RPP TEKS PUISI KD 3.17 DAN 4.17 KELAS X SEMESTER 2 SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMA …………….
Mata Pelajaran: BahasaIndonesia
Kelas/Semester: X / Genap

Materi Pokok:Unsur-unsurpembangun puisi

Alokasi Waktu:2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

·KI-1:Menghayatidan mengamalkan ajaran kepercayaan yang dianutnya.

·KI-2:Menghayatidan mengamalkan konduite jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,kerjasama, toleran, tenang), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalamberinteraksi secara efektif sesuai menggunakan perkembangan anak pada lingkungan,famili, sekolah, rakyat serta lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,daerah regional, dan kawasan internasional”.

·KI-3:Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif dari rasa ingin tahunya mengenai ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora menggunakan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan dan peristiwa,serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang khusus sesuaidengan talenta dan minatnya buat memecahkan masalah.

·KI-4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah nyata serta ranah tak berbentuk terkaitdengan pengembangan berdasarkan yg dipelajarinya di sekolah secara berdikari,bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuaikaidah keilmuan.

B.KompetensiDasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.17.menganalisisunsur pembangun puisi.
3.17.1.mendefinisikan mengenai Unsur-unsur pembangun puisi diksi;imaji;istilah nyata;gaya bahasa;rima/irama;tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling);nada (tone);danamanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.dua.mengidentifikasikan mengenai Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.tiga.mendeskripsikan tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.4.mengklasifikasikan tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.5.menemukan data serta fakta tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.6.mengeksprolasi temuan data serta fakta tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.7.mendata kata-kata yang menerangkan diksi, imaji, diksi, istilah nyata, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).pada puisi.
3.17.8.mentabulasikan output eksprolasi data dan kabar mengenai Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.9.menganalisis tabulasi data serta fakta tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.10.menguraikan hasil analisa data dan keterangan tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.11.mengasosiasikan uraian data serta fakta tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.12.menulis puisi menggunakan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), serta amanat/tujuan/maksud (itention)
3.17.13.menyimpulkan hasil asosiasi data dan liputan mengenai Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.menulis puisi menggunakan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).
4.17.1.memverifikasi kesimpulan data dan liputan tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.dua.mempresentasikan output pembuktian data mengenai Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; istilah nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.3.mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi puisi yg sudah ditulis

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatanpembelajaran menggunakan pendekatan saintifik menggunakan model pedagoge genre,saintifik, dan CLIL siswa dapat menganalisisunsur pembangun puisi serta menulis puisi dengan memerhatikan unsurpembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displindan kreatif(integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur,percaya diri serta pantangmenyerah.

D.Materipembelajaran

Unsur-unsur pembangun puisi

·diksi;

·imaji;

·katakonkret;

·gayabahasa;

·rima/irama;

·tipografi;

·tema/makna(sense);

·rasa (feeling);

·nada (tone);dan

·amanat/tujuan/maksud(itention).


Fakta : Puisi

Konsep : Puisi

Prinsip :Unsur-unsurpembangun puisi

Prosedur : diksi;imaji; istilah nyata; gaya bahasa; rima/irama; tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); danamanat/tujuan/maksud (itention).

E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran:Discovery Learning (PembelajaranPenemuan) dan Problem

Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah )/ projek

F.Media/indera,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lbr kerja (murid)

Ølembar penilaian

ØCetak: kitab , modul,brosur, leaflet, serta gambar.

ØManusia dalam lingkungan:pengajar, pustakawan, laboran, serta penutur nativ.

Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis

ØLaptop & infocus

ØAudio: kaset serta CD.

ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yg dilengkapi dengan teks.

ØProyeksi visual diam: OUTdan film bingkai.

ØProyeksi audio visual:film serta bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD,DVD, serta W.

ØVisual mobilitas: film bisu.

ØObjek fisik: Benda konkret,contoh, dan spesimen.

ØKomputer.

G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Pengajar Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik menjadi sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa menggunakan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : puisi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yg akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka siswa diharapkan dapat menyebutkan mengenai materiunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas dalam rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.


15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
“Apa yg kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
Øpemberian contoh-contoh materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari kabar.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yg tersaji dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang nir dipahami berdasarkan apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yg perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama?
ØTerdiri dari apakah unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/iramatersebut?
ØSeperti apakah unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama tersebut?
ØApa fungsi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama?
ØBagaimanakah materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa gerombolan untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar warta tentangmateriunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dengan ditanggapi aktif sang siswa dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok lalu, dengan menggunakan metode ilmiah yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau dalam lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat menyebarkan perilaku teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang telah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sudah dikumpulkan berdasarkan hasil aktivitas/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan aktivitas mengamati serta aktivitas mengumpulkan kabar yg sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada kitab asal melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan oleh siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama berupa kesimpulan dari hasil analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan perilaku amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan output diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dan ditanggapi sang grup yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yg ada dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
·Menjawab pertanyaan mengenai unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang masih ada dalam kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan menggunakan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yg sudah disediakan secara individu buat mengecek dominasi siswa terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama berlangsung, pengajar mengamati perilaku anak didik pada pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar mengenai point-point krusial yang muncul dalam aktivitas pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat bahan ajar unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dalam bahan ajar unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

15
menit


Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik menjadi sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa menggunakan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; istilah konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yg akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa dibutuhkan bisa menyebutkan tentangmateriunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas dalam pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) dengan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
“Apa yg kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
Øpemberian model-model materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)buat bisa dikembangkan siswa, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)menurut buku paket atau buku-kitab penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari kabar.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yg tersaji dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang nir dipahami berdasarkan apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yg perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) ?
ØTerdiri dari apakah unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)tersebut?
ØSeperti apakah unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)tersebut?
ØApa fungsi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) ?
ØBagaimanakah materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa gerombolan untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar warta tentangmateriunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)dengan ditanggapi aktif sang siswa dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok lalu, dengan menggunakan metode ilmiah yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau dalam lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat menyebarkan perilaku teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang telah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang sudah dikumpulkan berdasarkan hasil aktivitas/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan aktivitas mengamati serta aktivitas mengumpulkan kabar yg sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada kitab asal melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) , antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan oleh siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)berupa kesimpulan dari hasil analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan perilaku amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan output diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)dan ditanggapi sang grup yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yg ada dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
·Menjawab pertanyaan mengenai unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang masih ada dalam kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan menggunakan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiunsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yg sudah disediakan secara individu buat mengecek dominasi siswa terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)berlangsung, pengajar mengamati perilaku anak didik pada pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar mengenai point-point krusial yang muncul dalam aktivitas pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat bahan ajar unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention) .
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dalam bahan ajar unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;tema/makna (sense);rasa (feeling); nada (tone); serta amanat/tujuan/maksud (itention)kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

15
menit

I.Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi berdasarkan pengamatan sikap serta perilaku siswa sehari-hari,baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsungdilakukan sang guru. Berikut model instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yg Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Mae
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggung Jawab

•DS : Disiplin

Catatan:

1.aspek konduite dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.skor aporisma = jumlah perilaku yg dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format di atas dapat diubah sinkron menggunakan aspekperilaku yang ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru pada peserta didik, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.namun supaya penilaian tetap bersifat objektif, maka pengajar hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan berdasarkan evaluasi diri ini, menentukan kompetensi yg akandinilai, lalu menentukan kriteria evaluasi yang akan dipakai, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, aku ikut dan mengusulkan ilham/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan pada menciptakan konklusi output diskusi gerombolan .
50

4
...
100


Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor perilaku = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas dapat jua dipakai untukmenilai kompetensi pengetahuan serta keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan dengan meminta peserta didik buat menilai temannya sendiri. Samahalnya dengan penilaian hendaknya pengajar sudah mengungkapkan maksud serta tujuanpenilaian, menciptakan kriteria evaluasi, serta pula memilih format penilaiannya.berikut Contoh format penilaian sahabat sebaya:

Nama yangdiamati : ...

Pengamat : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat sahabat.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap perseteruan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota gerombolan .

100
4
Marah ketika diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yg positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian serta atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab serta Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yang terdapat pada kitab peserta didik

b.peserta didikmemnta pertanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka sudah mengerjakan tugasrumah menggunakan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban menurut tugas rumah yang sudah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat dalam instrumen penilaian ujianketerampilan berbicara sebagai Berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan rapikan bahasa




4
Pelafalan





Kriteriapenilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalahskor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor aporisma dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan merampungkan masalah





Keterangan:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yang telah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial dan Pengayaan

a.Remedial

Bagi peserta didik yg belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka guru sanggup menaruh soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yg Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst








b.Pengayaan

Guru menaruh petuah supaya tetap rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pengajar memberikan soalpengayaan menjadi berikut :

1)Membaca buku-buku mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan. 

2)Mencari keterangan secara online tentang Nilai-nilaiPancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat informasi, majalah, serta liputan onlinetentang Nilai-nilai Pancasila pada kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati eksklusif mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg terdapat dilingkungan kurang lebih.

Mengetahui, …………..,……….

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



……………………………...………………………………

NIP …………………………NIP …………………………

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel