BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019 CONTOH SOAL DAN KUNCI JAWABAN
Thursday, October 14, 2021
Edit
BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRAINDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGANINDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN
Berikutdisajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 Sekolah Menengah Atas/MA mata pelajaran SastraIndonesia yg dikembangkan menurut KISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah Atas/MA berdasarkan KeputusanBadan Standar Nasional Pendidikannomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018TentangKisi-Kisi Soal Ujian Nasionaluntuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
BEDAHKISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA
INDIKATOR MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
MEMBACA SASTRA
mengidentifikasi istilah yang bermakna simbolik/majas/kias pada karya sastra
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan istilah berlambang peserta didik bisa memilih makna istilah berlambang pada puisi tersebut
1
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yg menggunakan kata berlambang, peserta didik dapat memilih majas pada larik tertentu
2
mengidentifikasi unsur teks sastra
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran tabiat tokoh, siswa dapat menentukanwatak tokoh
3
Disajikan kutipan novel/cerpen yg berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik bisa memilih pendeskripsian tabiat tokoh
4
Disajikan kutipan novel/cerpen yg berisi latar, peserta didik bisa memilih latar cerita
5
Disajikan kutipan teks deskriptif (cerpen/novel), siswa bisa menentukan tahapan alur yg sesuai menggunakan kutipan teks tadi.
6
memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek, peserta didik bisa menentukan isi puisi tersebut
7
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat menentukan peristiwa yg terdapat pada kutipan tersebut
8
menyimpulkan isi implisit pada karya sastra
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yg menggunakan, siswa dapat menentukan amanat puisi tersebut
9
menginterpretasi interaksi isi sebab/akibat permasalahan pada karya sastra
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya mendeskripsikan pertarungan antartokoh, peserta didik bisa memilih perseteruan yang masih ada dalam kutipan tersebut
10
Disajikan kutipan teks deskriptif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan permasalahan dalam teks tersebut
11
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), siswa bisa menentukan peristiwa penyebab permasalahan tersebut
12
menginterpretasi nilai
Disajikan kutipan cerpen yang mendeskripsikan nilai-nilai tertentu, peserta didik bisa memilih nilai (moral/sosial/budaya) yang masih ada dalam kutipan tadi.
13
membandingkan, pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra)
Disajikan kutipan naskah sastra usang (hikayat/dongeng) dan kutipan novel yang di dalamnya masih ada penggambaran watak tokoh yang tidak selaras, siswa dapat menentukan disparitas ke 2 watak tokoh tersebut.
14
Disajikan kutipan sinopsis (teks 1) serta resensi novel (teks 2), peserta didik bisa menentukan disparitas/persamaan ciri dari ke 2 kutipan tersebut.
15
menganalisis bukti latar, perwatakan
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik bisa memilih verifikasi latar dalam novel/cerpen tersebut
16
Disajikan kutipan novel yg kalimatnya bernomor serta mendeskripsikan watak tokoh (sabar/pemarah/masa kolot dll), peserta didik dapat menentukan kalimat pembuktian watak tokoh pada kutipan tadi.
17
mengaitkan isi menggunakan kehidupan waktu ini
Disajikan kutipan cerpen yg mendeskripsikan nilai-nilai eksklusif, siswa bisa memilih - hubungan nilai (moral/sosial/budaya) yg masih ada dalam kutipan tadi menggunakan kehidupan sehari-hari.
18
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan resensi mengenai drama, siswa dapat memilih kalimat ulasan yg menggambarkan kelemahan/keunggulan drama tadi.
19
Disajikan kutipan novel, siswa bisa memilih kalimat resensi yg menyatakan keunggulan kutipan novel tersebut.
20
membandingkan gaya serta bahasa karya sastra
Disajikan kutipan hikayat dan kutipan cerpen, siswa bisa menentukan disparitas penggunaan bahasa ke 2 kutipan tersebut.
21
meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik bisa memilih kalimat berupa kompendium kutipan tersebut menggunakan tepat.
22
menanggapi/mengomentari isi karya sastra
Disajikan kutipan drama, siswa bisa menentukan kalimat tanggapan yg sesuai dengan pembabakan teks berdasarkan kutipan teks drama dua babak singkat
23
Disajikan kutipan drama, siswa bisa memilih kalimat yang menyatakan evaluasi konduite berbahasa tokoh pada kutipan teks drama
24
MENULIS SASTRA
melengkapi majas/makna simbolik
Disajikan sebuah puisi pendek yang dirumpangkan keliru satu lariknya, siswa bisa melengkapi puisi tadi menggunakan larik bermajas yang tepat.
25
melengkapi unsur karya sastra puisi
Disajikan sebait pantun yg dirumpangkan satu larik bagian isinya, peserta didik dapat melengkapi isi pantun menggunakan larik yang sempurna.
26
melengkapi karya sastra prosa fiksi
Disajikan kutipan cerpen yg dirumpangkan, peserta didk bisa menentukan kalimat sudut pandang orang ketiga yg tepat buat melengkapi kutipan cerpen
27
Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan latar yg tepat buat melengkapi kutipan cerpen
28
melengkapi karya sastra drama
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, siswa dapat memilih petunjuk gerak yang tepat buat melengkapi teks drama
29
Disajikan kutipan teks drama yg dirumpangkan, siswa dapat Menentukan kalimat dialog yg sempurna buat melengkapi teks drama
30
mengurutkan unsur teks sastra
Disajikan rangkaian peristiwa yg diacak urutan kalimatnya, siswa dapat menentukan urutan insiden tadi dengan tepat.
31
Disajikan topik dan kata kunci suatu peritiwa, peserta didik bisa menentukan pengembangan cerpen berdasarkan topik dan istilah kunci suatu peristiwa
32
Disajikan tema suatu cerita, siswa bisa menentukan pengembangan cerita pendek menggunakan sudut pandang orang ketiga yg sinkron dengan tema
33
memvariasikan unsur karya sastra berbentuk puisi
Disajikan gambaran makna gurindam, siswa dapat memilih gurindam yg sesuai dengan gambaran tersebut.
34
Disajikan tema sebuah puisi, peserta didk dapat menentukan puisi yang sesuai menggunakan tema puisi tentang kegigihan seseorang pada kehidupan
35
Disajikan 4-6 kata (alam/rona/sifat/benda), peserta didik dapat memilih puisi yg sesuai dengan kata tadi.
36
memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi
Disajikan kutipan novel/cerpen, peserta didik bisa menentukan ungkapan yg sinkron menggunakan kutipan tersebut.
37
Disajikan kutipan teks hikayat, peserta didik dapat memilih dengan sempurna ubahan hikayat ke dalam bentuk cerpen.
38
memvariasikan karya sastra yg berbentuk drama
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan ubahan drama tersebut ke pada bentuk cerpen.
39
menyusun kritik serta esai menurut teks sastra yang disajikan
Disajikan kutipan (cerpen/novel/), siswa bisa memilih kalimat esai (tanggapan) yg sinkron dengan kutipan tersebut.
40
Disajikan puisi pendek secara utuh, peserta didik dapat memilih kalimat kritik yg sesuai dengan puisi tersebut.
41
ASPEK KESASTRAAAN
mengidentifikasi bentuk karya sastra
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat memilih pembuktian periodisasi dalam puisi tersebut
42
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi ciri sastra usang tersebut, , siswa dapat menentukan: karakteristik sastra lama
43
Disajikan kutipan puisi yg menunjukkan ciri jenis puisi tertentu (pantun/syair/gurindam), peserta didik bisa menentukan perbedaan/persamaan jenis puisi tersebut.
44
mengidentifikasi aspek kesastraan dalam puisi, prosa fiksi, dan drama
Disajikan puisi yang terdiri menurut satu/2 bait yg rima akhirnya (silang, berpeluk, rata, sejajar), siswa bisa menentukan jenis rima tersebut.
45
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik bisa menentukan citraan pada larik tertentu
46
Disajikan kutipan naskah drama, peserta didik bisa menentukan pembabakan alur dalam kutipan drama tadi.
47
menafsirkan aspek kesastraan pada puisi
Disajikan kutipan puisi yg menggambarkan budaya, siswa bisa menentukan baku budaya yang dianut masyarakat pada kutipan puisi
48
menafsirkan aspek kesastraan pada prosa fiksi
Disajikan kutipan naskah sastra usang (hikayat, dongeng) yang berisi ciri sastra lama tadi, siswa dapat menentukan watak tokoh dalam kutipan sastra usang tersebut
49
Disajikan kutipan naskah sastra usang (hikayat/dongeng), peserta didik dapat memilih nilai (moral/sosial/kepercayaan /budaya) dalam kutipan tersebut yg masih dijumpai pada kehidupan kini .
50
menafsirkan aspek kesastraan dalam drama
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya mendeskripsikan watak tokoh, siswa bisa menentukan sifat/watak tokoh drama tersebut
51
Disajikan kutipan naskah drama yg dialognya menggambarkan watak tokoh dan perseteruan antartokoh, siswa dapat menentukan amanat yang tersirat dalam kutipan tersebut
52
mengkritik aspek kesastraan pada puisi
Disajikan kutipan puisi baru, siswa dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan aspek (bentuk/rima/irama) dalam puisi tadi.
53
mengkritik aspek kesastraan dalam prosa fiksi
Disajikan kutipan cerpen/novel siswa dapat menentukan kalimat kritik menurut kutipan cerpen tersebut.
54
mengkritik aspek kesastraan pada drama
Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan kalimat kritik dari kutipan drama tersebut.
55
Catatan: Jumlah buah soal UNSastra Indonesia 40 buah soal. Indikator soal tadi disusun berdasarkanvariasi soal pada UN tahun 2017 dan 2018
BACA
SOAL PERSIAPAN UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA DAN KUNCI JAWABAN KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html