SOAL OGN 2019 TEORETIS DAN APLIKATIF KOMPETENSI PEDAGOGIK PENILAIAN

A.CONTOH SOAL PENILAIAN TEORETIS
1.Pendekatan tes yg berusaha menafsirkanhasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telahditetapkan, sebelum output tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelumkegiatan pengajaran dilakukan, patokan yg akan digunakan untuk menentukanbatas kelulusan itu sudah ditetapkan dinamakan ....

A.penilaianacuan norma

B.penilaianacuan patokan

C.penilaianportofolio

D.penilaianautentik

2.Penilaian yg dilakukan oleh pendidikyang dapat berupa pekerjaan tempat tinggal baik secara individu ataupun gerombolan adalah….

A.produk

B.proyek

C.portofolio

D.penugasan

3.Nilai akhir buat ranah pengetahuandiambil dari nilai….

A.median

B.modus

C.rerata

D.optimal

4.Setelah melakukan tes formatif, Bu Bellamenganalisis hasil tes siswanya. Di luar dugaan, soal angka 3 yg dianggapbertaraf mudah, justru dijawab keliru oleh hampir 75% siswa yang pintar,serta sebaliknya, dijawab sahih sang kebanyakan peserta didik ysng dianggapkurang. Hal ini mengindikasikan ....

A.butirsoal memiliki daya beda yang rendah

B.butirsoal valid dan reliabel

C.butirsoal tergolong sukar

D.butirsoal tergolong mudah

B.CONTOH SOAL PENILAIAN APLIKATIF

5.Dalam sebuah pembelajaran berbicaradengan KD "Menceritakan pengalaman yg paling mengesankan denganmenggunakan pilihan kata dan kalimat efektif ".

Berdasarkan konteks pembelajaran tadi rancanganjenis tes yang tepat merupakan....

A.Unjukkerja menulis pengalaman yang mengesankan

B.Portofolio bercerita pengalaman yangpaling mengesankan

C.Tes mulut bercerita pengalaman yangpaling mengesankan

D.Tes ekspresi menjawab pertanyaan dari gurudengan kalimat efektif

6.Berdasarkan KD "Mendeskripsikan alur novelremaja (orisinil atau terjemahan) yg dibacakan" teknik evaluasi yg tepatadalah...

A.testertulis, tes rumpang, pilihan ganda

B.pilihan ganda, observasi, penilaianunjuk kerja

C.tes rumpang, tes lisan, observasi

D.penilaian portofolio, tes unjuk kerja,tes essai

7.Dalamsebuah pembelajaran menggunakan KD "menanggapi siaran atau fakta menurut mediaelektronik (fakta serta nonberita) " pengajar melaksanakan tes formatifberbentuk tes esai. Berikut ini pertanyaan yang tepat buat jenis tesberdasarkan KD tadi...

A.Bagaimanapendapatmu mengenai warta yg baru saja kalian dengarkan?

B.Buatlah kesimpulan menurut program talk showyang baru saja kalian lihat!

C.Tuliskan balik isi warta yg barusaja kalian dengarkanl

D.Apa yang mengakibatkan kejadian dalamberita yang baru kalian dengarkan?

8.Perhatikan tabel berikut.

KD
indikator
Soal
Menanggapi siaran atau fakta menurut media elektro (liputan serta nonberita)
Mampu memberi pendapat mengenai isi keterangan yg didengar
1.Tuliskan apa yg terjadi pada rekaman yang barukalian dengarkan?
2. Bagaimana pendapat kalian tentang isi rekaman yg baru saja kalian dengarkan
3.Apakah kalian putusan bulat menggunakan pernyataan narasumber pada rekaman tadi?
4. Catat pokok-utama rekaman yang barn kalian dengarkan!

Berdasarkantabel di atas rancangan soal yg tepat adalah....

A.1 dan 2

B.1 serta 3

C.2 dan 3

D.2 dan 4

9.Perhatikantabel berikut.

KD
Indikator
Teknik penilaian
Soal
Menulis naskah – drama menurut peristiwa nyata
Mampu menulis pertarungan dalam naskah drama dari gambar peristiwa
1. Tes tertulis
1. Tulislah sebuah obrolan drama yg mendeskripsikan perseteruan menurut gambar.
2. Penugasan
2.Buatlah sebuah naskah drama menurut peristiwa nyata!
3.unjuk kerja
3. Buatlah sebuah dialog drama yang menggambarkan perseteruan dari gambar.

Berdasarkantabel pada atas hal yang kurang sempurna adalah....

A.Soal untuk penugasan nir sesuaidengan indikator.

B.Teknik tes unjuk kerja tidak tepatsesuai menggunakan indikator.

C.Indikator nir dapat mengukurkompetensi dasar.

D.Soal nomor tiga kurang sinkron denganindikator.

10.Berdasarkan KD "Menulis suratpribadi menggunakan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa" berikut iniadalah kriteria evaluasi yg sempurna....

A.Kualitas isi, organisasi danpenyajian isi, gaya bahasa, prosedur tulisan.

B.Komposisi surat, pilihan bentuk surat,organisasi isi, bentuk tulisan, tata bahasa.

C.Ruang lingkup isi, gaya bahasa,mekanisme penulisan surat, rapikan bahasa.

D.Bentuk surat, organisasi dan penyajianisi, pilihan kata, dan tata

PEMBAHASAN PENILAIANBACA DI SINI

BACA BAHAN LENGKAPPERSIAPAN OGN DI SINI

CONTOH BEST PRACTICEBABAK FINAL OGN BACA DI SINI DAN DI SINI

CONTOH RISALAH AKADEMIK FINAL OGN BACADI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel