RPP ANALISIS BUKU FIKSI DAN NONFIKSI KELAS X SEMESTER 2 KURIKULUM 2019 EDISI REVISI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMA ……………….

Mata Pelajaran: BahasaIndonesia

Kelas/Semester: X / Genap

Materi Pokok:Resensibuku

Alokasi Waktu:1Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

·KI-1:Menghayatidan mengamalkan ajaran agama yg dianutnya

·KI-dua:Menghayatidan mengamalkan konduite jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalamberinteraksi secara efektif sinkron menggunakan perkembangan anak di lingkungan,famili, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,tempat regional, dan tempat internasional”.

·KI-3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora menggunakan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan dan peristiwa,dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yg spesifik sesuaidengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

·KI-4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah nyata dan ranah tak berbentuk terkaitdengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu memakai metode sesuaikaidah keilmuan

B.KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.18.menganalisis isi berdasarkan minimal satu buku fiksi dan satu kitab nonfiksi yang telah dibaca.
3.18.1.mendefinisikan tentang Resensi Buku
3.18.2.mengidentifikasikan mengenai Resensi Buku
3.18.tiga.mendeskripsikan mengenai Resensi Buku
3.18.4.mengklasifikasikan mengenai Resensi Buku
3.18.lima.menemukan data dan berita mengenai Resensi Buku
3.18.6.mengeksprolasi temuan data dan liputan mengenai Resensi Buku
3.18.7.mentabulasikan hasil eksprolasi data dan warta mengenai Resensi Buku
3.18.8.menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Resensi Buku
3.18.9.menganalisis kelebihan dan kekurangan kitab yg dibaca
3.18.10.menguraikan output analisa data dan warta mengenai Resensi Buku
3.18.11.mengasosiasikan uraian data dan fakta mengenai Resensi Buku
3.18.12.menyimpulkan hasil asosiasi data dan keterangan mengenai Resensi Buku
3.18.13.menyusun resensi buku nonfiksi yg dibaca.menggunakan memerhatikan unsur-unsur resensi
4.18.mempresentasikan replikasi isi kitab ilmiah yg dibaca dalam bentuk resensi.
4.18.1.memverifikasi kesimpulan data dan liputan mengenai Resensi Buku
4.18.dua.mempresentasikan output pembuktian data mengenai Resensi Buku
4.18.tiga.mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatanpembelajaran menggunakan pendekatan saintifik menggunakan contoh pedagoge aliran,saintifik, dan CLIL peserta didik dapat menganalisis isi menurut minimal satu bukufiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca dan mempresentasikan replikasiisi buku ilmiah yang dibaca pada bentuk resensi menggunakan rasa ingin tahu, tanggungjawab, displindan kreatif(Integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur,percaya diri dan pantangmenyerah

D.Materipembelajaran

Resensi Buku

Fakta : Resensi Buku

Konsep : PengertianResensi Buku

Prinsip :Tujuandan unsur-unsur resensi buku

Prosedur : Menyusunresensi buku

E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran:Discovery Learning (PembelajaranPenemuan) serta Problem

Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah )/ projek

F.Media/indera,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lembar kerja (murid)

Ølembar penilaian

ØCetak: buku, modul,brosur, leaflet, dan gambar.

ØManusia pada lingkungan:guru, pustakawan, laboran, serta penutur nativ.


Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis

ØLaptop & infocus

ØAudio: kaset serta CD.

ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yang dilengkapi menggunakan teks.

ØProyeksi visual diam: OUTdan film bingkai.

ØProyeksi audio visual:film serta bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual mobilitas: VCD,DVD, dan W.

ØVisual mobilitas: film bisu.

ØObjek fisik: Benda nyata,contoh, dan spesimen.

ØKomputer.


G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Pengajar Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam MataPelajaran Bahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya


H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Unsur-unsure pembangun puisi
  • Mengingatkan pulang materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan tentang materiresensi buku
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiresensi buku menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi resensi buku
“Apa yg kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi resensi buku
Øpemberian model-model materi resensi kitab buat bisa dikembangkan siswa, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi resensi buku menurut buku paket atau buku-buku penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi resensi kitab oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiresensi buku, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari kabar.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi resensi bukuyang nir dipahami menurut apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan kabar tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat membuatkan kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan resensi buku?
ØTerdiri menurut apakah resensi bukutersebut?
ØSeperti apakah resensi kitab tersebut?
ØBagaimana resensi kitab itu bekerja?
ØApa fungsi resensi buku?
ØBagaimanakah materi resensi kitab itu berperan pada kehidupan sehari-hari serta karir masa depan siswa?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi resensi kitab yg sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi resensi buku yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum bisa dipahami berdasarkan kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi resensi buku yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi resensi kitab yg tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa kelompok buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh pada kitab paket mengenai materi resensi buku
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi resensi buku yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materiresensi buku sinkron dengan pemahamannya
  • Saling tukar keterangan tentangmateriresensi bukudengan ditanggapi aktif sang siswa berdasarkan grup lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok lalu, dengan memakai metode ilmiah yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan keterangan melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan menggunakan cara :
  • Berdiskusi tentang datadari materi resensi bukuyang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi berdasarkan materi resensi bukuyang sudah dikumpulkan berdasarkan hasil aktivitas/rendezvous sebelumnya mau pun output menurut aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung dengan donasi pertanyaan-pertanyaan dalam lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi resensi buku

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif dan deduktif dalam membuktikan mengenai materi : resensi buku, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan hasil diskusitentang materi resensi bukuberupa konklusi menurut hasil analisis secara mulut, tertulis, atau media lainnya buat mengembangkan perilaku amanah, teliti, toleransi, kepandaian sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : resensi buku
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi resensi bukudan ditanggapi sang grup yang mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi resensi bukuyang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yg timbul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangresensi buku
·Menjawab pertanyaan tentang resensi bukuyang masih ada dalam buku pegangan siswa atau lbr kerja yg telah disediakan.
·Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada anak didik berkaitan menggunakan materi resensi bukuyang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiresensi bukuyang masih ada dalam kitab pegangan siswa atau dalam lbr lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran resensi bukuberlangsung, guru mengamati sikap murid dalam pembelajaran yang mencakup perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul pada aktivitas pembelajaran resensi bukuyang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran resensi buku yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa untuk bahan ajar resensi buku.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf dan diberi nomor urut peringkat,untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran resensi buku
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran resensi bukukepada gerombolan yang mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

15
menit



I.Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi berdasarkan pengamatan sikap serta perilaku siswa sehari-hari,baik terkait pada proses pembelajaran maupun secara generik. Pengamatan langsungdilakukan oleh pengajar. Berikut model instrumen evaluasi sikap


No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yg Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Alya
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan:

1.aspek konduite dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.skor aporisma = jumlah sikap yg dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas dapat diubah sesuai dengan aspekperilaku yg ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya sentra pembelajaran menurut guru kepada siswa, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.tetapi agar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akandinilai, kemudian menentukan kriteria evaluasi yg akan digunakan, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut dan mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota menerima kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format di atas dapat jua digunakan buat menilaikompetensi pengetahuan serta keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan dengan meminta siswa buat menilai temannya sendiri. Samahalnya menggunakan evaluasi hendaknya pengajar sudah mengungkapkan maksud serta tujuanpenilaian, membuat kriteria penilaian, dan jua menentukan format penilaiannya.berikut Contoh format evaluasi teman sebaya:

Nama yangdiamati : ...

Pengamat : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap pertarungan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah waktu diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3.skor perilaku = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian serta atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab serta Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.peserta didikmemnta tanda tangan orangtua menjadi bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugasrumah dengan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban menurut tugas tempat tinggal yg telah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen evaluasi unjuk kerja dapat dipandang pada instrumen evaluasi ujianketerampilan berbicara menjadi Berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan rapikan bahasa




4
Pelafalan






Kriteriapenilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalahskor yg diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah






Keterangan:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, misalnya catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial serta Pengayaan

a.Remedial

Bagi siswa yg belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka pengajar mampu menaruh soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..



No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yg Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst









b.Pengayaan

Guru menaruh nasihat agar permanen rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pengajar menaruh soalpengayaan menjadi berikut :

1)Membaca buku-kitab mengenai nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg relevan.

2)Mencari informasi secara online mengenai nilai-nilaiPancasila pada kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat kabar, majalah, dan berita onlinetentang nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati langsung tentang nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg ada dilingkungan sekitar.

Mengetahui, ………..,……………..

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



…………………………..…………………………..

NIP ……………………..nip ……………………..

UNDUH FILE WORD RPP TEKS ULASAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI KLIK //drive.google.com/open?Id=1_Pskux7QvK8D1w25dblXuqzSr9YxuXPe
SILA BACA DAN UNDUH FILE WORD RPPBAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII SEMESTER dua TAHUN PELAJARAN 2018/2019KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

Berikut tersaji model RPP BahasaIndonesia Sekolah Menengah Atas kelas X, XI, dan XII semester dua.

Sila baca, unduh file word, danedit/revisi.

A. RPP KELAS X SEMESTER 2 (fileword)









9. RPP Buku PengayaanFiksi/Nonfiksi KD tiga.18 dab 4.18 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2019/01/rpp-analisis-kitab -fiksi-dan-nonfiksi.html

B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (fileword)





C. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (fileword)



3. RPP Teks Kritik serta Esai KD3.12, 4.12, tiga.13, dan 4.13 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-serta-esai-kelas-xii.html



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel