MERANCANG PERNYATAAN UMUM DAN TAHAPANTAHAPAN DALAM TEKS PROSEDUR
Wednesday, May 5, 2021
Edit
Merancang Pernyataan Umum danTahapan-Tahapan pada Teks Prosedur
Teks prosedurmemiliki dua bagian utama berupa pernyataan generik serta tahapan-tahapan ataulangkah-langkah. Berikut disajikan contoh teks mekanisme dan penjelasanpernyataan umum dan tahapan-tahapan pada teks.
Contoh tekswawancara
KiatBerwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancaramerupakan kesempatan buat menggali kualifkasi calon pegawai secara lebihmendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dansifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengancalon.
Agar mudah dipahami oleh mitrabicara, kita harus berbicara menggunakan jelas. Jaga agar kita nir berbicaraterlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi agar kentara terdengar. Suara yangterlalu pelan menciptakan kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yangterlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yg baik jugamenjadi suatu keharusan.Selain itu, perhatikan benar apayang disampaikan pewawancara supaya kita dapat memerikan jawaban yg relevan.tak ada salahnya menanyakan balik atau mencoba mengulangi pertanyaan yangdiajukan buat memastikan bahwa pemahaman kita telah sahih. Tetapi, janganmelakukannya terlalu sering lantaran justru akan membuat pewawancaramempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan.gerakan nonverbal misalnya mengangguk atau perilaku tubuh yg agak condong kedepan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yg disampaikan sipewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga hubungan mata dengan pewawancara, karenakontak mata krusial dalam proses komunikasi, termasuk pada wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jikakita mampu menampilkan perilaku yg antusias secara lisan maupun nonverbal. Olehkarena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, sepertimenggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari hubungan mata. Caraberbicara yang percaya diri namun nir terkesan arogan bisa menarik minatpewawancara.
Pada ketika berbicara, hindari uraianyang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat danterfokus, namun tetap menarik. Kita diperlukan sanggup memperlihatkan bahwa kitaadalah orang yang sempurna untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuanatau pengalaman yang relevan menggunakan posisi tadi. Hindari mengkritik atasanatau rekan kerja sebelumnya lantaran ini menampakan sikap yang tidakprofessional.
Selama wawancara berlangsung,jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebihbaik sebagai diri sendiri serta berbicara dengan amanah, daripada mencobamengatakan sesuatu yg dari kita akan menciptakan pewawancara merasa terkesan.jangan melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui menggunakan memberikandata yg nir benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa datatersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita sanggup mengenali diri kitasendiri dengan tepat.
Pewawancara umumnya memberikankesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan pada akhir wawancara.gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahukita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatanpengembangan diri, serta sebagainya. Ini lumrah, karena bersikap pasif danmenyerahkan segala sesuatu pada pihak perusahaan tidak akan menambah nilaikita pada mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya pada porsiyang tepat memperlihatkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan danjuga dalam perusahaan. Di sesi ini umumnya ada juga pembicaraan mengenaigaji serta tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampumenentukan nominal gaji yang dia harapkan, karena dipercaya bisa melakukanpenilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu sajaangkanya harus logis sembari permanen membuka kesempatan buat negosiasi.
Dengan persiapan matang serta unjukdiri yang baik waktu wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untukdipertimbangan sang perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yg Baikdalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Pernyataan generik dan tahapan-tahapandalam teks prosedur “Unjuk Diri yg Baik dalam Wawancara Kerja”.
Langkah-Langkah MerancangPernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan pada Teks Prosedur
Dalam setiap aktivitas prosedurmenjadi pengingat bagi setiap orang buat mematuhi tahapan supaya kegiatan dapatdilaksanakan menggunakan sahih. Dengan mematuhi tahapan melakukan suatu kegiatanmaka kemungkinan keberhasilan melakukan aktivitas tersebut lebih akbar.
Berikut disajikan langkah-langkahmerancang pernyataan umum serta tahapan-tahapan dalam teks prosedur
1. Menentukan macam atau jenis teksprosedur yang akan dirancang
Terdapattiga kategori pembahasan pada isi suatu teks prosedur kompleks.
a.teks yg menyebutkan bagaimana sesuatu bekerja atau instruksi secara manual. Teksini berisi berisi cara-cara menggunakan indera,benda, ataupun perangkat lain yg sejenis. Misalnya, cara menggunakankomputer atau cara mengendarai mobil secara otomatis (matic).
b.teks yang menginformasikan kegiatan tertentu dengan peraturannya. Teks ini berisicara-cara melakukan suatu aktivitas. Misalnya, cara-cara melamar pekerjaan,cara membaca buku secara efektif, atau cara-cara berolahraga buat penderitasakit jantung.
c.teks prosedur yang herbi sifat atau kebiasaan insan. Teks ini berisikebiasaan-kebiasaan atau sifat-sifat eksklusif. Misalnya, cara-cara menikmatihidup atau cara-cara melepaskan kebosanan.
2. Menentukan topik teks prosedur
Pilihlahtopik yang kita kuasai dan bermanfaat buat pembaca. Dibandingkan dengantopik-topik tentang politik, aturan, dan kriminal, topik mengenai pendidikantentu lebih kita kuasai karena hampir setiap hari kita berada di lingkunganpendidikan. Topik tentang kehidupan remaja dapat pula kita pilih karena kitasendiri masih berusia remaja.
Berikut beberapa jenistopik yg berkaitan dengan dunia pendidikan serta keremajaan.
Pendidikan
Keremajaan
1. Cara belajar kelompok yang efektif
1. Tips menghindari pergaulan bebas
2. Langkah-langkah berdiskusi yang sahih
2. Kiat jitu agar disayang teman
3. Cara sehat buat menjadi sang juara
3. Langkah-langkah terbebas tawuran
4. Kiat cepat mengingat pelajaran
4. Cara sehat menurunkan berat badan
5. Tips mengintip sekolah unggulan
5. Langkah-langkah menuju remaja penuh percaya diri
3.menyusun rancangan pernyataan umum serta langkah-langkah atau tahapan-tahapan
a.tujuan adalah pengantar tentang topik yg akan dijelaskan pada teks. Padacontoh teks berjudul “menjadipribadi yg penuh percaya diri”, pendahuluan yg dimaksudberupa pengertian langsung yang penuh percaya diri dan manfaat bagi remaja dalamkehidupannya.
b.langkah-langkah berupa perincian petunjuk yg disarankan pada pembacaterkait dengan topik “menjadi langsung yang penuh percaya diri”.
Perhatikanlahkerangka karangan berikut untuk topik “menjadi langsung yg penuh percaya
diri”.
diri”.
Tujuan:Pengantar tentang topik yg akan dijelaskan pada teks. Pada contoh teksberjudul “menjadipribadi yg penuh percaya diri”, pendahuluan yang dimaksudberupa pengertian wawancara dan manfaat bagi suatu perusahaan
Pengertianpercaya diri merupakan syarat mental atau psikologis diri seorang yg memberikeyakinan bertenaga pada dirinya buat berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.
Manfaatpercaya diri adalah keliru satu aspek kepribadian yg sangat krusial dalamkehidupan insan. Orang yang percaya diri konfiden atas kemampuan mereka sendiriserta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan saat asa mereka tidakterwujud, mereka tetap berpikiran positif, bisa menerimanya, dan menganggapsemua konflik niscaya ada jalan munculnya.
Langkah-langkahatau tahapan-tahapan membuahkan diri langsung yg penuh percaya diri adalahsebagai Berikut.
1)Menerima apa adanya
2) Mengenali kekurangan serta kelebihan diri
3) Keyakinan dalam diri sendiri
4) Selalu bersyukur
2) Mengenali kekurangan serta kelebihan diri
3) Keyakinan dalam diri sendiri
4) Selalu bersyukur
5) Banyak tersenyum secara tulus
BACA JUGA POSTINGAN TERBARU PERSIAPAN UN 2018/2019
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Nomor 1: Kalimat ResensiKLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Nomor dua: PendeskripsianWatak Tokoh Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html3. Nomor tiga: Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Nomor 4: Pertarunga pada Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html5. Nomor lima: Keterkaitan isi cerpen menggunakan kehidupan sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
4. Nomor 4: Pertarunga pada Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html5. Nomor lima: Keterkaitan isi cerpen menggunakan kehidupan sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Nomor 6: Persamaan 2 teks Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Nomor 7: Ringkasan isi teks Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Nomor 8: Kalimat bermajas Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nomor 9: Nilai dalam Cerpen Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10. Nomor 10:Penilaian terhadap Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html