RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 KURIKULUM 2019 EDISI REVISI TEKS DRAMA


RPP KELAS XI SEMESTER 2





RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah
:
SMA …………….
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
XI / Genap
Tahun Pelajaran
:
2018 / 2019
Materi Pokok
:
Drama
Alokasi Waktu
:
4Minggu x 4Jam pelajaran @ 45Menit

A.Kompetensi Inti
·KI-1:Menghayati danmengamalkan ajaran kepercayaan yang dianutnya.

·KI-2:Menghayati serta mengamalkan konduite jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, tenang), bertanggung jawab, responsif, serta pro-aktifdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak dilingkungan, famili, sekolah, masyarakat serta lingkungan alam kurang lebih, bangsa,negara, tempat regional, serta daerah internasional”.

·KI3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan serta peristiwa,dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yg spesifik sesuaidengan bakat dan minatnya buat memecahkan masalah

·KI4:Mengolah, menalar, serta menyaji pada ranah konkret dan ranah tak berbentuk terkaitdengan pengembangan berdasarkan yang dipelajarinya pada sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif serta kreatif, dan bisa memakai metode sesuaikaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianIndikator

Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, serta konflik pada drama yg dibaca atau ditonton
4.
4.1.
4.dua.
4.tiga.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18.Mempertunjukkan galat satu tokoh dalam drama yg dibaca atau ditonton secara lisan
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.18.1.Mendata, alur, konfliks, penokohan, serta hal yg menarik dalam drama yang dipentaskan.
3.18.dua.Memerankan keliru satutokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut
4.18.1.Memberi tanggapan, serta memperbaiki output kerja pada diskusi kelas.
Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
4.
4.1.
4.dua.
4.tiga.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18.
4.19.Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi serta kebahasaan
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.
3.19.1.Mengidentifikasi isi serta kebahasaan drama yg dibaca atau ditonton.
3.19.2.Merancang pementasan dan mendemonstrasikandrama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan rapikan anjung, busana , tatamusik, serta sebagainya.
4.19.1.Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama gerombolan lain.

C.Tujuan Pembelajaran

Melaluipendekatan saintifik menggunakan menggunakan model pembelajaran buatan pedagogegenre, problem based learning danCLIL, siswa bisa mendata, alur, konfliks, penokohan, serta hal yang menarikdalam drama yang dipentaskan, memerankan galat satutokoh pada naskah drama yang dibaca sesuaidengan tabiat tokoh tersebut, mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yangdibaca atau ditonton, merancang pementasan dan mendemonstrasikandrama sebagai seni pertunjukan denganmemperhatikan tata panggung, pakaian, tatamusik, dan sebagainya, menaruh tanggapan terhadap pementasan dramakelompok lain menggunakan rasa syukur,ingintahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, sertadapat bekerja sama.

D.Materi Pembelajaran

Fakta

Topik : Drama

·Alur pada drama

·Isi drama

Konsep

Unsur Kebahasaan

·Babak pada drama

·Penokohan pada drama

·Kebahasaan drama

Prinsip

Fungsi Sosial

·Konflik pada drama

Prosedur

Sturktur

·Persiapan mementaskan drama.

·Pementasan drama

E.Metode Pembelajaran

Pendekatan: Scientific Learning

Model Pembelajaran: Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) danProblem

BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F.Media Pembelajaran

Media/Alat:

ØWorksheet atau lbr kerja (anak didik)

ØLembar penilaian

ØPenggaris,spidol, papan tulis

ØLaptop &infocus

ØAudio: kaset serta CD.

ØAudio-cetak: kaset atau CD audio yg dilengkapi dengan teks.

ØProyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.

ØProyeksi audio visual: film serta bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD, DVD, dan W.

ØVisual gerak: film bisu.

ØObjek fisik: Benda konkret, model, serta spesimen.

ØKomputer.

ØCetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Bahan :

ØSpidol /kapur berwarna

G.Sumber Belajar

1.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

2.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Suherli,dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XIRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

H.Kegiatan Pembelajaran

PertemuanKe – 1Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : merekonstruksi resensi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi Alur pada drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi Alur pada drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi Alur pada drama
Øpemberian contoh-contoh materi Alur pada drama untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Alur pada drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi Alur pada drama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiAlur pada drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi Alur pada drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan Alur pada drama?
ØTerdiri dari apakah Alur pada dramatersebut?
ØSeperti apakah Alur pada drama tersebut?
ØBagaimana Alur pada drama itu bekerja?
ØApa fungsi Alur pada drama?
ØBagaimanakah materi Alur pada drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi Alur pada drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi Alur pada drama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Alur pada drama yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Alur pada drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Alur pada drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi Alur pada drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiAlur pada drama sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriAlur pada drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi Alur pada drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi Alur pada drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Alur pada drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : Alur pada drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi Alur pada drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : Alur pada drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Alur pada drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi Alur pada drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangAlur pada drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai Alur pada drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Alur pada drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiAlur pada drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran Alur pada drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran Alur pada drama yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan murid yg selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran Alur pada drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar Alur pada drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran Alur pada drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran Alur pada drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 2Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Alur pada drama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi Babak pada drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada rendezvous yg berlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi Babak pada drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi Babak pada drama
Øpemberian contoh-contoh materi Babak pada drama untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Babak pada drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi Babak pada drama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiBabak pada drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi Babak pada drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan Babak pada drama?
ØTerdiri dari apakah Babak pada dramatersebut?
ØSeperti apakah Babak pada drama tersebut?
ØBagaimana Babak pada drama itu bekerja?
ØApa fungsi Babak pada drama?
ØBagaimanakah materi Babak pada drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi Babak pada drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi Babak pada drama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Babak pada drama yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Babak pada drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Babak pada drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi Babak pada drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiBabak pada drama sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriBabak pada drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi Babak pada drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi Babak pada drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Babak pada drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : Babak pada drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi Babak pada drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : Babak pada drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Babak pada drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi Babak pada drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangBabak pada drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai Babak pada drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Babak pada drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiBabak pada drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran Babak pada drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran Babak pada drama yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran Babak pada drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar Babak pada drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran Babak pada drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran Babak pada drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 3Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Babak pada drama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi Konflik pada drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi Konflik pada drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi Konflik pada drama
Øpemberian contoh-contoh materi Konflik pada drama untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Konflik pada drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi Konflik pada drama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiKonflik pada drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi Konflik pada drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan Konflik pada drama?
ØTerdiri dari apakah Konflik pada dramatersebut?
ØSeperti apakah Konflik pada drama tersebut?
ØBagaimana Konflik pada drama itu bekerja?
ØApa fungsi Konflik pada drama?
ØBagaimanakah materi Konflik pada drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi Konflik pada drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi Konflik pada drama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konflik pada drama yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konflik pada drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konflik pada drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi Konflik pada drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiKonflik pada drama sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriKonflik pada drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi Konflik pada drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi Konflik pada drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Konflik pada drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : Konflik pada drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi Konflik pada drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : Konflik pada drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Konflik pada drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi Konflik pada drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangKonflik pada drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai Konflik pada drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konflik pada drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiKonflik pada drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran Konflik pada drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran Konflik pada drama yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran Konflik pada drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar Konflik pada drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran Konflik pada drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran Konflik pada drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 4Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Konflik pada drama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi Penokohan pada drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi Penokohan pada drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi Penokohan pada drama
Øpemberian contoh-contoh materi Penokohan pada drama buat dapat dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Penokohan pada drama menurut kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi Penokohan pada drama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiPenokohan pada drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi Penokohan pada drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud menggunakan Penokohan pada drama?
ØTerdiri menurut apakah Penokohan pada dramatersebut?
ØSeperti apakah Penokohan pada drama tadi?
ØBagaimana Penokohan pada drama itu bekerja?
ØApa fungsi Penokohan pada drama?
ØBagaimanakah materi Penokohan pada drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan akurat materi Penokohan pada drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yg tersaji serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi Penokohan pada drama yang sedang dipelajari

  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berdasarkan kegiatan mengmati serta membaca yg akan diajukan pada guru berkaitan dengan materi Penokohan pada drama yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi Penokohan pada drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara bersama-sama membahas contoh pada kitab paket mengenai materi Penokohan pada drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi Penokohan pada drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materiPenokohan pada drama sinkron menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriPenokohan pada drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi Penokohan pada drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi Penokohan pada drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Penokohan pada drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : Penokohan pada drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi Penokohan pada drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : Penokohan pada drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Penokohan pada drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi Penokohan pada drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangPenokohan pada drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai Penokohan pada drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penokohan pada drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiPenokohan pada drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran Penokohan pada drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran Penokohan pada drama yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran Penokohan pada drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar Penokohan pada drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran Penokohan pada drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran Penokohan pada drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 5Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Penokohan pada drama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi isi drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi isi drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi isi drama
Øpemberian model-model materi isi drama untuk dapat dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi drama berdasarkan buku paket atau kitab -buku penunjang lain, menurut internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi isi drama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiisi drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi isi drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud menggunakan isi drama?
ØTerdiri berdasarkan apakah isi dramatersebut?
ØSeperti apakah isi drama tadi?
ØBagaimana isi drama itu bekerja?
ØApa fungsi isi drama?
ØBagaimanakah materi isi drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan akurat materi isi drama yg sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi isi drama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami menurut kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan kepada pengajar berkaitan dengan materi isi drama yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi drama yg tekah disusun pada daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas contoh dalam kitab paket mengenai materi isi drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi isi drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiisi drama sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriisi drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi isi drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi isi drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi isi drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : isi drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi isi drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : isi drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi isi drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi isi drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangisi drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai isi drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiisi drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran isi drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran isi drama yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran isi drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar isi drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran isi drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran isi drama berlangsung, pengajar mengamati perilaku murid dalam menumbuhkembangkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama insan, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi perkara, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, dan kemampuan buat membentuk sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 6Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi drama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi kebahasaan drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi kebahasaan drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi kebahasaan drama
Øpemberian model-model materi kebahasaan drama buat dapat dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan drama berdasarkan buku paket atau kitab -buku penunjang lain, berdasarkan internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi kebahasaan drama sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materikebahasaan drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi kebahasaan drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan kebahasaan drama?
ØTerdiri berdasarkan apakah kebahasaan dramatersebut?
ØSeperti apakah kebahasaan drama tadi?
ØBagaimana kebahasaan drama itu bekerja?
ØApa fungsi kebahasaan drama?
ØBagaimanakah materi kebahasaan drama itu berperan pada kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang tersaji serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami menurut aktivitas mengmati serta membaca yang akan diajukan pada guru berkaitan dengan materi kebahasaan drama yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi kebahasaan drama yg tekah disusun pada daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam kitab paket mengenai materi kebahasaan drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi kebahasaan drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materikebahasaan drama sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmaterikebahasaan drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi kebahasaan drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi kebahasaan drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi kebahasaan drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : kebahasaan drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi kebahasaan drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : kebahasaan drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi kebahasaan drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi kebahasaan drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangkebahasaan drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai kebahasaan drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materikebahasaan drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran kebahasaan drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran kebahasaan drama yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran kebahasaan drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar kebahasaan drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran kebahasaan drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran kebahasaan drama berlangsung, pengajar mengamati perilaku murid pada menumbuhkembangkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama insan, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan buat membentuk sesuatu yg baru yg sangat bernilai serta berguna bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 7Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : kebahasaan drama
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi Persiapan mementaskan drama.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi Persiapan mementaskan drama.
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi Persiapan mementaskan drama.
Øpemberian contoh-contoh materi Persiapan mementaskan drama. Buat bisa dikembangkan siswa, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Persiapan mementaskan drama. Dari kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, menurut internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi Persiapan mementaskan drama. Oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiPersiapan mementaskan drama., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi Persiapan mementaskan drama. yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud dengan Persiapan mementaskan drama.?
ØTerdiri menurut apakah Persiapan mementaskan drama.tersebut?
ØSeperti apakah Persiapan mementaskan drama. Tersebut?
ØBagaimana Persiapan mementaskan drama. Itu bekerja?
ØApa fungsi Persiapan mementaskan drama.?
ØBagaimanakah materi Persiapan mementaskan drama. Itu berperan pada kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan akurat materi Persiapan mementaskan drama. Yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg tersaji dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati serta membaca yg akan diajukan kepada pengajar berkaitan dengan materi Persiapan mementaskan drama. Yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi Persiapan mementaskan drama. Yang tekah disusun pada daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara beserta-sama membahas contoh pada buku paket mengenai materi Persiapan mementaskan drama.
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi Persiapan mementaskan drama. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiPersiapan mementaskan drama. Sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriPersiapan mementaskan drama. menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi Persiapan mementaskan drama. yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi Persiapan mementaskan drama. yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Persiapan mementaskan drama.



KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : Persiapan mementaskan drama., antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi Persiapan mementaskan drama. berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi grup secara klasikal mengenai mteri :Persiapan mementaskan drama.
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Persiapan mementaskan drama. dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi Persiapan mementaskan drama. yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangPersiapan mementaskan drama.
  • Menjawab pertanyaan mengenai Persiapan mementaskan drama. yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Persiapan mementaskan drama. yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiPersiapan mementaskan drama. yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran Persiapan mementaskan drama. yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran Persiapan mementaskan drama. Yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran Persiapan mementaskan drama..
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar Persiapan mementaskan drama.
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran Persiapan mementaskan drama. kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran Persiapan mementaskan drama. Berlangsung, pengajar mengamati sikap anak didik dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan buat membentuk sesuatu yang baru yang sangat bernilai serta bermanfaat bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 8Materi : Drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :Persiapan mementaskan drama.
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka siswa diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi Pementasan drama
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yg disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi Pementasan drama
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi Pementasan drama
Øpemberian contoh-model materi Pementasan drama untuk dapat dikembangkan siswa, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Pementasan drama dari buku paket atau kitab -buku penunjang lain, dari internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi Pementasan drama oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiPementasan drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi Pementasan drama yang tidak dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) buat berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan Pementasan drama?
ØTerdiri menurut apakah Pementasan dramatersebut?
ØSeperti apakah Pementasan drama tersebut?
ØBagaimana Pementasan drama itu bekerja?
ØApa fungsi Pementasan drama?
ØBagaimanakah materi Pementasan drama itu berperan pada kehidupan sehari-hari serta karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi Pementasan drama yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg tersaji serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi Pementasan drama yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan pada pengajar berkaitan dengan materi Pementasan drama yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pementasan drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas model pada kitab paket mengenai materi Pementasan drama
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi Pementasan drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materiPementasan drama sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan menggunakan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriPementasan drama menggunakan ditanggapi aktif oleh peserta didik menurut gerombolan lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau pada lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat berbagi sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, menyebarkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi Pementasan drama yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi Pementasan drama yang sudah dikumpulkan menurut hasil aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati serta kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Pementasan drama

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : Pementasan drama, antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi Pementasan drama berupa kesimpulan menurut output analisis secara ekspresi, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, mengungkapkan pendapat menggunakan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi grup secara klasikal tentang mteri : Pementasan drama
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Pementasan drama dan ditanggapi sang kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi Pementasan drama yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangPementasan drama
  • Menjawab pertanyaan mengenai Pementasan drama yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pementasan drama yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiPementasan drama yang masih ada pada kitab pegangan siswa atau dalam lembar lerja yg sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar tentang point-point penting yang timbul dalam aktivitas pembelajaran Pementasan drama yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah buat materi pelajaran Pementasan drama yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai dalam rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran Pementasan drama.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar Pementasan drama
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran Pementasan drama kepada kelompok yg mempunyai kinerja serta kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran Pementasan drama berlangsung, guru mengamati sikap anak didik pada menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama insan, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, dan kemampuan buat menciptakan sesuatu yg baru yg sangat bernilai serta berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




I.Penilaian

Sikap

Jurnal

LEMBARPENILAIAN SIKAP- JURNAL
Nama Siswa:………………..
Kelas:………………

No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Ket.
Positif
Negatif











Kesimpulan:
……………………………………………………………………………………………………………

Penilaian Sikap - Jurnal

Nama Peserta Didik: …………...........................................……..
Kelas: …………...........................................……..
Aspek yg diamati: …………...........................................……..

No
Hari/tanggal
Kejadian
Keterangan /
Tindak Lanjut
1



….



Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25


Pengetahuan

-Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)

-Tertulis Uraian(lihat lampiran)

-Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atauDialog

Penilaian Aspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(lihat lampiran)

Tugas Rumah

a)Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapatpada kitab peserta didik

b)Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagaibukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c)Peserta didik mengumpulkan jawaban berdasarkan tugas rumahyang sudah dikerjakan buat mendapatkan penilaian

Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumenpenilaian unjuk kerja bisa dipandang pada instrumen penilaian ujian keterampilanberbicara menjadi berikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria evaluasi(skor)

100= Sangat Baik50=KurangBaik

75=Baik25=TidakBaik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh anak didik dibagi jumlahskor maksimal dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah





Keterangan :

100= Sangat Baik50=KurangBaik

75=Baik25=TidakBaik

-Penilaian Proyek(lihat lampiran)

Membuat denah sekolah,jadwal kegiatan sekolah, dll

-Penilaian Produk(lihat lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugasyang telah dikerjakan siswa, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4








Mengetahui, ………….,………

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



………………………………………

……………………..…………………

UNDUH FILE WORD RPP TEKS DRAMA KLIK //drive.google.com/open?Id=1vPjiAaUJAceVs_MLg4n1rYBB8cxGCQhG



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel