbagai cara yg dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi kebahasaan biografi yang sudah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi kebahasaan biografi yang telah dikumpulkan berdasarkan hasil kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan liputan yg sedang berlangsung dengan donasi pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi kebahasaan biografi

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman hingga pada pengolahan liputan yg bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yg berbeda sampai kepada yang bertentangan buat membuatkan perilaku jujur, teliti, disiplin, taat anggaran, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme serta kepandaian induktif dan deduktif pada menandakan tentang materi : kebahasaan biografi, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan sang siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi kebahasaan biografi berupa kesimpulan menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat berbagi sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal mengenai mteri : kebahasaan biografi
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi kebahasaan biografi dan ditanggapi oleh gerombolan yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi kebahasaan biografi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yang timbul pada kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangkebahasaan biografi
·Menjawab pertanyaan mengenai kebahasaan biografi yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lbr kerja yang telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yang belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan biografi yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materikebahasaan biografi yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau dalam lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran kebahasaan biografi berlangsung, guru mengamati sikap murid dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar mengenai point-point krusial yg ada dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan biografi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat bahan ajar kebahasaan biografi yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran kebahasaan biografi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar kebahasaan biografi
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar kebahasaan biografi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

15
menit


I.Penilaian,Pembelajaran Remedial serta Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi dari pengamatan sikap dan konduite siswa sehari-hari,baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara generik. Pengamatan langsungdilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yg Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Mia
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan:

1.aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.skor aporisma = jumlah sikap yang dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor perilaku = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas bisa diubah sesuai menggunakan aspekperilaku yg ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya pusat pembelajaran berdasarkan pengajar pada peserta didik, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.tetapi agar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan berdasarkan penilaian diri ini, menentukan kompetensi yg akandinilai, kemudian menentukan kriteria evaluasi yg akan digunakan, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut dan mengusulkan ilham/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota menerima kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut serta pada membuat kesimpulan hasil diskusi grup.
50

4
...
100



Catatan:

1.skor evaluasi Ya = 100 serta Tidak = 50

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas dapat jua digunakan untukmenilai kompetensi pengetahuan serta keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan dengan meminta peserta didik buat menilai temannya sendiri. Samahalnya menggunakan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud serta tujuanpenilaian, menciptakan kriteria evaluasi, dan juga memilih format penilaiannya.berikut Contoh format evaluasi teman sebaya:

Nama yangdiamati : ...

Pengamat : ...


No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap konflik.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri pada anggota gerombolan .

100
4
Marah waktu diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan:

1.skor evaluasi Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian serta atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab serta Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yg masih ada dalam kitab peserta didik

b.peserta didikmemnta pertanda tangan orangtua menjadi bukti bahwa mereka sudah mengerjakan tugasrumah dengan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban dari tugas tempat tinggal yg telah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen evaluasi unjuk kerja dapat dipandang dalam instrumen penilaian ujianketerampilan berbicara menjadi Berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan






Kriteriapenilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalahskor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor aporisma dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik



-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, misalnya catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial serta Pengayaan

a.Remedial

Bagi peserta didik yg belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka pengajar mampu memberikan soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia serta LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6



















































































dst








b.Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menaruh soalpengayaan sebagai berikut :

1)Membaca kitab -buku mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg relevan.

2)Mencari keterangan secara online tentang Nilai-nilaiPancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat kabar, majalah, serta fakta onlinetentang Nilai-nilai Pancasila pada kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg terdapat dilingkungan kurang lebih.

Mengetahui, ………….,……………

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



………………………………………………………………

NIP ……………..nip…………………………

UNDUH FILE WORD RPP TEKS BIOGRAFI (dua) KLIK //drive.google.com/open?Id=1-xeSSxVAIOwPWNHW79m6dDpYZHUxUDgl

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel