MENYUSUN TEKS PROSEDUR DENGAN MEMPERHATIKAN ISI STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN


Menyusun Teks Prosedur menggunakan Memperhatikan Isi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Menyusun teks mekanisme haruslahmemperhatikan isi, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Teks prosedur berisilangkah-langkah melakukan suatu kegiatan agar berjalan dan berhasil denganbaik. Struktur teks prosedur dibentuk oleh tujuan, langkah-langkah, serta penegasankembali. Sementara, kaidah teks mekanisme dibangun oleh kalimat-kalimat perintah(kata kerja imperatif). Terkadang juga konjungsi-konjungsi yang bersifatpenambahan (kronologis), penggunaan kata-kata teknis, serta yang lainnya.

Langkah-langkah penyusunan teksprosedur artinya sebagai berikut.
1. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
2. Menentukan tema aktivitas.
3. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis akbar.
4. Mensistematisasikan kerangka dengan benar serta mudah dipahami pembaca.
5. Mengumpulkan bahan-bahan.
6. Mengembangkan kerangka sebagai sebuah petunjuk yang kentara serta lengkap.
Berikut tersaji contohpengembangan teks prosedur yang dikutip berdasarkan Buku berjudul Jenis-Jenis Teks dalamMata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas/MA/Sekolah Menengah Kejuruan karya E. Kosasih.

Topik: Menjadi Pribadi yg Penuh PercayaDiri.

Kerangka teks mekanisme:
1. Menerima apa adanya
2. Mengenali kekurangan serta kelebihan diri
3. Bertanya tentang kekurangan serta kelebihan diri
4. Keyakinan pada diri sendiri
5. Selalu bersyukur
6. Bersyukur menambah kebahagiaan
7. Banyak tersenyum secara tulus
8. Senyum membawa kebahagiaan
Contoh pengembangan kerangka teks menjadi teks mekanisme.

MenjadiPribadi Penuh Pecaya Diri

Untuk sebagai langsung yg percayadiri, Anda wajib mendapat diri apa adanya. Ini sangatlah krusial karena begituAnda menerima diri Anda apa adanya, Anda merasa bahagia dengan diri Andasendiri. Artinya, Anda menerima apa pun kelebihan dan kekurangan yg melekatpada diri Anda selama ini. Tentunya, yang dimaksud dengan menerima kekurangan disinibukan sama sekali membiarkan kekurangan diri Anda begitu saja. Sebaliknya, Andaterdorong buat memperbaiki kekurangandengan sepenuh hati, tanpa putus harapan.

Langkah pertama dengan menanyakankepada diri Anda tentang hal-hal berikut dan jawablah sejujurnya.

1. Apa saja kekurangan diri sayaselama ini yang harus aku perbaiki, demi mencapai impian mulia saya?
2. Hal apakah dari diri aku yangkurang disukai orang lain atau sahabat saya?

Adapun yang dimaksud menggunakan kelebihan disiniadalah hal-hal positif diri Anda yg patut Anda syukuri serta maksimalkan. Caramengenali kelebihan diri Anda ini sangatlah mudah.

Untuk mengenali kelebihan Anda,jawablah pertanyaan berikut.

1. Hal positif apa sajakah yangteman aku sukai menurut diri aku ?
2. Apa yang saya sukai menurut dirisaya selama ini?

3. Apa yg orang lain rindukandari diri aku ?

Langkah kedua, yakinlah dalam diriAnda sendiri. Keyakinan adalah fondasi kehidupan. Sekali kita konfiden pada dirisendiri, sejak itulah kita lebih mudah melangkah pada meraih virtual.

Langkah ketiga, bersyukurlah atasapa pun yang Anda dapatkan. Bersyukur adalah bukti kebahagiaan seseorang.semakin kita pandai bersyukur, meningkat kebahagiaan yg kita

dapatkan. Dengan bersyukur, kitatelah mengakui setiap kebaikan yang kita dapatkan serta menikmati setiapkebaikan yang kita lakukan.

Langkah keempat, tersenyumlahdengan lapang dada kepada setiap orang, termasuk orang yang pernah menyakiti diriAnda. Senyum adalah doa. Setiap doa adalah kebaikan. Setiap kebaikan adalahawal dari kebahagiaan. Itulah sebabnya semakin tak jarang kita tersenyum dengantulus, semakin bahagialah diri kita. Semakin kita bahagia, semakin percayadirilah diri kita.

Selamat sebagai pribadi yang percayadiri serta penuh bahagia! (Sumber: Ainy Fauziyah dalam Kompas).

Rujukan

Kosasih, E.2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya



Suherli, dkk.2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum danPerbukuan, Balitbang, Kemendikbud.



Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum danPerbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel