BEDAH KISIKISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA INDIKATOR SOAL DAN PEMBAHASAN




BEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah Atas/MA BAHASAINDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan danTanda Baca


A. Level Kognitif Pengetahuan danPemahaman ( Mengidentifikasi,Memaknai)

1.mengidentifikasikesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, istilah tugas)

a.penulisanjudul

Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupaparagraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, namun penulisanjudul buku tersebut galat (dengan huruf kecil seluruh), peserta didik dapatmenentukan perbaikan penulisan judul buku tadi yg sinkron ejaan bahasaIndonesia yg berlaku



b.penulisannama geografi

Indikator soal: Disajikan paragraf yang salagsatu kalimatnya masih ada kesalahan penulisan nama geografi, anak didik dapatmengidentifikasi kalimat yg pada dalamnya terdapat kesalahan penulisan namageografi.


2.mengidentifikasikesalahan penggunaan pertanda baca

B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)

1.menggunakanejaan

2.menggunakantanda baca


C. Level Kognitif Penalaran (Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.memperbaikikesalahan penggunaan ejaan

a.memperbaikipenulisan istilah/istilah

Disajikan paragraf yang pada dalamnya terdapat tiga katayang nir standar; siswa dapat menentukan istilah baku buat memperbaikinya



b.memperbaikikesalahan penggunaan kata serapan

Disajikan paragraf yg pada dalamnya masih ada 3 kataserapan yg keliru penulisannya; siswa dapat menentukan istilah serapanyang standar buat memperbaikinya



2.memperbaikikesalahan penggunaan tanda baca

Disajikan kalimat beberapa kalimat yangdua pada antaranya masih ada kesalahanpenggunaan tanda baca, peserta didik bisa memilih kalimat yg salahpenggunaan pertanda bacanya


3.menentukanalasan kesalahan berdasarkan segi ejaan dan pertanda baca

Disajikan kalimat yang memakai indikasi bacanyasalah, siswa dapat menentukan kesalahan penggunaan pertanda bacadisertai alasan yang sempurna pada kalimattersebut.
          Soal UN 2016/2017 Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2017/11/kapan-indikasi-koma- dipakai-dan-kapan.html



















BACABEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
4.ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, serta Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5.ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_81.html



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel