SOAL MENENTUKAN KEUNGGULAN CERITA DISERTAI PEMBAHASAN


25. Bacalahkutipan cerita berikut!
Motorku melajudengan cepat, bunyi ayah dan bundaku masih saja terdengar pada telingaku. Akumenambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yg jalannya licin, sehinggaaku tergelincir. Motorku masih pada atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, sepertimasuk jurang. Tidak begitu pada, tetapi sulit untukku naik ke atas karenajurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sinisangat gelap, gelap sekali. 
Keunggulankutipan cerita tadi adalah ….
A. Akhir ceritamengejutkan sebagai akibatnya menaruh kesan mendalam
B. Isi ceritanyamenginspirasi pembaca untuk berhati-hati
C. Banyakmenggunakan kiasan
D. Akhir ceritamudah ditebak sang pembaca
(Soal UN tahun 2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs)

Kunci jawaban: B
Pembahasan
Keunggulanadalah keadaan (lebih) unggul; keutamaan; kepandaian (kecakapan, kebaikan,kekuatan, dan sebagainya) yg lebih daripada yg lain (//kbbi.web.id/unggul). 
Pernyataantentang keunggulan kitab adalah pernyataan tentang keutamaan, kebaikan, dankekuatan buku yang lebih daripada yg lain. 
Pernyataanyang menyatakan keunggulan pada kitab teks tersebut adalah isi ceritanyamenginspirasi pembaca buat berhati-hati (opsi B) pada mengendarai motor. Kitatidak boleh mengendarai motor menggunakan kecepatan tinggi karena bisa mengalamikecelakaan serta membuahkan fatal seperti yg terdapat pada cerita tersebut.

RINGKASAN MATERI 
RESENSI BUKU

A.Pengertian Resensi 
Resensi berasal berdasarkan Bahasa Latin yaitu revidere atau recensie (Belanda) yang merupakan adalah menimbang, melihat kembali,atau menilai.
Dalam KBBI, resensi adalah ulasan dari sebuah kitab . Jadiresensi merupakan ulasan singkat/goresan pena tentang isi suatu buku, novel,majalah, drama ataupun film yang umumnya disiarkan sang media-media umum.orang yg melakukan resensi disebut peresensi. Orang yang melakukan resensiharus objektif.
Tujuan meresensi kitab antara lain mengajak para pembacauntuk berdiskusi lebih lanjut tentang perkara yg diangkat pada kitab ,menaruh pemahaman serta berita terhadap buku, memberikan pertimbangankepada pembaca, dan menaruh jawaban /informasi atas pertanyaan yg seringdilontarkan pembaca terhadap kitab . Berikut merupakan karakteristik-ciri teks resensi.

B.Struktur

1.Judulresensi

Judulresensi merupakan identitas suatu karya tulis sama halnya menggunakan judul buku.contoh: The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik MinumanRingan Favorit Dunia

2.Identitasbuku, mencakup: judul kitab , nama pengarang, nama penerbit, ketebalan buku,tahun terbit, serta angka edisi.

Contoh: 1. Identitas buku

Judul kitab               : Hujan Kepagian
Pengarang              : Nugroho Notosusanto
Penerbit                    : Balai Pustaka
Tahun Terbit             : 2011
Jumlah Halaman       : vi+62 halaman

3.Pendahuluan, berisi latar belakang pengarang, keahlian, sikap-perilaku, dan karya-karya yangdihasilkan olehnya. Biasanya kita sanggup menemukan kabar tentang pengarangpada bagian awal atau akhir dalam buku.

Edy Karsono adalah pengarang menurut kitab berjudul Pantai dan Kehidupannya yang membicarakan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya menjadi loka berekreasi, poly sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat berguna bagi penduduk sekitarnya buat mencari nafkah menjadi nelayan.

4.Inti/isiresensi, berisi ulasan utama mengenai buku/novel.

Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas 6 butir cerita. Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian mengenai revolusi kemerdekaan. Perlu diketahui bahwa tidak poly karya sastra menampilkan kisah-kisah pada revolusi, yg kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yg diceritakan pada cerpen tidak hanya dicermati berdasarkan sudut insiden yg berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini pula bisa dilihat poly sisi yg lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri pula terlibat eksklusif pada usaha kemerdekaan saat sebagai anggota tentara pelajar.

5.Keunggulan, berisi ulasan tentang kelebihan kitab .

Keunggulan Isi Buku
·     Organisasi Buku :
Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam kitab ini antara satu  insiden dengan peristiwa lainnya terdapat keterkaitan sehingga bisa menarik pembaca.
·     Isi Buku :
Dilihat menurut isinya ceritanya sangat unik, menarik sehingga layak buat dibaca.
·     Bahasa :
Dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Kalimat- kalimat pada paragraf disusun secara runtut sehingga gampang dipahami.

6.Kekurangan,berisi ulasan yang berkaitan menggunakan kelemahan-kelemahan buku.

Kelemahan Isi Buku
  Kelemahan kitab ini adalah norma pengarang menggunakan beberapa kosakata Belanda,sebagai akibatnya pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

7.Penutup,berisi simpulan/pandangan penulis atas kitab atau novel.

Kesimpulan : Buku gugusan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik, lantaran buku ini menceritakan kesaksian mengenai revolusi kemerdekaan. Dan hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yg dialami oleh si pengarang. Selain itu,  buku ini pula memilliki amanat yang mengajak kita generasi muda untuk permanen berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini serta selalu berbuat baik.

(sang: Supriyadi) 



BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUNPELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG Sekolah Menengah pertama/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah pertama/MTs.
2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
12. Menentukan Pernyataan yangSesuai Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
17. Menentukan Cara Penggambaran WatakTokoh Dalam Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-mendeskripsikan-watak.html
22. Menentukan Perbedaan PolaPengembangan Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/memilih-perbedaan-pola-pengembangan.html
23. Menentukan Perbedaan PenggunaanBahasa dalam Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/memilih-perbedaan-penggunaan-bahasa.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs.mapeL BAHASA INDONESIA KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html

RINGKASAN MATERI, SOAL DANPEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG: BELAJAR PRAMUKA
  1. Pertanyaan yang jawabannya ada dalam teks
  1. Pernyataan yang sinkron dengan isi teks
  1. Makna kata pada teks
  1. Ide utama paragraf
  1. Kalimat primer paragraf
  1. Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan pada teks
  1. Kalimat hubungan sebab akibat
  1. Kalimat yg menunjukkan (bukti) tabiat tokoh cerita
  1. Konflik dalam cerita
  1. Amanat cerita
  1. Kalimat yg nir padu pada teks
  1. Peristiwa yg tergambar dalam teks
  1. Teks laporan
  1. Urutan kalimat teks sastra
  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain
  1. Perbaikan penulisan ejaan
  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
  1. Ringkasan teks
  1. Tokoh utama cerita
  1. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
  1. Amanat implisit dan tersurat dalam cerita
  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
  1. Struktur teks resensi
  1. Pendapat pro serta kontra
  1. Jenis-jenis teks mekanisme
  1. Melengkapi teks prosedur
  1. Menyunting teks prosedur
  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
  1. Fakta dan opini pada teks biografi
  1. Membandingkan nilai moral 2 teks fabel
  1. Membandingkan penggunaan bahasa 2 teks fabel
  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
  1. Cara memvariasikan kalimat
  1. Pemakaian tanda titik 2 (:) serta koma (,)
  1. Makna simbol pada cerpen
  1. Menentukan bagian alur cerpen
  1. Syarat-syarat paragraf yg baik
  1. Melengkapi kalimat menggunakan istilah yang tepat
  1. Melengkapi kalimat dengan istilah bentukan
42.Menentukanmakna kata/kata pada kalimat
  1. Melengkapi kalimat menggunakan istilah penghubung
  1. Kalimat nir efektif
  1. Alasan penggunaan istilah yang salah
  1. Penulisan huruf kapital
  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
  1. Kesalahan penggunaan indikasi baca
  1. Penggunaan ejaan yang tepat
  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel