BEDAH KISIKISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA INDIKATOR SOAL DAN PEMBAHASAN
Sunday, September 26, 2021
Edit
BEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah Atas/MA BAHASAINDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan danTanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan danPemahaman ( Mengidentifikasi,Memaknai)
1.mengidentifikasikesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, istilah tugas)
a.penulisanjudul
Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupaparagraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, namun penulisanjudul buku tersebut galat (dengan huruf kecil seluruh), peserta didik dapatmenentukan perbaikan penulisan judul buku tadi yg sinkron ejaan bahasaIndonesia yg berlaku
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/penulisan-judul-yg-sahih.html
b.penulisannama geografi
Indikator soal: Disajikan paragraf yang salagsatu kalimatnya masih ada kesalahan penulisan nama geografi, anak didik dapatmengidentifikasi kalimat yg pada dalamnya terdapat kesalahan penulisan namageografi.
1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
2.mengidentifikasikesalahan penggunaan pertanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)
1.menggunakanejaan
2.menggunakantanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/mengidentifikasi-kesalahan-penggunaan_2.html
C. Level Kognitif Penalaran (Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1.memperbaikikesalahan penggunaan ejaan
a.memperbaikipenulisan istilah/istilah
Disajikan paragraf yang pada dalamnya terdapat tiga katayang nir standar; siswa dapat menentukan istilah baku buat memperbaikinya
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/memperbaiki-kesalahan-penggunaan-istilah.html
b.memperbaikikesalahan penggunaan kata serapan
Disajikan paragraf yg pada dalamnya masih ada 3 kataserapan yg keliru penulisannya; siswa dapat menentukan istilah serapanyang standar buat memperbaikinya
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/penulisan-kata-serapan.html
2.memperbaikikesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yangdua pada antaranya masih ada kesalahanpenggunaan tanda baca, peserta didik bisa memilih kalimat yg salahpenggunaan pertanda bacanya
Soal UN 2017/2018Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
3.menentukanalasan kesalahan berdasarkan segi ejaan dan pertanda baca
Disajikan kalimat yang memakai indikasi bacanyasalah, siswa dapat menentukan kesalahan penggunaan pertanda bacadisertai alasan yang sempurna pada kalimattersebut.
Soal UN 2016/2017 Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/kapan-indikasi-koma- dipakai-dan-kapan.htmlBACABEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1.ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa.html
2.ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_20.html
3.ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_0.html
4.ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, serta Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5.ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_81.html