KISIKISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMA/MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA






Berikutdisajikan terali soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA matapelajaran Bahasa Indonesia yg dikembangkan menurut KISI-KISI UN 2019 Sekolah Menengah Atas/MAberdasarkan KeputusanBadan Standar Nasional Pendidikannomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018TentangKisi-Kisi Soal Ujian Nasionaluntuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah




KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMA/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan output observasi) minimal 5 kalimat serta salah satu kalimatnya menggunakan kata yg sudah lazim digunakan, peserta didik dapat makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tadi.
1.
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan keterangan (satu atau dua kalimat warta), siswa dapat menentukan kalimat yang berupa berita pada paragraf tersebut.
2.
Disajikan sebuah paragraf yang keliru satu kalimatnya tidak padu, siswa bisa memilih menjawab pertanyaan tentang isi paragraf menggunakan istilah tanya mengapa atau bagaimana dengan sempurna.
3.
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, siswa bisa menentukan hal yg dapat diteladani berdasarkan tokoh tersebut.
4.
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yg memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat memilih menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.
Menemukan wangsit pokok
Disajikan paragraf padu yg pada dalamnya ada penggunaan istilah tidak standar, siswa dapat memilih inspirasi pokok paragraf tadi.
6.
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, siswa bisa memilih inti kalimat tersebutdengan tepat.
7.
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang menggunakan istilah acuan, siswa dapat menentukan kata/grup istilah yg dirujuk oleh acuan tersebut menggunakan tepat.
8.
Menyimpulkan isi tersirat pada teks
Disajikan paragraf padu yg di dalamnya ada penggunaan istilah nir standar, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yg diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.
Disajikan kutipan tajuk planning, siswa bisa menentukan opini penulis yg terdapat pada kutipan tersebutdengan sempurna.
10.
Disajikan kutipan tajuk planning, peserta didik dapat menentukan pihak yg dituju sang penulis pada kutipan tersebutdengan tepat.
11.
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan output observasi) minimal lima kalimat serta keliru satu kalimatnya menggunakan kata yang sudah lazim dipakai, siswa bisa memilih kalimat utama paragraf tadi dengan sempurna.
12.
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama serta lima kalimat penjelas, peserta didik bisa menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik bisa menentukan disparitas/persamaan penyajian atau isi teks tadi dengan tepat.
14.
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat memilih kalimat penilaian terhadap isiteks dengan sempurna.
15.
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai istilah simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, siswa bisa menentukan makna istilah berlambang dalam teks menggunakan sempurna.
16.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih kalimat yg berupa ungkapan/makna kias menggunakan tepat.
17.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, siswa bisa menentukan kalimat yg berupa majas dengan tepat.
18.
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, siswa dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut menggunakan tepat
19.
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh menggunakan tepat.
20.
Menyimpulkan isi tersirat pada cerpen/novel (konflik, sebab permasalahan, akibat perseteruan, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, anak didik sanggup memilih pertarungan menggunakan tepat.
21.
Disajikan kutipan cerpen/novel (yg di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), siswa bisa menentukan amanat yg terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan sempurna.
22.
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang pada dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), siswa dapat memilih pernyataan yg menampakan nilai-nilai eksklusif pada kutipan cerpen/novel tadi yang ditemukan pada kehidupan ketika inidengan tepat.
23.
Membandingkan isi, pola penyajian, serta bahasa karya sastra (dari gaya, tema, unsur)
Disajikan 2 buah teks penggalan cerpen, murid sanggup memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tadi berdasarkan unsur intrinsik teks menggunakan tepat
24.
Membuktikan simpulan menggunakan data dalam karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yg pada dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, serta amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu pada kutipan cerpen/novel tadi dengan sempurna.
25.
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik bisa menentukan latar (suasana, waktu, atau tempat) sinkron kutipan menggunakan tepat.
26.
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yg bisa ditemukan pada kehidupan ketika ini menggunakan sempurna.
27.
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, siswa bisa memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang disajikan menggunakan tepat.
28.
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik bisa memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
29.
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik bisa menentukan kalimat berupa kompendium kutipan tersebut dengan sempurna.
30.
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks berisi ilustrasi insiden yang dirumpangkan, anak didik sanggup melengkapi bagian yg rumpang dengan ungkapan yg tepat
31.
Disajikan teks berisi ilustrasi insiden yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bagian yang rumpang menggunakan peribahasa yang tepat
32.
Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf yg dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa bisa memilih kalimat simpulan buat melengkapinya dengan sempurna.
33.
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yg dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tadi menggunakan kalimat pelukisan yg sempurna.
34.
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, siswa dapat menentukan kalimat argumentasi yg logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau 2 kalimat argumen pendukung)
35.
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yg tepat.
36.
Melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf prosesyang dirumpangkan satu kalimatnya, siswa dapat menentukan kalimat yg tepat buat melengkapinya.
37.
Melengkapi paragraf Induktif
Disajikan paragraf induktif yg dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu buat melengkapinya
38.
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab serta isinya nasihat) yg keliru satu larik bagian isi dirumpangkan, siswa bisa memilih larik yang tepat buat melengkapinya
39.
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik bisa menentukan kalimat yang sempurna buat melengkapinya.
40.
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi angka dan diurut ke bawah), siswa dapat memilih urutan yang sempurna buat dijadikan paragraf padu
41.
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, murid dapat menentukan peribahasa yg tepat sinkron dengan ilustrasi insiden.
42.
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian eksklusif, anak didik bisa memilih ungkapan yang tepat sesuai menggunakan gambaran insiden.
43.
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa bisa memilih kalimat yg memiliki tujuan sama pada bentuk kalimat lain (tanya) yg sempurna.
44.
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang dipakai secara nir sempurna, anak didik bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/kata pada paragraf menggunakan sempurna.
45.
Mengidentifikasi kalimat nir padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yg terdapat kalimat tidak padu, anak didik sanggup mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tadi dengan sempurna.
46.
Menggunakan istilah bentukan (mengisi sinkron kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan 3 kata berimbuhannya pada kalimat (berimbuhan me- serta pe- dalam istilah dasar yang diawali alfabet k, p, t, s), peserta didik dapat memilih kata berimbuhan yang tepat buat melengkapinya
47.
Disajikan paragraf naratif yg dirumpangkan 3 kata ulangnya, siswa bisa menentukan istilah ulang yang sempurna buat melengkapinya
48.
Mengisi menggunakan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkapkata penghubung temporal (urutan ketika), siswa dapat menentukan istilah penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya.
49.
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yg galat satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik bisa menentukan cara pemugaran kalimat tersebut dengan tepat.
50.
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf pelukisan yang memakai 3 frasa adjektiva yg galat (tiga frasa), siswa bisa memilih frasa kata sifat yang tepat buat memperbaikinya.
51.
Disajikan paragraf yg galat satu kalimatnya tidak wajar/tidak padu, peserta didik bisa memilih kalimat yg padu buat memperbaikinya
52.
Menentukan alasan kesalahan menurut segi pilihan kata, kalimat pada paragraf
Disajikan paragraf yangsalah satu kalimatnya memakai kata nir baku, peserta didik bisa memilih istilah tidak standar pada kalimat dengan disertai alasan yang tepat
53.
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan gambaran berupa paragraf yg memuat judul kitab dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tadi salah (menggunakan alfabet mini semua), siswa dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sinkron ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
54.
Disajikan paragraf yang galat satu kalimatnya masih ada kesalahan penulisan nama geografi, anak didik bisa mengidentifikasi kalimat yg pada dalamnya masih ada kesalahan penulisan nama geografi.
55.
Menggunakan indikasi baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yangdua pada antaranya masih ada kesalahan penggunaan tanda baca, siswa dapat menentukan kalimat yang salah penggunaan pertanda bacanya
56.
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yg masih ada kesalahan penggunaan frasa/adonan istilah, siswa bisa memilih perbaikan frasa/adonan istilah menggunakan sempurna.
57.
Disajikan paragraf yang pada dalamnya masih ada 3 kata yang nir baku; peserta didik dapat menentukan istilah baku untuk memperbaikinya
58.
Disajikan paragraf yang masih ada kesalahan penggunaan istilah serapan/ istilah, siswa mampu memilih pemugaran kata serapandengan sempurna.
59.
Menentukan alasan kesalahan berdasarkan segi ejaan serta tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai pertanda bacanya galat, peserta didik bisa memilih kesalahan penggunaan indikasi bacadisertai alasan yang sempurna dalam kalimat tersebut
60.


CATATAN: SOAL UJI COBA/UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN SESUAI KISI-KISI UJI COBA UN SEBAGAI BERIKUT
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASAINDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50

1.Menentukan kalimat utama


2.Menentukanmakna kata


3.Menentukankalimat nir padu dalam paragraf


4.Menjawabpertanyaan sinkron isi bacaan/ Menentukan isi paragraf dg kata tanyamengapa/bagaimana


5.Menentukankalimat kabar dalam paragraf


6.Menentukanide utama paragraf


7.Menentukantujuan penulis sesuai isi teks


8.Menentukankalimat yg menggunakan kata tidak baku


9.Menentukanketeladanan tokoh dalam biografi


10.Menjawabpertanyaan sinkron isi biografi/ Menentukan isi teks pada paragraf kutipanbiografi tokoh (Sastrawan Indonesia)


11.Menentukanopini penulis dalam tajuk rencana


12.Menentukanpihak yg dituju dalam redaksi


13.Menentukankata acum/acuan


14.Menentukanpersamaan disparitas isi 2 teks ulasan/artikel


15.Menentukaninti kalimat pada kalimat luas/majemuk


16.Menentukanmakna istilah berlambang


17.Menentukankalimat bermajas


18.Menentukancara pendeskripsian tabiat tokoh


19.Menentukanlatar (suasana, ketika, tempat)


20.Menentukankonflik/masalah cerita


21.Menentukankalimat yg menerangkan watak tokoh


22.Menentukannilai –nilai dalam cerpen


23.Menentukanamanat cerpen


24.Menentukankesamaan unsur intrinsik 2 kutipan cerpen


25.Menentukankaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini

26.menentukanmaksud isi gurindam


27.menilaikeunggulan serta kelemahan buku


28.menyusunringkasan teks


29.mengurutkankalimat rambang menjadi paragraf padu


30.Menentukan kalimat argumenntasi yang logisuntuk mendukung pendapat


31.menyusunkalimat simpulan paragraf


32.menentukanperibahasa yg sempurna sinkron gambaran/narasi


33.menentukanungkapan yang sempurna sinkron ilustrasi


34.melengkapiteks deskripsi


35.Melengkapi paragraf induktif


36.melengkapilarik pantun


37.melengkapiteks prosedur


38.menyusunkalimat esai


39.menggunakankonjungsi temporal


40.menggunakankata berimbuhan


41.menggunakankata ulang


42.Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan /42. Kalimat padu buat memperbaiki dalam paragraf yg kalimatnyarancu/tidak padu


43.Menggunakan frasa adjektiva buat memperbaiki pada paragrafdeskripsi


44.memperbaikikalimat tidak efektif


45.menentukanalasan penyebab ketidakbakuan kata


46.memperbaikikata nir baku sebagai kata baku


47.memperbaikipenulisan istilah serapan yang tidak tepat


48.mengidentifikasipenulisan judul yg benar


49.Menentukan kalimat yg salah indikasi baca pada beberapakalimat


50.menentukanalasan kesalahan pemakaian pertanda baca




PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50











14. Kalimat Utama dan KalimatPenjelas pada Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html












26. Melengkapi Teks menggunakan Ungkapan yangTepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html












38. Kalimat Argumen untukMendukung Kalimat Pendapat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html





43. Memperbaiki Penulian KataSerapan yang Tidak Tepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html





48. Perbaikan Kalimat TidakEfektif serta Alasan Perbaikan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html

49. Mengurutkan Kalimat AcakMenjadi Paragraf Padu Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel