SOAL UTS/PTS BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/MA KURIKULUM 2019 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIANAKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII:KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI



SOAL PENILAIANTENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIAKELAS XI


A. KISI-KISI(KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR)

1. KD 3.1Mengonstruksi liputan berupa pernyataan-pernyataan generik serta tahapan-tahapandalam teks prosedur
Indikator Disajikanilustrasi mengenai teks prosedur, peserta didik sanggup mengungkapkan struktur teksprosedur menggunakan tepat
2. KD 3.2Menganalisis struktur serta kebahasaan teks prosedur
Indikator Disajikanteks mekanisme, siswa sanggup menganalisis kebahasaan teks prosedurmeliputi istilah kerja imperatif, istilah teknis, konjungsi penambahan,kalimat/pernyataan persuasif menggunakan sempurna.
3. KD tiga.3Mengidentifikasi warta (pengetahuan dan urutan kejadian) pada teksekplanasi verbal serta tulis
Indikator Disajikanilustrasi mengenai teks eksplanasi, siswa bisa menjelaskan strukturteks eksplanasi menggunakan sempurna.
4. KD 4.4Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atau tulis dengan memerhatikanstruktur dan kebahasaan
Indikator Disajikanilustrasi peristiwa alam (banjir), peserta didik sanggup menyusun teks eksplanasibertema insiden alam (banjir) menggunakan sempurna.
5. KD tiga.4Menganalisis struktur serta kebahasaan teks eksplanasi
Indikator Disajikanilustrasi teks eksplanasi peristiwa alam (banjir), siswa mampumenganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, istilah bermaknadenotatif, istilah kerja pasif, serta konjungsi kronologis atau kausalitas dengantepat.


B. SOAL 

1. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak sama menggunakan jenis teks yang lain. Jelaskan strukturteks mekanisme!

2. Cermatilahteks berikut!
Kiat BerwawancaraKerja
Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untukmenggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya denganposisi yang ditawarkan, kebutuhan serta sifat erusahaan. Wawancara pun menjadiajang tanya jawab antara pewawancara menggunakan calon.
Agar gampang dipahami sang mitra bicara, kita harusberbicara menggunakan kentara. Jaga supaya kita tidak berbicara terlalu cepat ataulambat, atur juga bunyi agar kentara terdengar. Suara yang terlalu pelan membuatkita terlihat kurang percaya diri, ad interim suara yg terlalu keras membuatkita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga sebagai suatukeharusan. 
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikanpewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yg relevan. Tak terdapat salahnya menanyakankembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yg diajukan untuk memastikan bahwapemahaman kita sudah sahih. Tetapi, jangan melakukannya terlalu seringkali karenajustru akan menciptakan pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakannonverbal misalnya mengangguk atau perilaku tubuh yang relatif condong ke depanmenunjukkan bahwa kita tertarik dalam apa yang disampaikan si pewawancaraa.pastikan juga kita menjaga hubungan mata dengan pewawancara, lantaran hubungan mata pentingdalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja. 
Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampumenampilkan sikap yang antusias secara lisan maupun nonverbal. Oleh karenaitu, hindari bahasa tubuh yg bisa diartikan negatif, misalnya menggoyangkankaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara yangpercaya diri tetapi nir terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada waktu berbicara, hindari uraian yang panjang lebardan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namuntetap menarik. Kita diperlukan mampu memperlihatkan bahwa kita merupakan orang yangtepat untuk posisi yg ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau pengalaman yangrelevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerjasebelumnya lantaran ini menunjukkan perilaku yg nir professional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri.ungkapan ini mungkin terdengar klise, tetapi jauh lebih baik menjadi dirisendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengungkapkan sesuatu yangmenurut kita akan menciptakan pewawancara merasa terkesan. Jangan melebih-lebihkankualifkasi kita, apalagi mengelabui menggunakan memberikan data yg tidak benar.cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tadi hanyalahkarangan. Tunjukkan bahwa kita sanggup mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara umumnya menaruh kesempatan pada kitauntuk mengajukan pertanyaan pada akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secaraelegan menggunakan cara memberitahuakn rasa ingin tahu kita tentang lingkup dandeskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dansebagainya. Ini masuk akal, karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatukepada pihak perusahaan nir akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya pada porsi yg tepatmenunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yg ditawarkan serta jua pada perusahaan.di sesi ini umumnya ada juga pembicaraan tentang gaji dan tunjangan.pewawancara sangat menghargai kandidat yg bisa menentukan nominal gaji yangia harapkan, karena dianggap bisa melakukan evaluasi atas kemampuannya dantugas-tugas yg akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetapmembuka kesempatan buat perundingan .
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saatwawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak buat dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yg Baik pada Wawancara Kerja”pada Kompas menggunakan pengubahan).
Analisislahciri kebahasaan teks prosedur yg meliputi kata kerja imperatif, istilah teknis,konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif. 
3. Setiap teksmemiliki struktur yg tidak sinkron dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!

4. Peristiwabanjir adalah salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertemabanjir. Kembangkan tulisanmu dengan menggunakan pola karena dampak atau hubungankausalitas.

5. Analislahkebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda untuk yang meliputi istilah teknis, katabermakna denotatif, kata kerja pasif, serta kata penghubung dan kausalitas.

PEMBAHASAN MATERI
1. MATERI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-prosedur.html
2. MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/materi-pembelajaran-teks-eksplanasi.html
SOAL PENILAIANTENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIAKELAS XI

1. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak sama menggunakan jenis teks yang lain. Jelaskan strukturteks mekanisme!

2. Cermatilahteks berikut!

Cara MelakukanBelanja Online yg Aman

Belanja online merupakantren dikalangan masyarakat waktu ini. Dari orang tua sampai yang muda pernahmelakukannya, namun poly pula orang yg pernah tertipuolehoknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari kejadian tersebut, silakan ikuti prosedur berdasarkan kami ini.

Pertama, sebelummelakukan belanja online yg haruskalian miliki adalah laptop atau smartphonedan koneksi internet. Kedua, usahakan transaksi melalui website terpecaya misalnya bukalapak,tokopedia,shopee,blibli dan sebagainya. Usahakan jangan membelibarang melalui sosial media, lantaran penipu umumnya berkeliaran disana. Kecuali latar penjualan mereka bagus sepertirenan store, serta sebagainya. Kali ini sayamembahas melalui jalur shopee lantaran lebih kondusif. Di samping itu, banyak promonya.

Ketiga, masuk kehalaman website shopee.co.id ataubisa diunduh aplikasinya di app store buat perangkat apple danplay store buat perangkat android. Keempat, silahkan cari barang yang ingindibeli kemudian baca pelukisan, bila terdapat istilah-istilah ( apabila barang terdapat dikatalog serta masih sanggup pada klik beli, berarti stok barang masih ada, jikabertanya ketersediaan barang melalui fitur chat tidak akan kami balas). Kalautidak ada kata-istilah seperti itu pada pelukisan barangnya, Anda wajib menanyakanketersediaan barang serta variannya.

Kelima, kalausemuanya sudah oke, tinggal klik beli, umumnya kita bisa memasukkan kodepromo, buat rabat harga atau gratis ongkos kirim. Jika tidak ada, mampu dilewatkan. Keenam, klikcheckout, lalu masukkan alamat rumah atau tempat barang mau diantar,lalu klik lanjut. Ketujuh, silahkan isi pelukisan atau catatan kepadapenjual, umumnya saya isi dengan model atau varian agar tidak terjadi salahkirim seperti salah warna atau salah variannya.

Kedelapan, pilihlahkurir atau jasa pengirimannya. Kalau estimasi ketika berdasarkan Jakarta ke solosekitar tiga-6 hari tergantung jasa kurirnya serta perkiraan berdasarkan luar negeribiasanya sanggup 2 minggu sampai 1 bulan atau lebih, tergantung saat lamanyatransit barang di antarnegara. Kesembilan, klik metode pembayaran, metodepembayaran mampu dipilih melalui transfer bank, pembayaran indomart dansebagainya. Kesepuluh, klik lanjutkan, nanti akan keluar kode pembayaran,tinggal masukkan kode pembayaran bersama harganya, lalu tunggu kurang lebih 10menit, nanti akan ada pesan bahwa barang telah dibayar, tinggal tunggukonfirmasi berdasarkan penjual

Kesebelas, tinggaltunggu penjual mengkonfirmasi barang serta akan diberi angka resi yg tujuannyauntuk mengecek posisi barang ada di mana, sehabis barang sampai, klik pesanan telahtiba dan ingat kasih rating dan saran buat penjual agar sanggup diperbaiki.

Nah itu tersebut caraberbelanja online yang kondusif, dancaranya pun sangat mudah serta praktis. Serta pula kita tidak perlu susah-susahmencari barang yang kita inginkan pada toko biasa serta harganya juga lebih murahdibanding toko biasa. (dikutip menurut //www.liputan6.com/bisnis/read/3218022/izin-tak-tertipu-ini-kiat-aman-belanja-online menggunakan perubahan seperlunya).

Analisislahciri kebahasaan teks mekanisme yang meliputi kata kerja imperatif, kata teknis,konjungsi penambahan, serta kalimat/pernyataan persuasif.

3. Setiap teksmemiliki struktur yg tidak sinkron dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!

4. Peristiwabanjir adalah salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertemabanjir. Kembangkan tulisanmu dengan menggunakan pola karena dampak atau hubungankausalitas.

5. Analislahkebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda untuk yang meliputi istilah teknis, katabermakna denotatif, kata kerja pasif, serta kata penghubung dan kausalitas.

KUNCIJAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN

PENILAIANTENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Kelas/Semester: XI/1

Kurikulum:2013

GuruMapel:MuhZuhri, S.pd., M.pd.



1. Struktur teks prosedur

Teks prosedur dibentuk olehungkapan mengenai tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

a. Tujuan adalah pengantartentang topik yg akan dijelaskan pada teks.

b. Langkah-langkah berupa perincianpetunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.

c. Penegasan ulang berupa harapanataupun manfaat jika petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks prosedur mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang menggunakan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks prosedur mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks prosedur mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang menggunakan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur teks prosedur mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang menggunakan tidak sempurna.
1

Total Skor




2. Analisis ciri kebahasaan teksprosedur

Analisis kebahasaan teks prosedur berjudul Cara Melakukan BelanjaOnline yg Amansebagai berikut.

a.Banyak memakai kata-kata kerja perintah(imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk sang akhiran –kan, -i, danpartikel –lah.

      Bentuk dasar       
       Imbuhan/Partikel      
Bentukan Kata
usaha
-kan
usahakan
masuk
-lah
masuklah
sila
-kan
silakan
masuk
-kan
masukkan
pilih
-lah
pilihlah
lanjut
-kan
lanjutkan

b.Banyak memakai kata-kata teknis yg berkaitandengan topik yang dibahasnya. Berkenaan menggunakan masalah belanja online,digunakan kata-istilah belanja onlinepula, contohnya transaksi, smartphone,internet, promo, transfer, rating, serta sebagainya.

c.Banyak menggunakan konjungsi penambahan

Contoh : Kali ini aku membahasmelalui jalur shopee lantaran lebih aman. Disamping itu, banyak promonya.

d.Banyak memakai pernyataan persuasif. Berikutadalah model kalimatnya.

1)Untuk menghindari peristiwa tersebut, silakan ikutiprosedur berdasarkan kami ini.

2)Sebelum melakukanbelanja online, yang harus kalian milikiadalah laptop atau smartphone dan koneksi internet.

PedomanPenilaian

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur meliputi kata kerja imperatif, istilah teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif dengan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur meliputi kata kerja imperatif, istilah teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisiskebahasaan teks prosedur mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif menggunakan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur meliputi kata kerja imperatif, istilah teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif dengan tidak sempurna.
1

Total Skor


3. Struktur teks eksplanasi

Tekseksplanasi dibentuk sang bagian-bagian berikut.
a. Identifikasi kenyataan (phenomenon identifcation), mengidentifikasisesuatu yg akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan kenyataan alam,sosial, budaya, dan fenomena-kenyataan lainnya. Bagian ini disebut juga denganpernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian insiden (explanation sequence), memerinciproses insiden yang relevan dengan kenyataan yg diterangkan sebagaipertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yangtersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannyadisusun berdasarkan urutan saat.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yangtersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusunberdasarkan interaksi sebab dampak.

Bagianini dianggap jua menggunakan perpaduan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian mengenai konsekuensiatas insiden yg dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut jua denganinterpretasi.

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menyebutkan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi kenyataan, rangkaian peristiwa, serta review (ulasan) menggunakan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menyebutkan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi kenyataan, rangkaian peristiwa, serta review (ulasan) menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menyebutkan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi kenyataan, rangkaian peristiwa, serta review (ulasan) menggunakan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menyebutkan struktur kebahasaan teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian insiden, serta review (ulasan) dengan tidak sempurna.
1

Total Skor


4. Contoh teks eksplanasi

Proses Terjadinya Banjir

Banjiradalah peristiwa terjadinya air yg tentang daratan dan dapat menyebabkankerusakan fisik pada daratan tadi serta dapat menciptakan kerugian sosial danekonomi pada lingkungan kurang lebih yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasilimpasan menurut wilayah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjirdapat terjadi karena ulah insan.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaanbumi dan tertahan sang tumbuh-tanaman sehabis itu masuk ke bagian atas tanahmengalir ke loka yg lebih rendah sesudah itu terjadi penguapan serta keluarke bagian atas daratan. Banjir yg terjadi secara almiah dapat menjadi bancanabagi manusia apabila banjir itu tentang manusia serta mengakibatkan kerugian bagimanusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah insan misalnya,membuangsampah tidak pada tempatnya dan mengakibatkan aliran air nir lancar sehinggaair tersebut terapung pada loka pembuangannya semakin lama semakin menguapsetelah itu tinggi dan keluar sehingga tentang daratan dan mengakibatkan banjir.
Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah serta karena ulah insan. Manusiadapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempattinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir. Jadi jika manusia bertempattinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang mendatangimanusia akan tetapi manusialah yang mendatangi banjir.

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
a.Peserta didik menulis teks eksplanasisangat sesuai menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
4
2
b.Peserta didik menulis teks eksplanasi sinkron menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
3
3
c.Peserta didik menulis teks eksplanasi kurang sinkron menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
2
4
d.Peserta didik menulis teks eksplanasi tidak sinkron menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
1

Total Skor


5.analisis kebahasaan teks eksplanasi

a. Banyakmenggunakan istilah teknis atau peristilahan, sinkron menggunakan topik yg dibahasnya.

Contoh: hujan lokal,propagasi limpasan

b. Banyakmenggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologis.

Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab,karena, sang karena itu, sang karena itu, sebagai akibatnya.

Contoh kalimat: Secara non ilmiah banjirdapat terjadi karena ulah manusia.

c.banyak memakai kata bermakna denotatif.

Contoh

Banjir: insiden terjadinya air yg tentang daratan

Hujan: titik-titik air yg berjatuhan berdasarkan udara lantaran proses pendinginan

d. Banyak menggunakan istilah kerja pasif.seperti kata disebabkan, terkena, serta sebagainya.

Contoh kalimat: Secara alamiah banjir disebabkanoleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari wilayah hulu padasatu daerah tangkapan.

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisiskebahasaan teks eksplanasi meliputi istilah teknis, istilah bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan tidak sempurna.
1

Total Skor




Nilai Akhir : (skor nomor 1+dua+3+4+lima ) X 5

Nilai aporisma : 20 X lima = 100

BACA JUGA
KISI-KISI DAN SOAL PENILAIAN TENGAH (Perguruan Tinggi Swasta) SEMESTER 1 TAHUNPELAJARAN 2018/2019
BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Atas/MA KELAS X, XI, XII KURIKULUM 2013
3. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XII KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/soal-ulangan-tengah-semester-penilaian.html 


BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIANAKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII:KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel