BEDAH KISIKISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING KATA KALIMAT DAN PARAGRAF INDIKATOR SOAL DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASAINDONESIA MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat,dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan danPemahaman ( Mengidentifikasi,Memaknai)

1.mengidentifikasikesalahan penggunaan kata/istilah

Indikator soal: Disajikanparagraf menggunakan beberapa kata yg digunakan secara nir sempurna, murid mampumengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/kata dalam paragraf dengan sempurna.



2.mengidentifikasikesalahan penggunaan konjungsi

3.mengidentifikasikesalahan penggunaan kalimat efektif

4.mengidentifikasikalimat tidak padu dalam paragraf

Indikator soal: Disajikanparagraf yang masih ada kalimat nir padu, anak didik sanggup mengidentifikasi kalimatpadu dalam paragraf tersebut dengan sempurna.



B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)
1. Menggunakankata bentukan (mengisi sinkron kaidah bentukan kata)

Indikatorsoal: Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalamkalimat (berimbuhan me- serta pe- pada istilah dasar yang diawali huruf k, p, t, s),siswa bisa memilih istilah berimbuhan yang sempurna buat melengkapinya



Menggunakan istilah ulang

Disajikan paragraf naratif yg dirumpangkan tigakata ulangnya, peserta didik bisa menentukan kata ulang yg sempurna untukmelengkapinya


2.mengisi menggunakan konjungsi yang sesuai

Indikatorsoal: Disajikan paragraf yang belum lengkapkata penghubung temporal (urutan saat), siswa dapat menentukankata penghubung yang tepat buat melengkapinya



C. Level Kognitif Penalaran (Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.memperbaikikesalahan penggunaan kalimat

Disajikan paragrafyang galat satu kalimatnya nir efektif, siswa dapat memilih caraperbaikan kalimat tersebut



2.memperbaikikesalahan paragraf

Disajikan paragraf pelukisan yg memakai tigafrasa adjektiva yg galat (tiga frasa), peserta didik bisa memilih frasaadjektiva yg sempurna buat memperbaikinya.



3.menentukanalasan menurut segi pilihan istilah/kalimat pada paragraf

Disajikan paragrafyangsalah satu kalimatnya menggunakankata nir standar, peserta didik bisa memilih kata nir baku dalam kalimatdengan disertai alasan yang tepat





BACABEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah Atas/MA BAHASA INDONESIA





4.ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html

5.ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan serta Tanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_81.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel