SOAL UN 2018/2019 DAN PEMBAHASAN MAPEL BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 5 KETERKAITAN ISI CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARIHARI
Sunday, June 6, 2021
Edit
Pembahasan
Keterkaitan isi cerpen tadi menggunakan kehidupan sehari-hari adalah Istri lebih emosional pada mengatasipermasalahan daripada suami. Sikap emosional istri dalam kutipan cerpen tadi tampak darikalimat yang diucapkan tokoh istri “Jangan mondar-mandir,Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku cita rasanya mau copot,lagipula duduk perkara ini tidakbisa menunggu, harus segera cari pinjaman karena jika hujan turun menggunakan lebattakutmya tempat tinggal ini akan rubuh.”
Pernyataan wanita lebih emosional diantaranya dapatdisimpulkan menurut kutipan Berikut:
“Pria biasanya lebih rasional dan berkepaladingin, serta wanita lebih emosional serta simpatik kepada perasaan orang lain.setidaknya, itulah predikat yg diberikan kepada pria serta wanita terkait darisisi emosionalnya. Tapi, apa ya dasar pemikiran penilaian tadi? Nah, kinisebuah studi berhasil membuktikan bahwa pengelompokan itu benar adanya.
Penelitian dilakukan sang InstitutUniversitaire en Santé Mentale de Montréal serta University of Montreal. Merekaterinspirasi dengan disparitas laki-laki dan perempuan soal kejiwaan.
"Kebiasaan perempuan yang mempunyai reaksilebih emosional menyebutkan poly hal, misalnya ketika mereka sedang menderitakarena depresi atau gangguan kecemasan terhadap pasangannya." istilah salahseorang peneliti dalam studi, Adrianna Mendrek” (//health.dtk.com/keterangan-detikhealth/d-3039048/terbukti-ternyata-wanita-emosinya-lebih-sensitif-dibandingkan-pria)
RINGKASAN MATERI
KAITAN KARYASASTRA DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Karya sastraberkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari atau kehidupan masa kini . Berkaitandengan kaitan sastra menggunakan kehidupan sehari-hari atau kehidupan saat ini dapatdijelaskan sebagai berikut.
1.Sastra merupakan penggambaran kehidupanyang dituangkan melalui media tulisan. Terdapat hubungan yg erat antarasastra serta kehidupan, lantaran fungsi sosial sastra merupakan bagaimana iamelibatkan dirinya ditengah-tengah kehidupan masyarakat (Semi, 1989:56).
Melalui sastra, pola pikir seorang atau kelompok rakyat dapatterpengaruh. Lantaran sastra adalah galat satu kebudayaan, sedangkan salahsatu unsur kebudayaan adalah sebagai sistem nilai. Oleh karenanya, pada dalamsebuah karya sastra tentu akan masih ada gambaran-gambaran yg adalah sistemnilai. Nilai-nilai yg terdapat itu kemudian dianggap sebagai kaidah yg dipercayakebenarannya, sebagai akibatnya pola pikir warga dapat terbentuk melalui karyasastra. (//achmadadieb.wordpress.com/2011/01/14/154/)
Melalui sastra, pola pikir seorang atau kelompok rakyat dapatterpengaruh. Lantaran sastra adalah galat satu kebudayaan, sedangkan salahsatu unsur kebudayaan adalah sebagai sistem nilai. Oleh karenanya, pada dalamsebuah karya sastra tentu akan masih ada gambaran-gambaran yg adalah sistemnilai. Nilai-nilai yg terdapat itu kemudian dianggap sebagai kaidah yg dipercayakebenarannya, sebagai akibatnya pola pikir warga dapat terbentuk melalui karyasastra. (//achmadadieb.wordpress.com/2011/01/14/154/)
2.Karya sastra merupakan suatu wadah buat mengungkapkangagasan, inspirasi dan pikiran menggunakan citra-citra pengalaman. Sastramenyuguhkan pengalaman batin yang dialami pengarang pada penikmat karyasastra (masyarakat). Sastra bukan hanya refleksi sosial melainkanmerespresentasikan sebuah gagasan tentang dunia yang atau gagasan atas realitassosiologis yang melampaui waktunya. Karya sastra yang baik merupakan sebuahkarya yang bisa menaruh kontribusi bagi rakyat. Hubungan sastra denganmasyarakat pendukung nilai-nilai kebudayaan nir bisa dipisahkan, karenasastra menyajikan kehidupan serta sebagian akbar terdiri atas fenomena sosial(warga ), walaupun karya sastra meniru alam dan global subjektifmanusia (Wellek serta Warren, 1990:109). Di samping itu sastra berfungsisebagai kontrol sosial yang berisi ungkapan sosial bersama problematikakehidupan warga . Hal ini diungkapkan sang Jobrahim, ed, (1994: 221) bahwasastra menampilkan citra kehidupan dan kehidupan itu sendiri merupakan suatukenyataan sosial.(//jaririndu.blogspot.com/2012/07/karya-sastra-serta-rakyat.html)
BACA JUGA:
Pembahasan Soal UN 2016/2017 tentang Menentukankaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
Pembahasan Soal UN 2016/2017 tentang Menentukankaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
BAHAN LES/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN PELAJARAN2018/2019
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak TokohKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Perseteruan dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-mapel.html
3. Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Perseteruan dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi TeksKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis pada TajukRencana Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam TajukRencana Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalamBiografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama serta KalimatPenjelas pada Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan pandangan baru pokok paragrafKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan SesuaiIsi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teksdengan Ungkapan yg Tepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html