RPP TEKS RESENSI KELAS XI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RPP KELAS XI SEMESTER 2

RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah
:
SMA Negeri ………..
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
XI / Genap
Tahun Pelajaran
:
2018 / 2019
Materi Pokok
:
Resensi
Alokasi Waktu
:
3Minggu x 4Jam pelajaran @ 45Menit

A.Kompetensi Inti

·KI-1:Menghayati danmengamalkan ajaran agama yg dianutnya.

·KI-2:Menghayati dan mengamalkan konduite jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, tenang), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktifdalam berinteraksi secara efektif sesuai menggunakan perkembangan anak dilingkungan, famili, sekolah, rakyat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,negara, tempat regional, serta daerah internasional”.

·KI3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, serta metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora menggunakan wawasan humanisme,kebangsaan, kenegaraan, serta peradaban terkait penyebab kenyataan dan insiden,dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yg khusus sesuaidengan bakat serta minatnya untuk memecahkan masalah

·KI4:Mengolah, menalar, serta menyaji pada ranah nyata dan ranah tak berbentuk terkaitdengan pengembangan dari yg dipelajarinya pada sekolah secara berdikari,bertindak secara efektif serta kreatif, dan bisa menggunakan metode sesuaikaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianIndikator

Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.Membandingkan isi aneka macam resensi buat menemukan sistematika sebuah resensi
4.
4.1.
4.dua.
4.tiga.
4.4.
4.lima.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.16.1.Menentukan persamaan dan perbedaan isi serta sistematika beberapa resensi.
3.16.2.Menyusun sebuah resensi kitab menggunakan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.
4.16.1.Mempresentasikan, menanggapi, serta merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya 2 karya yg berbeda
4.
4.1.
4.dua.
4.tiga.
4.4.
4.lima.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.Mengkonstruksi sebuah resensi menurut kitab perpaduan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.tiga.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.17.1.Mengidentifikasi kebahasaan resensi
3.17.2.Mengonstruksi sebuah resensi berdasarkan buku formasi cerpen atau novel.
4.17.1.Mempresentasikan, menanggapi, serta merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.

C.Tujuan Pembelajaran

Melaluipendekatan saintifik menggunakan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagogegenre, problem based learning danCLIL, peserta didik bisa menentukan persamaan serta perbedaan isi dansistematika beberapa resensi, mengidentifikasi kebahasaan resensi

mengonstruksisebuah resensi menurut buku formasi cerpen atau novel,menyusun sebuah resensi kitab ,menggunakan memperhatikan kelengkapanunsur-unsurnya, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerjadalam diskusi kelas dengan rasa syukur,ingin memahami, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif,dan bisa bekerja sama.

D.Materi Pembelajaran

Fakta

Topik : Resensi

·Isi Resesnsi

Konsep

Unsur Kebahasaan

·Kebahasaan pada resensi

Prinsip

Fungsi Sosial

·Unsur-unsur resensi

Prosedur

Sturktur

·Sistematika resensi

·Membuat resensi

·merekonstruksi resensi.

E.Metode Pembelajaran

Pendekatan: Scientific Learning

Model Pembelajaran: Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) danProblem

BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F.Media Pembelajaran

Media/Alat:

ØWorksheet atau lembar kerja (siswa)

ØLembar penilaian

ØPenggaris,spidol, papan tulis

ØLaptop &infocus

ØAudio: kaset dan CD.

ØAudio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi menggunakan teks.

ØProyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.

ØProyeksi audio visual: film serta bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD, DVD, dan W.

ØVisual gerak: film bisu.

ØObjek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

ØKomputer.

ØCetak: buku, modul, brosur, leaflet, serta gambar.

Bahan :

ØSpidol /kapur berwarna

G.Sumber Belajar

1.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

2.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Suherli,dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XIRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

H.Kegiatan Pembelajaran

PertemuanKe – 1Materi : Resensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :menyusun karya ilmiah.
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi isi resensi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi kasus)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan dengan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi isi resensi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi isi resensi
Øpemberian model-model materi isi resensi buat dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi resensi menurut kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, menurut internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi isi resensi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /global mengenai materi pelajaranmengenai materiisi resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yg telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi isi resensi yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan informasi tambahan tentang apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud menggunakan isi resensi?
ØTerdiri menurut apakah isi resensitersebut?
ØSeperti apakah isi resensi tersebut?
ØBagaimana isi resensi itu bekerja?
ØApa fungsi isi resensi?
ØBagaimanakah materi isi resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi isi resensi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi isi resensi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami menurut aktivitas mengmati serta membaca yang akan diajukan pada pengajar berkaitan menggunakan materi isi resensi yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi resensi yg tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara beserta-sama membahas model pada kitab paket mengenai materi isi resensi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi isi resensi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materiisi resensi sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
·Saling tukar keterangan tentangmateriisi resensi menggunakan ditanggapi aktif oleh siswa dari gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi isi resensi yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi isi resensi yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output menurut kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi isi resensi

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : isi resensi, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi isi resensi berupa konklusi menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan perilaku jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi resensi
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi isi resensi dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi isi resensi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point krusial yang muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangisi resensi
  • Menjawab pertanyaan mengenai isi resensi yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi isi resensi yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiisi resensi yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran isi resensi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran isi resensi yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai dalam rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran isi resensi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi resensi
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar isi resensi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran isi resensi berlangsung, pengajar mengamati sikap murid pada menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama insan, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi perkara, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, serta bangsa Indonesia, serta kemampuan buat menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai serta berguna bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 2Materi : Resensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi resensi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi kebahasaan pada resensi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi kasus)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan dengan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi kebahasaan pada resensi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi kebahasaan pada resensi
Øpemberian contoh-contoh materi kebahasaan pada resensi buat bisa dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan pada resensi berdasarkan kitab paket atau kitab -buku penunjang lain, menurut internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi kebahasaan pada resensi sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /global mengenai materi pelajaranmengenai materikebahasaan pada resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yg telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi kebahasaan pada resensi yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan informasi tambahan tentang apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan kebahasaan pada resensi?
ØTerdiri menurut apakah kebahasaan pada resensitersebut?
ØSeperti apakah kebahasaan pada resensi tersebut?
ØBagaimana kebahasaan pada resensi itu bekerja?
ØApa fungsi kebahasaan pada resensi?
ØBagaimanakah materi kebahasaan pada resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan pada resensi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi kebahasaan pada resensi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kebahasaan pada resensi yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan pada resensi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara beserta-sama membahas model dalam buku paket mengenai materi kebahasaan pada resensi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi kebahasaan pada resensi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materikebahasaan pada resensi sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
·Saling tukar keterangan tentangmaterikebahasaan pada resensi menggunakan ditanggapi aktif oleh siswa dari gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi kebahasaan pada resensi yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi kebahasaan pada resensi yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output menurut kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi kebahasaan pada resensi

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : kebahasaan pada resensi, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi kebahasaan pada resensi berupa konklusi menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan perilaku jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan pada resensi
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi kebahasaan pada resensi dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi kebahasaan pada resensi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point krusial yang muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangkebahasaan pada resensi
  • Menjawab pertanyaan mengenai kebahasaan pada resensi yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan pada resensi yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materikebahasaan pada resensi yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran kebahasaan pada resensi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran kebahasaan pada resensi yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai dalam rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran kebahasaan pada resensi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan pada resensi
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar kebahasaan pada resensi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran kebahasaan pada resensi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)



PertemuanKe – 3Materi : Resensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : kebahasaan pada resensi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi membuat resensi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi kasus)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan dengan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi membuat resensi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi membuat resensi
Øpemberian model-model materi membuat resensi buat bisa dikembangkan siswa, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi membuat resensi menurut kitab paket atau buku-buku penunjang lain, menurut internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi membuat resensi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /global mengenai materi pelajaranmengenai materimembuat resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yg telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi membuat resensi yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan informasi tambahan tentang apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan menciptakan resensi?
ØTerdiri dari apakah menciptakan resensitersebut?
ØSeperti apakah menciptakan resensi tersebut?
ØBagaimana membuat resensi itu bekerja?
ØApa fungsi membuat resensi?
ØBagaimanakah materi membuat resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan akurat materi membuat resensi yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi membuat resensi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami menurut aktivitas mengmati serta membaca yg akan diajukan pada guru berkaitan dengan materi menciptakan resensi yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi membuat resensi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas model dalam buku paket mengenai materi menciptakan resensi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi membuat resensi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materimembuat resensi sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
·Saling tukar keterangan tentangmaterimembuat resensi menggunakan ditanggapi aktif oleh siswa dari gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi membuat resensi yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi membuat resensi yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output menurut kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi membuat resensi

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : membuat resensi, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi membuat resensi berupa konklusi menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan perilaku jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : membuat resensi
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi membuat resensi dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi membuat resensi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point krusial yang muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangmembuat resensi
  • Menjawab pertanyaan mengenai membuat resensi yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi membuat resensi yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materimembuat resensi yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran membuat resensi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran membuat resensi yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai dalam rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran membuat resensi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran membuat resensi
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar membuat resensi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran menciptakan resensi berlangsung, guru mengamati sikap anak didik pada menumbuhkembangkan keimanan serta ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi kasus, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membentuk sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)



PertemuanKe – 4Materi : Resensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : membuat resensi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi unsur-unsur resensi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi kasus)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan dengan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi unsur-unsur resensi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi unsur-unsur resensi
Øpemberian model-model materi unsur-unsur resensi buat bisa dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur resensi berdasarkan kitab paket atau kitab -buku penunjang lain, berdasarkan internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi unsur-unsur resensi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /global mengenai materi pelajaranmengenai materiunsur-unsur resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yg telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi unsur-unsur resensi yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan informasi tambahan tentang apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud dengan unsur-unsur resensi?
ØTerdiri berdasarkan apakah unsur-unsur resensitersebut?
ØSeperti apakah unsur-unsur resensi tersebut?
ØBagaimana unsur-unsur resensi itu bekerja?
ØApa fungsi unsur-unsur resensi?
ØBagaimanakah materi unsur-unsur resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan akurat materi unsur-unsur resensi yg sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi unsur-unsur resensi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum bisa dipahami berdasarkan kegiatan mengmati dan membaca yg akan diajukan kepada guru berkaitan menggunakan materi unsur-unsur resensi yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur resensi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara beserta-sama membahas model dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur resensi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi unsur-unsur resensi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiunsur-unsur resensi sinkron dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
·Saling tukar keterangan tentangmateriunsur-unsur resensi menggunakan ditanggapi aktif oleh siswa dari gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi unsur-unsur resensi yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi unsur-unsur resensi yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output menurut kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi unsur-unsur resensi

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : unsur-unsur resensi, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi unsur-unsur resensi berupa konklusi menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan perilaku jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur resensi
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi unsur-unsur resensi dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi unsur-unsur resensi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point krusial yang muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangunsur-unsur resensi
  • Menjawab pertanyaan mengenai unsur-unsur resensi yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur resensi yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiunsur-unsur resensi yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran unsur-unsur resensi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran unsur-unsur resensi yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai dalam rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran unsur-unsur resensi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur resensi
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar unsur-unsur resensi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran unsur-unsur resensi berlangsung, pengajar mengamati sikap anak didik dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi perkara, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, dan kemampuan buat menciptakan sesuatu yg baru yg sangat bernilai dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)


PertemuanKe – 5Materi : Resensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur-unsur resensi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi sistematika resensi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi kasus)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan dengan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi sistematika resensi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi sistematika resensi
Øpemberian contoh-model materi sistematika resensi untuk dapat dikembangkan peserta didik, menurut media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi sistematika resensi menurut kitab paket atau buku-buku penunjang lain, berdasarkan internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi sistematika resensi oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /global mengenai materi pelajaranmengenai materisistematika resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yg telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi sistematika resensi yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan informasi tambahan tentang apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud dengan sistematika resensi?
ØTerdiri berdasarkan apakah sistematika resensitersebut?
ØSeperti apakah sistematika resensi tadi?
ØBagaimana sistematika resensi itu bekerja?
ØApa fungsi sistematika resensi?
ØBagaimanakah materi sistematika resensi itu berperan pada kehidupan sehari-hari serta karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati menggunakan seksama materi sistematika resensi yg sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg tersaji serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi sistematika resensi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum bisa dipahami dari kegiatan mengmati serta membaca yg akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi sistematika resensi yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi sistematika resensi yg tekah disusun dalam daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh pada buku paket tentang materi sistematika resensi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi sistematika resensi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materisistematika resensi sinkron menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
·Saling tukar keterangan tentangmaterisistematika resensi menggunakan ditanggapi aktif oleh siswa dari gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi sistematika resensi yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi sistematika resensi yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output menurut kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi sistematika resensi

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : sistematika resensi, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi sistematika resensi berupa konklusi menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan perilaku jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : sistematika resensi
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi sistematika resensi dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi sistematika resensi yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point krusial yang muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangsistematika resensi
  • Menjawab pertanyaan mengenai sistematika resensi yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi sistematika resensi yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materisistematika resensi yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran sistematika resensi yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran sistematika resensi yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai dalam rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran sistematika resensi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran sistematika resensi
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar sistematika resensi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran sistematika resensi berlangsung, pengajar mengamati perilaku anak didik pada menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, serta bangsa Indonesia, serta kemampuan buat membentuk sesuatu yg baru yang sangat bernilai serta berguna bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)



PertemuanKe – 6Materi : Resensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : sistematika resensi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan benar-benar-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diperlukan bisa menyebutkan mengenai materi merekonstruksi resensi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi kasus)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan dalam siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yg berkaitan dengan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi merekonstruksi resensi
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi merekonstruksi resensi
Øpemberian model-model materi merekonstruksi resensi buat bisa dikembangkan peserta didik, menurut media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi merekonstruksi resensi berdasarkan buku paket atau buku-buku penunjang lain, menurut internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi merekonstruksi resensi sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global mengenai materi pelajaran mengenai materimerekonstruksi resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari berita.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yg telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi merekonstruksi resensiyang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan informasi tambahan tentang apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud menggunakan merekonstruksi resensi?
ØTerdiri berdasarkan apakah merekonstruksi resensitersebut?
ØSeperti apakah merekonstruksi resensi tersebut?
ØBagaimana merekonstruksi resensi itu bekerja?
ØApa fungsi merekonstruksi resensi?
ØBagaimanakah materi merekonstruksi resensi itu berperan pada kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yg relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan akurat materi merekonstruksi resensi yg sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yang tersaji dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi merekonstruksi resensi yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum bisa dipahami berdasarkan kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan kepada pengajar berkaitan dengan materi merekonstruksi resensi yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi merekonstruksi resensi yang tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas model pada buku paket mengenai materi merekonstruksi resensi
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi merekonstruksi resensi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materimerekonstruksi resensi sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
·Saling tukar keterangan tentangmaterimerekonstruksi resensi menggunakan ditanggapi aktif oleh siswa dari gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan liputan melalui berbagai cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi merekonstruksi resensiyang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi merekonstruksi resensiyang telah dikumpulkan dari output kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output menurut kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan keterangan yg sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi merekonstruksi resensi

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : merekonstruksi resensi, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang peserta didik.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi merekonstruksi resensiberupa konklusi menurut output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan perilaku jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : merekonstruksi resensi
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi merekonstruksi resensidan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi merekonstruksi resensiyang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point krusial yang muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangmerekonstruksi resensi
  • Menjawab pertanyaan mengenai merekonstruksi resensiyang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lembar kerja yg sudah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan pada siswa berkaitan dengan materi merekonstruksi resensiyang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materimerekonstruksi resensiyang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau pada lbr lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan pengajar mengenai point-point penting yg muncul dalam aktivitas pembelajaran merekonstruksi resensiyang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran merekonstruksi resensi yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai dalam rendezvous berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran merekonstruksi resensi.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran merekonstruksi resensi
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar merekonstruksi resensikepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran merekonstruksi resensi berlangsung, pengajar mengamati perilaku siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan buat membentuk sesuatu yang baru yg sangat bernilai dan bermanfaat bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




I.Penilaian

Sikap

Jurnal

LEMBARPENILAIAN SIKAP- JURNAL

Nama Siswa:………………..
Kelas:………………

No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Ket.
Positif
Negatif











Kesimpulan:
……………………………………………………………………………………………………………


Penilaian Sikap - Jurnal

Nama Peserta Didik: …………...........................................……..
Kelas: …………...........................................……..
Aspek yg diamati: …………...........................................……..

No
Hari/tanggal
Kejadian
Keterangan /
Tindak Lanjut
1



….



Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, serta Kurang (K) = 25


Pengetahuan

-Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)

-Tertulis Uraian(lihat lampiran)

-Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-Penugasan(lihat lampiran)

Tugas Rumah

a)Peserta didik menjawab pertanyaan yg terdapatpada buku peserta didik

b)Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagaibukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas tempat tinggal menggunakan baik

c)Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumahyang telah dikerjakan untuk menerima penilaian

Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumenpenilaian unjuk kerja bisa dilihat dalam instrumen evaluasi ujian keterampilanberbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria evaluasi(skor)

100= Sangat Baik50=KurangBaik

75=Baik25=TidakBaik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yg diperoleh murid dibagi jumlahskor aporisma dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan merampungkan masalah





Keterangan :

100= Sangat Baik50=KurangBaik

75=Baik25=TidakBaik


-Penilaian Proyek(lihat lampiran)

Membuat denah sekolah,jadwal aktivitas sekolah, dll

-Penilaian Produk(lihat lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulan seluruh tugasyang sudah dikerjakan siswa, misalnya catatan, PR, dll

Instrumen Penilain


No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






Mengetahui, ……….,…………

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



……………..……………………………

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel