PERSIAPAN UN 2019 SMA/MA KISIKISI SOAL PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA PROGRAM IPA/IPS


Berikut tersaji kisi-kisi, soal, serta pembahasan buat persiapan UN tahun pelajaran 2018/2019
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA yang terdiri atas lima ruang lingkup materi, yaitu 
membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan
menyunting ejaan dan pertanda baca.
KISI-KISI UN, SOAL, DAN PEMBAHASAN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Atas/MA
A. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA NONSATRA

2.Mengidentifikasi informasitersurat



c.Keistimewaan dan keteladanantokoh pada teks biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/09/memilih-hal-yang-bisa-diteladani.html

d.Mengidentifikasi InformasiTersurat pada Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/09/mengidentifikasi-kabar-tersurat.html




6.Menyimpulkan isi implisit dalamteks







B. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA SASTRA

1.Mengidentifikasi dan memaknai katasimbolik/majas/kias dalam karya sastra



2.Memaknai isi tersurat pada karya sastra



3.Menyimpulkan isi tersirat dalamcerpen/novel (permasalahan, sebab perseteruan, akibat perseteruan, amanat, nilai -nilai)




4.Membandingkan isi, pola penyajian, danbahasa karya sastra (menurut gaya, tema, unsur) Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/unsur-inrinsik-karya-sastra-cerpen.html

5.Membuktikan simpulan menggunakan data padakarya sastra (bukti tabiat, seting, nilai)



c.Kaitanisi novel menggunakan kehidupan masa sekarang Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/kaitan-isi-karya-sastra-dengan.html

6.Menilaikeunggulan/kelemahan karya sastra




C. RUANG LINGKUP MATERI: MENULIS TERBATAS




4.Melengkapi unsur teks ulasan


6.Melengkapi teks sastra (prosa,puisi, drama) Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/melengkapi-larik-pantun.html

7.Menggabungkan kalimat (mengurutkankalimat rambang) Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/mengurutkan-kalimat-acak-menjadi.html

8.Memvariasikan kalimat yang bertujuansama


D. RUANG LINGKUP MATERI: MENYUNTINGKATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF

1.Mengidentifikasi kesalahanpenggunaan kata/istilah Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/09/istilah-baku-dan-tidak-baku.html


2.Mengidentifikasi kalimat tidak padudalam paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa.html

3.Menggunakan kata bentukan (mengisisesuai kaidah bentukan istilah)





6.Menentukan alasan kesalahan berdasarkan segipilihan kata, kalimat dalam paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/alasan-kesalahan-istilah-pembahasan-soal.html

E.ruanG LINGKUP MATERI: MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA

1.Mengidentifikasi kesalahan penggunaanejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, istilah tugas) Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/penulisan-judul-yg-benar.html


3.Menggunakan ejaan



5.Menentukan alasan kesalahan berdasarkan segiejaan dan indikasi baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/kapan-tanda-koma-dipakai-dan-kapan.html

SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN

BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Atas/MA IPA/IPS



1.Cermatilah kutipan novel berikut ini!
Belajar apaan?”Sam memandang Ali menggunakan pertanyaan.
“Belajarberbakti. Belajar berbakti kepada orang yang telahmembesarkanku.”
“God wil angryif you not it, is’t it?”
Ali berdehemseraya tersenyum lebar, namun tampak seperti menunda galak tawa.” Ini mah kewajiban yang bisa dilakukan nanti.”
And God will give you a heaven ifyou do it?”
“berbaktikepada orangtua mutlak harus dilakukan, Sam. Jasa orangtua tidak terbalaskansampai kapan pun.”

Kalimat resensiberupa kelemahan sinkron dengan kutipan novel tadi adalah . . .
A.Novel ini sebagian menggunakan bahasa asing sebagai akibatnya sulit memahamiisi cerita .
B.Novel ini tidak disukai sang pembaca lantaran banyak menggunakanbahasa asing.
C.Pengarang samar-samar mendeskripsikan watak tokoh sebagai akibatnya sulitdipahami.
D.Pembaca novel tidak tertarik membaca novel berbahasa canmpuran.
E.Novel ini tidak mendeskripsikan persahabatan 2 remaja.

Cermati kutipanberikut untuk menjawab soalnomor 2 dan 3!
Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga agarorang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisamengatur famili. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutikhanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan-kesalahan yang dibuat suaminya. Tapi dia nir lihai membacakesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat diakagumi serta terlalu seringkali membuat perkara itu.

2.Pendeskripsian tabiat tokoh nenek yg keras ketua dalamkutipan tadi diungkapkan melalui . . .
A.situasi kurang lebih tokoh
B.gambaran fisik tokoh
C.tingkah laris tokoh
D.ungkapan tokoh lain
E.uraian pengarang

3.Pembuktian latar suasanatidaknyaman dalam kutipan tersebut merupakan . . .
A.Nenek selalumempermasalahkan suaminya.
B.Nenek selalumenjaga wibawanya.
C.Nenek tidakbisa mengatur keluarga.
D.Cucu neneksering menciptakan perkara.
E.Suami nenek nir berkutik menggunakan batuk mini .
Cermati kutipancepen berikut untuk menjawab soal nomor 4 serta lima!Satu jamberlalu, kami terdiam serta terhanyut pada angan masing-masing. Persoalan yangkami hadapi saat ini benar-sahih pada luar bataskemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuanhamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, permanen ngotot serta monoton mendesakku.kami masih permanen terdiam, aku berdiri dan berjalan kesana-kemari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalakurasanya mau copot,lagipula dilema ini tidak sanggup menunggu, harus segera cari pinjamankarena kalau hujan turun menggunakan lebat takutmya tempat tinggal ini akan rubuh.”
4.Konflik dalam kutipan cerpen tadi adalah . . .
A.saling ngotottidak mau mengalah
B.istri tidaksabar
C.sulit mencarijalan keluar
D.butuh pinjamanuang
E.suami menyerahkepada keadaan

5.Keterkaitan isi cerpen menggunakan kehidupan sehari-hari merupakan . . .
A.Suami biasanyatidak peduli menggunakan masalah rumah tangga.
B.Seorang istrimenuntut suami buat mencari penghasilan tambahan.
C.Istri lebihemosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D.Perlu pinjamandana yang akbar untuk memperbaiki tempat tinggal .
E.Selalu terdapat jalan bila kita berusaha buat memperbaiki rumah yangrubuh.
Cermati teks berikut buat menjawab soal nomor 6 serta 7!Teks 1 Seorang kakek hayati serumah bersama anak,menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam beserta. Sikakek yg sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan matarabunnya menciptakan kakek susah menyantap makanan. Sendok serta garpu kerapjatuh. Saatsi kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya sebagai gusar. Suami-istri itu lalu menempatkan sebuah mejakecil di sudut ruangan, tempat oleh kakek makan sendirian. Mereka memberikanmangkuk melamin yg nir mudah pecah. Saat famili sibuk dengan piringmasing-masing, acapkali terdengar ratapkesedihan darisudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtu mengomel agar si kakektak menghamburkan kuliner lagi.
       Sang cucu yang berusia 6tahun mengamati seluruh peristiwa pada dalam diam.
        Suatu hari si ayahmemerhatikan anaknya sedang menciptakan replika mainan kayu.“Sedang apa, Sayang?” tanya ayah padaanaknya. “Aku sedang membuat meja buat ayah dan bunda. Persiapan buat ayah danibu apabila saya besar nanti.” Ayah anak mini itu pribadi terdiam.ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makandi meja yg sama. Tak kan terdapat lagi omelan ketika piring jatuh, makan tumpah,atau taplak kuah.
       Teks2
        Dikantin sebuah universitas, Udin dan Tono, 2 orang mahasiswa sedangberbincang-bincang.
       “Saya heran dalam dosen ilmu politik, bila ngajar selalu duduk, nir pernah mau berdiri,” istilah Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawabpertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa kasus yang dibicarakan Tono itu tidak krusial.tetapi, Tono permanen meminta agarUdin mau mengira teka-tekinya.“Barangkali saja, beliau capek ataukakinya tidak kuat berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata jawaban Udinmasih jua keliru. Menurut Tono, dosen yang jua pejabat itu tidak bersediaberdiri karena takut kursinya diambil orang lain.” Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadi dosen danpejabat.
       “Ya, kalau beliau berdiri, takut kursinyadiduduki orang lain.” tutur Tono.
6.Persamaan ke 2 teks cerita tersebut merupakan . . .
A.menggunakansudut pandang orang ketiga
B.menguraikanwatak tokoh kakek dan dosen yg lugu
C.konflik tentangmasa depan tokoh kakek serta dosen
D.latar cerita dirumah tokoh utama
E.tema cerita tentang kesabaran tokoh
7.Ringkasan isi cerita padateks dua merupakan. . .
A.Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orangmahasiswa sedang berbincang-berbincang.
B.Mendengar pertanyaan Tono, Udin menanyakan apa hubunganantara menjadi dosen, bila beliau tidak mauberdiri saat mengajar.
C.Teka-teki Tono tentang dosen Udin yg enggan berdiri jikalau sedangmengajar pada kelas Tono.
D.Udin mengira teka-teki Tono, bahwa dosennya barangkali saja capekatau kakinya tidak bertenaga berdiri.
E.Tono meminta agar Udin mengira teka-tekinya mengenai sebab dosenilmu politiknya yang bila mengajar selalu duduk.

Cermati kutipancerpen berikut buat menjawab soal nomor8 serta 9!(1) Matahari sedangmencium lembah-lembah gunung saat saya terbangun di pagi itu. (dua) Akuterpaku menikmati pemandangan desa yg benar-benar dagi, takkan kutemukan seluruh ini di hiruk pikuknya kota. (tiga)penduduk desa yg masih bersahaja, saling senyumdan bertegur sapa. (4) Mereka beserta-sama turun ke sungai. (lima) Sungaiyang airnya masih jernih, jauh berdasarkan ternoda. 
9.Nilai sosial dalam kutipan cerpen tadi adalah . . .
A.Pemandangan alam desa yg sangat latif di pagi hari.
B.Pegunungan yang masih diselimuti awan.
C.Kehidupan desa yangbersahaja dengan penduduknya yg ramah.
D.Sungai-sungaidi desa yg masih jauh dari pencemaran.
E.Hiruk pikuk kota yg nir ditemukan pada desa. 
10.Cermati teksberikut!
Manchester kayaakan museum. Salah satunya merupakan Imperial War Museum North yg berhasil mengalahkan dayatarik Museum London menggunakan dukungan teknologi interaktifnya.sementara itu, Manchester Art Galleryyang baru-baru ini mengalami pemugaran dan perluasan hampir 2 kali lipat luassebelumnya, dikenal dengan karya-karya seni Pra-Raphaclite, seni dekoratifseperti kaca, perkakas logam, porselen, perak, dan perabot lainnya. Hal terbaruyang membuat fenomena museum pada Manchester makin kuat merupakan dibukanya MuseumSepak bola Nasional. Bangunan kaca segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepakbola hingga Piala Dunia yg ditandatangani serta memorabilia lainnya. Tapikeunggulan utamanya merupakan dalam mengungkapkan sejarah sepak bola serta pentingnyasepak bola di mata penggemarnya.

Penilaian terhadap isi teks tersebut merupakan . . .
A.Manchesteradalah sebuah kota yang dipenuhi dengan museum yg memiliki sejarah bertarafinternasional menurut banyak sekali bidang.
B.Manchestermemang populer dengan aspek sepak bolanya yang dipelopori oleh kesebelasanterkenal Manchester United.
C.Meskipunnamanya Museum Sepak Bola Nasional, namun isinya merupakan sejarah sepak bola dankesebelasan sepak bola sedunia.
D.Perluasan serta pemugaranmuseum menjadi sarana pengetahuan mutlak diperlukan jika sebuah negara ingindiakui negara lain.
E.Kecuali museum seni dan museumolahraga, Manchester juga mempunyai museum perang yg sangatlengkap melebihi museum pada London.
Cermati kutipan tajuk rencana untukmenjawab soal nomor 11 dan 12!
Harga BBM resmi dinaikkan sebanyak dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2014.kenaikan BBM ini memicu reaksi menurut poly pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhiseluruh harga yg terdapat pada masyarakat, mulaidari harga sembako sampai tarif angkutan umum. Bukanhanya para bunda rumah tangga yg merasakan efek kenaikan BBM tersebut, pedaganghingga para pelajar pun merasakan impak berdasarkan kenaikannya. Ibu rumah tangga kiniharus pandai -pintar mengatur keuangan famili supaya tetap cukup hingga akhirbulan dengan syarat harga yg semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yangmenggunakan tunggangan pribadi juga yang memakai angkutan umum buat kesekolah, wajib mulai mengirit uang jajan mereka.
Kenaikan BBM memang telah tersebar luas. Hal tersebut membuatmasyarakat sebagai resah dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan hargasembako. Saat BBM naik, aksi protes dari mahasiswa pun tidak bisa ditahan lagi.
11.Opini penulis pada kutipan tajuk planning tersebutadalah . . .
A.Kenaikan BBMmemicu keresahan banyak pihak.
B.Ibu tempat tinggal tangga yg mencicipi dampak kenaikanBBM.
C.Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah.
D.Aksi protesdari mahasiswa pun tak bisa ditahan lagi.
E.Kenaikan BBM mesti disadari demi kesejahterahan rakyat.

12.Keberpihakanpenulis dalam kutipan tajuk rencana tadi pada . . .
A.ibu rumahtangga
B.pelajar.
C.pemerintah.
D.masyarakat.
E.pedagang.

13.Cermati kutipanbiografi!
Januari 1935,Hatta serta kawan-kawannya datang di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Desember1935, Capt Wiarda, pengganti van Langen, memberitahukan bahwa tempatpengasingan Hatta dan Sjahrir dipindah ke Bandaneira. Januari 1936 keduanyaberangkat ke Bandaneira. Mereka bertemu Dr. Tjipto Mangunkusumo dan Mr. IwaKusumasumantri. Di Bandaneira, Hatta serta Sjahrir dapat bergaul bebas denganpenduduk setempat serta memberi pelajaran kepada anak-anak setempat pada bidangsejarah, tata buku, politik, dan lain-lain.

Hal yang dapatditeladani berdasarkan tokoh Hatta dalam kutipan tersebut merupakan . . .
A.Bersamakawan-kawannya pulang ke Tanah Merah.
B.Pindah dari Boven ke Bandaneira Januari 1936.
C.Bertemu Dr. Tjipto Mangkunkusumo di Bandaneira.
D.Bergaul bebasbersama penduduk di manapun berada.
E.Memberi pelajaran pada anak-anak pada Bandaneira.

14.Cermatilahkalimat-kalimat berikut!
Kalimat primer:memotret insan adalah sebuah seni tertinggi pada fotografi.
Kaliamatpenjelas :
(1)Diperlukan kamera khusus yang harganya mahal lantaran kamera tersebutmempunyai ketajaman fokus yg baik.
(dua)Dalam foto jurnalis, memotret insan memerlukan saat dan sudut pemotretan yg sinkron.
(tiga)Ada waktu yg tidak mampu ditawar ketika menekan tombol rana untuk merekam ekspresi atau gestur tubuh yg khas.
(4)Ada sudut pemotretan eksklusif buat merekam insan dengansebaik-baiknya sinkron rencana pemotretan.
(lima)Memotretmanusia hendaknya memotret model yang anggun atau ganteng serta menyesuaikandengan situasi.
Kalimat penjelas yang mendukungkalimat utama terdapat pada nomor . . .A.(1), (dua), dan (tiga)B.(1), (dua), dan (4)
C.(dua), (tiga), dan (4)
                D.(dua), (tiga), dan (lima)
                 E. (tiga), (4),dan (lima)
Cermati paragrafberikut buat menjawab soal nomor 15 s.D. 17!(1) Udara yang dihirup makhluk hidupmempunyai kadar oksigen 21 persen. (dua) kadartersebutharus tetap terpelihara. (tiga) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) kalau dituliskan dalam bilangan nyata,oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menityang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (lima) meskipun bilangan itucukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.
15.Kalimat faktadalam paragraf tadi terdapat pada kalimat nomor . . .
A.(1)
B.(dua)
C.(tiga)
D.(4)
E.(lima)

16.Tujuan penulisan paragraf tadi merupakan . ..
A.Mengimbau agarperindurtrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen.
B.Menggambarkan betapa akbar penggunaan oksigen oleh industri.
C.Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang sang perindustrian.
D.Mengingatkanperindustrian agar berhemat oksigen.
E.Menginformsikan bahwa perindustrian telah borosdalam penggunaan oksigen.

17.Kata tidakbaku paragraf tadi terdapat dalam kalimat bernomor . . .
A.(1)
B.(dua)
C.(tiga)
D.(4)
E.(lima)

18.Cermatiparagraf berikut!(1) Lagi-lagigaya hidup yang tidak sehat dituduh sebagai salah satu biang keladimenurunnya fungsi otak. (dua) kebiasaan makan makanan yang salah dapat disebut sebagai contoh. (tiga) Apalagi, maraknya makanan yang “enak-enak” berkadargula, garam, dan lemak tinggi yang dijajakan membuat kita kerap takkuasa menahan diri. (4) Hal ini dapat kita lakukan dengan pengecekan guladarah, kadar asam urat, dan tensi ke laboratorium. (lima) akibatnya, aliaran darahke otak terhambat oleh pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Kalimat tidakpadupada paragraf tadi terdapat pada kalimat nomor . . .
A.(1)
B.(dua)
C.(tiga)
D.(4)
E.(lima)

Cermatiparagraf ini dia untuk menjawab soal angka 19 serta 20!
Satuan palingutama pada sistem metrik merupakan meter. Satuan panjang ini adalah satu persepuluh juta jeda antara jarakantara Paris serta Kutub Utara. Pada abad ke-20, meter, sejalan denganpengukuran-pengukuran lainnya pada satu sistem metrik, sudah diperbaharuisehingga cukup seksama buat pengukuran ilmiah yg sangat cermat. Sekarangmeter didefinisikan pada berukuran gelombang-geolombang menurut jenis sinar lasertertentu.

19.Kata ini yang bercetak miring merujuk dalam kata . . .
A.meter
B.metrik
C.satuan
D.utama
E.sistem

20.Kalimatkesimpulan yang sesuai paragraf tersebut merupakan...
A.Selain itu,meter dipakai buat mengukur satu persepuluh jeda loka tertentu.
B.Dapat dikatakan, sistem metrik sejalan dengan pengukuran lainnyadalam satu sistem metrik.
C.Oleh karena itu, meterdigunakan sebagai satuan paling primer pada sistem metrik.
D.Jadi, metrikyang telah diperbaharui dalam abad ke-20 telah relatif seksama serta cermat.
E.Akibatnya,meter didefinisikan dalam ukuran gelombang buat jenis sinar laser eksklusif. .
Bacalah paragraf berikut buat menjawab soal nomor 21 s.D 23Pemerintahkota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasiterkait penambahan stok hingga 2 kali lipat elpiji 3 kilogram pada Juni2016. Upaya tersebut menjadi langkah antisipasi dini supaya tidakterjadi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga. SelamaRamadan sampai menjelang Lebaran diperkirakan kelangkaan elpijitidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon pada Kota Salatiga hanya2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah sebagai 4.480.
21.Ide utama paragraf tadi adalah . . .
A.kerjasamapemerintah Salatiga menggunakan Pemprov Jawa Tengah
B.upaya menggulangi kelangkaan elpiji pada Kota Salatiga
C.stok elpiji pada Kota Salatiga
D.penambahan stok elpiji per Juni 2016
E.stok elpiji melon di Kota Salatiga

22.Makna katabercetak miring dalam paragraf tadi adalah perhitungan . . .
A.tentang hal-halyang belum terjadi.
B.tentang hal-hal yang telah terjadi.
C.rata-homogen yg terjadi.
D.rata-ratasetiap bulan.
E.permintaan yg akan datang.

23.Bagaimana Kota Salatigamengantisipasi kelangkaan elpiji menjelang lebaran . . .
A.Stok elpijiditambah dua kali lipat pada Pemprov Jawa Tengah.
B.Mulai Juni 2016 stok elpiji pada Kota Salatiga akan ditambah dua kali lipat.
C.Pemesan elpiji pemerintah Salatiga ditambah dua kali lipat.
D.Pemerintahbekerja sama menggunakan pemasok.
E.Mengurangipenggunanaan elpiji pada lingkungan tempat tinggal tangga.
Cermati kutipancerpen berikut buat menjawab soal nomor 24 serta 25!Ayahmengamatiku berdasarkan atas ke bawah. Ia berdiri berdasarkan kursi loka duduknya, kemudian mengungkapkan, “Kau adalah tangan kananku,Nak! Raihlah bintang di langit sana ketika masih muda.jangan hanya genjrang-genjring di sepanjang hari, heh?”
       akutidak tahu mengapa kau buang waktumu menggunakan sia-sia. Ayah meraih serta merenggut gitardaritanganku. Lalu melempar gitarku kegudang perkakas lainnya.
24.Makna istilah bintangpada kutipan tersebut merupakan melambangkan . . .
A.bekerja sangatkeras
B.cita-cita yang tinggi
C.kesuksesan belajar
D.kemuliaantujuan
E.keindahan hidup
25.Maksud kelompok istilah tangan tangan dalam kutipan tadi merupakan .. .
A.orangkepercayaan
B.tangan sebelah kanan
C.pembawa bahagia
D.seorangpenyelamat
E.tangan yangkuat


PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Atas/MA NOMOR 1-50

Sebagai persiapan menghadapi UjianNasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun2017/2018 angka 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soaltersebut dapat dibaca pada tautan-tautan menjadi berikut. Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/pembahasan-lengkap-soal-un-tahun.html



Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018


5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html









14. Kalimat Utama serta KalimatPenjelas dalam Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html









23. Jawaban berdasarkan PertanyaanSesuai Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html















38. Kalimat Argumen untukMendukung Kalimat Pendapat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html





43. Memperbaiki Penulian KataSerapan yang Tidak Tepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html





48. Perbaikan Kalimat TidakEfektif dan Alasan Perbaikan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html

49. Mengurutkan Kalimat AcakMenjadi Paragraf Padu Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel