PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI NILAI KETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2019 EDISI REVISI


PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI NILAIKETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
A. Pedoman Deskripsi NilaiKeterampilan
Deskripsi nilai keterampilanberdasarkan nilai KD yang menonjol berdasarkan pencapaian KD dalam KI-4 selamasatu semester.
B. Contoh Deskripsi NilaiKeterampilan
Contoh pelukisan nilaiketerampilan“Memiliki keterampilanmengembangkan isi (konflik, argumen, pengetahuan, serta rekomendasi) tekseksposisi secara ekspresi serta/tulis.”

C. Pengolahan Nilai Keterampilan
Nilai keterampilan diperoleh darihasil evaluasi unjuk kerja/kinerja/praktik, proyek, produk, portofolio, danbentuk lain sinkron karakteristik KD mata pelajaran. Hasil evaluasi pada setiapKD pada KI-4 adalah nilai optimal jika penilaian dilakukan menggunakan teknik yangsama serta objek KD yg sama. Penilaian KD yg sama yg dilakukan menggunakan proyekdan produk atau praktik dan produk, maka hasil akhir penilaian KD tersebutdirata-ratakan. Untuk memperoleh nilai akhir keterampilan pada setiap matapelajaran merupakan rerata dari semua nilai KD dalam KI-4 pada satu semester.selanjutnya, penulisan capaian keterampilan pada rapor menggunakan angka padaskala 0 – 100 serta predikat (D – A) dan dilengkapi dengan deskripsi singkatcapaian kompetensi.
Contoh :
Berikut cara pengolahan nilaiketerampilan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X yg dilakukan melaluipraktik pada KD 4.1 sebesar 1 kali dan KD 4.2 sebesar 2 kali. KD 4.tiga dan KD4.4 dievaluasi melalui satu proyek. Selain itu KD 4.4 pula dievaluasi melalui satukali produk.

Keterangan:
1. Pada KD 4.1, 4.2, serta 4.tiga Nilai Akhir diperoleh menurut nilai optimum, sedangkanuntuk 4.4 diperoleh dari rata-homogen lantaran menggunakan proyek serta produk.
2. Nilai akhir semester didapat dengan cara merata-ratakan nilai akhir padasetiap KD.


4. Nilai rapor keterampilandilengkapi pelukisan singkat kompetensi yang menonjol menurut pencapaian KDpada KI-4 selama satu semester.
Deskripsi nilai keterampilan diatas adalah: “Memiliki keterampilan mengembangkanisi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secaralisan dan/tulis.”

Rujukan
Hatikah,Tika dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMA: Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum2013 SMA Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

RAMBU-RAMBU/PEDOMANPENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAIKETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISIREVISI

A. Rambu-Rambu PencapaianSikap

1. Deskripsi sikap terdiri atas sikapyang sangat baik dan/atau perilaku kurang baik yg memerlukan training danpembimbingan.

2. Deskripsi perilaku menggunakankalimat yg bersifat memotivasi menggunakan pilihan istilah/frasa yg bernadapositif. Hindari frasa yg bermakna kontras, contohnya: ... Namun masih perlupeningkatan pada ... Atau ... Namun masih perlu bimbingan pada hal ...


B. Pedoman Deskripsipengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisikompetensi yang sangat baik dikuasai sang siswa dan/atau kompetensiyang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman DeskripsiNilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilanberdasarkan nilai KD yang menonjol berdasarkan pencapaian KD dalam KI-4 selamasatu semester.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel