MENGAPA HOTS


Keterangan foto: Kegiatan Diklat Penyusunan soal HOTS MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Jember Jawa Timur, 29 September 2018 bertempat pada SMA Negeri 2 Jember
MENGAPA HOTS?
HOTS atau higher order thinkingskills adalah proses berpikir taraf tinggi. Dalam taksonomi Bloom yangdirevisi Anderson menduduki level C4, C5 serta C6, analisis, evaluasi. Dankreasi. HOTS merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif,dan berpikir kreatif yg merupakan akal budi tingkat tinggi.
Berikut tersaji empat alasanmengapa guru harus mengembangkan pembelajaran berorientasi HOTS, menyusun soalHOTS, dan membiasakan peserta didik merampungkan soal-soal HOTS.
1. Hasil Tes PISA Indonesia
2. Tantangan Abad ke-21
3. Pandangan Berbagai Pihak mengenai Implementasi K 13
4. Keselarasan Kurikulum

Penjelasan
1. Hasil Tes PISA Indonesia 
Berdasarkan hasil studiinternasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkanprestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematicalliteracy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai peserta didikIndonesia sangat rendah.
Pada umumnya kemampuan pesertadidik Indonesia sangat rendah pada: (1) tahu berita yang kompleks; (2)teori, analisis, dan pemecahan kasus; (tiga) pemakaian alat, prosedur danpemecahan kasus; dan (4) melakukan investigasi.


Apa itu PISA? 

PISA (the Program for InternationalStudent Assessment) merupakan ujian di seluruh dunia yang diselenggarakan setiaptiga tahun sekali untuk mengukur kecerdasan pelajar sekolah berusia 15 tahun di70-an negara.

Sekitar 540.000 murid menurut seluruhdunia termasuk berdasarkan Indonesia mengikuti ujian yang di selenggarakan oleh TheOrganization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2015. //www.kaskus.co.id/thread/5a156d3fdad770ec548b456c/daftar-ranking-matematika-dan-sains-sedunia-indonesia-peringkat-62/ 

Mengapa Singapura begitu sukses dibidang pendidikan?

Dari negeri termiskin di global ditahun 1965, menggunakan formasi etnis, kepercayaan serta bahasa, Singapura telahmengalahkan negara-negara terkaya pada Eropa, Amerika Utara serta Asia untukmenjadi nomor satu dalam global pendidikan. 

Prof Sing Kong Lee, wakil presidenNanyang Technological University, mengatakan bahwa faktor kuncinya adalahstandar pedagogi.

"Singapura banyak berinvestasidalam kualitas pengajaran - buat mempertinggi prestise dan status pengajarandan untuk membuat lulusan terbaik," kata Prof Lee.

2. Pandangan Berbagai Pihak tentangImplementasi Kurikulum 2013


a.Prosespembelajaran masih dominan dikuasai sang guru, 

b.pelaksanaanpembelajaran masih satu arah, 
c.modelpembelajaran monoton, 
d.ruangbagi peserta didik untuk menciptakan 4 C masih minim, 
e.sajiansoal-soal HOTS masih terbatas sebagai akibatnya pembiasaan siswa untukmenyelesaikan soal-soal HOTS masih minim, 
f.fasilitasikepala sekolah bagi guru buat menjalankan pembelajaran serta penilaian masihterbatas,
g.padaberbagai masalah adanya ketidak selarasan pemahaman serta penguasaan kebijakan dankonsep pembelajaran serta penilaian antara pengawas, ketua sekolah serta pengajar.
3. Kecakapan yg Diperlukan untukMenghadapi Fenomena Pergeseran dalam Abad-21


4. Keselarasan Kurikulum (CurriculumAlignment)
Adanya KECOCOKAN (MATCH) antara:

a.Apayang diperlukan dalam kurikulum (kompetensi)

b.Apayang dipelajari siswa; dan

c.Apayang kita nilai.








2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html


5. MENGAPA HOTS?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel