BEDAH KISIKISI UN 2019 SMP/MTS MAPEL BAHASA INDONESIA PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN


BEDAHKISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah pertama/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOALUN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Berikutdisajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 Sekolah Menengah pertama/MTs mata pelajaranBahasa Indonesia berupa pengembangan indikator soal, model soal, danpembahasan yg dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs menurut KeputusanBadan Standar Nasional PendidikanNomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018TentangKisi-Kisi Soal Ujian Nasionaluntuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah



BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA


1. BEDAH KISI-KISI USBN Sekolah Dasar/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html 

2. BEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah pertama/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-smpmts-mapel.html 

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-bahasa.html 

4. BEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah Atas/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK Sekolah Menengah Kejuruan/MAK KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-2019-smama-mapel.html 



5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 MapelSastra Indonesia Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html
6. Soal serta KunciJawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html
BEDAHKISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah pertama/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOALUN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Indikator Materi
Indikator Soal
No.
A. MEMBACA NONSASTRA
Menentukanmakna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, peserta didik bisa memilih makna kata/istilah pada kalimat dengan sempurna.
1
Disajikan paragraf yg terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor , peserta didik bisa memilih maksud kalimat tertentu pada paragrafdengan sempurna.
2
Menentukan fakta tersurat teks
Disajikan sebuah teks output observasi (dua paragraf), siswa bisa menentukanpernyataan yg sinkron menggunakan isi teks menggunakan sempurna.
3
Disajikan sebuah teks output observasi (2 paragraf), siswa dapat menetukan jawaban pertanyaan mengenai isi teks tadi menggunakan tepat.
4
Disaiikan teks cerita biografi (dua-3 paragraf) peserta didik bisa menentukan keistimewaan tokoh pada teks tadi dengan sempurna.
5
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat memilih perilaku/tindakan tokoh yg patut diteladani pada teks tersebut menggunakan sempurna.
6
Disajikan teks eksplanasi (1-dua paragraf), siswa dapat memilih jawaban atas pertanyaan mengenai insiden dalam teks tersebut dengan sempurna.
7
Menentukan bagian teks
Disajikan teks yg terdiri 4-5 kalimat, siswa bisa menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan sempurna.
8
Menentukan ilham pokok
Disajikan teks eksposisi terdiri 4-lima kalimat, peserta didik dapat menentukan gagasan utama teks tadi dengan sempurna.
9
Disajikan teks output observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat wangsit utama paragraf tersebutdengan sempurna.
10
Disajikan teks eksposisi yg terdiri 4-lima kalimat, peserta didik bisa memilih menentukan kalimat utama teks tadi dengan sempurna.
11
Menyimpulkan isi teks
Disajikan teks cerita yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan sempurna.
12
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan pandangan penulis pada teks tersebutdengan sempurna.
13
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan persetujuan paada paragraf kedua teks tersebutdengan sempurna.
14
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan argumen pendukungdengan sempurna.
15
Meringkas isi teks
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan sempurna.
16
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan kompendium yang tepat teks tersebut.
17
Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, peserta didik mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan sempurna.
18
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), peserta didik mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan sempurna.
19
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan teks cerita biografi (1-2 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian yang merupakan kelemahan/keunggulan teks tersebutdengan sempurna.
20
Mengomentari isi teks
Disajikan penggalan teks, peserta didik mampu mengomentari isi teks dengan sempurna.
21
B. MEMBACA SASTRA
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan puisi, peserta didik mampu mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan sempurna.
22
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa menentukan makna ungkapan pada kutipan tadi menggunakan tepat
23
menentukan makna tersurat pada cerpen dan fabel
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan tokoh utama pada teks tersebut dengan sempurna.
24
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pemanfaatan yang merupakan interpretasi pada teks tersebut dengan sempurna.
25
Disajikan kutipan dialog teks drama, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan isi obrolan keliru satu tokoh pada kutipan dengan sempurna.
26
menentukan bagian cerpen serta fabel
Disajikan teks cerpen dan fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan peristiwa yang dialami tokoh dengan sempurna.
27
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi teks tersebutdengan sempurna.
28
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan latar (tempat, waktu, suasana) cerita pendek pada kutipan dengan sempurna.
29
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan sempurna.
30
Menyimpulkan makna simbol pada cerpen serta fabel
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengandengan sempurna.
31
menyimpulkan isi implisit pada cerpen/fabel
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan sempurna.
32
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebutdengan sempurna.
33
Menyimpulkan karena/dampak konflik
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan konflik cerita pada teks tersebut dengan sempurna.
34
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan sempurna.
35
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan akibat konflik cerita pada teks tersebut dengan sempurna.
36
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), peserta didik Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan sempurna.
37
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa pada dua kutipan cerpen dengan sempurna.
38
menunjukkan bukti latar serta watak
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebutdengan sempurna.
39
Disajikan penggalan cerita, peserta didik mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan sempurna.
40
Mengaitkan isi menggunakan kehidupan saat ini
Disajikan penggalan fabel, peserta didik mampu mengaitkan isi fabel kehidupan masa kini dengan sempurna.
41
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan sempurna.
42
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, peserta didik mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan sempurna.
43
Disajikan penggalan fabel/cerpen , peserta didik mampu menunjukkan kelemahan ceritadengan sempurna.
44
C. MENULIS TERBATAS
melengkapi kata/istilah pada kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan sempurna.

45
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan sempurna.
46
menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, peserta didik mampumengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf eksposisi dengan sempurna.
47
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan sempurna.
48
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan sempurna.
49
melengkapi paragraf menggunakan kalimat
Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang menggunakan kalimat yg tepat.
50
melengkapi bagian teks (eksposisi, pelukisan, ulasan, serta lain-lain)
Disajikan penggalan teks yg dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bagian yg rumpang dengan bagian teks yang tepat.
51
Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, peserta didik dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan sempurna.
52
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, peserta didik dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan sempurna.
53
menulis dengan ilustrasi tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objekdengan sempurna.
54
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat mengubah kutipan cerpen dengan sudut pandang pengarang berbeda (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya)dengan sempurna.
55
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah dramadengan sempurna.
56
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
menunjukkan istilah yang nir sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua katayang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan sempurna.
57
menunjukkan kalimat yang nir sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif,peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan sempurna.
58
menggunakan istilah bentukan sesuai menggunakan kaidah
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan)dengan sempurna.
59
menggunakan konjungsi pada kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan sempurna.
60
Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata berimbuhan, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata berimbuhan dengan sempurna.
61
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang dengan sempurna.
62
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, peserta didik mampu menentukan perbaikan kalimat dengan sempurna.
63
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yg terdapat kalimat tidak padu, siswa dapat memilih pemugaran kalimat tersebutdengan tepat .
64
Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan katadengan sempurna.
65
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimatdengan sempurna.
66
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, peserta didik mampumengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan sempurna.
67
Menunjukkan kesalahan penggunaan pertanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan sempurna.
68
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, peserta didik mampu menggunakan kata depan dengan sempurna.
69
Menggunakan pertanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menggunakan tanda titik dua dengan sempurna.
70
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, peserta didik mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan sempurna.
71
Disajikan teks tanggapan deskriptif (1 paragraf) yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital, peserta didik dapat menentukan perbaikannyadengan sempurna.
72
Memperbaiki kesalahan penggunaan indikasi baca
Disajikan teks cerita biografi yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan perbaikannyadengan sempurna.
73
Menentukan alasan kesalahan ejaan serta pertanda baca
Disajikan teks tanggapan yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan sempurna.
74
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan sempurna.
75
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL.



PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah pertama/MTs.


2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html




12. Menentukan Pernyataan yangSesuai Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
16. Menentukan Latar Suasana CeritaKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/menentukan-latar-suasana-cerita.html 

17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh dalam Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-tabiat.html 

18. Menentukan Makna Kata SimbolikKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/memilih-makna-simbol-atau-istilah.html 

19. Menentukan Amanat Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/cara-menentuakan-amanat-cerita.html



RINGKASAN MATERI, SOAL DANPEMBAHASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG: BELAJAR PRAMUKA

           1. Pertanyaan yg jawabannya terdapat pada teks

2. Pernyataan yang sinkron dengan isi teks



3. Makna istilah dalam teks

4. Ide pokok paragraf



Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan dalam teks

  1. Kalimat hubungan karena akibat

  1. Kalimat yang menerangkan (bukti) watak tokoh cerita

  1. Konflik dalam cerita

  1. Amanat cerita

  1. Kalimat yang nir padu pada teks

  1. Peristiwa yang tergambar pada teks

  1. Teks laporan

  1. Urutan kalimat teks sastra

  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain

  1. Perbaikan penulisan ejaan

  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)

  1. Ringkasan teks

  1. Tokoh utama cerita

  1. Konflik, penyebab perseteruan, serta akibat konflik

  1. Amanat tersirat serta tersurat dalam cerita

  1. Kalimat yg menyatakan keunngulan buku

  1. Struktur teks resensi

  1. Pendapat pro serta kontra

  1. Jenis-jenis teks mekanisme 

  1. Melengkapi teks prosedur

  1. Menyunting teks prosedur

  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi

  1. Keteladanan tokoh pada teks biografi 

  1. Fakta serta opini pada teks biografi

  1. Membandingkan nilai moral 2 teks fabel

  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel

  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama

  1. Cara memvariasikan kalimat

  1. Pemakaian pertanda titik dua (:) dan koma (,) 

  1. Makna simbol pada cerpen

  1. Menentukan bagian alur cerpen

  1. Syarat-kondisi paragraf yang baik 

  1. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat 

  1. Melengkapi kalimat menggunakan kata bentukan

42.Menentukanmakna istilah/kata pada kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan istilah penghubung 

  1. Kalimat tidak efektif

  1. Alasan penggunaan kata yang salah

  1. Penulisan huruf kapital

  1. Penggunaan ejaan yg nir tepat

  1. Kesalahan penggunaan tanda baca

  1. Penggunaan ejaan yg tepat

  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan indikasi baca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel