MENENTUKAN PERBEDAAN POLA PENGEMBANGAN CERITA PEMBAHASAN SOAL UN SMP/MTS TAHUN 2019



22. Bacalah ke 2 kutipan ceritaberikut!

Kutipan I
Kutipan II
Kupu-kupu tersadar berdasarkan pingsannya, namun beliau terkejut waktu beliau memahami bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-datang Lalat tiba membawa obat-obatan. “Syukurlah kau telah pulih,” ujarnya bahagia. Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya merupakan hewan yang tersebut pagi beliau hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
“Mm.. Terima kasih ya Kau mau menolongku, padahal saya telah menghinamu…, “ ungkapnya memalukan-membuat malu,” Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar saya dapat mengobati sayapmu yg patah.” Kupu-kupu dari, kemudian ia diobati sang Lalat.
Tersebutlah pada padang rumput yang latif nan hening, hiduplah seekor kelinci yg sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, Si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya? Si Kelinci berpikir sangat keras serta datang-datang terdapat ide nakal sampai di kepalanya. Saya akan pretensi saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …Hehehe….
Maka sembari larilah, Si Kelinci berteriak, “Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tidak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan mangkat seketika.



Perbedaan polapengembangan kedua kutipan cerita tadi merupakan dimulai menggunakan…


Kutipan I
Kutipan II
A
garis besar cerita
masalah yang wajib diselesaikan
B
lokasi cerita
garis besar cerita
C
lokasi cerita
aksi tokoh
D
masalah yang wajib diselesaikan
garis besar cerita

Kunci jawaban: A

Pembahasan

Kutipan I berisi garis besar cerita,yaitu sikap dan perilaku tokoh kupu-kupu yang suka menghina lalat, namunakhirnya menyadari sikap dan perilakunya yang tidak benar. Ia justru ditolongoleh lalat yang selama ini dihinanya.

Kutipan II berisi konflik atassikap Si Kelinci yg nakal yg iseng menakut-nakuti Pak Kijang. Tindakan SiKelinci mengakibatkan fatal lantaran menyebabkan anak Pak Kijang masuk jurang dantewas.

Ringkasan Materi

Plot atau Alur

Plot atau alur merupakan urutanperistiwa yg merupakan dasar terciptanya sebuah cerita. Alur sanggup tampakapabila pengarang pada menyusun cerita antara tema pesan serta amanat salingberhubungan.

Cerita bergarak dari insiden yanglain, masing-masing insiden itu disusun secara runtut, utuh dan salingberhubungan. Plot adalah unsur fiksi yg krusial, bahkan banyak orangmenganggap menjadi unsur yang terpenting. Plot bisa mempermudah pada memahamisuatu cerita. Tanpa adanya plot pembaca akan kesulitan pada tahu suatucerita.

Plot karya fiksi yang komplekssulit dipahami interaksi karena akibat antarperistiwanya, mengakibatkan ceritanyasulit dipahami. Dalam suatu cerita umumnya dituliskan banyak sekali insiden dalamurutan tertentu. Peristiwa yang diurutkan itulah yg dianggap alur atau plot.adapun pengertiannya dari Panuti Sudjiman (1998: 30) adalah jalinanperistiwa pada karya sastra buat mencapai efek eksklusif, kemudian beliau jugamemberikan batasan bahwa alur adalah rangkaian peristiwa yang dijalin dandireka secara akurat yang menggerakkan jalan cerita melalui rumusan ke arahklimaks dan penyelesaian. 

Penahapan plot bisa diuraikansebagai berikut.

Tahapan plot: awal-tengah-akhir.tahap awal acapkali diklaim juga menggunakan tahap ta’aruf. Tahap ini berisiinformasi-berita krusial yang herbi aneka macam hal yg akandikisahkan berikutnya. Tahap tengah atau termin pertikaian menampilkan konflikatau pertentangan yg telah mulai dimunculkan dalam termin sebelumnya. Adapuntahap akhir atau tahap peleraian menampilkan adagan eksklusif akibat klimaks.pada bagian ini, dimunculkan akhir berdasarkan cerita. (b) Tahapan plot menurutRichard Summers.richard Summers membagi plot sebagai lima tahapan yaitu tahapsituation (termin penyituasian) yaitu termin yg berisi sosialisasi tokoh sertasituasi yg terdapat pada cerita, termin generating circumstances (tahap pemunculankonflik), termin rising action (termin peningkatan perseteruan), termin climax(titik puncak) yaitu titik intensitas puncak konflik yang dialami tokoh, tahapdenouement (tahap penyelesaian). 

Dari uraian pendapat yang telahdikemukakan, bisa dinyatakan bahwa plot mengandung indikator-indikatorberikut: (a) plot merupakan kerangka atau struktur cerita yg merupakanjalin-menjalinnya cerita menurut awal hingga akhir, (b) pada plot terdapathubungan kausalitas (sebab akibat) berdasarkan insiden-insiden, baik dari tokoh,ruang, maupun saat. Jalinan karena dampak itu bersifat logis (lumrah/dapatditerima akal sehat/mungkin terjadi), (c) jalinan cerita dalam plot eratkaitannya menggunakan perjalanan cerita tokoh-tokohnya, (d) permasalahan batin pelakuadalah asal terjadinya plot dan berkaitan dengan loka, dan waktu kejadiancerita, serta (e) plot berkaitan menggunakan perkembangan pertarungan antara tokoh antagonisdengan tokoh protagonis.

BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUNPELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro serta Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
12. Menentukan Pernyataan yangSesuai Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
17. Menentukan Cara Penggambaran WatakTokoh Dalam Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-mendeskripsikan-tabiat.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs.mapeL BAHASA INDONESIA KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-smpmts-mapel.html
RINGKASAN MATERI, SOAL DANPEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 Sekolah Menengah pertama/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG: BELAJAR PRAMUKA
  1. Pertanyaan yg jawabannya terdapat dalam teks
  1. Pernyataan yang sinkron dengan isi teks
  1. Makna kata pada teks
  1. Ide pokok paragraf
  1. Kalimat primer paragraf
  1. Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan dalam teks
  1. Kalimat interaksi karena akibat
  1. Kalimat yang menampakan (bukti) tabiat tokoh cerita
  1. Konflik pada cerita
  1. Amanat cerita
  1. Kalimat yg tidak padu dalam teks
  1. Peristiwa yg tergambar pada teks
  1. Teks laporan
  1. Urutan kalimat teks sastra
  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain
  1. Perbaikan penulisan ejaan
  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
  1. Ringkasan teks
  1. Tokoh primer cerita
  1. Konflik, penyebab pertarungan, dan akibat konflik
  1. Amanat implisit serta tersurat dalam cerita
  1. Kalimat yg menyatakan keunngulan buku
  1. Struktur teks resensi
  1. Pendapat pro dan kontra
  1. Jenis-jenis teks mekanisme
  1. Melengkapi teks prosedur
  1. Menyunting teks prosedur
  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
  1. Keteladanan tokoh pada teks biografi
  1. Fakta serta opini pada teks biografi
  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
  1. Cara memvariasikan kalimat
  1. Pemakaian indikasi titik dua (:) dan koma (,)
  1. Makna simbol pada cerpen
  1. Menentukan bagian alur cerpen
  1. Syarat-kondisi paragraf yang baik
  1. Melengkapi kalimat menggunakan istilah yang tepat
  1. Melengkapi kalimat menggunakan istilah bentukan
42.Menentukanmakna istilah/kata dalam kalimat
  1. Melengkapi kalimat menggunakan istilah penghubung
  1. Kalimat nir efektif
  1. Alasan penggunaan kata yg salah
  1. Penulisan huruf kapital
  1. Penggunaan ejaan yg tidak tepat
  1. Kesalahan penggunaan tanda baca
  1. Penggunaan ejaan yg tepat
  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan pertanda baca


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel