SOALSOAL PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS XI BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2019



SOAL-SOAL PERSIAPANPENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS XI BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
SOAL-SOAL LATIHAN TEKSPROSEDUR
Pilihlah jawaban yangpaling sahih!
(Teksberikut digunakan buat menjawab soal angka 1‑tiga)
Boleh-bolehsaja ikut arus. Akan tetapi, tetap ingat jua tempat kita berpijak agaridentitas bangsa nir hilang. Siapa lagi yg akan mengemban pesan danpeninggalan nenek moyang serta leluhur bangsa bila bukan kita sendiri. Iya, kan?Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaanyang sangat kaya. Setiap provinsi serta suku bangsa mempunyai karakter yang berbedasatu sama lain, jua latar belakang budaya yg tidak selaras. Masing-masing provinsimemiliki bentuk penampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akanwarna, bentuk, detail-detail, dan ornamen-ornamen unik serta penuh identitaskedaerahan. Tentunya semua itu nir akan pernah serta tidak boleh dilupakanhanya karena ingin ikut arus gaya minimalis.
1. Kata kerja imperatif pada cuplikan teks pada atas adalah ….
A. Tidak boleh 

B. Kita tahu 
C. Memiliki 
D. Mengemban pesan 
E. Ikut arus
2. Contoh konjungsi yg menyatakan kondisi ….
A. Serta 

B. Yang 
C. Kalau
D. Agar 
E. Akan tetapi
3. Cuplikan di atas mengandung petunjuk mengenai ….
A. Gaya hidup
B. Pola budaya
C. Bentuk rumah
D. Cara mempertahankan budaya bangsa
E. Penampilan pada berkeluarga
(Teks berikut digunakan buat menjawab soal nomor 4‑lima)
(1) Sampai di sini penampilan ruang masih baku gaya minimalis sepertiyang sering kita lihat pada biasanya. (dua) Jangan dibiarkan lantaran dapat membuatrumah berkesan nir atau belum selesai dampak terlalu bersih, bahkan cenderunggersang. (tiga) Sementara itu, sebuah tempat tinggal tinggal, betapa pun sederhananya tetapharus terdapat sentuhan manusiawi supaya lebih hidup.
4. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai menggunakan nomor ….
A. (1) 

B.(dua) 
C.(tiga) 
D. (1), (dua) 
E. (dua), (tiga)
5. Konjungsi yg menyatakan penguatan dinyatakan pada kalimat ….
A. (1)

B. (dua) 
C. (tiga) 
D. (1), (dua) 
E. (dua), (tiga)
(Teks berikut digunakan buat menjawab soal angka 6‑7)
Seandainya kita berkesempatan berkunjung ke Kutub Utara serta Kutub Selatan,ada pemandangan langit menakjubkan yg hanya terdapat pada wilayah itu. Terlihatcahaya berwarna-warni biru, merah, kuning, melengkung, meliuk, menjuntai, danberpendar puluhan bahkan ratusan kilometer disertai bunyi desis di kesunyianmalam. Aurora bak tirai cahaya pada ketinggian 90 km sampai 800 km yangmembungkus dataran es.
6. Bacaan di atas terkategori sebagai jenis teks ….
A. Ekspalanasi
B. Anekdot
C. Eksposisi
D. Laporan pengamatan
E. Ulasan
7. Aspek yg tidak sama berdasarkan teks tersebut menggunakan prosedur kompleks adalahterdapat dalam ….
A. Penggunaan konjungsi
B. Penggunaan kabar waktu
C. Penggunaan kata kerja imperatif
D. Penentuan topik tentang hal yangdiamati
E. Kalimat-kalimatnya yg nir berupa perintah
(Teks berikut dipakai buat menjawab soal nomor 8‑10)
(1) Yakinkan calon pemberi dana bahwa bekerja sama pada bentuk pemberiandana berdasarkan mereka merupakan tindakan yang sangat berharga serta adalah investasiyang baik. (dua) Gambarkan secara kentara manfaat yang akan ditimbulkan atasbantuan mereka. (3) Keuntungan yang lain (apabila ada) mestinya juga wajib kitapaparkan pada pemberi dana buat masa depan. (4) Misalnya, selesainya kegiatanberakhir, apakah terdapat rencana tindak lanjut yang mungkin menguntungkanmereka, baik secara psikologis, sosial, politik, maupun ekonomi.
8. Kalimat yang tidak bernada perintah berada dalam urutan ….
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
E. Ketiga dan keeempat
9. Contoh istilah kerja imperatif dalam teks pada atas adalah ….
A. yakinkan dan gambarkan
B. bekerja sama dan merupakan
C. menguntungkan dan mestinya
D. berakhir dan tindakan
E. misalnya dan maupun
10. Bahwa kalimat ketiga berbentuk pasif ditandai sang istilah-istilah ….
A. Keuntungan
B. Apabila ada
C. Kita paparkan
D. Juga harus
E. Pada pemberi dana
(Cuplikan di bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor 11‑12).
(1) Saat Anda bermaksud mencari peluang kerja, mulailah dengan mencariinformasisebanyak- banyaknya. (2)Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio. (3) Kedua jenis mediaitulah yang kini sebagai corong primer bagi banyak perusahaan pada merekrutkaryawan baru.
11. Contoh kata kerja impertif pada teks pada atas adalah ….
A. Itulah
B. Merekrut
C. Bermaksud
D. Mulailah
E. Sebanyak-banyaknya
12. Kalimat yang memakai berita penunjuk waktu merupakan .…
A. (1)
B. (dua)
C. (tiga)
D. (1), (dua)
E. (dua), (tiga)
(Teks pada bawah ini dipakai buat menjawab soal angka 13‑15)
(1) Teori Wiwin jitu. (2) Tak berapa lama menekuni pekerjaan server, iaterpilih sebagai trainer para server baru. (3) Selama bekerja, Wiwinterus menyebarkan diri serta mengasah wangsit-ilham buat perusahaan. (4) Ia punakhirnya diincar buat sebagai asisten personnel manager. (lima) Merasapunya bekal tidak mengecewakan, Wiwin sempat tergoda buat pindah ke perusahaan lain. (6)Tetapi, pimpinannya menunjukkan posisi aduhai, sebagai purchasing manager.(7) Dari situ ia ditawari lagi sebagai cost controller manager danakhirnya public relation manager.
13. Teks pada atas dikembangkan dengan pola ….
A. Umum-khusus
B. Karena-akibat
C. Keruangan
D. Kronologis
E. Penting-tidak penting
14. Kata-istilah yg memperlihatkan urutan ketika, kecuali ….
A. Tidak beberapa lama
B. Akhirnya
C. Selama bekerja
D. Akhirnya
E. Sempat tergoda
15. Kalimat yang memakai konjungsi antarkalimat .…
A. (dua)
B. (tiga)
C. (lima)
D. (6)
E. (7)
(Teks di bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor 16‑18)
(1) Sebelum menetapkan buat melamar atau bahkan menerima pekerjaan itu,sebaiknya buat mengetahui dengan jelas pekerjaan yg wajib dilakukan. (2)Sumber yg paling sempurna buat ditanya merupakan manajer yg langsung menangani pekerjaanyang akan dilamar. (tiga) Bisa juga menghubungi kenalan yg pernah menanganipekerjaan semacam itu. (4) Cara ini penting dilakukan buat menghindari ‘mimpi’akan perusahaan yg memberikan gaji dan laba muluk yang kenyataannyaboleh jadi pada luar dugaan Anda.
16. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai dengan angka ….
A. (1)
B. (dua)
C. (tiga)
D. (4)
E. (1), (4)
17. Kalimat yg menggunakan liputan saat terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (dua)
C. (tiga)
D. (4)
E. (1), (dua)
18. Contoh kata tidak baku pada teks adalah ….
A. Bahkan
B. Usahakan
C. Mimpi
D. Dugaan
E. Muluk
(Teks ini digunakan buat menjawab soal angka 19‑20)
(1) Yang terjadi pada era globalisasi sekarang ini sesungguhnya adalahwesternisasi. (dua) Pengaruh negara-negara Barat atau negara-negara maju terusmenjejali budaya bangsa-bangsa bodoh, termasuk kita, sebagai akibatnya budaya kitasendiri sebagai terkikis. (tiga) Kita kehilangan bukti diri karena rapuhnya pondasimental di samping agama diri yg sangat lemah. (4) Kita lebih bangga denganatribut-atribut bangsa lain dan merasa memalukan menggunakan bukti diri bangsa sendiri.
19. Cuplikan pada atas adalah bagian menurut jenis teks ....
A. Mekanisme kompleks
B. Eksposisi
C. Eksplanasi
D. Cerita ulang
E. Laporan observasi
20. Kalimat yg menggunakan konjungsi kausalitas ditandai menggunakan angka ....
A. (1), (4)
B. (dua), (3)
C. (dua), (4)
D. (tiga), (4)
E. (1), dua)

B. TEKS EKSPLANASI
Pilihlah jawaban yangpaling sahih!
(Cuplikandi bawah ini dipakai buat menjawab soal angka 1‑tiga)
(1)Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah peristiwa bersejarah. (dua) Peristiwatersebut tidak hanya krusial diketahui oleh masyarakat Indonesia sendiri, tetapijuga wajib diumumkan ke semua penjuru global. (3) Oleh karenanya, beberapasaat selesainya proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, banyak sekali usahadilakukan sang para pejuang.
1. Cuplikan di atas mengenalkan kenyataan ....
A. Peristiwa proklamasi sebagaiperistiwa bersejarah
B. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yg merdeka
C. Pentingnya global mengenal insiden proklamasi
D. Soekarno Hatta menjadi tokoh proklamator Indonesia
E. Para pejuang berhasil memrpoklamasikan kemerdekaan Indonesia
2. Paragraf di atas disusun menggunakan pola ….
A. Kausalitas D. Kronologis
B. Generalisasi E.komparasi
C. Spesialisasi
3. Kalimat yang memakai berita waktu serta konjungsi penyebaban dalamcuplikan di atas dinyatakan menggunakan angka ….
A. (1) D.(1) serta (2)
B. (dua) E.(2) dan (3)
C. (tiga)
(Cuplikan teks di bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 4‑lima)
Presiden Sukarno bersama rombongan memasuki lapangan . Presiden melakukanpidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari peristiwa dengantentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan pada warga agartetap percaya pada pimpinan. Masyarakat kembali ke loka merekamasing-masing menggunakan tertib serta tenang.
4. Teks pada atas menjelaskan insiden ….
A. Pidato Presiden Sukarno pada lapangan
B. Penyambutan Presiden Sukarno
C. Perlawanan masyarakat terhadap Jepang
D. Ketertiban serta ketenangan masyarakat
E. Interaksi baik pemimpin denganrakyatnya
5. Keterangan cara dinyatakan pada kalimat ….
A. Pertama D. Keempat
B. Kedua E.pertama dan keempat
C. Ketiga
6. Berikut ini yg nir termasuk kalimat yg menggunakan warta ketika...
A. Pada usia dua minggu, embrio manusia adalah sebuah cakram pipih.
B. Pada bulan ketiga, bentuk insan sudah terwujud.
C. Pada termin ini, embrio dianggap fetus.
D. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata muncul.
E. Lemak ditimbun pada bawah kulitsehingga perlahan-lahan menghilangkan keriput pada kulit.
(Kedua cuplikan di bawah ini dipakai untuk menjawab soal nomor 7‑8)
Teks I
Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-4 Masehi,yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Kalimantan Timur.prasasti-prasasti itu ditulis pada bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa.tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan tinggi dan padawaktu itu norma tadi hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmanamerupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu.
Teks II
Pengaruh menurut pemakaian NAPZA sangat tidak sama buat setiap orang. Haltersebut tergantung berapa banyak yg ia gunakan, cara pemakaian, kondisibadan, serta faktor lainnya. Adapun dampak jangka pendek yg ditimbulkannyaadalah sebagai berikut.
7. Perbedaan ke 2 cuplikan teks pada atas merupakan ….
A. Teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks
B. Teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas
C. Teks I bertema sejarah, teks II bertema kesehatan
D. Teks I menggunakan berita cara, teks II memakai informasi waktu
E. Teks I menggunakan konjungsi, teks II nir memakai konjungsi
8. Persamaan kedua cuplikan teks tadi merupakan ....
A. Sama-sama berkategori genre faktual
B. Sama-sama berpola kronologis
C. Sama-sama mengungkapkan suatu proses
D. Sama-sama merupakan bagian menurut teks eksplanasi
E. Sama-sama menggunakan istilah ganti persona
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 9‑10)
Penggunaan yg dimulai menggunakan coba-coba kemudian menjadi ketergantungan(adiksi) baik fsik (bila nir dipenuhi muncul rasa sakit) maupun psikis (rasarindu yang pada buat menggunakannya) mengakibatkan overdosis serta terjadinyagejala putus obat dalam penghentian penggunaan. Terjadinya ketergantungan melaluiproses, pada awalnya menggunakan kembali buat menerima pengaruh yangdiinginkan.
9. Persamaan teks di atas menggunakan cerpen merupakan ....
A. Sama-sama memiliki tema
B. Sama-sama memiliki katar
C. Sama-sama memiliki jalan cerita
D. Sama-sama menggunakan sudut pandang
E. Sama-sama menggunakan fakta
10. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan menggunakan kata ….
A. Yg D. Pada
B. Kemudian E. Untuk
C. Maupun
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal angka 11‑13)
Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atasbatang menggunakan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama.plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordiadaun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasimenjadi kitab -buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibuat diketiak-ketiak daun.
11. Cuplikan tadi menyebutkan peristiwa ....
A. Pembentukan tajuk
B. Perkembangan tajuk
C. Bagian-bagian tajuk
D. Eksistensi embrio
E. Posisi ketiak-ketiak daun
12. Analisis yang sinkron dengan cuplikan tadi merupakan ….
A. Teks pada atas disusun menggunakan pola kausalitas
B. Pola pengembangan teks tadi bersifat kronologis
C. Banyak memakai konjungsi karena akibat dalam teks tersebut
D. Fakta cara dipakai dalam kalimat pertama dan kedua
E. Alur teks tersebut mempunyai kemiripan menggunakan alur pada cerpen
Eksplanasi Kompleks 197
13. Pernyataan evaluatif terkait menggunakan teks tadi merupakan ….
A. Teks tadi sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. Tajuk adalah pembahasan utama dalam teks tersebut
C. Pembahasan tentang tajuk ada pada pelajaran biologi
D. Perlu ada penerangan lain tentang tajuk, contohnya melalui buku
E. Kurang ada penerangan tambahan tentang struktur tajuk
(Cuplikan di bawah ini digunakan buat menjawab soal angka 14‑16)
Oparin berpendapat bahwa organisme yang pertama adalah heterotrof yangmakan dari molekul-molekul organik yg sebagai cikal bakalnya. Akan tetapi,cara hayati heterotrof nir dapat berlanjut tanpa batas, karena usang kelamaanmolekul-molekul organik akan habis. Apabila kehidupan tidak berhenti makaorganisme heterotrof akan berevolusi sebagai organisme autotrof yg mampumensintesis molekul-molekul organik yg baru menurut substansi anorganik yangterdapat pada alam sekitarnya.
14. Berdasarkan cuplikan pada atas yang bukan merupakan kata biologi adalah ….
A. Oparin
B. Organisme
C. Heterotrof
D. Organik
E. Autotrof
15. Teks pada atas menjelaskan peristiwa ....
A. Evolusi organisme
B. Keragaman organisme di bumi
C. Disparitas organisme heterotrof serta autotrof
D. Fase-fase kehidupan suatu organisme pada bumi
E. Eksistensi organisme baru pada kehidupan
16. Cuplikan tadi disusun menggunakan pola ....
A. Kausalitas dan kronologis
B. Kausalitas dan pertentangan
C. Kronologis serta komparatif
D. Kronologis dan spasial
E. Pertentangan dan pendefnisian
(Cuplikan pada bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor 17‑18)
Berdasarkan Prasasti Gunung Wukir, Magelang, diketahui bahwa di Jawa Tengahtelah terdapat sebuah kerajaan yang bernama Mataram. Prasasti ini bertahun 732Masehi. Ditulis dengan alfabet Palawa serta bahasa Sansekerta. Kerajaan inidiperintah oleh Raja Sanjaya serta sebelumnya ialah Raja Sanna. Sanjaya adalahkeponakan Raja Sanna. Pulau Jawa sendiri dalam ketika itu bernama Jawadwipa.
17. Cuplikan pada atas menjelaskan peristiwa ....
A. Pembuatan Prasasti Gunung Wukir
B. Eksistensi Kerajaan Mataram
C. Kepemimpinan Raja Sanjana
D. Proses berdirinya kerajaan pada Jawa
E. Silsilah kerajaan di Pulau Jawa
18. Di samping mengungkapkan isi Prasasti Gunung Wukir, teks itu pula memaparkan....
A. Silsilah Kerajaan Mataram
B. Berasal-usul kerajaan di Jawa
C. Pembagian kerajaan pada Jawa Tengah
D. Perkembangan kerajaan Mataram
E. Perubahan nama suatu kerajaan
(Cuplikan di bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 19‑20)
Sesudah Raja Samaratungga wafat, terjadilah perebutan kekuasaan. RakaiPikatan dengan Balaputra saling berebut kekuasaan. Rakai Pikatan berhasilmerebut kekuasaan dan mengusir Balaputra. Pada masa pemerintahan Rakai Pikatan,wilayah Mataram meliputi hampir semua Jawa Tengah serta Jawa Timur. RakaiPikatan berhasil mendirikan bangunan-bangunan kudus, baik candi untuk umat Hinduataupun Buddha. Candi-candi yang dimaksud, antara lain, Candi Plaosan dan LoroJonggrang.
19. Cuplikan di atas disusun menggunakan pola kronologis yang ditandai denganpenggunaan fungsi
keterangan ….
A. Sesudah
B. Ataupun
C. Antara lain
D. Dengan
E. Terjadilah
20. Peristiwa yang sebagai fokus cuplikan di atas adalah mengenai ….
A. Perebutan kekuasaan
B. Pendirian candi-candi
C. Pengusiran seorang raja
D. Macam-macam bangunan suci
E. Kerukunan umat Hindu dan B
(Cuplikan pada bawah inidigunakan buat menjawab soal nomor 1‑dua)
Entahbagaimana caranya tikus itu memasuki tempat tinggal kami permanen sebuah misteri. Tikusberpikir secara tikus serta manusia berpikir secara insan, hanya manusia-tikusyang sanggup membongkar misteri ini. Semua lubang di semua tempat tinggal kami tutuprapat (sepanjang yang kami temukan), namun tikus itu permanen masuk tempat tinggal . Rumahkami dilingkupi kebun kosong yang luas milik tetangga. Kami menganggap tikus ituadalah tikus kebun.tubuhnya relatif akbar dan bulunya hitam legam.
1. Cuplikan tadi termasuk ke dalam ....
A. Tak berbentuk D. Evaluasi
B. Orientasi E. Resolusi
C. Komplikasi
2. Contoh kata yang memberitahuakn penggambaran sifat ....
A. Berpikir D. Tikuskebun
B. Kosong E. Hitam legam
C. Masuk rumah
(Cuplikan pada bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor tiga‑4)
Sejak itu istri saya amat ketat menjaga kebersihan. Semua piring di rakdibungkus kain, jua loka sendok.tudung saji diberati menggunakan ulekan agartikus tidak mampu menerobos masuk untuk menggasak makanan residu. Gelas bekas sayaminum nescafe‑cream malam hari wajib ditutup kedap. Tempat sampahditutupi pengki penadah sampah sembari diberati batu. Strategi kami adalah semuatempat kuliner ditutup kedap-kedap sebagai akibatnya tikus tidak akan mampu menerobos.
3. Cuplikan tadi adalah suatu komplikasi lantaran ....
A. Memperkenalkan karakter tokoh
B. Menceritakan tentang siapa serta kapan akan terjadinya masalah
C. Sedang menggambarkan adanya masalahyang dialami tokoh
D. Mengandung komentar atas kasus yg dialami tokoh utama
E. Mulai adanya peleraian atas kasus oleh tokoh utama
4. Cuplikan tersebut disusun menggunakan urutan waktu yang ditandai sang penggunaankonjungsi ....
A. Sejak itu D. Malam hari
B. Sebagai akibatnya E.tidak akan
C. Tidak akan
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal angka lima‑6)
“Harus kita temukan sarangnya! Bayi-bayi tikus itu kelaparan ditinggalkedua orangtuanya. Kalau tewas bagaimana? Kalau mereka hayati, rumah kita menjadirumah tikus!” kata istri. Lalu kami melakukan pencarian besar -besaran.bagian-bagian tersembunyi di tempat tinggal kami obrak-abrik, namun bayi-bayi tikustidak ketemu. Bayi-bayi itu juga nir kedengaran tangisnya lagi. “Mungkin adadi para-para. Tapi bagaimana naiknya?” kata aku .
5. Cuplikan tersebut lebih tepat dianggap ....
A. Sosialisasi cerita D.puncak konflik
B. Pengungkapan insiden E.penyelesaian
C. Menuju konflik
6. Contoh kunjungsi pada cuplikan tersebut ....
A. Jika D.namun
B. Harus E.tapi
C. Lalu
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 7‑8)
Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena pada neraka itu banyak temannya didunia terpanggang panas, merintih kesakitan. Dan dia tambah tak mengerti lagidengan keadaan dirinya, lantaran semua orang yg dilihatnya pada neraka tak kurangibadahnya dari beliau sendiri. Bahkan terdapat galat seorang yg sudah hingga empatbelas kali ke Mekah serta bergelar Syeh juga. Lalu Haji Saleh mendekati mereka,kemudian bertanya kenapa mereka di neraka semuanya.namun sebagaimana Haji Saleh,orang-orang itu pun tak mengerti juga.
7. Cuplikan tadi adalah bagian berdasarkan tahapan alur ....
A. Penyelesaian D.zenit konflik
B. Sosialisasi cerita E.pengungkapan peristiwa
C. Menuju konflik
8. Cuplikan cerita pada atas disusun dengan pola ....
A. Kausalitas D. komparasi
B. Kronologis E.spesialisasi
C. Spasial
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 9‑10)
“Oo, kau murka , Pak Tua?Ah, sudah tua suka berongsang!”
“Huss! Apakah kau anggap aku ini pak tuamu?”
“Aku bukan kangmasmu!” bentak kakek-kakek itu lagi.
“Oo, iya! Tentunya saya harus memanggilmu mbah, ya! Aku lupa, sungguh.tapi sebetulnya awal tersebut telah aku ingatkan bila saya bersalah.siapa bersalahwajib diingatkan. Jika tidak demikian? Coba gambarkan, betapa banyak kesalahanyang akan kuperbuat selanjutnya.”
Kakek itu tertunduk. Wajahnya berubah terang. Lalu bicara menggunakan bunyi yg takberdaya.
“Betulkah bicaramu? Aku telah tampak sangat tua?”
“Mengapa?”
“Pantas kau panggil mbah?”
“Hi-hi-hi! Pertanyaanmu itu! Kau kini kentara sekali merasa sedih! Mengapa?Apakah lantaran umurmu yang lanjut, apa karena nir memahami bahwa kau telah tua?”
“Jangan bersenda gurau, Kenes, aku benar -betul bertanya!”
Tikungan pada Dekat Bendungan
oleh St. Ismariasita
9. Konflik yg tergambar dalam kutipan cerpen tadi merupakan mengenai ....
A. Kecemasan tokoh kakek akan ketuaan usianya
B. Ketidakcocokan penggunaan kata sapaan dengan realitas
C. Panggilan yg disampaikan kepada kakek dengan kata mbah dan mas
D. Kakek serta Kenes memperebutkan sapaan mbah dan mas
E. Tokoh Kenes memilih usia seorang, sudah tua ataukah masih muda
10. Koda yang sesuai menggunakan cuplikan cerita itu merupakan ....
A. Pak Tua akhirnya menyadari akan kekeliruannya
B. Akhirnya mereka berjabat tangan sembari tersenyum
C. Perselisihan balik terjadi setelah itu
D. Mereka tetap berselisih sembari mempertahanakan pendapat masing-masing
E. Percekcokan itu nir akan terjadi bila mereka saling menghargai
(Cuplikan cerpen di bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 11‑12)
“Ya, mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya pada tikungan terakhir menujukampungku. “Lebih lezat
jalan kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang.
Aneh dia misalnya tidak hendak menghentikan becaknya. Mungkin beliau sedang mengujimentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat, apakah beliau terusmembuntuti saya atau nir, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layakdilewatinya.
Begitu memasuki gapura kampung, tangan kiriku kutarik berdasarkan saku celana. Duakeping logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah,biarin.
Aku menoleh ke tukang becak yg berhenti tepat pada depan gapura kampung. Iaturun dan berdiri di sana sembari permanen memegangi kemudi becak. Sambil berjalanaku menoleh pulang, beliau permanen membisu bagaikan sebuah monumen. Sesampai pada rumahaku ceritakan pengalamanku pada bunda.
Lama ibuku terdiam serta menatapku serta baru lalu menyampaikan, “Rasanya engkau perlumencoba
jadi tukang becak.”
11. Amanat yg tersirat pada penggalan cerpen pada atas adalah ....
A. Kita wajib memilih-milih tukang becak
B. Kita wajib memahami keadaan tukang becak
C. Kita wajib pintar menawar ongkos becak
D. Jangan memberi hati kepada tukang becak
E. Sebaiknya tukang becak harus memahami diri
12. Tokoh aku berwatak ….
A. Individualis D.mandiri
B. Jemawa E.percaya diri
C. Egois
(Cuplikan pada bawah ini digunakan buat menjawab soal angka 13‑14)
Aku masuk ke pada kantor serta bersalaman menggunakan seorang laki-laki yangtersenyum-senyum yang bernama Pak Bleoncher. Pakaiannya lebih rapi ketimbangpakaianku. Selanjutnya, dia membuka-buka tumpukan kertas, misalnya menata kereserambi.
Aku konfiden Anda akan puas dengannya, pungkasnya, “Dia sudah kami pilih sesuaidengan persyaratan komputer. Tidak terdapat yang melebihi berdasarkan seratus sepuluhwanita yang memenuhi syarat pada Amerika. Kami memilah nir berdasarkan suku,kepercayaan , etnik, ataupun latar belakang regional....”
13. Latar belakang budaya yg terkandung dalam penggalan cerita terjemahan diatas adalah ....
A. Ketaatan D.ketekunan
B. Keramahtamahan E.kesetiaan
C. Kedisiplinan
14. Cuplikan pada atas disusun secara kronologis yang ditandai sang konjungsi....
A. Ataupun D.selanjutnya
B. Yg E.dengan
C. Ke dalam
(Kedua cuplikan cerita berikut dipakai buat menjawab soal angka 15‑16)
Cuplikan I
Sekarang ini yg jadi butir bibir adalah Diandra. Hari-hari pada sekolah initiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu jua dengan sohib gue,Raya danYus yg
setiap hari nyaris ngomongin cewek bernama Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untukmembandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yg punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu istilah temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis,cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri didepan gadis-gadis sekitarnya. Promosi
diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama sahabat-temansekolahnya, akan tetapi jua sama
anak-anak cewek sekitar tempat tinggal , masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggakpandang bulu.
Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
15. Persamaan kedua cuplikan cerita pada atas merupakan ....
A. Tokoh berwatak humoris
B. Berlatar sekolah
C. Bertema percintaan
D. Sudut pandang orang pertama
E. Berbahasa Indonesia yang baik serta benar
16. Perbedaan yg tampak pada cuplikan pada atas ....
A. Cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku utama, cuplikan IImenggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
B. Cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan,cuplikan II menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu
C. Cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan,cuplikan II memakai sudut pandang orang ketiga menjadi pengamat
D. Cuplikan I memakai sudut pandang orang ketiga serba memahami, cuplikan IImenggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
E. Cuplikan I mengunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikanII memakai sudut pandang orang petama pelakau utama
17. Melihat Kardi kepayahan, lelaki di geladak itu, Salim, dengan tangkasmeloncat ke arah Kardi dan merogoh alih keranjang-keranjang yang dibawanya.setumpuk keranjang yg kokoh itu memang terasa berat lantaran basah. Sampai didinding bahtera tubuh Kardi telah hampir lunglai. Salim melemparkan tumpukankeranjang itu ke geladak lalu dengan kedua tangannya yang kekar dia mengangkattubuhnya serta meloncat ke geladak. Kardi telah tidak bertenaga mengangkat tubuhnyasendiri. Salim kembali membantunya, menarik tangan Kardi hingga berhasil naikke geladak.
Pengalaman sehari-hari yg berkaitan menggunakan cuplikan cerita di atas merupakan ….
A. Waktu melaut beserta sahabat
B. Kehidupan di bahari lepas
C. Fungsi keranjang bagi seseorang nelayan
D. Suka sedih sebagai seorang nelayan
E. Pershabatan 2 anak manusia
18. Gadis (1) itu semakin beringas. Kepala yang dijambaknya (dua) sampaitertunduk-tunduk. Seisi kelas riuh. Susah payah saya melerai (tiga) mereka. Suasanasemakin gaduh ketika Rina mulai menangis. Cepat kutarik (4) tubuh si gadismenjauh. Tapi (lima) itu hanya membuat si pemilik rambut yg dijambaknya semakinmengaduh kesakitan.
Bentukan kata yang tidak baku ditandai menggunakan angka ….
A. (1) D.(4)
B. (dua) E.(5)
C. (tiga)
19. Menyadari hal itu seluruh menciptakan Heri jadi orang linglung. (1) Kalau padamulanya Heri tertarik dalam Ichen karena kesederhanaan dan pesona gadis itu,kini , selain daya tarik itu, adalah karena kepandaian gadis itu berperan. (2)Bagaimana mungkin pada waktu yang begitu singkat beliau sanggup berubah penampilan.(tiga) Siapakah Ichen sebenarnya serta apa maunya gadis itu? (4)
Ada kalimat yang terlalu kompleks di pada cuplikan pada atas sebagai akibatnya sulit bagipembaca
untuk memahaminya. Kalimat yg dimaksud ditandai dengan angka ….
A. (1) D.(4)
B. (dua) E.(2, 4)
C. (tiga)
20. Lalu dia sudah hingga di sana waktu tembakan berhenti. Ia nekad berjongkokdan melihat darah meleleh-leleh dalam lengan baju kiri Amir. Di daerah pundak.amir menyeringai dan wajahnya tampak seperti kain kafan. Ia sedang bergelutdengan rasa menggigit-gigit di bahu kiri serta kegembiraan lantaran sahabatkaribnya sudah datang. Betapa akbar arti seorang sababat ketika ia sedangdibutuhkan! Di depannya Amir tidak mau merintik.
Cuplikan di atas bisa diceritakan pulang ke pada sebuah kalimat, yakni ....
A. Amir kepayahan
B. Sahabat sangat penting dalam waktu menderita
C. Peperangan selalu memakan korban
D. Perlu saling menolong pada kondisi kesusahan
E. Seorang korban menanti pertolongan sahabatnya
(Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran BahasaIndoneisa SMA/MA/Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Yrama Widya)
soal teks ceramah 
Hadirin yg aku hormati, dalamkesempatan ini aku akan membahas "Perlunya Keseimbangan antara KebutuhanJasmani dan Rohani." (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jikakeduanya berpisah, seorang tidak dikatakan insan hayati lagi. (3) Baikjasmani maupun rohani keduanya membutuhkan kuliner serta keduanya akan merasakansakit dan sehat. (4) Makanan jasmani hendaknya sinkron menggunakan sifat jasmani itusendiri yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan kuliner rohani yaituspiritual atau mental. (5) Oleh karena itu, perlu adanya ekuilibrium antarakebutuhan jasmani serta rohani.
1. Isu di dalam cuplikan tadi dinyatakan dalam kalimat nomor ....
         a. 1
         b. 2
         c. 3
         d. 4
         e. 5
Jawaban : D. 4
2. Kata-kata persuasif masih ada dalam kalimat angka ....
         a. 1
         b. 2
         c. 3
         d. 4
         e. 5
Jawaban : e. 5
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolahmenggalakkan aktivitas GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Paskibra,PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tadi dengan ceramah.
3. Kalimat pembuka ceramah yg paling sesuai menggunakan gambaran tadi merupakan….
  a.   Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkandapat melaksanakan melalui aktivitas Paskibra, PMR, atau PKS.
  b.   Untuk mengawali aktivitas ulang tahun sekolah, maka OSIS dapatmemulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui PalangMerah Remaja.
  c.   Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik masyarakat awam saja,melainkan jua utnuk pelajar.
  d.   Dalam seramah ini, topik yang akan kita bahas, yaitu masalahGDN yg dapat dilaksanakan sang OSIS melalui Paskibra, PKS, serta PMR.
  e.   Kegiatan ceramah kali ini kita isi menggunakan menggalakkan GDNatau OSIS.
Jawaban :  a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSISdiharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu rendezvous. Dalam rendezvous itu, Amemberikan ceramah selama 2 jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekalitertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan cermah. Pendengarnya banyak yangmengantuk serta ada beberapa orang yg meninggalkan ruangan.
4.kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
      Situasi seperti pada ilustrasi tadi terjadi karena ……
a.      Waktu A berceramah, hari masih pagi
b.      Waktu B berceramah, hari sudah siang
c.      Ceramah A diselingi lelucon
d.      Dalam ceramahnya, B nir bisa melucu
e.      Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
Jawaban : e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
5. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai kepala karang taruna adalah...
a. Yang terhormat mak , bapak, dan saudara termuda-adik, semoga kita senantiasa dalamlindungan Yang Maha Pengasih.
b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapahal mengenai isu terkini.
c. Teman-sahabat, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai denganpembagian tadi.
d. Baiklah, akan segera kita bahas perseteruan yg terdapat hubungannya denganmisuterkini.
e. Bapak-bapak, Ibu-mak , serta hadirin yg terhormat, nantikan program yang akansegera dilaksanakan.
Jawaban : b. Saudara-Saudara, dalam kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakanbeberapa hal tentang berita modern.
6. Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, Amemberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekalitertawa. Pada pukul 10.30, B menaruh ceramah. Pendengarnya poly yangmengantuk dan terdapat beberapa orang yg meninggalkan ruangan.kutipan tersebutadalah penutup ceramah tentang kerja bakti. Kalimat yang cocok menjadi pembukaisi
ceramah tersebut merupakan...
a.   Lingkungan bersih, warganya masyhur
b.   Lingkungan yg teratur, indikasi warganya rajin.
c.   Lingkungan higienis, mengajak warganya sadar.
d.   Lingkungan ditata baik, menjadi tugas pemerintah.
e.    Lingkungan bersih, teratur, melukiskan kepribadian warganya.
Jawaban : b.  Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
Bacalah teks berikut buat menjawab pertanyaan 7 serta 8.
       
          Hadiri yg saya hormati.
          Assalamualaikum Wr. Wb,
          Puji dan syukur kita panjatkan ke hadiratTuhan Yang Mahakuasa karena berkat serta rahmat-Nya, kita bisa berkumpul ditempat ini dalam rangka memperingatkan hari Sumpah Pemuda. Ikrar menurut berbagaiperkumpulan pemuda dalam 28 Oktober 1928 merupakan bertanah air satu, tanah airindonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuanyaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik tentang maknaSumpah Pemuda.
7. Topik pidato tersebut adalah ...
a.   peringatan Sumpah Pemuda
b.   mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
c.   merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
d.   pernyataan ikrar pemuda terjadi dalam tahun 1928
e.    bertanah air satu, berbangsa satu, serta berbahasa satu
Jawaban : a. Peringatan Sumpah Pemuda
8. Kalimat yg bersifat persuasif pada cuplikan tersebut adalah ..
a.     Hadirin yg saya hormati
b.     Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
c.      Puji dan syukur kita panjatkan
d.     Pernyataan ikrar menurut banyak sekali perkumpulan pemuda
e.      Hari ini kita berkumpul buat memperingati haribersejarah
Jawaban : b. Mari kita renungkan pulang makna Sumpah Pemuda
Bacalah teks berikut buat menjawab soal angka 9 dan 10
        (1)Hadirin yg bahagia. (2)Seperti yg kitaketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah mempunyai ciri khas sendiri, yaituteluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih sertadi kelilingi pengunungan menggunakan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbukarang di wilayah perairan ini termasuk jenis yg langka pada global, khususnyaterumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh karena itu aset yg nir ternilaiharganya ini hendaknya kita jaga serta lestarikan supaya dapat diwaris-kan kepadagenerasi mendatang.
9. Cuplikan ceramah tersebut mengungkapkan...
a. Pelestarian dan membuatkan pantai Senggigi.
b. Pantai Senggigi adalah aset wisata pada Pulau Lombok.
c. Keaneragaman terumbu karang pada daerah perairan pantai Senggigi.
d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
Jawaban : b. Pantai Senggigi adalah aset wisata pada Pulau Lombok.
10. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban : d. (4)

Sumber: //zefanyapeter.blogspot.com/2017/08/soal-ceramah-kelas-11-semester-1.html 
Berikut, contoh soal serta jawabanbahasa Indonesia kelas 11 semester 1 bersama jawabannya.
1. Seorang ketua OSIS ditugaskan buat memberi sambutan dalam program perpisahankelas XII. Kalimat pembuka yg tepat merupakan ….
a. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saat ini,aku berdiri di sini buat membicarakan sepatah 2 patah kata.
b. Salam jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalamacara yg sama.
c. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan lantaran berkat rahmat dankarunia-Nya kita dapat berkumpul buat melaksanakan acara perpisahan ini.
d. Inilah acara yang rutim kita lakukan dari tahun ke tahun. Pada kesempatanini, aku akan menyampaikan beberapa kesan dan pesan buat abang-saudara tertua kita.
e. Terima kasih atas saat serta loka yang sudah disedikan buat sayamenyampaikan sambutan pada program perpisahan ini.
Jawaban: c
2. Berikut ini cotoh pembuka sambutan dalam sebuah acara, kecuali ….
a. Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang MahaEsa.
b. Bapak Kepala Sekolah Menengah Atas dua,Bapak dan Ibu Pengajar wali siswa, rekan-rekan murid Sekolah Menengah Atas 2yang berbahagia.
c. Selamat pagi teman-sahabat yg berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakanlomba lari.
d. Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.
e. Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali aku bisa berdiri pada siniuntuk menaruh sambutan.
Jawaban: d
3. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama !
Hadirin yg berbahagia,
Saat ini, intensitas curah hujan sangat tinggi. Sebagimana kita ketahuim sejakbeberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur daerah Jakarta serta sekitarnya.tak pelak lagi, banjir pun tiba tanpa permisi. Menurut data Badan Meteorologidan Geofisika, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama sepekan kedepan.
Seiring datangnya bala banjir, wabah penyakit pun umumnya akan muncul.wabah penyakit yg dimaksud adalah leptospirosis serta diare.leptospirosis  adalah penyakit fauna yg bisa menjangkiti manusia.penyebabnya adalah bakteri berbentuk spiral bernama leptospira. Sementara itu,diare akan ada karena daerah yang tergenang banjir menjadi kotor.
Jiak terserang penyakit leptospirosis, penderita akan mengalami demam tinggi,mual, muntah, sekujur tubuh badan akan terasa sakit, air kencing berwarna merahtua, serta muncul bercak kemerahan pada bola mata lantaran pecahnya pembuluh darah.
Isi pokok naskah pidato tersebut merupakan ….
a. Intensitas curah hujan waktu ini sangat tinggi.
b. Mewaspadai turunnya curah hujan yg sangat tinggi.
c. Bahaya yang ada akibat curah hujan tinggi.
d. Perlunya kewaspadaan terhadap aneka macam penyakit dalam ketika banjir.
e. Perlunya menaikkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkalabanjir tiba.
Jawaban: e
4. Kalimat pesan yang terdapat dalam naskah pidato tersebut adalah ….
a. Berhati-hatilah terhadap curah hujan yg tinggi.
b. Perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap aneka macam penyakit.
c. Perlunya memakai sepatu boot dan sarung tangan karet.
d. Jaga kebersihan lingkungan menggunakan menggalakan higienis-bersih lingkungan .
e. Meghindari bersih-higienis lingkungan bila terdapat bagian tubuh yang terluka.
Jawaban: d
5. Hadirin yang terhormat, dalamkesempatan ini aku akan mencoba membahas bahaya merokok (1). Perokok ataubukan perokok dalam dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaanberbahaya (2). Namun, kalangan industri rokok dan pecandu rokok selalumengajukan alasan klise, bahwa merokok merupakan pilihan eksklusif serta risikonyaditanggung sendiri (tiga).
Alasan tadi dibatah sang kelompok anti merokok, bahwa alasan itu tidakilmiah (4). Untuk mengatasi pertentangan pendapat tadi hendaknya perokokmenyadari tentang apa keuntungan merokok itu (lima).
Kalimat yg menyatakan imbuhan pada penggalan naskah pidato pada atas terdapatpada angka .
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
e. Lima
Jawaban: e
6. Seiring menggunakan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan keperguruan tiggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yangmemadai, maka jauh-jauh hari para orang tua dan para pendidik barusahamemberi bekal atau pengarahan pada para pelajar Sekolah Menengah Atas.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yg paling tepat buat gambaran di atasadalah ….
a. Untuk manjaga agar begitu lulus berdasarkan perguruan tinggi para anak didik tidak hanyamenjadi sarjana pengangguran, maka dalam kesempatan ini aku selaku kepalasekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat tiba kami ucapkan atas kedatangan anak-anak dalam kesempatan ini.
c. Anak-anak seklian, dalam kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentangperlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi denganlapangan kerja yg memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.
e. Pada kesempatan ini para murid disuruh berkumpul pada sini bersama-sama untukmenerima penerangan mengenai pemilihan jurusan pada perguruan tinggi.
Jawaban: c
Cermatilah penggalan teks pidato berikut! 
Bapakdan Ibu Pengajar yang aku hormati, 
Programlain yg relatif penting dilakukan sang pihak sekolah adalah acara waspadanarkoba. Program waspada narkotika dapat dilakukan menggunakan nmengenali cirri-cirisiswa yg menggunakan narkoba. Pihak sekolah harus melakukan razia dadakansecara rutin. . . .
Kalimatyang tepat buat melengkapi kutipan teks pidato tersebut adalah . . .

A.Dengan demikian, pemberantasan penggunaannarkoba di sekolah bisa berjalan dengan lancar.

B.Marilahkita berperan aktif pada memberantas penggunaan narkoba di sekolah.

C.Olehsebab itu, penyelenggaraan razia secara dadakan harus tak jarang dilakukan.

D.Marilahkita membentuk bangsa serta Negara secara bersama-sama.

E.Jikakita sporadis mengontrol murid akan terjadi hal di luar dugaan pengajar serta orangtua.

Cermati kutipan pidato ini dia!

Hadirin yg berbahagia. Upayapenanganan persebaran masalah HIV/AIDS pada Indonesia mendesak buat dibenahi.pasalnya, Indonesia menorehkan prestasi jelek pada menekan penularan penyakityang disebabkan sang virus perusak sistem kekebalan tubuh manusia itu.indonesia mencatatkan diri sebagai negara penularan HIV tercepat pada AsiaTenggara. Kondisi ini telah mengkhawatirkan.untuk itu, ... .
Kalimatpersuasif buat melengkapi kutipan pidato pada atas adalah ... .

A.Indonesiaakan kian terpuruk menggunakan keadaan semacam ini.

B.Indonesiaharusnya terhindar dari penyakit yang belum terdapat obatnya tadi.

C.Marilahkita bekerja keras memberantas penyakit AIDS yang meresahkan warga Indonesia.

D.Marilahkita hindari segala bentuk kemaksiatan yang mampu menularkan virus HIV.

E.Marilahkita hindari para pengidap penyakit AIDS sehingga nir terjadi penularan. 

(Catatan:Kunci jawaban LENGKAP pada proses) tunggu ya……MAAF
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIANAKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII:KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel