BEDAH KISIKISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019







BEDAH KISI-KISIUSBN 2019 Sekolah Dasar/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Berikutdisajikan bedah kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yangdikembangkan menurut Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional SekolahDasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran BahasaIndonesia menurut surat Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor:0297/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional TahunPelajaran 2018/2019 tanggal 26 November 2018


BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-usbn-2019-sdmi-mata.html

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html 
BEDAHKISI-KISI USBN 2019 Sekolah Dasar/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN2018/2019

Indikator Materi
Indikator Soal
No
MEMBACANONSASTRA
1.menentukan makna istilah/istilah pada teks
Disajikan paragraf, anak didik mampu meentukan makna istilah/kata pada paragraf dengan tepat

2.Menentukanantonim/sinonim
Disajikan paragraf, murid mampu meentukan makna sinonim/antonim pada paragraf menggunakan tepat

Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa sanggup menentukan sinonim/antonim istilah yg dicetak miring menggunakan tepat


3.menggali keterangan tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat jawaban berdasarkan kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yg sesuai dengan isi paragraf menggunakan tepat.

Disajikan paragraf, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat tanya (menggunakan istilah tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yg sinkron menggunakan isi paragraf menggunakan sempurna.

Disajikan teks laporan, siswa mampu menentukan pernyataan yg merupakan isi laporan dengan tepat

4.menentukan unsur teks (kalimat primer/penjelas)
Disajikan paragraf, siswa mampu memilih kalimat utama paragraf dengan tepat

5.menentukan pandangan baru utama teks
5. Disajikan paragraf, siswa sanggup menemukan ide pokokparagraf dengan tepat.


6.menggali berita implisit teks
6. Disajikan paragraf, siswa sanggup menyimpulkan isi paragraf menggunakan tepat.


7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
Disajikan paragraf, anak didik bisa menentukan pernyataan yg sesuai dengan isi paragraf

8.Mengidentifikasi jenis teks
Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa bisa menentukan jenis teks dengan tepat

9.memprediksi
kejadian dari isi teks
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa mampu menentukan kejadian dari isi teks

10.membandingkan isi teks
Disajikan 2 teks, murid sanggup memilih persamaan/perbedaan isi 2 teks dengan sempurna


11.melengkapi tabel dengan pokok-utama pikiran berdasarkan isi teks
Disajikan penggalan teks berisi data-data/warta dan tabel yang dirumpangkan, anak didik bisa melengkapi tabel sesuai menggunakan data/informasi padateks menggunakan tepat.


MEMBACA SASTRA


12.Menentukan liputan tersurat dalam karya sastra
Disajikan teks drama, anak didik sanggup memilih pernyataan yang sesuai menggunakan isi teks drama menggunakan sempurna.

Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih pernyataan yg sinkron dengan isi teks cerita dengan tepat

Disajikan bait pantun, murid mampu memilih maksud/isi pantun menggunakan tepat

13.menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
Disajikan kutipan cerita , murid sanggup memilih tokoh utama dalam kutipan dengan tepat

Disajikan kutipan cerita , anak didik bisa menentukan tabiat tokoh pada kutipan menggunakan tepat

Disajikan kutipan cerita , siswa bisa menentukan latar pada kutipan dengan tepat

14.menentukan makna kata/simbol/kias
Disajikan teks syair , siswa bisa memilih makna kata dalam syair menggunakan tepat

Disajikan kutipan cerpen, anak didik sanggup memilih makna istilah simbol/kias dalam kutipandengan tepat

15.menggali berita tersirat pada karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
Disajikan kutipan drama/dialog, siswa mampu memilih topik/tema pada kutipan dengandengan tepat.

Disajikan teks cerita, murid sanggup memilih simpulan cerita menggunakan tepat

Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa menentukan makna bagian teks/kalimat menggunakan tepat

16.menentukan unsur intrinsik karya sastra (perseteruan, amanat, tema)
Disajikan kutipan teks sastra, siswa sanggup memilih permasalahan dalam kutipan teks menggunakan sempurna.


Disajikan kutipan teks pantun, siswa sanggup menentukan amanat dengan sempurna.


Disajikan kutipan teks cerita, siswa bisa memilih amanat menggunakan sempurna.


Disajikan kutipan teks sastra, murid bisa memilih temadengan tepat.

17.Memprediksi insiden menurut isi cerita
Disajikan 2 kutipan teks sastra homogen (fabel), murid mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) 2 kutipan dengan sempurna.

18.menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, murid sanggup menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks menggunakan tepat


19.menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa sanggup memilih hal-hal yg dapat diteladani menurut tokoh pada kutipan teks dengan tepat

MENULIS TERBATAS
20.Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/istilah/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yg dirumpangkan, siswa mampu melengkapi menggunakan kata/kata dengan tepat

Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan menggunakan tepat

Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa menggunakan tepat

21.menyusun aneka macam petunjuk (memakai/menciptakan sesuatu)
Disajikan lima kalimat eksposisi secara rambang, anak didik mampumengurutkan kalimat sebagai akibatnya tersusun paragraf pelukisan menggunakan sempurna.


Disajikan 5 kalimat mekanisme secara rambang, anak didik bisa mengurutkan kalimat sebagai akibatnya tersusun teks mekanisme menggunakan tepat.


22.menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa mampu menyusun kalimat pelukisan dengan tepat.

Disajikan gambaran, murid mampu menyusun teks narasi sesuai gambaran dengan tepat

23.melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yg dirumpangkan, anak didik sanggup melengkapi teks tadi menggunakan kalimat yang tepat

Disajikan teks iklan yg dirumpangkan, siswa bisa melengkapi menggunakan kata/kalimat dengan tepat

Disajikan teks pidato yg dirumpangkan, anak didik bisa melengkapi menggunakan kalimat dengan tepat

24.melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, murid sanggup melengkapi bagian yg rumpang menggunakan kata bentukan (istilah berimbuhan) menggunakan tepat.

MENYUNTINGKATA/ISTILAH, FRASE,KALIMAT, PARAGRAF,EJAAN, DAN TANDA BACA
25.Memperbaiki penulisan/penggunaan kata/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata nir tepat, anak didik bisa memperbaiki penulisan istilah/istilah menggunakan sempurna.

26.memperbaiki rapikan kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf menggunakan galat satu kalimatnya dicetak miring serta rapikan kalimatnya nir tepat , murid bisa memperbaiki rapikan kalimat tadi menggunakan tepat

27.Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang galat satu kata nir sempurna, siswa bisa memberitahuakn penulisan istilah (huruf Kapital) yg tidak sempurna.

28.Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yg galat penggunaan indikasi baca, siswa bisa memperlihatkan penggunaan indikasi baca (titik, titik 2, koma) yang galat menggunakan sempurna

29.menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yg dirumpangkan, murid bisa mengisi bagian rumpang dengan kata yang penulisannya sempurna.

30.menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat langsung yg kalimatnya diberi angka, murid sanggup memilih tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut.

31.Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yg salah satu pungkasnya ditulis dengan keliru, murid sanggup memperbaiki sinkron ejaan bahasa Indonesia yg sempurna.

32.Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yg masih ada kesalahan penggunaan indikasi baca, anak didik mampu memilih perbaikan penggunaan indikasi baca menggunakan tepat.



BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN2019: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

A.Ruang Lingkup Materi MembacaNonsastra

  1. menentukan makna istilah/istilah pada teks


  1. menentukan antonim/sinonim


  1. menggali keterangan tersurat teks


  1. menentukan unsur teks (kalimat primer/penjelas)


  1. menentukan pandangan baru utama teks


  1. menggali berita implisit teks


  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks


  1. mengidentifikasi jenis teks


  1. memprediksi kejadian dari isi teks


  1. membandingkan isi teks


  1. melengkapi tabel dengan pokok-utama pikiran berdasarkan isi teks


B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan liputan tersurat dalam karya sastra

a. Menentukan informasitersurat pada karya sastra puisi


b. Menentukan informasitersurat pada karya sastra prosa


c. Menentukan informasitersurat pada karya sastra drama


  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)


  1. Menentukan makna istilah/simbol/kias


  1. Menggali kabar tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )


  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (pertarungan, amanat, tema)


  1. Memprediksi insiden menurut isi cerita


  1. Menentukan nilai-nilai cerita


  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita


C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS

  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/istilah/ungkapan/peribahasa


  1. Menyusun berbagai petunjuk (memakai/menciptakan sesuatu)


  1. Menyusun berbagai teks (pelukisan, narasi)


  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)


  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan


  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan kata/kata


  1. Memperbaiki tata kalimat pada paragraf


D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH,FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan


  1. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca


29.menggunakanejaan


30.menggunaantanda baca


31.memperbaikikesalahan penggunaan ejaan


32.memperbaikikesalahan penggunaan pertanda baca



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel