BEDAH KISIKISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISIUN 2019 Sekolah Menengah Atas/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019,CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Berikutdisajikan bedah terali ujian nasional (UN) tahun 2019 Sekolah Menengah Atas/MA mata pelajaranBahasa Indonesia yang dikembangkan menurut KISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah Atas/MA berdasarkan KeputusanBadan Standar Nasional Pendidikannomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018TentangKisi-Kisi Soal Ujian Nasionaluntuk Jenjang Pendidikan Dasar serta Menengah




BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN Sekolah Dasar/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-usbn-2019-sdmi-mata.html

2. BEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah pertama/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-smpmts-mapel.html

3. BEDAH KISI-KISI UN Sekolah Menengah Atas/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-bahasa.html

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOHSOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK Sekolah Menengah Kejuruan/MAK KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-2019-smama-mapel.html 

5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 MapelSastra Indonesia Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html

6. Soal dan KunciJawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html


BEDAH KISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah Atas/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat serta salah satu kalimatnya menggunakan kata yg telah lazim digunakan, siswa bisa dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut.
1.
Mengidentifikasi fakta tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan informasi (satu atau dua kalimat keterangan), siswa bisa memilih kalimat yang berupa kabar pada paragraf tadi.
2.
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik bisa memilih menjawab pertanyaan tentang isi paragraf menggunakan kata tanya mengapa atau bagaimana menggunakan sempurna.
3.
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik bisa menentukan hal yg dapat diteladani menurut tokoh tadi.
4.
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yg memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.
Menemukan pandangan baru pokok
Disajikan paragraf padu, siswa dapat memilih pandangan baru pokok paragraf tadi.
6.
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/beragam, peserta didik bisa menentukan inti kalimat tersebutdengan sempurna.
7.
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yg memakai istilah acuan, siswa dapat menentukan kata/gerombolan kata yang dirujuk sang acuan tadi menggunakan tepat.
8.
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu, siswa dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yg diungkapkan dalam teks/paragraf menggunakan tepat.
9.
Disajikan kutipan tajuk planning, peserta didik dapat menentukan opini penulis yg masih ada pada kutipan tersebutdengan tepat.
10.
Disajikan kutipan tajuk planning, siswa bisa menentukan pihak yg dituju sang penulis dalam kutipan tersebutdengan sempurna.
11.
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, siswa dapat memilih kalimat primer paragraf tersebut dengan sempurna.
12.
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat primer dan 5 kalimat penjelas, siswa dapat menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan 2 kutipan teks ulasan/artikel, siswa bisa menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut menggunakan sempurna.
14.
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, siswa dapat menentukan kalimat evaluasi terhadap isiteks dengan tepat.
15.
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai istilah simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik bisa memilih makna kata berlambang pada teks menggunakan tepat.
16.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, siswa dapat memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias menggunakan tepat.
17.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik bisa menentukan kalimat yang berupa majas menggunakan sempurna.
18.
Memaknai isi tersurat pada karya sastra
Disajikan sebait gurindam, siswa bisa menentukan maksud isi atau amanat yg terkandung pada bait gurindam tersebut menggunakan tepat
19.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, siswa bisa menentukan pendeskripsian tabiat tokoh menggunakan sempurna.
20.
Menyimpulkan isi implisit pada cerpen/novel (konflik, karena pertarungan, akibat pertarungan, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, anak didik sanggup menentukan konflik menggunakan sempurna.
21.
Disajikan kutipan cerpen/novel (yg pada dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, serta amanat), peserta didik dapat memilih amanat yang terkandung pada kutipan cerpen/novel tadi dengan tepat.
22.
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, serta amanat), siswa bisa menentukan pernyataan yg memberitahuakn nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tadi yg ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat.
23.
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, anak didik mampu menentukan persamaan/disparitas ke 2 penggalan teks tadi menurut unsur intrinsik teks dengan tepat
24.
Membuktikan simpulan menggunakan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yg pada dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, serta amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan verifikasi watak tokoh tertentu pada kutipan cerpen/novel tersebut menggunakan sempurna.
25.
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat memilih latar (suasana, waktu, atau loka) sesuai kutipan dengan tepat.
26.
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan pada kehidupan ketika ini menggunakan tepat.
27.
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang mendeskripsikan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji menggunakan tepat.
28.
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, siswa dapat memilih kalimat esai yang sinkron menggunakan isi puisi tersebut
29.
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat memilih kalimat berupa kompendium kutipan tadi menggunakan sempurna.
30.
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan kata/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, murid mampu melengkapi bagian yg rumpang dengan ungkapan yang tepat
31.
Disajikan teks berisi gambaran insiden yang dirumpangkan, murid bisa melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
32.
Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf yg dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya menggunakan tepat.
33.
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yg dirumpangkan galat satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tadi menggunakan kalimat deskripsi yang tepat.
34.
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan sebuah kalimat pendapat mengenai sesuatu, siswa dapat memilih kalimat argumentasi yang logis buat mendukung pendapat tadi (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
35.
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, murid sanggup melengkapi bagian yang rumpang menggunakan kalimat yang tepat.
36.
Melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf prosesyang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik bisa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
37.
Melengkapi paragraf Induktif
Disajikan paragraf induktif yg dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat memilih kalimat simpulan yang padu buat melengkapinya
38.
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya petuah ) yg galat satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yg tepat buat melengkapinya
39.
Disajikan kutipan teks drama yg dirumpangkan satu obrolan/kalimatnya, siswa bisa memilih kalimat yg sempurna untuk melengkapinya.
40.
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat rambang)
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi angka serta diurut ke bawah), siswa bisa menentukan urutan yang tepat buat dijadikan paragraf padu
41.
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yg mengilustrasikan peristiwa tertentu, anak didik dapat memilih peribahasa yang tepat sesuai dengan gambaran peristiwa.
42.
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan peristiwa eksklusif, siswa dapat menentukan ungkapan yang sempurna sesuai menggunakan ilustrasi kejadian.
43.
Disajikan kutipan teks yang keliru satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat menentukan kalimat yg mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yg sempurna.
44.
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf menggunakan empat istilah yang digunakan secara tidak sempurna, anak didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan istilah/istilah pada paragraf menggunakan sempurna.
45.
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yg terdapat kalimat tidak padu, murid bisa mengidentifikasi kalimat padu pada paragraf tersebut dengan tepat.
46.
Menggunakan istilah bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan istilah)
Disajikan paragraf yg dirumpangkan 3 kata berimbuhannya pada kalimat (berimbuhan me- dan pe- dalam kata dasar yang diawali alfabet k, p, t, s), peserta didik bisa memilih kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
47.
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan 3 istilah ulangnya, peserta didik dapat menentukan istilah ulang yang tepat buat melengkapinya
48.
Mengisi menggunakan konjungsi yg sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkapkata penghubung temporal (urutan ketika), peserta didik bisa menentukan istilah penghubung yg tepat untuk melengkapinyanya.
49.
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yg galat satu kalimatnya nir efektif, siswa bisa memilih cara pemugaran kalimat tersebut dengan tepat.
50.
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf pelukisan yang memakai 3 frasa adjektiva yang galat (tiga frasa), siswa bisa memilih frasa kata sifat yang tepat buat memperbaikinya.
51.
Disajikan paragraf yg salah satu kalimatnya rancu/nir padu, siswa dapat menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya
52.
Menentukan alasan kesalahan menurut segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yangsalah satu kalimatnya menggunakan istilah nir standar, peserta didik dapat menentukan kata nir standar pada kalimat dengan disertai alasan yang tepat
53.
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan ilustrasi berupa paragraf yg memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, namun penulisan judul buku tadi galat (dengan huruf mini seluruh), siswa dapat memilih pemugaran penulisan judul buku tadi yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
54.
Disajikan paragraf yg galat satu kalimatnya masih ada kesalahan penulisan nama geografi, murid bisa mengidentifikasi kalimat yang pada dalamnya masih ada kesalahan penulisan nama geografi.
55.
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yangdua pada antaranya masih ada kesalahan penggunaan indikasi baca, siswa dapat menentukan kalimat yang keliru penggunaan tanda bacanya
56.
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yg terdapat kesalahan penggunaan frasa/adonan istilah, anak didik mampu menentukan pemugaran frasa/adonan kata dengan tepat.
57.
Disajikan paragraf yg pada dalamnya terdapat 3 istilah yang nir standar; peserta didik dapat menentukan istilah baku buat memperbaikinya
58.
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan istilah serapan/ istilah, murid sanggup menentukan pemugaran kata serapandengan sempurna.
59.
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai pertanda bacanya salah , peserta didik bisa menentukan kesalahan penggunaan indikasi bacadisertai alasan yg sempurna dalam kalimat tersebut
60.

CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019



I. Lingkup Materi MembacaNonsastra

A. Level KognitifPengetahuan serta Pemahaman ( Mengidentifikasi,Memaknai)

1.memaknai kata/istilah dalamparagraf


2.mengidentifikasi informasitersurat

a. Mengidentifikasikalimat keterangan/opini dalam paragraf



b. Mengidentifikasijawaban tersurat pada paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana



c. Memilih halyang dapat diteladani dari tokoh pada teks biografi



B. Level Kognitif Aplikasi( Menginterpretasi,Menggunakan)

1.menemukan ide pokok



2.menemukan inti kalimat


3.menentukan makna rujukan



4.menyimpulkan isi tersiratdalam teks

a. Menyimpulkan maksud/tujuan/pendapatpenulis



b. Opini penulis editorial



c. Keberpihakan penulis editorial



5.menentukan kalimat utama


6. Menentukan kalimat penjelas


C. Level Kognitif Penalaran( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.membandingkan isi, polapenyajian, serta atau bahasa teks

2.menyimpulkan perbedaan ataupersamaan isi teks


3.membandingkan penggunaanbahasa serta pola penyajian beberapa jenis teks (warta, eksposisi, prosedur,editorial, ulasan/resensi)

4.mengomentari isi teks



5.menunjukkan bukti suatusimpulan

 

II. Lingkup Materi Membaca Sastra

A. Level Kognitif Pengetahuan serta Pemahaman (Mengidentifikasi,Memaknai)

  1. mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias pada karya sastra
a. Mengartikan kata simbolik



b. mengartikanungkapan


c. Mengidentifikasi kalimatyang bermajas


2.memaknai isi tersurat dalam karya sastra

a. Menentukan maksud gurindam



b. menentukancara pendeskripsian watak tokoh



B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)

  1. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (perseteruan, sebab permasalahan, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)
a. Memilih permasalahan, sebab perseteruan, akibatkonflik



b. menentukanamanat



c. Memilih nilai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.membandingkan isi, polapenyajian, dan bahasa karya sastra (dari gaya, tema, unsur)



2.menganalisis hubunganantarbagian karya sastra

3.membuktikan simpulan dengandata dalam karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018


b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yang memperlihatkan wataktokoh


Menentukan kalimat yg menyatakan latartempat


4.mengaitkan isi dengankehidupan saat ini



5.menilaikeunggulan/kelemahan karya sastra



6.meringkas isi karya sastra





III. Lingkup Materi Menulis Terbatas

A. Level Kognitif Pengetahuan serta Pemahaman (Mengidentifikasi,Memaknai)

Indikator materi: melengkapi kalimat/paragrafdengan kata/kata/ungkapan/peribahasa

a. melengkapibagian yang rumpang menggunakan ungkapan 


b. Melengkapi Paragraf menggunakan peribahasa 


B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)

1.melengkapi unsur teks (eksposisi,pelukisan, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

a.melengkapi unsur tekseksposisi



b.melengkapi unsur teksdeskripsi



c.melengkapi unsur teksargumentasi



d.melengkapi unsur teksulasan

1) Soal UN 2017/2018


e.melengkapi teks prosedur



2.melengkapi teks sastra(prosa, puisi, drama)


Melengkapi larik pantun(soal UN 2016/2017)


b. Melengkapi teksdrama(soal UN 2017/2018) Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html

3.menggabungkan kalimat



4.mengurutkan unsur teks

C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.memvariasikan kata yangbermakna sama

2.memvariasikan kalimat yangbertujuan sama


3.menggabungkan beberapakalimat dengan konjungsi yg sesuai

4.memvariasikan unsur teks

5.mengubah bentuk teks lain



IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, serta Paragraf

A. Level Kognitif Pengetahuan serta Pemahaman (Mengidentifikasi,Memaknai)

1.mengidentifikasi kesalahan penggunaankata/istilah



  1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
  2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
  3. mengidentifikasi kalimat tidak padu pada paragraf



B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)

1. Menggunakan istilah bentukan (mengisi sesuaikaidah bentukan kata)



Menggunakan kata ulang
2. Mengisi menggunakan konjungsi yang sesuai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.memperbaiki kesalahanpenggunaan kalimat



2.memperbaiki kesalahanparagraf

3.menentukan alasan dari segipilihan istilah/kalimat pada paragraf



V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan serta TandaBaca

A. Level Kognitif Pengetahuan serta Pemahaman (Mengidentifikasi,Memaknai)

1.mengidentifikasi kesalahanpenggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, istilah tugas)

a.penulisan judul



b.penulisan nama geografi

2.mengidentifikasi kesalahanpenggunaan indikasi baca

B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)

1.menggunakan ejaan

2.menggunakan tanda baca


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.memperbaiki kesalahanpenggunaan ejaan

a.memperbaiki kesalahan penggunaan frasa/campuran



b.memperbaiki penulisankata/istilah



c.memperbaiki kesalahanpenggunaan kata serapan



2.memperbaiki kesalahanpenggunaan tanda baca


3.menentukan alasan kesalahandari segi ejaan dan indikasi baca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel