KISIKISI SOAL DAN PEMBAHASAN PERSIAPAN UN 2018/2019 SMP/MTS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA




Berikut disajikan bahan persiapanUN 2018/2019 tingkat Sekolah Menengah pertama/MTs. Mata pelajaran bahasa Indonesia meliputikisi-kisi, soal, pembahasan, dan kompendium materi.
Kisi-kisi terdiri atas 5 ruanglingkup materi, yaitu membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas,menyunting kata, kalimat, serta paragraf, dan menyunting ejaan dan indikasi baca. 
Kisi-kisi berikut disusunberdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 serta soal UNKP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah pertama/MTs.tahun pelajaran 2017/2018
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA

1.Menentukanmakna istilah/kalimat pada teks 
2.Menentukaninformasi tersurat teks 
3.Menentukanbagian teks/Kalimat primer paragraf
4.Menentukanide pokok 
5.Menyimpulkanisi teks 
6.Menyimpulkanpendapat pro/kontra dalam teks 
7.Meringkasisi teks
8.Membandingkanpenggunaan bahasa, serta pola penyajian beberapa jenis teks 
9.Menilaikeunggulan/kelemahan teks
10.Mengomentariisi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
1.Menentukanmakna kata dalam cerpen dan fabel
2.menentukanmakna tersurat pada cerpen serta fabel
3.menentukanbagian cerpen dan fabel
4.Menyimpulkanmakna simbol pada cerpen serta fabel
5.menyimpulkanisi implisit pada cerpen/fable 
6.Menyimpulkansebab/dampak permasalahan 
7.Membandingkanpola pengembangan cerpen serta fabel
8.Membandingkanpenggunaan bahasa cerpen/fabel
9.menunjukkanbukti latar dan tabiat 
10.Mengaitkanisi dengan kehidupan saat ini
11.mengomentariunsur intrinsik karya sastra

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS

1.melengkapiistilah/istilah dalam kalimat
2.menyusunurutan kalimat aneka macam jenis teks
3.melengkapiparagraf
4.melengkapibagian teks (eksposisi, pelukisan, ulasan, dan lain-lain)
5.Memvariasikankata 
6.Memvariasikankalimat 
7.menulisdengan gambaran tertentu
8.Mengubahteks ke bentuk lain

D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DANPARAGRAF

1.menunjukkankata yg tidak sesuai kaidah
2.menunjukkankalimat yang tidak sesuai kaidah 
3.menggunakankata bentukan (mengisi istilah sinkron kaidah bentukan kata)
4.mengisikonjungsi dalam kalimat
5.Memperbaikikesalahan penggunaan istilah, kalimat, serta ketidakpaduan paragraph 
6.menentukanalasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, serta ketidakpaduan paragraf

E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA

1.Menunjukkankesalahan penggunaan ejaan
2.Menunjukkankesalahan penggunaan tanda baca
3.Menggunakanejaan
4.Menggunakantanda baca
5.Memperbaikikesalahan penggunaan ejaan
6.Memperbaikikesalahan penggunaan pertanda baca
7.Menentukanalasan kesalahan ejaan serta tanda baca


SOAL DAN PEMBAHASAN 
SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIASMP/MTs.
1. Bacalah teks Berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehatditempuh dengan majemuk upaya. Pertama, dibutuhkan upaya persuasif untukmemberikan pemahaman pada masyarakat mengenai pentingnya lingkungan yangsehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh konkret peran lingkungan sehat dalamkehidupan. Ketiga, warga perlu dilibatkan pada setiap aktivitas menjagalingkungan supaya tetap bersih dan sehat.

Maknakata persuasif pada teks tersebut merupakan…

A.meyakinkan melalui cara membujuk
B.memberi memahami menggunakan cara kekerasan
C.meyakinkan dengan memberikan ceramah
D.menaruh imbauan menuju kebaikan
2. Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKIuntuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan dimasyarakat. (dua) Kedatangan masyarakat buat bermain permainan tersebutdiharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. (tiga) Tetapi demikian, munculkekhawatiran warga akan efek negatif menurut permainan itu. 
Maksud kalimat nomor (1) pada tekstersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusiasmenyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go dapatdilakukan pada Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua rakyat sepakat denganajakan buat bermain Pokemon Go pada Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarangmasyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta. 
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam sebuah penelitian tentangminat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besarresponden lebih menyukai kitab cetak meskipun buku digital mempunyai beberapaunggulan. Selain alasan ketenangan mata dalam saat membaca, sedikitnya judulbuku dalam versi digital juga sebagai alasan responden lebih menyukai bukucetak. 
Pernyataan yg sinkron menggunakan isiteks tersebut adalah…
A. Kenyamanan mata pada membacamenjadi alasan menentukan buku digital.
B. Hanya sebagian kecil respondenmenyukai kitab digital.
C. Buku digital memiliki banyakkeunggulan daripada kitab cetak.
D. Koleksi buku digital sangatbagus sehingga disukai sang responden.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untukmenyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (dua) Masing-masing pihak memilikiperan yang berbeda-beda. (tiga) Meskipun terasa berat, seluruh bahu-membahu demiterwujudnya masyarakat sekolah yg literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minatbaca rakyat sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubunganpertentangan dalam teks tersebut ditandai menggunakan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (tiga)
D. (4)
5. Bacalah paragraph berikut!
Seseorang akan diuji dengan apayang beliau miliki. Ketika memiliki ilmu, beliau akan diuji menggunakan seberapa jauhkemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika memiliki harta, dia akan diuji dengankeikhlasannya mendistribusikan hartanya buat orang lain. Di saat mendudukijabatan, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkanwewenang yang diembannya. 
Ide utama paragraf tersebutadalah….
A. Ujian hayati seseorang
B. Kebahagiaan keluarga
C. Seorang memiliki harta
D. Tanggung jawab wewenang
6. Bacalah paragraf berikut!
(1) Terkena agresi jantung adalahpembunuh primer di global. (2) Banyak faktor yg menciptakan seorang terkenaserangan jantung. (3) Salah satu di antaranya merupakan tingginya kolesterol dalamtubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi jua sebagai galat satu menurut beberapapemicu kolesterol.
Kalimat primer paragraf tersebutditandai menggunakan angka….
A. (1)
B. (2)
C. (tiga)
4. (4)
7. Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakanaktivitas yg menyenangkan. Selain itu, bermain dapat dipakai buat melatihotak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal inidapat diibaratkan otot, kalau nir dilatih tidak akan terbentuk. Permainanmemiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan. 
Simpulan isi teks tersebut adalah….
A. Bermain tak punya kaitan dengankecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembanganperlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat mempengaruhikondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anakmenjadi bahagia semata. 

8. Bacalah teks berikut!
Karakter merupakan kunci keberhasilanindividu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungandengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dankebangsaan. Hal tersebut terwujud pada pikiran, sikap, perasaan, perkataan,serta perbuatan. Perbuatan atau konduite manusia tersebut berdasarkan norma-normaagama, aturan, rapikan karma, budaya, serta norma norma.

Pendidikan karakter penting bagipelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan pada sekolah, namun di rumahdan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter nir hanya anak usiadini hingga remaja, tetapi pula usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagipelajar lantaran berguna buat kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalianmenyadari?

Ringkasanteks tersebut adalah …

A. Kunci keberhasilan individu adalahpendidikan karakter yg diterapkan di sekolah, tempat tinggal , dan lingkungan sosial.
B. Karakter adalah kunci keberhasilanindividu yg penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja. 
C. Pendidikan karakter diterapkan disekolah, rumah, dan lingkungan sosial karena kunci keberhasilan.
D. Karakteristik adalah kuncikeberhasilan individu sebagai akibatnya pendidikan karakter penting bagi pelajar. 
9. Bacalah ke 2 teks berikut!

Teks I
Teks II
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat mendekati purna tugas. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu
Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya.

Perbedaan penggunaan bahasa padakedua teks tersebut adalah...


Teks I
Teks II
A
kata tidak baku
kata-kata baku
B
istilah asing
menggunakan ungkapan
C
bahasa resmi
bahasa sehari-hari
D
kalimat tunggal
kalimat majemuk

10. Bacalah ke 2 kutipan ceritaberikut!

Kutipan I
Kutipan II
“Cepat naik!”
“Tidak abaikan saya sendiri…!”
“Kamu jangan gila, ini tengah malam, kamu mau naik apa? Apakah engkau akan berjalan kaki hingga kos?”
Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku telah terlanjur sakit…
Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira 1/2 jam lalu dia nampak misalnya astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, serta handuk mini menjadi pakaian resminya. Jam 1/2 enam, pelanggan ojek pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran pada Pasar Legi. Hampir seluruh langganan ojeknya merupakan pedagang sayur. Sekita jam 9, Min baru nongkrong di pangkalan ojek sampai sore.

Perbedaan pola pengembangan keduakutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan….


Kutipan I
Kutipan II
A
latar cerita
aksi tokoh
B
aksi tokoh
masalah yg harus diselesaikan
C
garis besar cerita
aksi tokoh
D
aksi tokoh
garis besar cerita

11. Bacalah kutipan cerita berikut!
Nasib orang nir pernah diduga.benar kata orang bijak, jodoh, meninggal, senang serta celaka, itu misteri Tuhan.manusia hanya sanggup berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang memilih. Tetapi, bukanberarti wajib pasrah. Berusaha merupakan Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan.banyak orang yang tadinya biasa saja, datang-datang setelah sekian waktu jadi orangluar biasa. Ketua RT yang 3 tahun mengabdi itu sudah menjadi orang pentingdi perusahaan yang telah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjaditangan kanan pimpinan perusahaan itu.
Makna ungkapan tangan kanan padakutipan cerita tadi adalah….
A. Orang kesayangan
B. Orang kepercayaan
C. Orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan cerita berikut!
Di sekolah mereka, siswa-muridsedang heboh mengenai wangi bunga yg menyengat saat jamistirahat.
“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran menurut mana sih datangnyawangi melati ini.”
“Gimana bila kita cari tau darimana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha. 
Mereka berencana menyusun strategiyang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isikutipan cerita tersebut adalah ….
A. Di kelas Keisha ada bungamelati.
B. Murid-murid menyenangi wangibunga melati.
C. Murid-siswa mendiskusikan caramerawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman inginmencari sumber wangi di kelasnya.
……………


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.

2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html

12. Menentukan Pernyataan yangSesuai Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-pada-teks-biografi.html
17. Menentukan Cara Penggambaranwatak tokoh dalam cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html

22. Menentukan PerbedaanPola Pengembangan Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/menentukan-disparitas-pola-pengembangan.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah pertama/MTs.mapeL BAHASA INDONESIA KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html

SOAL DAN PEMBAHASAN PER INDIKATOR LENGKAP SOAL UN 2016/2017

  1. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks

  1. Pernyataan yg sesuai menggunakan isi teks

  1. Makna kata dalam teks

  1. Ide utama paragraf

  1. Kalimat primer paragraf

  1. Simpulan paragraf

  1. Kalimat persetujuan pada teks

  1. Kalimat hubungan karena akibat

  1. Kalimat yg memberitahuakn (bukti) watak tokoh cerita

  1. Konflik dalam cerita

  1. Amanat cerita

  1. Kalimat yg tidak padu pada teks

  1. Peristiwa yg tergambar pada teks

  1. Teks laporan

  1. Urutan kalimat teks sastra

  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain

  1. Perbaikan penulisan ejaan

  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)

  1. Ringkasan teks

  1. Tokoh primer cerita

  1. Konflik, penyebab konflik, serta dampak konflik

  1. Amanat implisit dan tersurat dalam cerita

  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku

  1. Struktur teks resensi

  1. Pendapat pro serta kontra

  1. Jenis-jenis teks prosedur 

  1. Melengkapi teks prosedur

  1. Menyunting teks prosedur

  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi

  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi 

  1. Fakta dan opini pada teks biografi

  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel

  1. Membandingkan penggunaan bahasa 2 teks fabel

  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama

  1. Cara memvariasikan kalimat

  1. Pemakaian tanda titik dua (:) serta koma (,) 

  1. Makna simbol dalam cerpen

  1. Menentukan bagian alur cerpen

  1. Syarat-syarat paragraf yg baik 

  1. Melengkapi kalimat dengan kata yang sempurna 

  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

42.Menentukanmakna kata/istilah dalam kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung 

  1. Kalimat tidak efektif

  1. Alasan penggunaan istilah yg salah

  1. Penulisan alfabet kapital

  1. Penggunaan ejaan yg nir tepat

  1. Kesalahan penggunaan pertanda baca

  1. Penggunaan ejaan yang tepat

  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel