PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2019 EDISI REVISI


PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSIPENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisikompetensi yang sangat baik dikuasai oleh siswa dan/atau kompetensiyang masih perlu ditingkatkan. 
Contoh deskripsi: “Memilikikemampuan menganalisis struktur serta kebahasaan teks eksposisi, tetapi perlupeningkatan kemampuan menganalisis isi serta aspek kebahasaan menurut minimal duateks laporan output observasi.”
Berikut model tabel pengolahanpenilaian pengetahuan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester I.
Keterangan:
1. Penilaian harian dilakukan sang guru dengan cakupan meliputi seluruhindikator
dari satu kompetensi dasar
2. Penilaian akhir semester merupakan aktivitas yg dilakukan sang satuan pendidikan
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam akhir semester.
Cakupan evaluasi mencakup semua indikator yang merepresentasikan seluruh KD
pada semester tersebut
3. KD tiga.1 dilakukan tagihan evaluasi sebanyak tiga kali yg terdiri atas PH duakali
dan PAS satu kali, maka nilai pengetahuan pada KD tiga.1



4. Nilai akhir rapor




5. Deskripsi berisi kompetensi yg sangat baik dikuasai oleh peserta didikdan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. Pada nilai pada atas yg kuasaipeserta didik merupakan KD 3.4 dan yg perlu ditingkatkan dalam KD 3.2.
Contoh deskripsi: “Memiliki kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan tekseksposisi, tetapi perlu peningkatan kemampuan menganalisis isi serta aspek kebahasaandari minimal 2 teks laporan hasil observasi.”
Rujukan
Hatikah,Tika dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMA: Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum2013 Sekolah Menengah Atas Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

RAMBU-RAMBU/PEDOMANPENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAIKETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISIREVISI

A. Rambu-Rambu PencapaianSikap

1. Deskripsi sikap terdiri atas sikapyang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan training danpembimbingan.

2. Deskripsi sikap menggunakankalimat yg bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yg bernadapositif. Hindari frasa yg bermakna kontras, contohnya: ... Namun masih perlupeningkatan dalam ... Atau ... Tetapi masih perlu bimbingan pada hal ...


B. Pedoman Deskripsipengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisikompetensi yg sangat baik dikuasai oleh siswa dan/atau kompetensiyang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman DeskripsiNilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilanberdasarkan nilai KD yg menonjol menurut pencapaian KD dalam KI-4 selamasatu semester.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel