SOAL PERSIAPAN UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA DISERTAI KUNCI JAWABAN


SOALUJIAN NASIONAL SMA/MA PROGRAM BAHASA
MATAPELAJARAN: SASTRA INDONESIA
Cermatilahpuisi berikut buat menjawab soal nomor 1 dan 2!

Persetujuan dengan Bung Karno

ChairilAnwar

Ayo! Bung Karnokasi tangan mari kita bikin janji 
Aku telah cukuplama menggunakan bicaramu
Di panggang diatas apimu, digarami lautmu
……
Bung Karno! Kaudan saya satu zat satu urat 
Di zatmu dizatku kapal-kapal kita berlayar
Di uratmu diuratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh

1.Puisi pada atas termasuk karya sastra periode…

A.1920-an

B.1930-an

C.1945

D.1966

E.1970-an

2.Isi puisi tersebut merupakan ... .

A.keberanianuntuk mengambil keputusan

B.persamaankeinginan, pendapat, serta tujuan

C.kesamaanlangkah pada mencapai cita-cita

D.kesepakatanmempertahankan kemerdekaan Indonesia

E.tantangandan kendala mempertahankan kemerdekaan

3.Cermatilahkutipan cerita sastra lama berikut!

Hatta beberapa lamanya maka isteri si Miskin itupun hamillah tiga bulanlamanya. Maka isterinya menangis hendak makan buah mempelam yg terdapat di dalamtaman raja itu.

Maka suaminya itupun terketukkan antingnya tatkala ia pada Keinderaanmenjadi raja tiada dia mau beranak. Maka sekarang telah mudhorot. Maka baharulahhendak beranakseraya mengungkapkan kepadaisterinya, ”Ayo, hay Adinda Tuan hendak membunuh kakandalah rupanya initiadakah Tuan tahu akan hal kita yg sudah lalu itu jangankan hendak memintabarang suatu. Hampir kepada kampung orang tiada boleh.” Setelah didengar olehisterinya istilah suaminya demikian itu, maka makinlah sangat ia menangis.

Maka istilah suaminya, ”Diamlah Tuan, jangan menangis! Berilah kakandapergi mencaharikan Tuan buah mempelam itu, jikalau dapat oleh kakanda akan buahmempelam itu kakanda berikan dalam Tuan”. Maka isterinya itu pun diamlah. Makasuaminya itu pun pergilah ke pasar mencahari buah mempelam itu. Setelah sampaidi kedai orang berjual buah mempelam. Maka si Miskin itu pun berhentilah disana. Hendak pun dimintanyatakutia akan dipalu orang. Maka istilah orang yangberjualan butir mempelam itu, ”Hai miskin. Apa kehendakmu?”

Maka sahut Si Miskin, ”Jikalau terdapat belas dan kasihan serat Rahim Tuanakan hamba orang miskin hamba ini minta diberikan yang sudah terbuang itu.hamba hendak memohonkan buah mempelam Tuan yg telah busuk itu barang sebijisahaja tuan.” Maka terlalu belas hati sekalian orang pasar itu yg mendengarkata si Miskin. Seperti hancurlah rasa hatinya maka terdapat yg memberi buahmempelam ada yg menaruh nasi terdapat yang menaruh kain baju ada yangmemberikan buah-buahan. Maka si Miskin itu pun heranlah akan dirinya sang sebabdiberi orang pasar itu aneka macam-bagai jenis anugerah. Adapun akan dahulunyajangankan diberinya barang suatu hamper pun tiada boleh. Habislah dilemparnyadengan kayu dan batu. Setelah telah beliau berpikir pada hatinya demikian itu,maka iapun kembalilah ke dalam hutan mendapatkan isterinya. Maka katanya,”Inilah Tuan, buah mempelam serta segala buah-buahan dan makan-kuliner serta kainbaju. Itupun diinjakkannyalah isterinya seraya menceriterakan hal ihwalnyatatkala dia di pasar itu. Maka isterinya pun menangis tiada mau makan jikalaubukan butir mempelam yg di dalamtamanraja itu.biarlah saya mati sekali.

(Hikayat Si Miskin)

Isicerita hikayat tadi merupakan ... .

A.SiMiskin dan istrinya telah usang ingin segera mempunyai anak.

B.Istrimeminta buah mempelam pada taman raja sama dengan ingin membunuh suaminya.

C.Keheranansi Miskin akan kebaikan hati para penjual di pasar kepadanya.

D.Istrisi Miskin yang sedang hamil ingin makan buah mempelam yg pada taman raja.

E.Upayaseorang suami buat bisa memenuhi cita-cita istrinya yang sedang hamil.

4.Cermatilah kutipan teks drama berikutini!

AdeganSarjono dan Maria dengan menggendong bakul dan mengenakan topi caping.

Maria:"Sar...sarjono!"

Sarjono:"Adaapa?"

Maria:"Akumelihat sepintas,bayangan orang pada sanal"

Sarjono:"Tenangsaja!"

Maria:"Tenang. . . Tenang! Tenang bagaimana? Kalau musuh?"

Sarjono:"Musuh?Maria, kita ini jualan butir serta nir punya musuh. Kita harus yakin,yang berani beranjak pada malam hari hanyaTNI. Ayo jalan!"

Maria:"Tapi,bulu kudukku berdiri."

Sarjono:"Makajangan pada sini, yuk terus jalan!"

Keduanyaberjalan menggunakan sesekali menoleh ke belakang. Topi caping pada tangan kiri.Tangan kanan pada balik seakanmemegang seniata.

Isi penggalan teks drama tadi adalah..,

A.KetakutanMaria melihat bayangannya.

B.KeberanianMaria berjalan di malam hari.

C.Mariaberjualan buah-buahan.

D.KeberanianSarjono menyamar.

E.PenyamaranMaria serta Sarjono pada perjuangan

5.Watak tokoh "Sarjono" dalamdialog tersebut merupakan ..,.

A.mudahtersinggung

B.bijaksana

C.penghianat

D.pemaaf

E.pemberani

6.Cermatikutipan cerpen berikut!

Itulah yang dikhawatirkan Jalil. Apabila pada pantai ini dibangun hotel-hoteldan cafe kemudian dipenuhi turis, maka perlahan-huma penduduk orisinil pantai ini akanterusir berdasarkan kampung halamannya sendiri. Mereka tak akan bebas lagi berjalan-jalanmengitari pantai sebab harus membayar karcis masuk. Nelayan-nelayan tak akanbebas melabuhkan bahtera- perahunya di pantai ini sebab pantai ini telah menjaditempat wisata. Perahu-perahu nelayan mungkin akan dipercaya mengganggukenyamanan pengunjung yang datang. Bahkan, bila semakin banyak juga huma-lahanwarga yang digusur demi berbagi fasilitas pantai. Pengusaha akan mendapatbanyak untung, orang-orang kampung akan buntung.

Jalil berkecimpung meninggalkan pantai itu saat sengatan matahari semakinmengganas. Jalil memang hanya seseorang nelayan, namun dia bukanlah nelayan bodohyang tidak pernah mengenyam pendidikan.

(Lelaki Penjaga Laut, Badrul Munir Chair)

Nilaisosial yg masih ada pada kutipan cerpen tersebut merupakan ... .
A.Pengembanganarea nelayan menjadi tempat wisata.

B.Penggusuranlahan pantai untuk membuat fasilitas pantai.

C.Terampasnyakebabasan serta keakraban masyarakat pantai

D.Kekhawatiranakan sirnanya relasi menggunakan alam.

E.Hubunganpengembang pantai dan masyarakat pantai.

Penggalancerpen berikut digunakan buat menjawab soal nomor 7 dan 8. 
Bacalahdengan cermat!
Lamaaku merasakehilangan, karena setiap akutidur, aku selalu minta didongengi. Mungkin inilah awal mula mengapa aku begitumudah memindahkan dongeng-dongeng itu ke atas kertas, dan kemudian ada penerbityang tahu cara mencari uang menggunakan sejumlah dongeng. Aku bersyukur kepadaAllah, karena menggunakan kematian nenek, aku mampu berpikir sendiri, serta sesudah akumeningkat remaja serta dewasa, aku bisa meringankan beban orangtua menggunakan hasilbuku-buku dongeng yang dipesan pada jumlah ratusan ribu eksemplar buat proyekinpres.
"Dari titik inilah saya mengenal hidup." Dongeng-dongeng itulah yangakhirnya membuat saya mampu lulus perguruan tinggi. Meskipun mak masih jugamengirimkan uang buat kontrakan kamar serta biaya makanku sehari-hari, akantetapi, uang itu dengan caraku sendiri kumasukkan ke dalam bank, serta waktu akuakan diwisuda, kukirim tiket buat kedua orangtuaku menghadiri suatu peristiwabersejarah pada hidupku itu.
Intu Lingau:Korrie Lavun R

7.Nilai budaya dalam penggalan tersebutyang masih dijumpai dalam kehidupan sekarang merupakan ...

A.Merantauke luar kota buat berdagang dan belajar.

B.UpacaraWisuda dihadiri sang kedua orang tua.

C.Menjualcerita dongeng pada penerbit.

D.Meringankanbeban orang tua menggunakan jual buku.

E.Mendongengianak sebelum tidur malam.

8.Sudut pandang yg digunakan pengarangdalam penggalan tersebut adalah .,..

A.orangpertama pelaku utama

B.orangpertama pelaku sampingan

C.orangketiga terbatas

D.orangketiga terarah

E.orangketiga serba tahu

Cermatilahkutipan cerita sastra lama berikut buat menjawab soal nomor 9 dan 10!
”Hai,kenapa kalian berhenti! Tunjukkanlah pada kami bahwa mata air itu milikkalian! Atau jangan-jangan kalian telah menyerah!” seru Mbu`i Bungale.
”Diamkau, hai wanita cerewet! Jangan hanya pintar bicara!” sergah pemimpinpelancong itu balik menantang Mbu`i Bungale. ”Jika kamu pemilik mata air ini,buktikanpula pada kami!”
”Baiklah,Tuan-Tuan! Ketahuilah bahwa Tuhan Mahatahu mana hambanya yg benar,permintaannya akan dikabulkan!”ujarjawab Mbu`i Bungale menggunakan penuh keyakinan.
Usaiberkata begitu, Mbu`i Bungale segera duduk bersila di samping suaminya serayabersedekap. Mulutnya pun komat-kamit membaca doa. ”Woyi, air kehidupan, mataair sakti, mata air yang mempunyai berkah. Melebar serta meluaslah wahai mata airpara bidadari.... Membesarlah....!!!” demikian doa Mbu`i Bungale.
Usaiberdoa, Mbu`i Bungale segera mengajak suaminya dan memerintahkan keempatpelancong tadi buat naik ke atas pohon yg paling tinggi lantaran sebentarlagi kawasan itu akan tenggelam. Doa Mbu`i Bungale pun dikabulkan. Beberapasaat kemudian, perutbumi tiba-tibabergemuruh, tanah bergetar serta menggelegar. Perlahan-lahan mata air Tupalomelebar dan meluas, lalu menyemburkan air yang sangat deras. Dalam waktusekejap, loka itu tergenang air. Keempat pelancong tadi takjub melihatkeajaiban itu dari atas pohon kapuk.

9.Isi cerita tersebut merupakan ... .

A.Niatbaik akan menjadikan kebaikan. Demikian juga kebalikannya, keserakahan dapatmembahayakan diri sendiri.

B.Lebihbaik kita mengalah daripada mempertahankan hal-hal yg dapat membahayakan dirikita.

C.Lakukansebisa yg kita lakukan demi mempertahankanharga diri yang disepelekan orang lain.

D.Berbuatbaiklah kepada orang lain lantaran Tuhan akan memelihara dan mengabulkan doaorang yang baik.

E.Bumipun akan murka apabila orang-orang yang mendiami bumi ini berbuat serakah danmengakui yg bukan miliknya.

10.Keterkaitanisi cerita tadi dengan kehidupan kini merupakan ... .

A.Denganbesar hati mengakui kesalahan yg telah diperbuat.

B.Melakukanritual berdoa sebelum melakukan suatu pekerjaan.

C.Berusahamenyelamatkan diri waktu bala alam melanda.

D.Suamidan istri saling mendukung dalam menghadapi masalah.

E.Masihsaja terdapat orang yang mengakui barang milik orang lain.

11.Cermatilahkutipan hikayat berikut!

Alkisah ada seorangraja pada negeri Bahi bernama Gementar Syah. Maka, dalam suatu hari baginda itu pergiberburu. Maka beliau pun bertemu dengan seekor kijang beranak belia. Apabila kijangitu melihat orang poly tiba, maka dia pun larilah meninggalkan anaknya. Makabaginda pun terlalu kasihan melihat anak kijang itu. Maka, pada, hati Raja,"Jikalau tidak ibunya menyusui dia, tidaklah hidup anak kijang ini. Sayangpula aku akan dial Hendak kubawa pergi akan permainan anakku." Serayabaginda bertindak. "Hai Perdana Mentriku cari akan bunda kiang itu.
Pembuktian tokoh "Raja"seorang penyayang binatang masih ada dalam...

A.Seorangraja yg suka berburu bertemu menggunakan seekor kijang belia.

B.Seekorkijang kaget melihat orang banyak tiba serta kaburlah beliau.

C.Rajaberhasil menembak seekor kijang muda.

D."HaiPerdana Menteriku cari akan ibu kijang itu."

E.Rajapun kasihan akan anak kijang Ialu menyuruh buat mencari induknya.

12.Cermatikedua kutipan berikut!

Teks1:Kutipan Cerita

Karenapenasaran,suatuhariakupernahmendengardaribibi,kalauibuharusberjuang 5 tahunlamanya menunggu kelahiranku hingga merasa kakakku telah cukup akbar serta siapmerawatku. Kakak memiliki syarat yg sangat baik waktu masih kecil tapitiba-tiba waktu berusia lima tahun, beliau mengalami demam panas yg tinggi hinggamembuat dirinya kelenger, waktu dilarikan ke rumah sakit otaknya mengerut danakhirnya beliau jadi seperti ini hingga tidak sanggup disembuhkan lagi, dia pula mengalamimasalah kesehatan karena tubuhnya mudah terjangkit virus sebagai akibatnya tak bolehterlalu Lelah.
(MyIdiot Brother, Agnes Davonar)

Teks2:Kutipan Hikayat

Syahdan maka siti Sarahpun genaplah bulannya itu, maka ini pun sakit perutlahakan hendak beranak itu. Maka segala biniorang besar -besar dan bini orang kaya-kaya pun masuklah mengadap Raja perempuanakan beranak itu. Maka pada waktu yang baik dan dalam ketika yg paripurna makaRaja wanita pun beranaklah seseorang anak laki- laki terlalu amat baik rupanyaitu dari ayahanda Baginda itu. Maka disambut oleh segala bini orangbesar-akbar itu kemudian dimandikan oleh bini segala raja-raja dalam pasuh emas.setelah telah dimandikan sang bini segala raja-raja itu, maka lalulahdipakaikan kain yg keemasan. Setelah telah itu maka diberikan nama olehBaginda ibu akan anakanda itu Raja Siwalkhar itu. Setelah itu makadipungutkan ayahanda serta efek sang bunda Baginda maka lalulah dipeliharakandengan tampaknya itu serta betapa adatnya orang segala raja-raja yg beranak.
(HikayatBayan Budiman)

Persamaan tema menurut ke 2 teks tersebutadalah ... .

A.peranorang tua pada mengasuh anak

B.menjagadan merawat anak

C.menantikehadiran oleh butir hati

D.kasihsayang orang tua pada anak

E.kehadirananak dalam keluarga

13.Cermati pernyataan berikut!

Perkataan yg nir sopan akan menyebabkan orang lain menjadi murka .

Bait gurindamyang isinya sesuai dengan pernyataan tadi adalah…

A.Cahari olehmuakan awan

Pilihsegala orang yg setiawan

B.Kurang pikirkurang siasat

Tentu dirimuakan tersesat

C.Apabilaterpelihara pengecap

Niscayadapat daripadanya faedah

D.Jika hendakmengenal orang mulia

Lihatlahkepada kelakuan dia

E.Apabilaperkataan yg amat kasar

Lekaslahorang sekalian gusar

14.Cermati kutipan gurindam berikut!

Apabila terpeliharamata.

sedikitlah asa.

Maksud isi bait gurindam adalah ....

A.orangyang memakai mata secara asal-asalan akan dapat menyebabkan penyakit yangsangat berbahaya terhadap dirinya serta orang lain

B.mata,kuping, lidah, tangan, perut, dan kaki, kalau nir difungsikan menggunakan benarakan sebagai sumberbencana ataumalapetaka

C.denganmata, kita dapat melihat berbagai hal serta bila nir dijaga akan timbulkeinginan-asa yg nir perlu atau yang buruk

D.memujiseseorang haruslah sesuai menggunakan apa yang tampak atau yang terlihat semata-mataoleh mata kitasendiri atau disaksikan sendiri

E.seseorangharus menghindari kebohongan karena berdasarkan matanya sendiri akan dapat dilihatperilaku burukyang sudah diperbuatnya

15.Cermatikutipan cerita berikut!

”Kakakmu ... Dia sudah pergi ... Beristirahatlahdengan tenang.” Jawab ayah menciptakan air mataku datang-datang langsung menetes.

Ada rasa kaget dan tak percaya mendengar jawabanayah.

”Gak mungkin! Kenapa mampu begitu? Tadi Kakak masihbaik-baik saja?”jeritku histeris.

Dari perkataan Ayah , aku jadi memahami mengapa kakakkutergeletak begitu kaku di loka tidurnya tersebut serta menyebabkan beliau terjatuh.semua karena beliau terlalu memaksakan dirinya untukku. Aku menangis terisak danbaru menyadari betapa saya tidak menyangka kakakku mau melakukan seluruh untukku.

(My Idiot Brother, Agnes Davonar)

Kalimatresensi yang menyatakan keunggulan sesuai kutipan tersebut adalah ... .

A.Kisahpengorbanan kakak pada adikny aini merupakan cerita biasa bukan? Bukankah memangharus misalnya itu?

B.Setiap kehilanganakan mengakibatkan luka mendalam serta penulis telah menggoreskan luka itu jugauntuk pembacanya.

C.Banyak carauntuk menyampaikan afeksi dan Agnes sudah menaruh sebuah pilihanuntuk Anda.

D.Kesabaran dankasih sayang pada menghadapi sebuah perbedaan akan menjadi indah padawaktunya.

E.Kisahpengorbanan kakak pada adiknya dalam kitab ini sudah menjadi wangsit akanarti menurut sebuah pengorbanan.

16.Cermatilahkutipan resensi berikut!

Bab pertama novel Sang Pemimpi karyaAndrea Hirata menceritakan bahwa dirinya yangdipanggil Ikal serta ke 2 temannya, Arai dan Jimbron merupakan 3 remaja yangbegitu nakalnya sehingga mereka sangat dibenci sang Pak Mustar, tokoh antagonisdalam kitab ini.namun,dalam bab-bab berikutnya pembaca akan melihatpotongan-rabat kisah yang misalnya berdiri sendiri, sehingga seolah-olahAndrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu kitab . Tapi sebenarnya pada setiapbab, mulai awal sampai akhir, memiliki interaksi yg sangat erat. Sepertimozaik-mozaik dalam kehidupan. Novel yang tersaji dengan bahasa yang cantikini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca sanggup empati kebahagiaan,semangat keputusasaan ,serta kesedihan.

Kalimatresensi yang membicarakan kelemahan buku sesuai menggunakan ilustrasi tersebutadalah ... .
A.Bahasa yangdigunakan Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi kurang menarik.

B.Andrea Hiratadalam novelnya Sang Pemimpin kisah-kisahnya kurang berhubungan.

C.Kisahtiap-tiap bab dalam novel Sang Pemimpi diungkapkan seolah-olah berdiri sendiri.

D.Cerita yangdiungkapkan Andrea Hirata pada Sang Pemimpin nir terjalin dengan baik.

E.Amanat yangdisampaikan melalui tokoh Ikal nir menaruh model yg baik.

17.Cermati kata-kataberikut!

kabut – bayangan – lelah – ke pinggiran

Bait puisi yg sesuai dari susunanderet kata tersebut sebagai istilah kunci merupakan ... .

A.bersenandungmengiringi malam berkabut bersama hari-hari danbayangan

hingga ke pinggiran saat lelah,lelah, serta lelah

B.sampaijalan berkabutitu

kami masih mencoba ngejar bayanganmasa depan tapi lelah

kami ke pinggiran jalan nasib

C.dalambayangan kelam kelelahanmendera kepinggirankota

kabut melayang di langit biru

D.kabutdi langit kelabu lelah pada rasa danraga

bayangan berbaris menjelajah hinggake perut bumi ke pinggiran rasa

E.saatsenja mulaiberkabut

bayang-bayang mengikuti jalansaat-saat kelelahan singgah di hati ke pinggiran waktu

18.Cermatikutipan drama berikut!

(Dia membisu.lama berdiam diri.– Seorang Abdi Dalam wanita ada)

Kertanagara:”Apa yg membawa kau kemari?”

AbdiDalam Perempuan:”Rakrian Apatih, Paduka, mohon diizinkanmenghadap.”

Kertanagara:Atas nama kami, persilakan beliau datangkemari. (. . .)

Kertanagara:Yang Mulia, Anda mendengarnya, sekarangkerajaan minta perhatian kami. (Baskarapergi Raganata masuk)

Kertanagara: Rakian Apatih?

Raganata: Paduka!

Kertanagara:Katakanlah pada saya, bagaimana penerimaankaum bangsawan terhadap undang-undang kami yang baru?

Raganata:Tersinggung, Paduka Raja. Sangat merasatidak puas. Kebanyakan merasa nir bahagia. Banyak yang meninggalkan Singasari,susul menyusul. Dengan berbagai alasan. ...

(Burung Garuda Terbang Sendiri, SanoesiPane)

Petunjuk laris yg tepatuntuk melengkapi teks drama tersebut adalah ….

A.(AbdiDalam Perempuan menggeleng)

B.(AbdiDalam Perempuan menunduk)

C.(AbdiDalam Perempuan bungkam)

D.(AbdiDalam Perempuan diam)

E.(AbdiDalam Perempuan pergi)

19.Cermati teksdrama berikut!

Sore hari, pada rumah Aryo Sekti, Panembahan Reso duduk berembuk denganAryo Sekti.

Reso :Anda tadi, pada rumah saya, mengatakan bahwahanya saya yg bias menyelamatkan kerajaan menurut bala perpecah; Benarkah itu?

Sekti : Tentu saja. Apakah Anda berpura-pura tidakmenyadari kenyataan itu? Bukan kerendahan hati!

Reso : . . .

Sekti : Ya, begitulah kenyataannya. Orang boleh sukaatau nir suka pada Anda, tetapi toh harus mengakui kenyataan bahwa Andasangat diharapkan oleh Negara buat mengatasi perpecahan.

Reso : Jadi, Anda menduga saya dibutuhkan olehnegara! Tetapi, mengenai suka atau nir senang terhadap diriku itu bagaimana?Anda termasuk yang suka atau nir suka ?

(40 Pertemuandari Hari Ke Hari, W.S. Rendra)

Kalimat yangtepat buat melengkapi dialog drama tersebut adalah ... .

A.Bukannya nir menyadari, namun kurang meyakini.

B.Takaran Anda memang bukan dosis manusia biasa.

C.Itulah sebabnya Anda mengingkari pemberontakan PanjiTumbal.

D.Nasib baik atau tidak baik, kita harus berani menanggungatau mensyukuri.

E.Istriku,karena ketakutan, menentang cita-citaku buat sebagai Raja.

20.Cermati kutipan cerita berikut!

Muhammad Arief anak yg paling jelektampangnya di antara sahabat-temannya sesekolah dan sepermainan di Koto dulu. ...seperti kaleng terinjak kerbau menurut ejekan anak-anak sebayanya di kalaitu.

Bila sekarang ini kebanggaan serta pujaantadi dikatakan eksklusif kepadanya, Arief selalu menjawab, ”Aku beruntung saja.”

”Beruntung bagaimana maksudmu?” tanyaImran suatu kali. Imran merupakan seseorang temannya semenjak mereka kanak-kanak dulu,yg dianggapnya teman baiknya, sesuatu yg tidak banyak dimiliki Arief. Imrantidak termasuk dalam gerombolan yg mencemooh atau mengejeknya.
”Aku beruntung punya orang tua yangaku miliki.”
”Orang tuamu punya sepuluh anak,”kata Imran sembari mengernyitkan dahinya. ”Kamu dulu suka mengeluh bagaimanamereka nir punya relatif waktu buat memperhatikan setiap anak-anakmereka.sukamarah.”

”Ya, itu maksudku. Karena itulah akubisa berbuat semauku sejak kecil. Kamu kan memahami, kadang-kadang saya nir perlupulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”

Ubahan ceritatersebut sebagai teks drama adalah... .

A.Arief:”Akuberuntung saja.”

Imran:”Beruntungbagaimana maksudmu?”

Arief:”Akuberuntung punya orang tua yang saya miliki.”

Imran:”Orang tuamu punya sepuluh anak. Kamu dulusuka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup ketika buat memperhatikan setiapanak-anak mereka.suka murka .”

Arief:”Ya, itu maksudku.karena itulah aku mampu berbuat semauku sejakkecil.kamu kan memahami, kadang-kadang akutidak perlu pergi semalaman, tidur pada surau atau di rumahmu.”

B.(MuhammadArief anak yang paling tidak baik tampangnya pada antara sahabat-temannya sesekolah dansepermainan di Koto dulu. ... Misalnya kaleng terinjak kerbau menurut ejekananak-anak sebayanya pada kala itu. Jika sekarang kebanggaan dan pujaan dikatakanlangsung kepadanya ...)

Arief: ”Aku beruntung saja.”

Imran:”Beruntungbagaimana maksudmu?”

Arief:”Akuberuntung punya orang tua yang saya miliki.”

Imran: ”Orang tuamu punya sepuluh anak,” (Sambil mengernyitkan dahi) ”Kamu dulusuka mengeluh bagaimana mereka nir punya relatif saat buat memperhatikansetiapanak-anakmereka. Suka murka .”

Arief:”Ya, itu maksudku.lantaran itulah saya mampu berbuat semauku sejakkecil. Kamu kan memahami, kadang- kadang aku nir perlu pergi semalaman, tidur disurau atau di rumahmu.”

C.Arief:”Aku beruntung saja.” (Jawab Arief selalu apabila sekarang kebanggaan dan pujaandikatakan eksklusif kepadanya)

Imran :”Beruntungbagaimana maksudmu?”

Arief:”Akuberuntung punya orang tua yang saya miliki.”

Imran : (Sambilmengernyitkan dahi) ”Orang tuamu punya sepuluh anak, kamu dulu sukamengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup ketika buat memperhatikan setiapanak-anakmereka. Kamu pula sukamarah-marah.”

Arief:”Ya, itu maksudku.lantaran itulah saya mampu berbuat semauku sejakkecil.kamu kan tahu, kadang- kadang akutidak perlu pulang semalaman, tidur pada surau atau di rumahmu.”

D.Arief:”Akuberuntung saja.” (Jawaban Arief selalubila kini pujian dan pujaan dikatakan eksklusif kepadanya)

Imran :”Beruntungbagaimana maksudmu?”

Arief:”Akuberuntung punya orang tua yang saya miliki.”

Imran :”Orangtuamu punya sepuluh anak,” (Sambilmengernyitkan dahi)

”Kamu dulu senang mengeluh bagaimana mereka nir punya cukup waktu untukmemperhatikan setiap anak-anak mereka.suka marah.”

Arief:”Ya, itu maksudku.lantaran itulah saya mampu berbuat semauku sejakkecil.kamu kan tahu, kadang- kadang akutidak perlu pulang semalaman, tidur pada surau atau di rumahmu.”

E.(Muhammad Arief anak yang paling jelektampangnya di antara teman-temannya sesekolah serta sepermainan di Kotodulu.... Misalnya kaleng terinjak kerbaumenurut ejekan anak-anak sebayanya pada kala itu.)

Arief:”Akuberuntung saja.”

Imran:”Beruntungbagaimana maksudmu?”

Arief:”Akuberuntung punya orang tua yang saya miliki.” Imran:”Orangtuamu punya sepuluh anak.”

”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana mereka nir punya cukup ketika untukmemperhatikan setiap anak-anak mereka.”

”Suka murka .”

Arief:”Ya, itu maksudku.lantaran itulah saya mampu berbuat semauku sejakkecil.kamu kan tahu, kadang- kadang akutidak perlu pulang semalaman, tidur pada surau atau di rumahmu.”

21.Bacalahkutipan drama Ayahku pulang karya Usmar Ismail berikut ini.

Gunarto: “Ibu masih berfikir lagi…”

I b u:“Malam Hari Raya Narto. Dengarlah suarabedug itu bersahut Sahutan.” “Pada malam hari raya misalnya inilah Ayahmu pergidengan tidak meninggalkan sepatah katapun.”

Gunarto: “Ayah…”

I b u:“Keesokan harinya Hari Raya, selesaishollat ku ampun dosanya…”

Gunarto: “Kenapa masih Ibu ingat lagi masa lampau itu?Mengingat orang yang telah tidak ingat lagi pada kita?”

I b u:(Memandang Gunarto) “Aku merasa bahwaia masih jangan lupa kepada kita.”

Gunarto: (Bergerak Ke Meja Makan) “Mintarsih kemana,Bu?”

I b u:“Mintarsih keluar tadi mengantarkanjahitan, Narto.”

Gunarto: (Heran) “Mintarsih masih pula mengambil upahjahitan, Bu?” “Bukankah seharusnya ia tidak usah lagi membanting tulangsekarang?”

I b u:“Biarlah Narto. Karena jikalau ia sudahkawin nanti, kepandaiannya itu nir sia-sia nanti.”

Gunarto: (Bergerak Mendekati Ibu, Lalu Bicara DenganLembut) “Sebenarnya Ibu mau berkata jika penghasilanku tidak relatif untukmembiayai makan kita sekeluarga kan, Bu?” (Diam Sejenak. Pause) “Bagaimanadengan lamaran itu, Bu?”

I b u:“Mintarsih nampaknya belum maubersuami, Narto.. Tapi dari pihak orang tua anak lelaki itu terus mendesak Ibusaja..”

Gunarto: “Apa salahnya, Bu? Mereka uangnya banyak!”

I b u:“Ah… uang, Narto?”

Kalimatresensi buat mendeskripsikan kutipan obrolan di atas yg tepat adalah…

A.Cerita dramaAyahku Pulang diawali dengan kerinduan seseorang mak bernama Tina yg rinduakan suaminya yang sudah lama pergi di harilebaran misalnya hari lebaran sekarang ini tanpa meninggalkan sepatah kata pun.tetapi kondisi bunda buat mengingat suaminya menerima tantangan keras berdasarkan anaklaki-lakinya Gunarto yang merasakan sejak kecil menderita karenaditinggalkannya.

B.Perdebatansemakin serumengawali cerita dalamdrama Ayahku Pulang ini. Perdebatan itu antara Ibu dan Gunarto mengenai adiknyayang masih mencari tambahan penghasilan dengan mendapat jahitan.

C.Tema yangingin diungkapkan dalam drama Ayahku Pulang adalah tema sosial sepeti realitayang terdapat dalam warga yg tergiur sang estetika hidup yg disuguhkandengan harta yang melimpah. Drama ini memberi pelajaran bahwa dengan harta yangbanyak tidak mesti senang terus.

D.Drama AyahkuPulang ini memberikan pesan kepada kita yg ingin mengenal makna hayati dapatmengambil pelajaran bahwa hidup tidak selamanya mujur. Seperti roda berputarkadang jaya kadang terpuruk.

E.Drama AyahkuPulang ini menonjolkan perwatakan ibu dengan ketabahannya dalam menhadapicobaan dalam tempat tinggal tangga, mencoba buat menerima kenyatataan hidup yang sekianlama ditinggalkan suaminya buat membesarkan anak-anaknya.

22.Bacalah resensiberikut !

Buku ini merupakankumpulan 67 kisah pendek yang mengungkap refleksi kehidupan sosial politikIndonesia, tentang penyadaran makna nilai-nilai keutamaan budi, kearifan, dankebajikan pada bundar kekuasaan yg poly menyimpan permasalahan. Secarakeseluruhan buku ini poly dinikmati pembaca lantaran poly mengangkat hal-halyang berkenaan dengan sosok rakyat mini yang dapat dipandang konkret dalamkehidupan yang sesungguhnya. Dengan demikian kisah yang diungkapkan terasahadir pada tengah-tengah pembaca, hidup serta dapat dirasakan.

Pernyataan yangmerujuk pada keunggulan buku dalam kutipan resensi tersebut adalah….

A.peristiwa dalam ceriata adalah refleksikehidupan sosial politik Indonesia

B.cerita ini menyampaikan penyadaran maknanilai-nilai kehidupan.

C.penyajian cerita serasa hayati dan dapatdirasakan sebagai kehidupan nyata

D.pengarang mengungkapkan kunci-kunci analisisdalam filsafat dan ilmiah

E.buku tadi membicarakan kiprah metodologiyang digunakan pada bagian buku

23.Cermati kutipanpuisi berikut!

.jatuhCinta

Juwita……….

Hari-hariku kulalui dengananganku

Bunga cintaku tumbuh sendiri

……………………………………………………

Kau tidak pernah tau

Biarlah kependam selalu



Larikyang rumpang dalam penggalan puisi diatas dapat diisi menggunakan kalimat yg bermajashiperbola……

A.detak jantungku terus berdegup

B.debaran cintaku menghimpit dihati

C.cintaku yg tak kau trima

D.bunga-bungaku yang tidak pernah mekar

E.bunga-bungaku yg tidak cantik

24.Cermati puisiberikut!

Dalam Perjalanan

Kang Gangwol

Dalam seribu bepergian,

Aku bertemu–kami saling menyentuhdan berpisah.

Kini ketika mimpiku begitu jauh,

kekasihku akan menunggu

Setiap pagi, aku terjaga, menggunakan bayangan virtual.

Kalimat kritikyang sempurna dengan isi puisi tersebut merupakan ... .

A.Kisahpercintaan akankah hanya akan berakhir pada penghujung mimpi?

B.Kesepiandiungkapkan jauh lebih dalam serta lebih rumit daripada kata ”cinta ”.

C.Sebuahkenyataan, kerinduan dan kesepian dapat mengisolasi jiwa seorang.

D.Bagaimanamemberikan esensi makna kesepian menggunakan rangkaian istilah.

E.Cinta dankesepian dapat diibaratkan menjadi 2 sisi mata uang.

25.Cermatikutipan puisi berikut!

AntaraNol dan Tiga Ratus Enam Puluh Derajat

Hendry Febrian Z

Moskow

Kau tinggalkan aku pada antara dua segitiga

Memang telah saya sadari

Liang langit tidak akan mungkin diusung

Ke pemakaman

Tapi saya musafir di 2 segitiga

Digayuti perasaan bersalah serta ronta

Bertahta

Hati pecah di pelabuhan senja. . .

Kalimat tanggapan(esai) yang sinkron dengan kutipan puisi tadi merupakan ... .

A.Memilih katauntuk mengkongkretkan kesan serta angan memerlukan kepiawaian yg terlatih.

B.Denganmembangun latar, suasana, serta medan makna secara nyata, khusus, dan paduakan mengakibatkan sajak yang latif.

C.Bagaimanamenggambarkan perasaan hati ketika istilah-kata tidak dapat lagi digunakan sebagaikuas pada atas kanvas kehidupan.

D.Perjalanankata menjadi sebuah kereta kencana di halaman penantian terakhir mewakilipikiran penulis.

E.Pemilihankata-kata buat mendeskripsikan latar yg diciptakan penulis sebagai rangsanganangan pembacanya.

26.Cermati teks drama berikut!

Marwan:“Dengartidak?“

SatpamPujo:“Ya..saya dengar, seperti gemuruh demonstran? Tetapi…(wajahnya ragu dan pucat)Mati..mati…Mati (menirukan suara yg didengar) Suara siapa ya?”

Marwan:“Itulahyang sedang kami buru…misalnya suara orang berdoa…atau seperti paduansuara…iramanya misalnya detak jantung…dug…dug…dug…dug…”

SatpamPujo:“Soktahu kamu! Menurutku itu seperti pasukan demonstran atau ribuan orang yangsedang marah. Tetapi...siapa mereka ?”

Surti:“Itulahyang menciptakan kami penasaran. Wong sejak sore nir terdapat tamu yang datang.”

SatpamPujo:“(Mengangguk-angguk)Benar! Aku juga nir melihat tamu-tamu itu. Padahal semenjak sore aku stand baydi pos satpam.”

Marwan:“Yangmembuat kami penasaran lagi kenapa orang-orang itu bersuaramati…meninggal..meninggal…seperti ditujukan kepada Tuan Besar?”

SatpamPujo:“Ya..siapalagi? Di sini yg sakit kan cuma Tuan Besar?”

(AkhirnyaMati Juga, Slamet Setya Budi)

Watak tokoh Ki Dalang Tua pada kutipancerpen tadi merupakan ... .

A.emosional

B.galak

C.cerewet

D.jahat

E.cerdas

27.Cermatikutipan cerpen berikut!

Ketika Ki Dalangsendiri pada gilirannya wajib menyelenggarakan upacara pernikahan putrinya,dia sendiri terlalu repot mengurus segala macam sehingga tidak bisamanggung. Salah seorang muridnya yang paling pintar diberi tugas untukmemainkan lakon yg tersohor tadi. Di luar dugaan semuaorang,bintang baru telah lahir. Ki Dalang Muda memainkan cerita menggunakan lihaidan paripurna. Hanya dalam bagian terakhir lakon, semuanya menunda napas, karenaKi Dalang Muda rupa-rupanya telah memutuskan membuat kejutan sekaliguspenerapan ajaran gurunya, yakni membiarkan Arjuna kalah, ad interim Niwatakawacaterus terbahak-bahak mengepit Dewi Supraba sambil mematahkan panah yangmenancap pada mulutnya, terus melesat ke udara.

Ki Dalang Tua ikuttersentak pada kursinya, kemudian buru-buru mengirim perintah kilat lewat belakang.

”Cepat bunuhNiwatakawaca! Jangan macem-macem!”

(LimaBelas, Putu Wijaya)

Tahapan alur dalam kutipan cerpentersebut adalah ... .

A.perkenalan(eksposisi)

B.pertentangan(permasalahan)

C.penanjakankonflik (komplikasi)

D.klimaks

E.penyelesaian

28.Cermatipuisi berikut!

AnggrekBulan

Muhammad Amin

Sehabis magrib, langit biru

Purnama menguning

Awan berselendang lembayung

Anggrek bulan di pohon rambutan

Purnama rebah di rantingnya

Benalu indah di pohon rambutan

Anggrek bulan mencium purnama

Anggrek bulan mandi cahaya

Citraan yang lebih banyak didominasi pada puisi tersebutadalah... .

A.perabaan

B.pencecap

C.penglihatan

D.penciuman

E.pendengaran

29.Cermatipuisi usang berikut!

Pandan berbunga dalam rimba

Angin menderu menurut siku

Badan usang tak berjua

Kinilah baru kita bertemu

Berdasarkan bentuknya puisi lamatersebut termasuk ....

A.gurindam

B.pantun

C.syair

D.talibun

E.seloka

30.Cermatilahpenggalan novel berikut adalah!

(1) Tak jauh darisebelah timur, persis di belakang kami, adalah Mongoliayang tak tersentuh, mengandungmarabahaya yg menerbitkan rayuan pertualangan.(2)Ingin cita rasanya mencoba-coba tantangan yg dihembuskan angin-,anginlembahnya yang jahat, tidur pada padangsabananya sembari menghalau serigala dengankayubakar, atau terhalusinasi hantu-hantu gurun yg berumur ribuan tahun.(tiga) Mongolia, benar-benar menggoda. (4) Tapinanti saja lantaran kami harus menemuijanji-janjikami. (lima) Kami wajib ke selatan, terus beringsut ke selatan, menyelesaikanapa yang kami ikrarkan pada Paris.
Edensor,Andrea Hirata

Watak tokoh "kami" padapenggalan novel tersebut adalah ....

A.pembangkang

B.pemberani

C.pemberontak

D.pecundang

E.pemaaf

31.Cermatilahpuisi berikut

Ibunda

Engkau adalatr bumi, Mama

aku adal ah angin yang kembara.

Engkau merupakan kesuburan

atau restu atau kerbau bantaian.

Kuciumi wajahmu wangi kopi

dan jua kuinjaki sembari pergi

karena wajah bunda adalah bumi.

Cinta serta korban tidak sanggup dibagi

Rendra

Amanat yg terdapat pada puisi adalah...

A.Janganlahmembagi -bagikan cinta lantaran cinta hanya buat mak .

B.Marilahkita lestarikan bumi lantaran bumi sudah menaruh,sesuatu dalam kita.

C.Hendaknyakita selalu menghormati bunda serta membalas cintanya.

D.Kita wujudkan cinta pada ibu denganmelestarikan bumi.

E.Ciumlahwanginya kopi dan jangan menginjaknya iambil pulang.

32.Cermati kutipan teks drama berikut!

(Sementaraitu R.A. Kartina bangkit berdasarkan duduknya mendapatkan kedua pemuda itu)

Karnasih:”EehIbu pada sini, semenjak tadi kami mencari Ibu.”

R.A.kartinah:”Sudah lama saya duduk dekat lentera di bawahpohon kayu itu.”

Karnasih:”Memangada kulihat berdasarkan tersebut orang duduk pada sana, tetapi kukira agen polisi yangmenjagadi sini.”

R.A.kartinah:”Aku bersyukur kepada Tuhan, engkau berdua telahsaling mendapati hati masing-masing.”

Karnasih:”Ah,Ibu mendengar rupanya.”

R.A.kartinah:”Dengan tiada perantaraan orang lain, hanyakarena hati bertemu hati semata- mata. Sejak tersebut, ibu dengar, tiap orang laluhanya bertengkaran dan berbantah saja, seolah-olah tempat bala ini masihsaja hendak merasakanpengaruhnyamemecah belah manusia.”

Irwan:(mengulang dengan tak insaf)”Pengaruh memecah belah.”

R.A.kartinah:”Ibu duduk di bekas tempat tinggal kita ini merenungkankehidupan ibu denganRadenHendrapati selama dua puluh tujuh tahunini. Sekarang dia tidak ada lagi di sini, matanya telah berhenti menatapmembelenggu bunda, dapatlah ibu berpikir balik damai serta merdeka!”

Karnasih:”Tidakkahbaik mak beristirahat dulu?”

R.A.kartinah:”Biarlah, Nak, bunda girang engkau berdua sudah dapatmengatasi segala pengaruhbencanaini menggunakan kekuatan jiwa sendiri. Tiadalah ini selain menurut tuntutan Tuhansemata-mata, suatu indikasi Mahaadil Dia!

Karnasih:”Akusudah takut Ibu takkan bisa menahan kehilangan ini.”

R.A.kartinah:”Besar kasihku dalam ayahmu hanyalah Tuhan yangtahu. Benarjuga dugaanmu, kehilanganini hampir tak tertanggung olehku. Namun akan menyesalkah aku , apabila kehilanganini bisa membawabahagia pada anakkudan kepada orang lain jua. Tuhan mengampuni ayahmu yg selama ini hidupnyatak lain kerjanya hanyalah memecah serta menceraiberaikan orangsaja serta menggunakan demikian selalu berusahamenambah dan menguatkan kekuasaan serta kejayaan diri sendiri. Hampir semua orangyang bergauldengan dia pernah jadikorbannya. Tidak, aku takkan menyesal. Aku yang paling dekat padanya akulahpula yg terbanyak mengetahui tidak baik baiknya.”

(Masuk seseorang polisiyang berpakaian partikelir tadi bersama-sama menggunakan agen polisi)
(Api, Usmar Ismail)

Tema drama tersebut adalah ... .

A.Kebahagiaandi kembali kenangan jelek yang amat membekasdi hati seseorang ibu.

B.Untukmencapai kejayaan, seseorang bisa berbuat yg merugikan orang lain.

C.Kesetiaanseorang istri pada mendampingi suami, dalam keadaan apa pun.

D.Baikburuknya suami, sebagai seorang istri haruslah bisa mengetahuinya.

E.Perasaankehilangan terhadap orang terdekat sangatlah sulit dihilangkan.

33.Bacalahpuisi berikut menggunakan saksama !

Merangkai Kesetiaan 

Aku tak’kan pernah terpejam

Merangkai kesetiaan

Yang terukir abadi

Di titik terdalam nurani

Datang desir Timurmu

‘Tuk bersanding

Di anjangsana hariku 

(TriZuliatmanto)

Kalimat kritik yang sesuai menggunakan puisitersebut asalah …

A.Penulismemiliki kemampuan menyusun larik yg sangat puitis. Ia juga teliti dan cermatdalam mempunyai diksi.

B.Penulismengungkapan kesetiaan yg sedemikian dalam menggunakan larik-larik puisi yangberima sama.

C.Penulisberbicara tentang sesuatu yang lazim dialami orang yg setia, namun ragu apakahkesetiaan itu akan tak pernah mati.

D.Penulisberharap mengekalkan hubungannya menggunakan sang kekasih, namun kekasih tidaksetia.

E.Penulis mempunyai kemampuan menyusunpuisi yang mengagumkan lantaran menggunakan pencitraan penciuman.

34.Cermatilahpenggalan cerpen berikut!

Aku memberi selamatkepada ke 2 pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.

"Monggo, DenYanto, silakan duduk."

Den Yanto! Lamemanggilku den, nir lagi nak.

Aku tertarik padaseorang bocah patah di sebelah Sumarni. Entah mengapa aku ingin menegurnya.apakah karena matanya seperti dengan Sri?

"Sopo jenengmu,cah ayu tanyaku sembari men-jawil pipinya.

"Yanti...,"jawabnya menggunakan relatif kenes.
(Perkawinan, I Yudhi Sunarto)

Kalimat kritik yang sinkron menggunakan isikutipan adalah ...

A.Cerpen"Perkawinan" mempunyai cerita yg menarik walaupun bahasanya sangatsederhana, tetapi tetap segar dankomunikatif.

B.Pembacacerpen "Perkawinan" dihadapkan pada etika berbahasa yg berlaku diJawa, terutama penggunaan istilah sapaan "Den".

C.Penggunaanbahasa Jawa dalam cerpen "Perkawinan" relatif mengganggu karena tidaksemua pembaca memahami makna pilihan ucapnya.

D.Cerpen"Perkawinan" mengisahkan cerita yg kurang menarik karena alur ceritaagak berbelit-belit serta susah dipahami.

E.I.yudhi Sunarto telah sukses merangkai insiden menjadialur yg menarik pada cerpen "Perkawinan".

35.Cermatikutipan cerpen berikut!

Ketika guru danmurid-siswa telah membiasakan belajar pada alam terbuka, melihat tukang kebun itubekerja sendirian, semuanya mendekat. "Jaring itu buat apa, Pak?“"Untuk menjaring malaikat.“ "Malaikat?“ "Benar."

"Boleh kami bantu,Pak?“ "Boleh. Boleh tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajakmenunggu jaring ini.“ "Kenapa mesti dinantikan?“ "Sebentar lagi Jibrilakan gentayangan terperangkap jaring ini."

(MerekaToh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat oleh Danarto)

Kalimat kritik yang sinkron menggunakan isikutipan adalah ....

A.Isicerpen ini sulit dicerna lantaran hanya Mengungkapkan halusinasi yg menimbulkankeanehan dan kebingungan pembacanya.

B.Ceritayang menarik serta menciptakan pembaca bertanya-tanya buat mengikuti alur cerita yg disajikanpenulis.

C.CerpenDanarto sudah berhasil menarik perhatian pembaca terutama lantaran hasilceritanya yang unik.

D.Penggunaandialog yg pendek sudah memudahkan pembaca buat tahu isi cerita.

E.Danartotelah sukses sebagai cerpenis yg unik dengan cerita-cerita sangat menarik. 
36. Bacalah kutipansastra berikut dengan akurat!

Syahdan akan permaisyuri Kuripanpuningin cita rasanya dia berhak berputera pria yang baik parasnya. Maka katapermaisyuri, “ Kakang Aji, ingin juga cita rasanya kita ini peroleh anak,”Maka istilah Raja, “ Sungguh seperti kata tuan;kakanda pun demikianlah pula bila gerangan kakang ini beroleh putera menggunakan punYayi, akan jadi gantipunKakanda didalam global ini, jikalau kita berdua dihendaki sang sang yang sukma, kembali kekayangan kita.”

Maka kata permaisyuri, Kakang ajimarilah kita memuja pada segala Dewa-Dewa memohonkan bila-jikalau dianugerahkan olehDewata mulia raja akan ita akan anak ini.”

Amanat yang tepat sinkron dengan penggalandi atas adalah….

A.berdoalah pada Tuhan jika menginginkan keturunan

B.para suami harus banyak berdoa

C.doa yang didengar Tuhan adalah doa dari istri

D.berdoalah supaya setelah punya keturunan, suami –istri mati

E.berdoalah agar diberi anak dan kejayaan kerajaan
Teks berikutuntuk menjawab soal angka 37 serta 38, bacalah dengan cermat!

Adapun maka pada masa itu Juragan Garubug akanmempersembahkan dalam Sang Ratu Darmawangsa Darmakusuma pada hadapan orang poly. Maka sembahnya,” Ya Tuanku, Syah Alam, bahwa adalah hamba ini mempersembahkanpada Tuanku sebuah cincin. Maka istilah Sang Ratu, “ Hai Gurubug, di manakah kamuperoleh ini cincin karena barang ini mahal harganya. Maka dalam masa itusembahnya Juragan Gurubug, “Ya, Tuanku, beginilah awal mulanya patik dapat ini cincin.pada tatkala tuan patik Pangeran Dipati Rajuna pulang bertapa pada atas GunungGandalisada lima belas tahun lamanya, pada hingga tapanya lalu turunlah dariatas gunung itu, maka dipegat menggunakan dua orang raksasah . Maka tuan patikhampir-hampir tiada dapat melawan. Maka turun seorang pendeta memberi memahami;ucapnya bila hendak membunuh 2 raksasah itu dengan mudahnya, hendak pergibertapa lagi di atas Gunung Parasu. Maka tuan patik bertapa lagi di atas GunungParasu merupakan kira-kira sepuluh tahun lamanya. Maka cukuplah tapanya dikabulkanoleh Dewata Mulia Raya. Maka tuan patikkembali lagi melawan dua raksasah itu sampai kedua raksash itu jadibinasah. Maka patik pun hendak pulang pulang ke dalam negeri Pandawa bersamatuan Patik Dipati Rajuna. Maka sampailah pada pertengahan jalan patik melihatmencorong seperti matahari rupanya. Maka patik memburu serta ini cincin rupanya.

Hikayat Maharaja Garebag Jagat

37.kemustahilan yang terdapat dalam kutipannaskah Melayu klasik tersebut merupakan …

A.bertapaselama 25 tahun buat melawan raksasa.

B.mendapatkansebentuk cincin pada atas gunung .

C.melawandua orang raksasa dengan mudahnya.

D.menemukancincin pada bepergian saat bertapa.

E.permintaannyadikabulkan sang yang Mahakuasa.
38. Nilai sosialyang masih ada dalam kutipan naskah Melayu klasik

A.kerjasama dalam melawan 2 orang raksasa

B.memberikansebuah cincin kepada sang Ratu

C.menjawabpertanyaan Ratu menggunakan senang hati

D.memberikancincing pada orang banyak

E.membantumelawan raksasa buat mendapakan cincin

39.bacalah kutipan cerpen berikut dengancermat!

(1) Nina membayar ongkos helicak. (2)Perlahan beliau memasuki pintu gerbang rumah sakit itu melalui page, kemudianmemasuki gedungnya. (3) Ia mulai menapaki lorong-lorong yg masih sepi. (4)Hanya sekali-sekali para perawat tampak hilir mudik. (5) Waktu tukar jaga bagiperawat-perawat itu belum lagi tiba. (6) Hari masih pagi.

Kalimat pembuktian latar suasanaterdapat pada angka ….

A.(1)dan (2)

B.(2)serta (3)

C.(3)serta (4)

D.(4)dan (lima)

E.(5)dan (6)
40. Bacalahkutipan novel berikut!

Aku termangu menatap ke luar darijendela kamarku. Perutku berkiprah lagi. Aku mengusap-usapnya dengan lembut.kalau kau lahir, anakku, apakah yang akan kautemui nanti. Hidup dalam tempat tinggal tanggaayah ibu yg nir karu-karuan seperti ini, atau hayati jauh menurut ayahmu?Perasaanku jadi tidak menentu. Baru kusadari, di sinilah beratnya jadi wanita.kalau keliru melangkah, anak sendiri yg jadi korban. Tapi salahkah saya? Kurangperhitungan? Entahlah! Harapanku baik, akan tetapi alangkah susahnya buat dijalani.

NovelSebening Kaca karya Yati Maryati Wiharja

Pendeskripsian watak tokoh aku yang galaudalam kutipan novel tadi adalah melalui …

A.perbincangantokoh lain

B.jalanpikiran tokoh

C.jalanpikiran tokoh lain

D.ucapan-ucapantokoh

E.tindakantokoh lain

KUNCI JAWABAN

NO
KUNCI JAWABAN
NO
KUNCI JAWABAN
NO
KUNCI JAWABAN
NO
KUNCI JAWABAN
1.
C
11.
E
21.
A
31.
C
2.
D
12.
E
22.
C
32.
A
3.
D
13.
E
23.
A
33.
B
4.
E
14.
C
24.
B
34.
C
5.
E
15.
E
25.
B
35.
A
6.
D
16.
C
26.
A
36
A
7.
A
17.
B
27.
A
37
C
8.
A
18.
E
28.
C
38
B
9.
A
19.
A
29.
B
39
C
10.
E
20.
B
30.
B
40
B


BACA BEDAH KISI-KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel