BEDAH KISIKISI UN 2019 BAHASA INDONESIA SMK/MAK INDIKATOR SOAL SOAL DAN PEMBAHASAN








BEDAHKISI-KISI UN 2019 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Kejuruan/MAK: INDIKATOR SOAL, SOAL DAN PEMBAHASAN

Berikutdisajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMK/MAK matapelajaran Bahasa Indonesia yg dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah Kejuruan/MAKberdasarkan KeputusanBadan StandarNasional Pendidikannomor:0296/SKEP/BSNP/XI/2018TentangKisi-Kisi Soal Ujian Nasionaluntuk Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah


BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN Sekolah Dasar/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-usbn-2019-sdmi-mata.html

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-smpmts-mapel.html

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-bahasa.html

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html 

KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMK/MAK

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
memaknai istilah
Disajikan teks anekdot, peserta didik menentukan makna kata yang masih ada dalam teks anekdot tersebut
1.
menemukan wangsit pokok
Disajikan kutipan teks cerita sejarah, peserta didik bisa menentukan pandangan baru pokok teks cerita sejarah tersebut.
2.
menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, karena-dampak)
Disajikan pernyataan khusus laporan hasil observasi, siswa bisa menentukan pernyataan umum yang sempurna.
3.
Disajikan teks perundingan , siswa bisa memilih isi teks tersebut
4.
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat memilih pernyataan yg sesuai dengan isi teks cerita ulang tadi.
5.
Disajikan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan isi teks yang tepat sesuai dengan teks eksplanasi kompleks tersebut.
6.
Disajikan teks anekdot, siswa dapat menentukan makna teks anekdot tersebut.
7.
Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat memilih opini penulis yg terdapat pada kutipan tersebutdengan tepat
8.
Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat memilih keberpihakan penulis pada kutipan tadi dengan tepat
9.
menemukan inti kalimat
Disajikan kalimat luas/beragam, peserta didik bisa memilih inti kalimat tersebutdengan sempurna.
10.
membuat ringkasan teks
Disajikan sebuah teks, siswa bisa menentukan ringkasan teks
11.
mengomentari pendapat yg terdapat dalam teks
Disajikan kutipan teks warta (1 paragraf), siswa bisa menentukan tanggapan logis terhadap isi kabar tadi.
12.
menunjukkan bukti berdasarkan simpulan
Disajikan teks, siswa dapat memilih bukti kalimat simpulan menurut teks
13.
menunjukkan interaksi antarbagian teks
Disajikan dua teks anekdot singkat, siswa bisa memilih perbandingan isi teks anekdot tadi.
14.
MEMBACA SASTRA
menentukan istilah yang bermakna konotatif/kias pada karya sastra
Disajikan kutipan teks cerita pendek yang pada dalamnya terdapat ungkapan, peserta didik bisa memilih makna ungkapan yang terdapat dalam kutipan teks cerita pendek tadi.
15.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat memilih makna kata berlambang pada teks dengan sempurna.
16.
menentukan majas dalam karya sastra
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat memilih majas yg terdapat pada teks cerita pendek tersebut.
17.
mengidentifikasi unsur karya sastra
Disajikan teks cerpen/novel, peserta didik dapat memilih tahapan alurnya.
18.
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat memilih latar tempat yg sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut
19.
Disajikan teks pantun, siswa bisa memilih tema yang sinkron dengan teks pantun tadi.
20.
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat memilih unsur intrinsik yang secara umum dikuasai pada kutipan novel tadi.
21.
menentukan isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan kutipan novel, siswa bisa menentukan nilai pendidikan yg masih ada dalam kutipan novel tersebut.
22.
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik bisa menentukan amanat yg sesuai menggunakan kutipan cerita pendek tersebut.

23.
menentukan bukti watak, latar
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik bisa menentukan ciri teks cerita pendek tadi (watak, pertarungan, tema).
24.
mengaitkan isi menggunakan kehidupan ketika ini
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa bisa memilih hal yang diungkapkan pada teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan waktu ini dengan tepat
25.
menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang mendeskripsikan keunggulan/kelemahan cerita, siswa bisa menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sinkron kutipan yg disajikan dengan tepat.
26.
membandingkan pola karya sastra (menurut gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/disparitas ke 2 penggalan teks tersebut dari unsur intrinsik teks dengan tepat
27.
meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa kompendium kutipan tadi menggunakan tepat.
28.
MENULIS TERBATAS
melengkapi menggunakan kata/kata yang sempurna sesuai konteks
Disajikan kutipan teks kabar (1 paragraf) yg dirumpangkan, siswa bisa menentukan istilah yang sempurna buat melengkapi bagian yg rumpang dengan tepat .
29.
melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, pelukisan, biografi)
Disajikan gagasan primer teks eksposisi, siswa dapat memilih gagasan penjelas yang tepat
30.
Disajikan teks negosiasi yang rumpang, siswa bisa memilih orientasi yg masih ada pada teks tersebut.

31.
Disjaikan paragraf yg dirumpangkan salah satu kalimatnya; siswa bisa melengkapi paragraf tadi menggunakan kalimat deskripsi yang sempurna.
32.
Disjaikan teks biografi yg dirumpangkan keliru satu kalimatnya; siswa bisa melengkapi teks tadi menggunakan kalimat yg tepat.
33.
melengkapi unsur karya sastra usang (pantun)
Disajikan teks pantun yang rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat (larik) yang sempurna.

34.
melengkapi unsur ulasan
Disajikan teks ulasan rumpang, siswa dapat melengkapi menggunakan kalimat yang tepat

35.
melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
Disajikan kalimat-kalimat petunjuk yg belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.

36.
mengurutkan insiden pada cerita
Disajikan kutipan teks cerita pendek yg diacak, peserta didik bisa memilih urutan teks cerita pendek tersebut
37.
mengurutkan langkah-langkah dalam teks mekanisme/petunjuk
Disajikan kalimat-kalimat teks prosedur kompleks yg diacak, peserta didik dapat menentukan urutan teks prosedur kompleks tersebut
38.
Disajikan teks eksposisi (lima-7 kalimat) yg disusun secara acak, siswa bisa mengurutkan menjadi teks eksposisi yg sempurna.
39.
memvariasikan kata(sinonim)
Disajikan teks laporan hasil observasi (1 paragraf) yg menggunakan istilah bersinonim, peserta didik bisa memilih sinonim kata tertejmtu yang masih ada pada paragraf tersebut
40.
memvariasikan kalimat
Disajikan teks iklan, siswa dapat memilih makna ungkapan yg masih ada pada teks iklan tersebut.
41.
Disajikan kutipan teks, peserta didik bisa memilih makna peribahasa pada teks tersebut
42.
menyusun paragraf menurut beberapa data
Disajikan data laporan output observasi yang belum lengkap pada sebuah tabel, siswa bisa melengkapinya dengan data yg tepat
43.
menyusun simpulan dari beberapa data
Disajikan data-data laporan output observasi berupa kalimat-kalimat simpleks, siswa dapat memilih kalimat kompleks berupa simpulan menurut data-data tadi.
44.
MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Disajikan kutipan teks ekspalansi kompleks, peserta didik bisa memilih dua kata tidak baku yg masih ada pada teks tadi.
45.
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan paragraf dengan tiga-empat konjungsi yg dipakai secara nir tepat, siswa sanggup mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/kata pada paragraf menggunakan sempurna.
46.
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang masih ada kalimat tidak padu, anak didik mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut menggunakan tepat.
47.
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat nir efektif, murid sanggup mengidentifikasi kalimat tidak efektif pada paragraf tersebut dengan sempurna.
48.
menggunakan kata pada kalimat
Disajikan teks (1 paragraf) yg dirumpangkan, peserta didik bisa melengkapinya dengan istilah yang sempurna.
49.
menggunakan kata bentukan (mengisi sinkron kaidah bentukan kata)
Disajikan matriks yg rumpang, peserta didik dapat melengkapi menggunakan kata berbentuk verba dan nomina berdasarkan istilah dasar yang terdapat dalam matriks.
50.
menggunakan kalimat (mengisi kalimat yg sesuai)
Disajikan teks eksposisi (1 paragraf) yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepati
51.
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat tidak wajar, ambigu, pemborosan, nir logis, tidak lengkap)
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, murid mampu memperbaiki kalimat tidak padu pada paragraf tadi menggunakan sempurna.
52.
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat pada paragraf
Disajikan kutipan teks ekspalanasi kompleks, peserta didik bisa menentukan pemugaran kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif pada kutipan teks tadi.
53.
memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seseorang tokoh, siswa bisa menentukan pemugaran penulisan kata yg sesuai dengan PUEBI.
54.
MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kutipan teks, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
55.
mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks, peserta didik bisa menentukan kesalahan penggunaan pertanda baca teks eksplanasi kompleks tadi.
56.
menggunakan ejaan
Disajikan kutipan teks editorial / opini yg rumpang, peserta didik dapat menentukan istilah yang penulisannya sinkron PUEBI buat melengkapi teks editorial tersebut.
57.
menggunakan pertanda baca
Disajikan sebuah teks tanpa tanda baca, peserta didik dapat menggunakan pertanda baca sesuai PUEBI.
58.
memperbaiki Kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seseorang tokoh, siswa bisa menentukan pemugaran penulisan kata yg sesuai dengan PUEBI.
59.
memperbaiki kesalahan penggunaan indikasi baca
Disajikan kutipan teks yang masih ada kesalahan penggunaan pertanda baca, siswa bisa memilih pemugaran penggunaan tanda baca yang sinkron menggunakan PUEBI.
60.



Catatan: Jumlah soal uji coba/ ujian nasional(UN) sebesar 50 soal. Indikator menggunakan rona merah adalah menjadi variasisoal.



BACA RINGKASAN MATERI DANPEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017



1.Menentukan isi teks anekdot


2.Menentukan maknakata/istilah


3.Membandingkan isi teks


4.Menentukan interpretasiteks anekdot


5.Menentukan urutan tekseksposisi


6.Melengkapi teks eksplanasi


7.Menggunakan istilah penghubung


8.Menggunakan pronomina/kataganti


9.Menggunakan istilah bentukan


10.Membaca matriks/tabel


11.Menggunakan pertanda baca


12.Memvariasikan kata


13.Mengurutkan teks prosedur


14.Menentukan inti kalimat


15.Menentukan isi teksnegosiasi


16.Melengkapi teks negosiasi


17.Menentukan kalimat santundalam teks negosiasi


18.Mengurutkan insiden dalamcerpen


19.Menentukan watak tokohcerita


20.Menentukan amanat cerita


21.Menentukan latar cerita


22.Menentukan majas dalamcerpen


23.Menentukan makna ungkapan


24.Menentukan makna peribahasa


25.Menentukan kalimatsumbang/nir padu dalam teks


26.Menentukan tema pantun


27.Melengkapi pantun


28.Menentukan isi teksbiografi


29.Mengidentifikasi kata bakudan tidak baku


30.Menentukan fungsi teksbiografi


31.Menggunakan konjungsi dengantepat


32.Memakai tanda baca dengantepat


33.Menentukan kata nir bakudalam teks


34.Menyunting kalimat


35.Menentukan struktur teksulasan film


36.Menggunakan istilah bentukandengan tepat


37.Kalimat simpleks dankompleks


38.Unsur intrinsik teks drama


39.Idepokok paragraf


40.Meringkas teks


41.Perbaikan penggunaan tandabaca


42.Kalimat simpulan


43.Tanggapan logis terhadapisi teks


44.Ungkapan dalam teks iklan


45.Teks Ulasan film


46.Melengkapi teks petunjukkerja/teks prosedur


47.Penggunaan ejaan yg tidaktepat


48.Opini penulis dalam tajukrencana


49.Fakta dan opini


50.Unsur Intrinsik danekstrinsik novel



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel