SOAL UTS/PTS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS XI DAN KUNCI JAWABAN
Saturday, August 14, 2021
Edit
SOAL PENILAIANTENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIAKELAS XI
1. Setiap teksmemiliki struktur yang berbeda menggunakan jenis teks yg lain. Jelaskan strukturteks mekanisme!
2. Cermatilahteks berikut!
Cara MelakukanBelanja Online yang Aman
Belanja online merupakantren dikalangan warga waktu ini. Dari orang tua hingga yg muda pernahmelakukannya, tetapi poly juga orang yang pernah tertipuolehoknum yg tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari insiden tadi, silakan ikuti mekanisme berdasarkan kami ini.
Pertama, sebelummelakukan belanja online yg haruskalian miliki merupakan laptop atau smartphonedan koneksi internet. Kedua, sebaiknya transaksi melalui website terpecaya seperti bukalapak,tokopedia,shopee,blibli serta sebagainya. Usahakan jangan membelibarang melalui sosial media, karena penipu umumnya berkeliaran disana. Kecuali latar penjualan mereka indah sepertirenan store, serta sebagainya. Kali ini sayamembahas melalui jalur shopee karena lebih aman. Di samping itu, banyak promonya.
Ketiga, masuk kehalaman website shopee.co.id ataubisa diunduh aplikasinya pada app store buat perangkat apple danplay store buat perangkat android. Keempat, silahkan cari barang yg ingindibeli lalu baca deskripsi, jika ada kata-kata ( bila barang masih ada dikatalog serta masih sanggup pada klik beli, berarti stok barang terdapat, jikabertanya ketersediaan barang melalui fitur chat nir akan kami balas). Kalautidak terdapat kata-kata misalnya itu pada pelukisan barangnya, Anda wajib menanyakanketersediaan barang dan variannya.
Kelima, kalausemuanya sudah oke, tinggal klik beli, biasanya kita mampu memasukkan kodepromo, buat rabat harga atau perdeo ongkos kirim. Apabila tidak terdapat, bisa dilewatkan. Keenam, klikcheckout, kemudian tambahkan alamat tempat tinggal atau tempat barang mau diantar,kemudian klik lanjut. Ketujuh, silahkan isi pelukisan atau catatan kepadapenjual, umumnya aku isi dengan model atau varian agar tidak terjadi salahkirim misalnya keliru rona atau keliru variannya.
Kedelapan, pilihlahkurir atau jasa pengirimannya. Kalau estimasi saat menurut Jakarta ke solosekitar tiga-6 hari tergantung jasa kurirnya serta perkiraan dari luar negeribiasanya sanggup 2 minggu sampai 1 bulan atau lebih, tergantung ketika lamanyatransit barang di antarnegara. Kesembilan, klik metode pembayaran, metodepembayaran mampu dipilih melalui transfer bank, pembayaran indomart dansebagainya. Kesepuluh, klik lanjutkan, nanti akan keluar kode pembayaran,tinggal masukkan kode pembayaran bersama harganya, lalu tunggu kurang lebih 10menit, nanti akan ada pesan bahwa barang sudah dibayar, tinggal tunggukonfirmasi dari penjual
Kesebelas, tinggaltunggu penjual mengkonfirmasi barang dan akan diberi nomor resi yg tujuannyauntuk mengecek posisi barang ada pada mana, setelah barang hingga, klik pesanan telahtiba dan jangan lupa kasih rating serta saran buat penjual supaya bisa diperbaiki.
Nah itu tadi caraberbelanja online yg kondusif, dancaranya pun sangat mudah dan mudah. Serta juga kita nir perlu susah-susahmencari barang yang kita inginkan pada toko biasa serta harganya pula lebih murahdibanding toko biasa. (dikutip berdasarkan //www.liputan6.com/usaha/read/3218022/izin-tak-tertipu-ini-kiat-kondusif-belanja-online menggunakan perubahan seperlunya).
Analisislahciri kebahasaan teks prosedur yg meliputi kata kerja imperatif, kata teknis,konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif.
3. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak sinkron menggunakan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!
4. Peristiwabanjir adalah galat satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertemabanjir. Kembangkan tulisanmu dengan menggunakan pola sebab dampak atau hubungankausalitas.
5. Analislahkebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda untuk yang mencakup istilah teknis, katabermakna denotatif, kata kerja pasif, dan istilah penghubung serta kausalitas.
KUNCIJAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIANTENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: XI/1
Kurikulum:2013
GuruMapel:MuhZuhri, S.pd., M.pd.
1. Struktur teks prosedur
Teks mekanisme dibuat olehungkapan mengenai tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.
a. Tujuan merupakan pengantartentang topik yang akan dijelaskan pada teks.
b. Langkah-langkah berupa perincianpetunjuk yang disarankan pada pembaca terkait dengan topik yg dipengaruhi.
c. Penegasan ulang berupa harapanataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan menggunakan baik.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, serta penegasan ulang dengan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, serta penegasan ulang dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, serta penegasan ulang dengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, serta penegasan ulang dengan tidak sempurna.
1
Total Skor
2. Analisis ciri kebahasaan teksprosedur
Analisis kebahasaan teks mekanisme berjudul Cara Melakukan BelanjaOnline yang Amansebagai berikut.
a.Banyak menggunakan istilah-istilah kerja perintah(imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, danpartikel –lah.
Bentuk dasar
Imbuhan/Partikel
Bentukan Kata
usaha
-kan
usahakan
masuk
-lah
masuklah
sila
-kan
silakan
masuk
-kan
masukkan
pilih
-lah
pilihlah
lanjut
-kan
lanjutkan
b.Banyak menggunakan kata-kata teknis yg berkaitandengan topik yg dibahasnya. Berkenaan dengan masalah belanja online,digunakan kata-istilah belanja onlinepula, contohnya transaksi, smartphone,internet, promo, transfer, rating, serta sebagainya.
c.Banyak menggunakan konjungsi penambahan
Contoh : Kali ini aku membahasmelalui jalur shopee lantaran lebih aman. Disamping itu, banyak promonya.
d.Banyak memakai pernyataan persuasif. Berikutadalah model kalimatnya.
1)Untuk menghindari kejadian tadi, silakan ikutiprosedur menurut kami ini.
2)Sebelum melakukanbelanja online, yg wajib kalian milikiadalah laptop atau smartphone serta koneksi internet.
PedomanPenilaian
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif menggunakan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisiskebahasaan teks prosedur mencakup kata kerja imperatif, istilah teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, serta pernyataan persuasif menggunakan tidak sempurna.
1
Total Skor
3. Struktur teks eksplanasi
Tekseksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasisesuatu yg akan diterangkan. Hal itu mampu terkait dengan kenyataan alam,sosial, budaya, dan fenomena-kenyataan lainnya. Bagian ini diklaim jua denganpernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinciproses insiden yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagaipertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yg berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yangtersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannyadisusun berdasarkan urutan saat.
2) Rincian yg berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yangtersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusunberdasarkan hubungan karena akibat.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasisesuatu yg akan diterangkan. Hal itu mampu terkait dengan kenyataan alam,sosial, budaya, dan fenomena-kenyataan lainnya. Bagian ini diklaim jua denganpernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinciproses insiden yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagaipertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yg berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yangtersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannyadisusun berdasarkan urutan saat.
2) Rincian yg berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yangtersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusunberdasarkan hubungan karena akibat.
Bagianini diklaim pula menggunakan kumpulan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensiatas insiden yg dipaparkan sebelumnya. Bagian ini diklaim juga denganinterpretasi.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensiatas insiden yg dipaparkan sebelumnya. Bagian ini diklaim juga denganinterpretasi.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian insiden, dan review (ulasan) menggunakan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian insiden, dan review (ulasan) menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian insiden, dan review (ulasan) menggunakan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik mengungkapkan struktur kebahasaan teks eksplanasi meliputi identifikasi kenyataan, rangkaian insiden, serta review (ulasan) dengan tidak sempurna.
1
Total Skor
4. Contoh teks eksplanasi
Proses Terjadinya Banjir
Banjiradalah peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan serta bisa menyebabkankerusakan fisik pada daratan tersebut dan bisa menciptakan kerugian sosial danekonomi pada lingkungan sekitar yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan sang terjadinya hujan lokal serta propagasilimpasan menurut wilayah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjirdapat terjadi lantaran ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaanbumi dan tertahan sang tumbuh-tanaman sehabis itu masuk ke permukaan tanahmengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluarke bagian atas daratan. Banjir yg terjadi secara almiah dapat sebagai bancanabagi insan bila banjir itu mengenai manusia dan mengakibatkan kerugian bagimanusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah insan seperti,membuangsampah nir dalam tempatnya serta menyebabkan aliran air tidak lancar sehinggaair tadi terapung di loka pembuangannya semakin lama semakin menguapsetelah itu tinggi serta keluar sebagai akibatnya mengenai daratan serta menyebabkan banjir.
Proses banjir itu bisa terjadi secara alamiah serta karena ulah manusia. Manusiadapat mengalami kerugian lantaran banjir itu karena mereka mendiami tempattinggal yang secara alamiah adalah dataran banjir. Jadi bila manusia bertempattinggal pada dataran yang seringkali terkena banjir bukan banjirlah yg mendatangimanusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan sang terjadinya hujan lokal serta propagasilimpasan menurut wilayah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjirdapat terjadi lantaran ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaanbumi dan tertahan sang tumbuh-tanaman sehabis itu masuk ke permukaan tanahmengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluarke bagian atas daratan. Banjir yg terjadi secara almiah dapat sebagai bancanabagi insan bila banjir itu mengenai manusia dan mengakibatkan kerugian bagimanusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah insan seperti,membuangsampah nir dalam tempatnya serta menyebabkan aliran air tidak lancar sehinggaair tadi terapung di loka pembuangannya semakin lama semakin menguapsetelah itu tinggi serta keluar sebagai akibatnya mengenai daratan serta menyebabkan banjir.
Proses banjir itu bisa terjadi secara alamiah serta karena ulah manusia. Manusiadapat mengalami kerugian lantaran banjir itu karena mereka mendiami tempattinggal yang secara alamiah adalah dataran banjir. Jadi bila manusia bertempattinggal pada dataran yang seringkali terkena banjir bukan banjirlah yg mendatangimanusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
a.Peserta didik menulis teks eksplanasisangat sinkron menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
4
2
b.Peserta didik menulis teks eksplanasi sesuai menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
3
3
c.Peserta didik menulis teks eksplanasi kurang sesuai menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
2
4
d.Peserta didik menulis teks eksplanasi tidak sesuai menggunakan kerangka,struktur, dan kebahasaan.
1
Total Skor
5.analisis kebahasaan teks eksplanasi
a. Banyakmenggunakan istilah teknis atau peristilahan, sinkron menggunakan topik yg dibahasnya.
Contoh: hujan lokal,propagasi limpasan
b. Banyakmenggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
Konjungsi kausaltias, diantaranya, sebab,lantaran, sang karena itu, oleh karenanya, sehingga.
Contoh kalimat: Secara non ilmiah banjirdapat terjadi lantaran ulah insan.
c.banyak menggunakan kata bermakna denotatif.
Contoh
Banjir: peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan
Hujan: titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan
d. Banyak menggunakan kata kerja pasif.seperti kata disebabkan, terkena, dan sebagainya.
Contoh kalimat: Secara alamiah banjir disebabkanoleh terjadinya hujan lokal serta propagasi limpasan menurut daerah hulu padasatu wilayah tangkapan.
Pedoman Penskoran:
No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas menggunakan sangat sempurna.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisiskebahasaan teks eksplanasi mencakup istilah teknis, istilah bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas menggunakan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas menggunakan tidak sempurna.
1
Total Skor
Nilai Akhir : (skor nomor 1+dua+3+4+5 ) X 5
Nilai maksimal : 20 X 5 = 100
Baca juga
1. Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas XII Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/soal-dan-jawaban-penilaian-tengah.html
2. Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas X Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/soal-ulangan-tengah-semesterpenilaian.html