PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP PADA KURIKULUM 2019 EDISI REVISI



RAMBU-RAMBU DAN CONTOH DESKRIPSIPENCAPAIAN SIKAP PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

A. Rambu-Rambu Deskripsi PencapaianSikap
Rambu-rambu deskripsi pencapaiansikap dalam kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 adalah menjadi Berikut.
1. Sikap yg ditulis adalah perilaku spritual dan perilaku sosial yangmerepresentasikan ketercapaian sikap dalam KI-1 dan KI-dua.
2. Substansi perilaku spiritual merupakan hal-hal yang berkaitan menggunakan menghayatidan mengamalkan ajaran kepercayaan yg dianutnya.
3. Substansi perilaku sosial adalah hal-hal yg berkaitan dengan menghayati serta mengamalkanperilaku amanah, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, responsif serta pro-aktif.sikap tadi menunjukkan perilaku sebagai bagian dari solusi atas aneka macam permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial serta alam serta dalammenempatkan diri menjadi cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
4. Hasil penilaian pencapaian perilaku pada bentuk predikat dan pelukisan.
5. Predikat pada evaluasi sikap bersifat kualitatif, yakni: Sangat Baik,Baik, Cukup, serta Kurang.
6. Predikat tersebut ditentukan berdasarkan judgement isi pelukisan olehpendidik.
7. Apabila siswa nir terdapat catatan apapun pada jurnal, sikap pesertadidik tadi diasumsikan BAIK.
8. Deskripsi perilaku terdiri atas perilaku yg sangat baik dan/atau perilaku kurangbaik yang memerlukan pembinaan serta pembimbingan.
9. Deskripsi sikap menggunakan kalimat yg bersifat memotivasi menggunakan pilihan istilah/frasayang bernada positif. Hindari frasa yg bermakna paradoksal, misalnya: ... Tetapimasih perlu peningkatan dalam ... Atau ... Namun masih perlu bimbingan dalam hal...
10. Deskripsi perilaku menjelaskan perkembangan sikap/perilaku siswa yg sangatbaik serta/atau baik serta yg mulai/sedang berkembang.
11. Deskripsi perilaku spiritual “dijiwai” oleh deskripsi dalam mata pelajaranPendidikan Agama dan Budi Pekerti, sedangkan pelukisan mata pelajaran lainnyamenjadi penguat.
12. Deskripsi perilaku sosial “dijiwai” sang pelukisan dalam mata pelajaran PPKn,sedangkan deskripsi mata pelajaran lainnya menjadi penguat.
13. Sikap dikembangkan selama satu semester, pelukisan nilai/perkembangan sikappeserta didik didasarkan pada perilaku peserta didik dalam masa akhir semester.oleh karenanya, sebelum pelukisan sikap akhir semester dirumuskan, pengajar matapelajaran, guru BK, serta wali kelas wajib mengusut jurnal secara keseluruhanhingga akhir semester untuk melihat apakah telah ada catatan yg menunjukkanbahwa perilaku peserta didik tersebut telah menjadi sangat baik, baik, atau mulaiberkembang.
14. Apabila siswa memiliki catatan sikap KURANG baik pada jurnal danpeserta didik tadi belum menampakan adanya perkembangan positif, deskripsisikap peserta didik tersebut didiskusikan pada kedap dewan guru pada akhirsemester. Rapat dewan pengajar memilih kesepakatan mengenai predikat dandeskripsi sikap KURANG yg harus dituliskan, dan jua konvensi tindaklanjut pembinaan peserta didik tadi. Tindak lanjut training sikap KURANGpada siswa sangat bergantung dalam kondisi sekolah, pengajar danketerlibatan orang tua/wali siswa.
B. Contoh Predikat serta Deskripsi Penilaian Sikap
Tabel 1. Contoh Predikat danDeskripsi Penilaian Sikap Spiritual
Predikat
Deskripsi
Baik
Selalu bersyukur serta berdoa sebelum melakukan kegiatan dan memiliki toleransi pada agama yg tidak sinkron; ketaatan beribadah mulai berkembang.


Tabel dua. Contoh Predikat serta Deskripsi Penilaian Sikap Sosial

Predikat
Deskripsi
Sangat
Baik
Memiliki perilaku santun, disiplin, dan tanggung jawab yg baik, sangat responsif pada pergaulan dan mempunyai kepedulian sangat tinggi.

Predikat
Deskripsi
Cukup
Memiliki perilaku santun, kurang peduli, percaya diri, kurang disiplin, serta tanggungjawab mulai semakin tinggi. Perlu pendampingan serta pembinaan
secara intensif.


Catatan:

Kriteria penilaian perilaku dibuatoleh sekolah diadaptasi menggunakan peraturan serta karakteristik satuan pendidikansebagai acum buat memilih nilai akhir predikat dan deskripsi sikappeserta didik pada rapor.

Rujukan

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas DitjenPendidikan Dasar serta Menengah. 2017. PanduanPenilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA. Jakarta: DirektoratPembinaan Sekolah Menengah Atas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah


RAMBU-RAMBU/PEDOMANPENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAIKETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISIREVISI

A. Rambu-Rambu PencapaianSikap

1. Deskripsi sikap terdiri atas sikapyang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yg memerlukan training danpembimbingan.

2. Deskripsi sikap menggunakankalimat yg bersifat memotivasi dengan pilihan istilah/frasa yg bernadapositif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... Namun masih perlupeningkatan dalam ... Atau ... Namun masih perlu bimbingan dalam hal ...


B. Pedoman Deskripsipengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisikompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensiyang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman DeskripsiNilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilanberdasarkan nilai KD yg menonjol berdasarkan pencapaian KD pada KI-4 selamasatu semester.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel