SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER / PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2019
Thursday, July 29, 2021
Edit
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIANAKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII:KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/terali-soal-penilaian-akhir-semester.html
2. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/terali-penilaian-akhir-semester-1.html
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-soal-evaluasi-akhir-semester_6.html
4. Soal Kelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html
5. Soal Kelas XI Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/soal-soal-persiapan-penilaian-akhir.html
6. Soal Kelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-evaluasi-akhir-semester_21.html
7. Pembahasan/Ringkasan MateriKelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-pembelajaran-bahasa.html
8. Pembahasan/Ringkasan MateriKelas XI Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/kompendium-materi-persiapan-penilaian.html
9. Pembahasan/Ringkasan MateriKelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/kompendium-materi-pembelajaran-bahasa_14.html
SOAL PENILAIANTENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIAKELAS XII
A.kisi-KISI SOAL
KOMPETENSI DASARDAN INDIKATOR
TEKSCERITA/NOVEL SEJARAH
KD tiga.3Mengidentifikasi kabar, yg meliputi orientasi, rangkaian peristiwa yangsaling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah verbal atautulis
Indikator: Disajikanilustrasi tentang teks cerita sejarah, siswa sanggup menjelaskan strukturteks cerita sejarah dengan tepat
KD tiga.4Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
Indikator: Disajikanteks cerita sejarah, siswa sanggup menganalisis kebahasaan teks ceritasejarah meliputi adjektiva, istilah kerja tindakan,kalimat langsung, serta kalimat bermakna lampaudengan sempurna.
SURAT LAMARANPEKERJAAN
KD tiga.1Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
Indikator: Disajikanilustrasi mengenai surat Lamaran pekerjaan, peserta didik sanggup menjelaskansistematika surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
KD 3.2Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Indikator: Disajikanbagian teks surat lamaran pekerjaan yangpenulisannya salah , peserta didik bisa memperbaikinya dengan tepat.
KD 4.2 Menyusunsurat lamaran pekerjaan menggunakan memerhatikan isi, sistematika serta kebahasaan
Indikator: Disajikaniklan lowongan pekerjaan, siswa sanggup menyusun surat lamaran pekerjaansesuai menggunakan iklan lowongan pekerjaan dengan tepat.
UNDUH FILE KISI-KISISOAL KLIK //drive.google.com/open?Id=1ntuA9M3zRtjYgeHamE9LzXCrSzurPQOx
B. SOAL PTS BAHASA INDONESIA KELAS XII
1. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak sama dengan jenis teks yang lain. Jelaskan strukturteks cerita/novel sejarah!
2. Cermatilah kutipanteks cerita sejarah berikut!
Pendeknya, semua senopati serta pembesar yg ketika itumenghadap oleh prabu serta mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, seluruh terkejutdan sebagian marah sekali, namun mereka nir berani mencampuri lantaran merekamenghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkantersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setiakepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkatkakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah adalah tindakan ngawurbelaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yg telah dipertimbangkanmasak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman serta kakangsenopati serta semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakanbahwa pengangkatan itu tidak tepat serta tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnyayang misalnya kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu lantaran desakanamarah, Ronggo Lawe mengungkapkan lantang, “ Tentu saja tidak sempurna! Paduka sendiritahu si Nambi itu! Paduka tentu masih jangan lupa akan segala sepak terjang dantindak-tanduknya dahulu! Dia seorang kurang pandai, lemah, rendah budi, penakut, samasekali tidak memuliki wibawa…”(Novel Sejarah Kemelut pada Majapahit karya S.H.mintardja)
Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarahtersebut mencakup istilah-kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, serta kalimatbermakna lampau.
3. Surat lamaranpekerjaan memiliki sistematika standar. Jelaskan sistematika surat lamaranpekerjaan!4. Perbaikilahpenulisan bagian surat lamaran pekerjaan berikut sesuai dengan kaidah bahasaIndonesia yang sahih.
a. Bandung, 20Sept. 2018
b. Kepada Yth. Kepalakepegawaian
PT tak pernah mati jaya
Jalan kencana indahnomor 20, jakarta
c. Nama : Endah mustaqimah
Tempat/tanggallahir : Sukoharjo, 4-tiga- 1995
Alamat : Jalan Karanglonomor 20, sukoharjo
d. Atasperhatiannya, diucapkan banyak terimakasih.
5. Tulislahsurat lamaran pekerjaan dari iklan berikut
LowonganKerja PT Utama Jaya
PT Utama Jaya membutuhkanprofesional handal serta inovatif untuk mengisi jabatan:
Manajer Pemasaran
Kualifikasi:
Pria/Wanita
Pendidikan Minimal S1 segala bidang
Menguasai Komputer (Ms Office)
Mempunyai pengalaman kerja min. 4 Tahun sebagai bidang pemasaran
PT Utama Jaya membutuhkanprofesional handal serta inovatif untuk mengisi jabatan:
Manajer Pemasaran
Kualifikasi:
Pria/Wanita
Pendidikan Minimal S1 segala bidang
Menguasai Komputer (Ms Office)
Mempunyai pengalaman kerja min. 4 Tahun sebagai bidang pemasaran
Komunikatif,sanggup bernegosiasi dan menciptakan tim kerja
Kirimkan Surat lamaran, CV dan pas Photo modern ke alamat:
HRD PT Utama Jaya
Kirimkan Surat lamaran, CV dan pas Photo modern ke alamat:
HRD PT Utama Jaya
Jalan Tentara Pelajar, 06 Boyolali telepon 0276 322534
Sumber: HarianSuara Jaya, 11 September 2018
SOAL PENILAIANTENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIAKELAS XII
1. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak sama dengan jenis teks yang lain. Jelaskan strukturteks cerita/novel sejarah!
2. Cermatilah kutipanteks cerita sejarah berikut!
Pendeknya, semua senopati serta pembesar yg ketika itumenghadap oleh prabu serta mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, seluruh terkejutdan sebagian marah sekali, namun mereka nir berani mencampuri lantaran merekamenghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkantersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setiakepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkatkakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah adalah tindakan ngawurbelaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yg telah dipertimbangkanmasak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman serta kakangsenopati serta semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakanbahwa pengangkatan itu tidak tepat serta tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnyayang misalnya kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu lantaran desakanamarah, Ronggo Lawe mengungkapkan lantang, “ Tentu saja tidak sempurna! Paduka sendiritahu si Nambi itu! Paduka tentu masih jangan lupa akan segala sepak terjang dantindak-tanduknya dahulu! Dia seorang kurang pandai, lemah, rendah budi, penakut, samasekali tidak memuliki wibawa…”(Novel Sejarah Kemelut pada Majapahit karya S.H.mintardja)
Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarahtersebut mencakup istilah-kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, serta kalimatbermakna lampau.
3. Surat lamaranpekerjaan memiliki sistematika standar. Jelaskan sistematika surat lamaranpekerjaan!
4. Perbaikilahpenulisan bagian surat lamaran pekerjaan berikut sesuai dengan kaidah bahasaIndonesia yang sahih.
a. Jakarta,25-1-2010
b. Kepada Yth.direktur personalia
PT jaya mandiri
Jalan kencanawungu Nomor 10,jakarta
c. Nama : rakasinatria
Tempat/tanggallahir : Cirebon, 25-7- 1985
Alamat :Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta
d. Atasperhatiannya, aku ucapkan poly terimakasih.
5. Tulislahsurat lamaran pekerjaan dari iklan berikut
LowonganKerja PT Mortar Utama
PT Mortar Utama Merupakan market leader dalam industri Semen Instan, membutuhkanprofesional handal serta inovatif buat mengisi jabatan:
Retail Sales Asst. Manager. Sumatera Bag. Utara
Kualifikasi:
Pria/Wanita
Pendidikan Minimal S1 segala bidang
Menguasai Komputer (Ms Office)
Mempunyai pengalaman kerja min. 4 Tahun menjadi Supervisor di bidang SalesConsumer Goods/Material Buildings
Komunikatif, mampu bernegosiasi serta membangun tim kerja
Penempatan Medan.
Kirimkan Surat lamaran, CV dan pas Photo modern ke alamat:
HRD PT Cipta Mortar Utama
Menara Sudirman Lt. 11
Jl. Jend. Sudirman Kav. 60 – Jakarta
PT Mortar Utama Merupakan market leader dalam industri Semen Instan, membutuhkanprofesional handal serta inovatif buat mengisi jabatan:
Retail Sales Asst. Manager. Sumatera Bag. Utara
Kualifikasi:
Pria/Wanita
Pendidikan Minimal S1 segala bidang
Menguasai Komputer (Ms Office)
Mempunyai pengalaman kerja min. 4 Tahun menjadi Supervisor di bidang SalesConsumer Goods/Material Buildings
Komunikatif, mampu bernegosiasi serta membangun tim kerja
Penempatan Medan.
Kirimkan Surat lamaran, CV dan pas Photo modern ke alamat:
HRD PT Cipta Mortar Utama
Menara Sudirman Lt. 11
Jl. Jend. Sudirman Kav. 60 – Jakarta
Sumber:Republika, 24 September 2018
KUNCIJAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIANTENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MataPelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: XII/1
Kurikulum: 2013
Guru Mapel:Muh Zuhri, S.pd., M.pd.
1.struktur teks cerita sejarah
SrukturTeks Cerita/Novel Sejarah
a.pengenalan situasi cerita (ekspostion, orientasi)
Dalambagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat maupunperistiwa. Selain itu, orientasi pula bisa tersaji menggunakan mengenalkan paratokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.
b.pengungkapan peristiwa
Dalambagian ini tersaji peristiwa awal yg menimbulkan banyak sekali perkara,pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.
c.menuju pertarungan (rising action)
Terjadipeningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagaisituasi yg menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh
d.puncak pertarungan (turning point, komplikasi)
Bagianini disebut juga sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yg paling akbar danmendebarkan. Pada bagian ini juga, ditentukannya perubahan nasib beberapatokohnya. Misalnya, apakah beliau kemudian berhasil menuntaskan masalahnya ataugagal.
e.penyelesaian (Evaluasi, resolusi)
Sebagaiakhir cerita, pada bagian ini berisi penerangan ataupun penilaian mengenai sikapataupun nasib-nasib yg dialami tokohnya sehabis mengalami insiden puncakitu. Pada bagian ini pun acapkali jua dinyatakan wujud akhir dari kondisiataupun nasib akhir yang dialami tokoh Utama.
f.koda
Bagianini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagaipenutup. Komentar yg dimaksud bisa disampaikan langsung sang pengarang ataudengan mewakilkannya dalam seseorang tokoh.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menyebutkan struktur teks cerita sejarah mencakup orientasi, insiden, menuju perseteruan, klimaks, resolusi, koda dengan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menyebutkan struktur teks cerita sejarah mencakup orientasi, insiden, menuju perseteruan, klimaks, resolusi, koda dengan tepat.
3
3
Peserta didik menyebutkan struktur teks cerita sejarah mencakup orientasi, insiden, menuju perseteruan, klimaks, resolusi, koda dengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menyebutkan struktur teks cerita sejarah mencakup orientasi, insiden, menuju perseteruan, klimaks, resolusi, koda dengan tidak sempurna.
1
Total Skor
2. Analisis Kebahasaan teks ceritasejarah
kebahasaan teks cerita sejarahmeliputi kata sifat, istilah kerja tindakan,kalimat pribadi, serta kalimat bermakna lampau
a. Kata sifat: kurang pandai, lemah, rendahbudi, penakut, dan sebagainya.
b. Istilah kerja tindakan: memandang,berkata, menghadap, serta sebagainya.
c. Kalimat eksklusif: Sang PrabuKertarajasa mengungkapkan halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakangNambi menjadi patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka….”
d. Kalimat bermakna lampau:“…tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlahmerupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yg telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkanpersetujuan berdasarkan semua paman serta kakang senopati serta seluruh pembantuku….”
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, istilah kerja tindakan, kalimat eksklusif, serta kalimat bermakna lampau menggunakan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, istilah kerja tindakan, kalimat eksklusif, serta kalimat bermakna lampau menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisiskebahasaan teks cerita sejarah mencakup kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, serta kalimat bermakna lampau menggunakan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, istilah kerja tindakan, kalimat eksklusif, serta kalimat bermakna lampau menggunakan tidak sempurna.
1
Total Skor
3. Sistematika surat lamaranpekerjaan
Isi serta sistematika surat lamaran pekerjaanmeliputi tempat serta lepas pembuatan surat, lampiran dan ihwal, alamatsurat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, epilog, tanda tangan, dan namaterang. Isi surat terdiri atas unsur nama, loka serta lepas lahir,pendidikan, alamat, dan beberapa hal yg dilampirkan. Hal-hal penting yangdilampirkan antara lain daftar riwayat hayati, fotokopi ijazah terakhir,sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto.kadang-kadang instansi/forum juga meminta persyaratan lain, seperti suratketerangan pengalaman kerja, surat liputan berbadan sehat, dan surat izinorang tua.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik mengungkapkan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi loka serta tanggal pembuatan surat, lampiran serta wacana, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, epilog, indikasi tangan, serta nama terang.dengan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik mengungkapkan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi loka serta tanggal pembuatan surat, lampiran serta wacana, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, epilog, indikasi tangan, serta nama terang.dengan tepat.
3
3
Peserta didik menyebutkan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi loka serta tanggal pembuatan surat, lampiran serta wacana, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, pertanda tangan, serta nama terang.tepat.
2
4
Peserta didik mengungkapkan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi loka serta tanggal pembuatan surat, lampiran serta wacana, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, epilog, indikasi tangan, serta nama terang.dengan tidak sempurna.
1
Total Skor
4. Memperbaiki kebahasaan/penulisanbagian surat lamaran pekerjaan
No
Penulisan yang galat
Penulisan yg benar
1
Jakarta, 25-1-2010
Jakarta, 25 Januari 2015
2
Kepada Yth. Direktur personalia
PT jaya mandiri
Jalan kencana wungu Nomor 10, jakarta
Yth. Direktur Personalia
PT Jaya Mandiri
Jalan Kencana Wungu 10, Jakarta
3
Nama : raka sinatria
Tempat/lepas lahir : Cirebon, 25-7- 1985
Alamat : Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta
nama : Raka Sinatria
tempat, tanggal lahir : Cirebon, 25 Juli 1985
alamat : Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta
4
Atas perhatiannya, aku ucapkan poly terima kasih.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima kasih.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik mampu memperbaiki penulisan empat bagian surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
4
2
Peserta didik bisa memperbaiki penulisan tiga bagian surat lamaran pekerjaan menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik bisa memperbaiki penulisan dua bagian surat lamaran pekerjaan menggunakan tepat.
2
4
Peserta didik sanggup memperbaiki penulisan satu bagian surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
1
Total Skor
5.contoh surat lamaran pekerjaan
Boyolali,25 September 2018
Hal : Lamaran pekerjaan
Lampiran : Enam berkas
Yth Kepala bagian personalia
PTCipta Mortar Utama
JalanJenderal Sudirman Kav. 60, Jakarta
diJakarta
Denganhormat,
Berdasarkaniklan yg dimuat pada harian Republika, 24 September 2018 yg isinya menyatakanbahwa perusahaan PT Cipta Mortar Utama membutuhkan karyawan pada bidang RetailSales Asst. Manager. Sumatera Bag. Utara maka aku yang bertanda tangandi bawah ini :
nama : Muhammad Syaifudin, S.E.
tempattanggal lahir : Boyolali, 20Agustus 1993
alamat : Jalan Tentara Pelajar 06, Boyolali
pendidikanterakhir : S1 Manajemen Ekonomi
Status : Belum kawin
NomorHP : 081326446361
Bermaksudmengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yg Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahanpertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan:
- Daftar riwayat hidup;
- Fotokopi KTP yg masih berlaku;
- Fotokopy Ijazah pendidikan terakhir;
- Fotokopi SKCK menurut kepolisian;
- Fotokopi surat pengalaman kerja;
- Posfoto terbaru.
Demikiansurat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerjadi PT Cipta Mortar Utama. Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima kasih.
Hormat aku ,
Muhammad Syaifudin,S.E.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaansangat sesuai menggunakan isi,sistematika, dan kebahasaan.
4
2
Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan sesuai menggunakan isi,sistematika, serta kebahasaan.
3
3
Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan kurang sesuai menggunakan isi,sistematika, serta kebahasaan.
2
4
Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan tidak sesuai menggunakan isi,sistematika, serta kebahasaan.
1
Total Skor
NilaiAkhir : (skor angka 1+ 2+3+4+lima ) X 5
Nilaimaksimal : 20 X 5 = 100
PEMBAHASAN SOAL
1. MATERI PEMBELAJARAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-surat-lamaran.html
2. MATERI PEMBELAJARAN TEKS CERITA/NOVEL SEJARAH KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/materi-pembelajaran-teks-cerita-sejarah.html
BACA JUGA
BACA JUGA
KISI-KISI DAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 TAHUNPELAJARAN 2018/2019
BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Atas/MA KELAS X, XI, XII KURIKULUM 2013
1. KISI-KISI DAN SOAL PTS KELAS X KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/contoh-soal-penilaian-tengah-semester-1.html
2. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/soal-utspts-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XII KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/soal-ulangan-tengah-semester-penilaian.html
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIANAKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII:KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/terali-soal-penilaian-akhir-semester.html
2. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/terali-penilaian-akhir-semester-1.html
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-soal-evaluasi-akhir-semester_6.html
4. Soal Kelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html
5. Soal Kelas XI Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/soal-soal-persiapan-penilaian-akhir.html
6. Soal Kelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-evaluasi-akhir-semester_21.html
7. Pembahasan/Ringkasan MateriKelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-pembelajaran-bahasa.html
8. Pembahasan/Ringkasan MateriKelas XI Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/kompendium-materi-persiapan-penilaian.html
9. Pembahasan/Ringkasan MateriKelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/kompendium-materi-pembelajaran-bahasa_14.html
BAHAN LES/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN PELAJARAN2018/2019
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak TokohKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Perseteruan dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Perseteruan dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi TeksKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis pada TajukRencana Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam TajukRencana Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalamBiografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan KalimatPenjelas dalam Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan pandangan baru utama paragrafKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban berdasarkan Pertanyaan SesuaiIsi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapanyang Tepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak BakuKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan PenggunaanTanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Kata Ulang Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Menyusun Esai Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Kalimat Berimbuhan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html